Hasil Pencarian  ::  Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Isqi Karimah, author
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara mindfulness guru dan mastery motivation, baik mastery motivation secara umum maupun mastery motivation per dimensi, pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif. Mastery motivation siswa diukur berdasarkan penilaian guru terhadap siswa. Pengukuran mindfulness guru menggunakan alat ukur Mindfull Attention Awareness Scale yang...
2016
S63513
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Andini Hasby, author
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan mindfulness dan perceived school adjustment guru terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Terdapat dua alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini. Variabel mindfulness diukur menggunakan Mindfulness Attention Awarenes Scale (MAAS; Brown & Ryan, 2003) yang diisi oleh 70 guru. School adjustment dari siswa...
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S63446
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Rachel Ullynaria Doreen, author
ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas dari pelatihan Sekolah Ramah Inklusi (SERASI) untuk menumbuhkan sikap positif siswa reguler terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (SBK) di sekolah dasar inklusif. Pelatihan SERASI didasarkan pada model sikap Triandis (1971) yang meliputi 3 komponen: kognitif, afektif, dan perilaku. Penelitian kuasi-eksperimental dengan pre- and post-nonequivalent...

Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T51694
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Rafidah Riahta, author
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas program pelatihan Sekolah Ramah Inklusi (SERASI) untuk menumbuhkan sikap positif terhadap pendidikan inklusif pada guru sekolah dasar. Desain penelitian ini adalah within-subject one group pretest posttest design. Partisipan dari penelitian ini adalah guru sekolah dasar yang mengajar di kelas inklusif (n=19). Program pelatihan SERASI...
Depok: Universitas Indonesia, 2019
T51697
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Munadira, author
ABSTRACT
Memeroleh kesempatan untuk lebih dapat terlibat dalam partisipasi sosial dan menjalin pertemanan dengan siswa reguler merupakan salah satu manfaat utama dari pendidikan inklusif. Dalam membahas mengenai pertemanan, kualitas pertemanan merupakan aspek yang paling penting untuk diteliti karena dapat menentukan tingkat kepuasan dalam pertemanan. Empati, diasumsikan merupakan salah satu faktor yang...
2018
S-Pdf
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Fika Fatia Qandhi, author
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pelatihan mengenal siswa berkebutuhan khusus dalam menumbuhkan sikap positif calon guru PAUD dalam konteks pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan within-subject one group pretest posttest design. Partisipan penelitian adalah mahasiswa PG-PAUD semester 7 di salah satu universitas di Jakarta (n=19). Pelatihan berlangsung selama 675 menit dengan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T55150
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Noorfazly Oktaviani, author
Pendidikan inklusi memberikan kesempatan kepada siswa berkebutuhan khusus untuk menerima kualitas pendidikan yang sama dengan siswa reguler pada umumnya. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap guru dan peer acceptance siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Inklusif Swasta....
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S65266
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Yasserina Rawie, author
ABSTRAK
Pendidikan inklusif merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan akses pendidikan untuk para penyandang disabilitas. Akan tetapi, persoalan baru muncul ketika anak yang memiliki disabilitas tersebut hanya dapat mengakses lingkungan fisik dan tidak dapat mengakses lingkungan sosial di sekolah reguler. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana tingkat aksesibilitas sosial yang dimiliki...
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62071
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Baiq Nurul Fitriani, author
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mindfulness guru dan mastery motivation pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB). Mindfulness guru diukur dengan Mindful Attention Awareness Scale (Brown dan Ryan, 2003) yang diisi oleh 69 orang guru. Mastery Motivation siswa diukur dengan Dimensions of Mastery Questionnaire 18 (Morgan, 2015)...
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S66474
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Absharina Izzaty, author
Being a teacher in SLB facing major challenges in teaching and learning. Mindfulness on teacher help make closer in interpersonal relationship of teacher and student. Good interpersonal relationships can help the process of school adjustmen students with special needs. Therefore this research was conducted to get an idea of ??the...
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S66171
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>