Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
I Wayan Sukania
Abstrak :
Duduk merupakan sikap alami manusia (natural human posture), karena duduk dirasa tidak begitu melelahkan dibandingkan dengan sikap berdiri.
Disamping duduk pada sebuah kursi pada umumnya, dikenal pula duduk bersila yang sangat banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya terutama dalam kegiatan yang bersifat keagamaan atau kegiatan yang berkaitan dengan adat-istiadat. Pengamatan yang dilakukan di Taman Pendidikan Alquran (TPA) di daerah Bekasi menunjukkan bahwa anak-anak yang duduk bersila sering mengambil sikap membungkuk. Sikap ini apabila dilakukan dalam waktu yang cukup lama akan mengakibatkan gangguan pada tulang belakang. Untuk itu diperlukan sandaran punggung yang sesuai pada daerah lumbar yang akan dapat membantu memperlambat timbulnya kelelahan serta akan meminimalkan gejala tersebut di atas, dan juga dapat berfungsi untuk menambah kestabilan saat duduk bersila.
Penelitian ini diawali dengan melakukan pengukuran antropometri dan kelengkungan tulang belakang pada tubuh anak-anak pada posisi duduk bersila. Berdasarkan data yang diperoleh dilakukan perancangan terhadap alas duduk beserta sandaran dengan kelengkungannya. Penelitian mengenai pembebanan yang dirasakan diperoleh dari survey kenyamanan melalui wawancara terarah menggunakan kuesioner.
Hasil penilaian komponen kursi yang dilakukan oleh 40 responden menunjukkan bahwa komponen tersebut sudah sesuai dengan antropometri pemakainya. Sedangkan uji kenyamanan duduk sekitar 45 menit menunjukkan bahwa ketiga model kursi secara statistik memberikan tingkat kenyamanan yang sama. Hasil perancangan dan pengembangan produk juga ditunjukkan pada penelitian ini meliputi geometri, bahan dan sistem penggunaannya.
Sitting is a natural human posture. People sit down because they feel that sitting is less fatiguing than standing. Cross-legged sitting is one of many posture of sitting on the ground, especially in Indonesia it was very familiar. Observation to the children at Bekasi region showed that while the children sitting with cross legged sitting, they take forward posture, and if this posture done for a long time may be caused disc injuries, low back pain.
This research is started by measure of children antropometric and back curve as the data for design of seat and back rest. Threre are three model of chair examined to 40 respondent and analysis showed that the dimension of the chair component is similar to their antropometrics. Analysis statistics showed that all model give the same of confortable.
This research also showed the result of the design and development include geometry, material and system of use.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T8467
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Hary Mukti
Abstrak :
Perkembangan USV atau kapal tanpa awak di dunia sudah berkembang pesat. Desain lambung yang sering digunakan pun beraneka ragam, namun masih belum banyak yang menggunakan teknologi SWATH. Dalam penelitian ini dihasilkan sebuah inovasi desain pada bidang USV berbasis SWATH yang memiliki karakter hambatan yang rendah, bentuk kamuflase, memiliki daya muat yang besar, stabilitas yang baik, dan banyak fungsi yang tidak dimiliki oleh USV lainnya. Inovasi desain ini diberi nama Sea Ghost yang dapat dikembangkan agar dapat lebih canggih lagi di masa depan. Dari penelitian ini dihasilkan suatu grafik performa desain yang menggambarkan performa lambung USV dari berbagai tipe dan ukuran.
......Development of USV or unmanned vessel in the world is growing rapidly. The usual hull designs are also varied, but most of them aren’t use SWATH technology. In this study, an innovative design in USV based on SWATH technology is obtained with characterization low resistance, camouflage form, large capacity, good stability, and more functions that are not owned by any other USV. This innovation named Sea Ghost which can be developed to become more sophisticated in future. A design performance graph is obtained from this study that depicts the USV hull performance of various types and sizes.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44577
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mohammad Supriyadi
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan ergonomi kursi pengemudi kendaran surya dengan segala fasilitasnya sehingga diperoleh keamanan, kenyamanan, keselamatan serta efisiensi operasi si pengernudi. Pengembangan yang dilakukan meliputi konsep, komputasi desain manakin mekanik dan pembuatan prototype hingga pengujiannya. Akan terlebih dahulu dikembangkan prototype yang diharapkan dapat mewakili dalam mengimplementasikan sistem ergonominya.
This research to determine position of ergonomic seat planning driver of solar energy of all facility to comfortable, safety, and efficiency operation the driver. Development which is cover concept, computing of desain mechanic manaquin and the making of test prototype development of this may represent the requirement for development.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16904
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rais Rassudar
Abstrak :
Dalam perancangan dan pengembangan kendaraan surya lomba, desain body dan struktur ditujukan untuk mendapatkan bobot yang ringan tetapi kuat dan kokoh serta mempunyai tingkat keamanan yang baik. Dalam penelitian ini, pengembangan yang dilakukan meliputi desain konsep, analisa teknik dan pembuatan prototipe. Pada tahap seleksi konsep, dipilih jenis monocoque dengan menggunakan bahan carbon fiber agar didapat integrasi body dan struktur yang praktis namun kokoh dan ringan serta sesuai dengan regulasi World Solar Challenge. Selanjutnya dianalisa perilaku mekanik akibat pembebanan impact dengan menggunakan metode elemen hingga. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah mendapatkan rancangan body dan struktur yang kuat namun ringan dengan pertimbangan kondisi impak pada saat terjadinya benturan yang dapat membahayakan pengemudi. Simulasi pembebanan dilakukan dengan bantuan piranti lunak berbasis metode elemen hingga agar dapat diketahui respon struktur yang terjadi.
The transport needs is becoming increasingly and more demanding in accordance with the population growth. In order to combat this, more efficient transportation vehicles need to be developed which are faster and cleaner. Solar electric vehicles is a popular transport alternative. Starts from the problem currently and the desire World Solar Challenge participating, this research aim to develop lightweight body of solar electric vehicles especially for racing car. In solar racing car design and development, body-chassis is concentrated to minimize weight and maximize strength and safety. But the trade-off is, on every extra pound will require more energy to displaced down the road. The loading condition simulated using FF.M based software. Development covered conceptual design, engineering analysis, making of prototype and testing. With the result that could produce a lightweight body with reliability and safety.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16905
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library