Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 21 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferdi Fernando
"Perkembangan teknologi informasi (TI) saat ini telah menjadi penentu tingkat kinerja suatu organisasi. Dengan bantuan TI, proses kerja atau proses bisnis yang terjadi di dalam organisasi baik swasta maupun pemerintah dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Dengan perencanaan tata kelola TI yang matang diharapkan pelaksanaan layanan TI dapat dilakukan dengan baik. Untuk menentukan apakah TI dalam organisasi telah dikelola dengan baik, maka perlu dilakukan suatu pengukuran terhadap proses TI tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kapabilitas tata kelola TI di Pusdatin Kesos Kementerian Sosial. Kerangka kerja yang digunakan untuk mengukur proses TI adalah kerangka kerja COBIT 5.
Hasil pengukuran berupa tingkat kapabilitas TI saat ini dan target yang ingin dicapai. Kemudian ditentukan rekomendasi perbaikan serta ditentukan ukuran keberhasilan setiap proses. Tingkat kapabilitas untuk kondisi saat ini berada pada level 1 (performed) dengan nilai rata-rata kapabilitas semua proses adalah 1.7 dan tingkap kapabilitas yang diharapkan adalah level 3 (established) dengan nilai rata-rata tingkat kapabilitas proses adalah 3.6.

The development of information technology (IT) has now become a determinant of the level of performance of an organization. With the help of IT, work processes or business processes that occur in both private and government organizations can be done quickly and efficiently. By planning a mature IT governance, a good IT services implementation is expected. To determine whether IT in organizations has been well managed, it is necessary to measure the IT process.
This study aims to measure the capability level of IT governance in the Data and Information Center of Social Welfare Indonesian Ministry of Social Affairs. The framework that use to measure the IT process is COBIT 5.
The results of the measurement are the capabilities level of current IT and targets to be achieved. Then determined the recommendations for improvements and determined the success matrics of each process. Capabilities level for current conditions is level 1 (performed) with the average value of all process capability is 1.7 and the expected capability is level 3 (established) with the average value of the process capability level is 3.6
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M Yoga Distra Sudirman
"ABSTRAK
Penyediaan sistem informasi (SI) dan teknologi informasi (TI) yang baik dan mengatur segala bentuk layanan terkomputerisasi merupakan tugas pokok dari Bagian Perencanaan Sistem Informasi (BPSI) Sekolah Tinggi Teknik – Perusahaan Listrik Negara (PLN). Tingginya angka keluhan mengenai layanan infrastruktur baik SI maupun jaringan yakni terdapat rata-rata gangguan 160 dalam bentuk layanan jaringan dan 170 bentuk layanan SI sesuai dengan laporan yang diterima melalui SMS center keluhan sistem kampus. Sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) didalam renstra BPSI tahun 2011-2016 bahwa sesuai dengan laporan gangguan tersebut sudah melampaui batas SLA yang telah direncanakan, sehingga terdapat kesenjangan antara layanan yang diberikan dengan layanan yang sesuai direncanakan.
Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengukuran kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan akan dilakukan menggunakan model 3Quality. Model ini telah sukses dapat menilai tingkat kualitas yang telah diberikan kepada pengguna. Data akan dianalisis menggunakan tahapan yang terdapat pada Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan data primer yang langsung di dapat dari responden yakni pengguna SI/TI STT-PLN. Hasil analisis akan di dapat hipotesis yang valid sesuai dengan hasil analisis. Hasil tersebut akan menjadi menjawab pertanyaan penelitian yang dikemukakan pada indentifikasi permasalahan.
Hasil kesimpulan menyatakan terdapat beberapa hipotesis yang sesuai dengan analisis yang telah dijalankan melalui beberapa tahapan yang diberikan didalam SEM. Terdapat sembilan hipotesis yang valid dan delapan lainnya dinyatakan tidak valid sesuai dengan hasil analisis SEM. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dapat meneliti untuk mengevaluasi sistem yang telah berjalan di institusi pendidikan lainnya dengan meningkatkan ke dalaman model yang ditawarkan oleh 3Quality. Peneliti menganggap bahwa model ini masih dapat dikembangkan agar benar-benar memenuhi kebutuhan institusi dalam mengevaluasi SI/TI yang diberikan kepada pengguna.

ABSTRACT
Provision of information systems ( IS ) and information technology ( IT ) is good and regulates all forms of computerized services are the main duties of the Department of Planning Information Systems ( BPSI ) Sekolah Tinggi Teknik – Perusahaan Listrik Negara (PLN). The high number of complaints about service either IS or network infrastructure there is an average of 160 disturbances in the form of network services and 170 forms of IS services according to reports received via SMS center keluhan campus system. In accordance to Service Level Agreement (SLA) in 2011 to 2014 that including in BPSI strategic plan, according to the disturbance report excessive and SLAs that have been planned, so there is a gap between the services provided with the appropriate services are planned.
Methods of data collection is using questionnaires. Measurement of quality of information, quality system and quality of service will be conducted using the 3Quality model. This model has been successfully able to assess the level of quality that has been given to the user. Data will be analyzed using the steps contained in the Structural Equation Modeling (SEM) by using primary data from respondents directly to the user / IT STT-PLN. The results of the analysis will be valid hypotheses in accordance with the results of the analysis. The results of the research will be to answer questions raised in the identification problem.
The results are some of the conclusions stated in accordance with the hypothesis with that analysis has been run through several stages given in the SEM. There is nine hypothesis that valid and eight more are not valid according to result of SEM analysis. Suggestions for further research is to investigate to evaluate systems that have been running in other educational institutions to increase the depth to the models offered by 3Quality model. Researchers believe that this model can still be developed in order to really meet the needs of the institution in evaluating IS / IT are given to the user."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihotang, Dony Martinus
"Ada harapan yang berkembang bahwa pemerintahan desa dapat memberikan layanan
kepada warga desa dengan tata kelola yang baik (good governance) melalui pemerintahan
digital untuk menjawab masalah-masalah dalam sustainable development goals (SDGs),
seperti: kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan. Harapan tersebut menjadi nyata
dengan hadirnya Undang-Undang tentang Desa terkait adopsi Sistem Informasi Desa
(SID), sebuah aplikasi elektronik pemerintahan (e-government) yang dikelola langsung
oleh aparatur pemerintahan desa untuk melaksanakan pemerintahan digital. Oleh karena
itu, aparatur desa harus mampu bertransformasi dengan mengubah cara kerja
konvensional melalui pemanfaatan SID. Sejak undang-undang tersebut diterbitkan,
sampai saat ini adopsi SID belum dapat sepenuhnya diwujudkan. Penelitian-penelitian
sebelumnya juga belum ada yang mengungkapkan secara memadai tentang adopsi SID.
Tujuan penelitian ini untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan menyelidiki beberapa
pertanyaan penelitian (PP) terkait adopsi SID: 1)ekosistem, 2)faktor, 3)model, dan
4)strategi adopsi SID. Beberapa teori (multi-teori) digunakan untuk memandu penelitian
dalam perencanaan, pelaksanaan, dan analisis data, seperti: teori kelembagaan, teori
pemangku kepentingan, teori-teori adopsi teknologi, teori sumber daya, teori
keterjangkauan, dan teori kemampuan dinamis. Dengan mengadopsi pendekatan studi
kasus, penelitian ini mengambil lokasi di Kabupaten Gunungkidul yang telah
mengimplementasikan SID diseluruh desanya (144 desa). Secara gambar besar,
penelitian ini dijalankan dalam tiga fase: studi kontekstual, studi empiris, dan validasi.
Dalam studi kontekstual, ada dua systematic literature review yang dilakukan untuk
menangkap konteks penelitian. Selanjutnya, pada studi empiris, ada 47 partisipan yang
diwawancara dengan menggunakan teknik wawancara semi-terstruktur. Kemudian hasil
wawancara itu dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tematik. Dalam fase
validasi, peneliti melakukannya secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif, peneliti
mengadakan sebuah focus group discussion untuk diseminasi hasil penelitian, dan
melanjutkan dengan pengujian secara kuantitatif menggunakan inter-rater reliability
serta Fuzzy Delphi Method untuk mengambil konsensus bersama para peninjau yang
terlibat dalam implementasi SID di kabupaten tersebut. Akhirnya, penelitian ini
memberikan empat hasil yaitu: sebuah ekosistem e-government di pemerintahan desa atau
ekosistem SID dengan 19 entitas; 11 faktor yang berpengaruh dalam adopsi SID; sebuah
model adopsi SID dengan 6 dimensi, dan 31 strategi adopsi SID. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberi transferability dalam adopsi SID bagi desa-desa yang ada
dalam kabupaten dengan karakteristik yang mirip dengan kabupaten tersebut, yaitu
mempunyai “predikat baik" dalam evaluasi sistem pemerintahan berbasis elektronik
(SPBE).

There is a growing expectation that good governance in village administration can
improve its services to villagers through digital government in addressing issues of
sustainable development goals (SDGs), such as health, education and welfare. This hope
became a reality with the presence of the Law on Villages regarding the adoption of the
Village Information System (VIS), an electronic government application (e-government)
managed directly by village government officials. Therefore, village officials must be
able to transform village administration by changing conventional ways of working
through the use of VIS. Since the law was issued, until now, the adoption of VIS has not
been fully realized. Previous studies rarely adequately disclosed the adoption of VIS. This
research addresses the current knowledge gap by investigating several research questions
related to ecosystems, factors, models, and strategies for VIS adoption. Some theories
(multi-theory) are used to guide research in planning, implementation, and data analysis,
such as institutional, stakeholder, technology adoption, resource, affordability, and
dynamic capability theories. By adopting a case study approach, this research took place
in Gunungkidul Regency, which has implemented VIS in all its villages (144 villages).
In the big picture, this research was carried out in three phases: contextual study, empirical
study, and validation. In contextual studies, two systematic literature reviews were
conducted to capture the research context. Furthermore, 47 participants were interviewed
in the empirical study using a semi-structured interview technique. Then, the results of
the interviews were analyzed using the thematic analysis technique. While in the
validation phase, the researcher does this qualitatively and quantitatively. Qualitatively,
the researcher held a focus group discussion to disseminate the study result and continued
quantitative testing using inter-rater reliability and the Fuzzy Delphi Method to gain
consensus with reviewers involved in implementing VIS in the district. Finally, this
research provides four results: the VIS adoption ecosystem by 19 entities; 11 factors that
influence VIS adoption; the VIS adoption model by 6 dimensions; and 31 strategies of
VIS adoption. This research is expected to give transferability in adopting VIS for villages
of certain regencies with similar characteristics to the regency, namely the regency with
a "good predicate" in the electronic-based government evaluation system (SPBE).
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Putu Edy Suardiyana Putra
"ABSTRAK
Random Testing (RT) merupakan teknik pengujian perangkat lunak yang cukup umum digunakan oleh para pengembang perangkat lunak. RT memiliki beberapa kelebihan yaitu sederhana secara konseptual, mudah untuk diimplementasikan, dan telah dibuktikan efektif dalam mendeteksi error. Untuk meningkatkan performa RT, maka dibentuklah suatu teknik baru yang diberi nama Adaptive Random Testing (ART) yang sudah terbukti mampu mengungguli RT dalam hal kecepatan dalam mendeteksi error yang pertama. Namun dalam perkembangannya, ART memiliki kelemahan yang cukup vital yaitu membutuhkan waktu lebih lama dalam proses generating test case jika dibandingkan dengan RT. Pada penelitian ini dilakukan modifikasi ART dengan memanfaatkan konsep centroid. Pengembangan ART ini diberi nama centroid base adaptive random testing (CB-ART). Untuk melihat besar peningkatan yang dihasilkan oleh CB-ART, maka dilakukan perbandingan dengan dua metode pendahulunya yakni ARTGen dan RANDOOP dengan menggunakan 2 skenario dimana kedua skenario memiliki tahapan-tahapan yang sama namun dengan subject class dan jenis error yang berbeda. Skenario pertama menggunakan error berdasarkan failure pattern dan skenario kedua menggunakan error yang berasal dari java mutation operator. Untuk proses eksperimen dari kedua skenario adalah sama.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CB-ART mampu mengungguli kedua metode pendahulunya dari sisi kecepatan generating test case. CB-ART mampu me-generate test case rata-rata 792.38% lebih banyak jika dibandingkan dengan ARTGen dan 108% lebih banyak dari RANDOOP pada skenario pertama. Pada skenario kedua, CB-ART juga mampu mampu me-generate test case rata-rata 275.73% lebih banyak jika dibandingkan dengan ARTGen dan 153.25% lebih banyak dari RANDOOP. Untuk parameter lainnya, CB-ART menghasilkan nilai yang sebanding atau lebih baik dari ARTGen dan RANDOOP hanya pada beberapa subject.

ABSTRACT
Random testing (RT) is one of common techniques used for testing software systems. RT has characteristics such as simple in concept, easy to implement, and proven effectively to detect errors. Adaptive Random Testing (ART) was a technique proposed for improving RT’s performance. ART was claimed to have better performance in detecting first error than RT. However, ART has lack of efficiency in generating test case. ART took longer time than RT in generating test cases. In this research, there were some modification done in ART to improve its performance especially in the efficiency of test case generation time. Modification was done by applying centroid. This new technique was called centroid based adaptive random testing (CB-ART). CB-ART was tested in two scenarios, in which different subjects and errors were used in the experiments. The first scenario applied errors from failure pattern theory and the second scenario applied error from Java mutation operator theory. Using the same procedures in both scenarios, CB-ART performance’s improvement is demonstrated by comparing CB-ART and two well-known random testing based method called ARTGen and RANDOOP.
The result shows that CB-ART surpassed ARTGen and RANDOOP in generating test cases. CB-ART is able to generate in average 792.38% test cases more than ARTGen and in average 108% test cases more than RANDOOP in the first scenario. Moreover, CB-ART is able to generate in average 275.73% test cases more than ARTGen and in average 153.25% test cases more than RANDOOP in the second scenario. For the other paramaters, CB-ART gained the same average value or better performance than ARTGen and RANDOOP in several subjects."
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T32132
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Sulistyo
"ABSTRAK
Sebagai organisasi perguruan tinggi yang memberikan layanan informasi secara komplek, maka informasi merupakan satu bagian yang vital dalam menjalankan proses bisnis pada Universitas XYZ. Kondisi demikian mengharuskan Universitas XYZ untuk menyediakan dan menjaga kontinuitas akses informasi. Terjaminnya ketersediaan akses informasi haruslah didukung oleh infrastruktur TI yang reliable dan terhindar dari kegagalan sistem akibat adanya suatu bencana. Untuk mewujudkan hal tersebut, Universitas XYZ harus mempunyai infrastruktur TI yang dilengkapi dengan Disaster Recovery System (DRS). Penelitian ini ditujukan untuk menentukan teknologi Disaster Recovery System (DRS) yang sesuai guna menjamin ketersediaan akses informasi pada Universitas XYZ. Penelitian ini dituangkan dalam bentuk karya akhir. Karya akhir ini berisikan latar belakang penelitian dengan menjelaskan permasalahan yang ada pada Universitas XYZ dan disertai rumusan pertanyaan penelitian, kemudian dilanjutkan dengan studi literatur untuk menentukan kerangka kerja pemilihan strategi disaster recovery sebagai acuan penentuan teknologi DRS. Selanjutnya disusunlah metodologi penelitian yang menjelaskan langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian untuk menentukan teknologi DRS pada Universitas XYZ. Pada pembahasan dilakukan analisis terkait dampak dan kecenderungan resiko kegagalan sistem untuk menentukan tingkat kerawanan sistem pendukung layanan pada Universitas XYZ. Berdasarkan tingkat kerawanan sistem tersebut, selanjutnya dilakukan penentuan disaster recovery – tier dan teknologi DRS yang sesuai. Pada akhir karya akhir disusunlah kesimpulan beserta saran terkait penelitian.

ABSTRACT
As an education institution that provide complex information, that information is a vital part of running the business process at the University of XYZ. These conditions require University of XYZ to provide and maintain the continuity of access to information. Ensuring the availability of access to information should be supported by a reliable IT infrastructure that able to avoid system failures due to a disaster. To achieve this goal, the University of XYZ shall have the IT infrastructure that comes with the Disaster Recovery System (DRS). This study aimed to determine the appropriate technology of Disaster Recovery System (DRS) to ensure the availability of access to information on the University of XYZ. This study set out in the form of the final work. The work contains of the research background to explain the problems that existed at University of XYZ and completed with research question, followed by a study of the literature to determine the framework of disaster recovery straregy selection as the reference for choosing DRS technology. Methodology was formulated to explain the steps in conducting research to determine the DRS technology at University of XYZ. In the discussion, there is an analysis of impact and likehood of system failure to determine the vulnerability of the system supporting services at University of XYZ. Approriate disaster recovery – tier and DRS technologies are choosen based on systems vulnerability. At the end of the final work, there is composed a summary and some suggestion related the work."
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Zannibua Harisma
"Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) adalah unit Eselon I pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang melakukan pelayanan publik di bidang administrasi hukum umum. Beberapa layanan publik yang dilaksanakan Ditjen AHU memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat umum dan negara, seperti pendaftaran PT dan pendaftaran jaminan fidusia. Dalam menyelenggarakan layanan publik dan membantu kegiatan internalnya, Ditjen AHU memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pendukungnya. Ketersediaan dan keandalan layanan publik khususnya yang berbasis teknologi informasi merupakan hal yang penting, sehingga diperlukan rencana untuk untuk menjaga kedua hal tersebut, untuk memastikan kegiatan bisnis dapat tetap berlangsung bahkan ketika ada gangguan maupun bencana. Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik Pasal 17 ayat (1). Mengingat pentingnya hal tersebut, diperlukan rencana pemulihan bencana yang baik untuk Ditjen AHU.
Proses perancangan Disaster Recovery Plan (DRP) yang dilakukan menggunakan kerangka acuan dari NIST, dengan beberapa penyesuaian sesuai dengan kondisi Ditjen AHU. Tahapan yang dilakukan pada perancangan DRP ini adalah melakukan identifikasi terhadap aset yang dimiliki Ditjen AHU, identifikasi dan penilaian risiko, analisis dampak risiko terhadap bisnis, kemudian menentukan teknologi dan strategi yang tepat untuk proses pemulihan dari bencana. Hasil dari perancangan DRP ini diharapkan dapat membantu menjaga ketersediaan dan keandalan sistem informasi yang dimiliki Ditjen AHU ketika terjadi gangguan maupun bencana.

Directorate General of Legal Administrative Affairs (Ditjen AHU) is Echelon I unit at Ministry of Justice and Human Rights who perform public service in the field of public law administration. Some public services which carried out by Ditjen AHU have great benefits for the general public and the nation, such as company registration and fiduciary registration. In conducting public services and internal activities, Ditjen AHU utilize information technology as its supporting medium. The availability and reliability of public services especially which based on information technology is an important thing, so it is necessary to have a plan to mintain both of those thing, to ensure that business activities can still take place even when there is a disruption or disaster. This thing is in line with Government Regulation No. 82 Year 2012 on the Conduct of the Electronic Transactions Systems Chapter 17 verse (1). Considering its importance, it is necessary to have a good disaster recovery plan for Ditjen AHU.
The design process of the Disaster Recovery Plan (DRP) were performed using the NIST framework as a reference, with some adjustments in accordance with the conditions of Ditjen AHU. The steps being taken in this DRP design process is identification of the assets owned by Ditjen AHU, identification and risk assessment, business impact analysis, and determine the appropriate technologies and strategies for disaster recovery process. The results of this DRP design is expected to help maintain the availability and reliability of information systems owned by Ditjen AHU when disruption or disaster happens.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Chasanah
"ABSTRAK
Pembangunan sektor pariwisata merupakan bagian dari upaya pembangunan nasional yang sedang dilaksanakan di Indonesia. Perkembangan sektor pariwisata berkembang sangat pesat, terlihat dari banyaknya wisatawan domestik dan mancanegara yang datang ke Indonesia, seperti ke Purbalingga, Jawa Tengah. Hotel merupakan salah satu sarana akomodasi yang memiliki peranan penting dalam perkembangan industri pariwisata. Seiring dengan pergeseran model pemasaran yang saat ini mengarah pada customer, hotel membutuhkan sebuah model Customer Knowledge Management (CKM) untuk meningkatkan kualitas hotel dan mendukung pariwisata, khususnya di Purbalingga.
Berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan, hotel merupakan contoh pasar ideal dimana keuntungan didapatkan dari pengimplementasian Customer Relationship Management (CRM). Agar penerapan CRM dapat dilakukan secara maksimal maka diperlukan adanya Knowledge Management (KM) khususnya mengenai customer knowledge pada perhotelan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan membuat gambaran model Customer Knowledge Management untuk mengatasi permasalahan yang ada pada perhotelan di Purbalingga untuk mendukung pariwisata, sehingga dapat ikut berkontribusi pada perkembangan pariwisata di Indonesia.
Penelitian ini merupakan research action dengan metode Soft System Methodology (SSM) untuk menemukan cara terbaik dalam menghadapi situasi yang harus dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam menghadapi permasalahan pada perhotelan di Purbalingga. Validasi yang dilakukan untuk penelitian ini antara lain menggunakan pendekatan secara teoritis, expert judgement dan user pada objek penelitian. Dari penelitian yang dilakukan, dihasilkan sebuah model Customer Knowledge Management pada perhotelan di Purbalingga dan rekomendasi yang disesuaikan dengan permasalahan dan kebutuhan pada perhotelan di Purbalingga.

ABSTRACT
Development of the tourism sector is part of the national development efforts that are being implemented in Indonesia. The development of the tourism sector is growing very rapidly, seen from the number of domestic and foreign tourists coming to Indonesia, such as to Purbalingga, Central Java. Hotel is one means of accommodation which has an important role in the development of the tourism industry. Along with the shift in the current marketing model that leads to the customer, the hotel requires a model of Customer Knowledge Management (CKM) to improve the quality of the hotel and tourism support, especially in Purbalingga.
Based on literature studies that have been done, the hotel is an ideal example of a market where profits gained from the implementation of Customer Relationship Management (CRM). In order for CRM implementation can be done optimally it is necessary to Knowledge Management (KM) especially customer knowledge in hospitality. Therefore, this research is done by creating a picture of Customer Knowledge Management models to address the existing problems in hospitality in the hospitality Purbalingga as supporting tourism Purbalingga, thus contribute to the development of tourism in Indonesia.
This research was action research with methods of Soft Systems Methodology (SSM) to find the best way to handle a situation that must be faced in everyday life, especially in dealing with problems in hospitality in Purbalingga. Validation is performed for this study include theoretical approach, expert judgment and user on the object of research. From the research conducted, has produced a model of customer knowledge management and recommendation in the hospitality tailored to the problems and needs of the hospitality in Purbalingga.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andayani Dewi Setiarsih
"ABSTRAK
Dalam proses pengelolaan dan layanan pemberitaan sebagai salah salah satu
fungsi yang dijalankan oleh Pusat Komunikasi (Puskom) pada Kementerian Luar
Negeri RI (Kemlu), penggunaan teknologi informasi sendiri peranannya menjadi
sangat penting mengingat pelayanan penyampaian informasi yang disampaikan
membutuhkan kecepatan, ketepatan, dan keamanan.
Untuk pengelolaan data dan informasi layanan pemberitaan, sejak tahun 2011,
Puskom di Kemlu Pusat dan Unit Komunikasi di seluruh Perwakilan RI di luar
negeri telah menggunakan aplikasi Agenda Online, yaitu aplikasi pengagendaan
berita berbasis web yang dikembangkan oleh Puskom sendiri.
Setelah diimplementasikannya aplikasi Agenda Online timbul beberapa
permasalahan seperti ketidaklengkapan detail data agenda yang dimasukkan ke
dalam aplikasi Agenda Online oleh pengguna aplikasi, dan keluhan dari pengguna
tentang performa aplikasi.
Untuk itu, dilakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mungkin menjadi
pendorong kepuasan pengguna aplikasi Agenda Online. Penelitian ini
menggunakan beberapa variabel model keberhasilan sistem informasi (DeLone
dan McLean, 2003) untuk melihat faktor-faktor pendorong dari aspek teknologi,
serta beberapa variabel dari UTAUT (Venkatesh, 2003) yang merupakan hasil
pengembangan model TAM (Davis, 1986) sebagai tinjauan dari aspek manusia.
Hasil pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa faktor yang memberikan
pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna dalam
pengimplementasian aplikasi Agenda Online adalah : (1) faktor information
quality memberikan pengaruh positif terhadap information satisfaction (2) faktor
system quality memberikan pengaruh positif terhadap system satisfaction; (3)
faktor information satisfaction berpengaruh positif terhadap performance
expectancy; (4) faktor system satisfaction memberikan pengaruh positif terhadap
effort expectancy; (5) faktor performance expectancy memberikan pengaruh
positif terhadap user satisfaction; (6) faktor facilitating condition juga
memberikan pengaruh yang positif terhadap user satisfaction.

ABSTRACT
In the process of mail management and services as one of the functions carried out
by the Communication Center at the Ministry of Foreign Affairs, the use of
information technology itself becomes a very important role considering the
delivery of information services delivered requires speed, accuracy, and security.
Since 2011, the Communication Center at the Ministry of Foreign Affairs and the
Communication Unit throughout all of Representatives of Republic of Indonesia
abroad have used Agenda Online applicationsto aid the management of
information and data for mailing services. Agenda Online is a letter recording
application based on web and developed by Communication Center.
After the implementation of Agenda Online applications arise several problems
such as the incompleteness of the data input by the user, and user complaints
about application performance.To that end, an analysis of the factors that may be
boosting the satisfaction of Agenda Online user is conducted. This study uses the
basic model of information system success (DeLone and McLean, 2003)to find
the boosting factors from the aspect of technology, this study also uses several
variables of UTAUT (Venkatesh, 2003) which is the result of the development of
the TAM model (Davis, 1986) as the factors from the people aspect. This research
makes the study of user satisfaction as the dependent variable with the boosting
factors from the aspect of technology and the aspects of people.
Hypothesis testing are shown factors that significantly influence the Agenda
Online's user satisfaction are : (1) information quality factors positively influence
system satisfaction, (2) system quality factors have a positive influence on system
satisfaction, (3) information satisfaction positively influence performance
expectancy; (4) system satisfaction positively influence effort expectancy; (5)
performance expectancy positively user satisfaction; (6) facilitating condition
positively influence user satisfaction"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asya Husein
"ABSTRAK
Tidak memadainya suatu organisasi Teknologi Informasi (TI) dalam menyediakan layanan TI kepada bisnisnya dapat menghambat pencapaian suatu tujuan organisasi, hal ini akan diperburuk apabila tingkat ketergantungan terhadap TI semakin tinggi dan penggunaan sistem TI sudah berjalan pada proses bisnis utama organisasi.
ASDP sebagai salah satu BUMN yang bergerak dalam industri transportasi perairan melihat bahwa diterapkannya sistem TI dapat menekan biaya operasional, memberikan nilai tambah bagi operasional organisasi, dan menutup celah-celah terjadinya kecurangan atau fraud yang merugikan perusahaan, namun kebutuhan masing-masing Unit bisnis yang tidak dapat terlayani oleh Divisi TI saat ini membuat beberapa implementasi sistem TI atas inisiatif Unit Bisnis mengalami kegagalan. Hal tersebut mendorong diperlukannya penguatan organisasi TI ASDP baik dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), proses, maupun teknologi yang digunakan.
Pada penelitian ini Penulis mencoba mengangkat penguatan organisasi TI ASDP dari struktur dan formasi SDM TI, yaitu evaluasi rencana perubahan struktur organisasi TI dan rekomendasi jumlah ideal SDM TI, hal ini dikarenakan sulitnya meyakinkan pihak manajemen tanpa didasari suatu penelitian secara komprehensif. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi efektivitas struktur organisasi dari aspek fungsionalitasnya beserta metode Focus Group Discussion (FGD) untuk mendukung pengambilan data, sedangkan evaluasi kecukupan SDM TI dilakukan dengan menggunakan metode Full Time Equivallent (FTE).

ABSTRACT
Inadequate IT organization in providing IT services to the business may impede the achievement of organization objectives, this will be exacerbated if it has higher dependence on IT and if the use of IT systems already running on main business processes of the organization.
ASDP as one of the national companies that involved in the marine transportation industry to see that the implementation of IT systems can reduce operating costs, provide added value to the organization, and closing knavery loopholes that inflict a financial loss to the company, however the incompetence of IT division in ministering the necessity of each business unit currently making some implementations of IT systems at the initiative of the business unit has failed. This has prompted the need for strengthening the ASDP IT organizations both in human resources, processes, and technology.
In this study the author attempt to promote the ASDP IT organizational strengthening on structure and formation of IT human resources, that is the evaluation of the organizational structure proposition of the IT and recommendations of IT human resource ideal number, this is due to the difficulties of convincing the ASDP management without based on a comprehensive Study. This research uses the functional model to analyze the effectiveness of organizational structure and laterally with FGD method to support data retrieval, while the analysis of human resources were performed with FTE approach."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elyana Agustin
"[ ABSTRAK
Kementerian Agama sebagai organisasi pemerintah tentunya fokus pada peningkatan pelayanan masyarakat yang transparan dan akuntabel Oleh karena itu teknologi informasi TI harus dikelola dengan tepat sehingga berimbas pada kualitas layanan kepada masyarakat Untuk mengetahui sejauh mana kinerja TI dikelola dengan baik perlu dilakukan pengukuran tata kelola TI COBIT 5 merupakan kerangka kerja yang digunakan untuk menilai mengukur mengontrol tata kelola dan manajemen TI pada suatu organisasi Kementerian Agama masih memiliki banyak permasalahan dalam pengelolaan TI Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat PINMAS sebagai unit pengelola TI di Kementerian Agama perlu melakukan perbaikan Maka dilakukan penelitian mengenai pengukuran tingkat kapabilitas tata kelola TI di PINMAS dengan kerangka kerja COBIT 5 Pengukuran dilakukan berdasarkan pemetaan tujuan organisasi dan permasalahan TI yang umum terjadi terhadap masing masing proses pada COBIT 5 Dari pengukuran tersebut diketahui bahwa dari 13 proses yang terpilih 10 proses berada pada tingkat kapabilitas level 0 incomplete dan 3 proses berada level 1 ad hoc Hal ini menunjukkan bahwa organisasi masih belum mengetahui permasalahan yang terjadi dan belum mengimplementasikan panduan tata kelola TI berdasarkan COBIT 5 Setelah dilakukan pengukuran kemudian disusun rekomendasi perbaikan serta berdasarkan hasil pengukuran dan target yang ingin dicapai oleh organisasi

ABSTRACT
Ministry of Religious Affairs as government organizations focus on improving public services transparent and accountable Therefore information technology IT should be managed properly to improvement the quality of service IT performance measurement was conducted to determine the extent to which IT governance is managed appropriately COBIT 5 is a framework used to assess measure and control IT management and IT governance in organizations Ministry of Religious Affairs still have a lot of IT governance problems Information and Public Relations Center PINMAS as a IT unit need to make improvements IT governance Therefore necessary to measure capability level in PINMAS based on COBIT 5 framework Measurements were based on the mapping of the enterprise goals and common IT problems in PINMAS of each process in COBIT 5 It is known that 13 process selected 10 are at the level of process capability level 0 incomplete and 3 processes are level 1 ad hoc It showed that organization still do not know the problems that occur and not implement COBIT 5 guidelines After this compiled recommendations for improvement based on the results of measurements and targets by the organization , Ministry of Religious Affairs as government organizations focus on improving public services transparent and accountable Therefore information technology IT should be managed properly to improvement the quality of service IT performance measurement was conducted to determine the extent to which IT governance is managed appropriately COBIT 5 is a framework used to assess measure and control IT management and IT governance in organizations Ministry of Religious Affairs still have a lot of IT governance problems Information and Public Relations Center PINMAS as a IT unit need to make improvements IT governance Therefore necessary to measure capability level in PINMAS based on COBIT 5 framework Measurements were based on the mapping of the enterprise goals and common IT problems in PINMAS of each process in COBIT 5 It is known that 13 process selected 10 are at the level of process capability level 0 incomplete and 3 processes are level 1 ad hoc It showed that organization still do not know the problems that occur and not implement COBIT 5 guidelines After this compiled recommendations for improvement based on the results of measurements and targets by the organization ]"
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
TA-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>