Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Elsaday Putri Iswahyudi
"ABSTRAK
Praktik Kerja Profesi di Apotek Kimia Farma 366 Depok Periode Bulan April Tahun 2017Elsaday Putri Iswahyudi, Anggie Retno Raharja, AzizahwatiFakultas Farmasi, Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Depok, 16424, Indonesiaelsadayputri@gmail.comABSTRAKPraktik kerja profesi di Apotek Kimia Farma No. 366 Depok dilaksanakan pada tanggal 3 ndash; 27 April 2017. Tujuan pelaksanaan praktik kerja profesi ini adalah agar mahasiswa program studi Apoteker mampu memahami peran, tugas, dan tanggung jawab Apoteker di Apotek sesuai dengan ketentuan dan etika pelayanan farmasi, diharapkan dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mahasiswa untuk melakukan praktik kefarmasian di Apotek, serta dapat memiliki gambaran nyata tentang permasalahan praktik kefarmasian. Dalam pelaksanaan praktik kerja profesi mahasiswa dapat memahami kegiatan pengelolaan sediaan farmasi, pelayanan farmasi klinis dan membantu memberikan ide untuk penyelesaian masalah praktik kefarmasian di Apotek.

ABSTRACT
Apothecary Profession Internship Program at Kimia Farma 366 Pharmacy Depok on April 2017Elsaday Putri Iswahyudi, Anggie Retno Raharja, AzizahwatiFakultas Farmasi, Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Depok, 16424, IndonesiaABSTRACTApothecary Profession Internship Program in Kimia Farma 366 Pharmacy was held on April 3rd to April 27th 2017. The aim of this internship program are to make Pharmacist student understand the role, duties and responsibilities of clinical Pharmacist at Pharmacy according to the provisions and ethics of pharmaceutical care, expected to improve student rsquo s insight, knowledge, skills and experience in conducting pharmaceutical practices in Pharmacy, and students can find out the real pharmaceutical practice problems. In the implementations of this internship program, students can understand the activities of pharmaceutical management, clinical pharmacy service and contribute ideas for solving pharmaceutical practice problems in the Pharmacy."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Larasati
"Praktik kerja profesi di Apotek Kimia Farma No. 352 Depok dilaksanakan pada tanggal 2 ndash; 27 Februari 2017. Tujuan pelaksanaan praktik kerja profesi ini adalah agar mahasiswa program studi Apoteker mampu memahami peran, tugas, dan tanggung jawab Apoteker di Apotek sesuai dengan ketentuan dan etika pelayanan farmasi, diharapkan dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mahasiswa untuk melakukan praktik kefarmasian di Apotek, serta dapat memiliki gambaran nyata tentang permasalahan praktik kefarmasian. Dalam pelaksanaan praktik kerja profesi mahasiswa dapat memahami kegiatan pengelolaan sediaan farmasi, pelayanan farmasi klinis dan membantu memberikan ide untuk penyelesaian masalah praktik kefarmasian di Apotek.Kata kunci: Apotek, standar pelayanan kefarmasian, pengelolaan sediaan farmasi, pelayanan farmasi klinis

Apothecary Profession Internship Program in Kimia Farma 366 Pharmacy was held on February 2nd to February 27th 2017. The aim of this internship program are to make Pharmacist student understand the role, duties and responsibilities of clinical Pharmacist at Pharmacy according to the provisions and ethics of pharmaceutical care, expected to improve student rsquo s insight, knowledge, skills and experience in conducting pharmaceutical practices in Pharmacy, and students can find out the real pharmaceutical practice problems. In the implementations of this internship program, students can understand the activities of pharmaceutical management, clinical pharmacy service and contribute ideas for solving pharmaceutical practice problems in the Pharmacy.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Desmiarti
"ABSTRAK
Nama : DesmiartiProgram Studi : Kajian Administrasi Rumah SakitJudul : Analisis Kekosongan Obat Neuropsikiatri Daftar E-Katalog di RSJ Dr.Soeharto Heerdjan Jakarta Tahun 2017Pembimbing : Dr. Dra. Dumilah Ayuningtyas, MARSSistem manajemen pengelolaan obat di era Jaminan Kesehatan Nasional JKN inimelalui sistem e-katalog dan e-purchasing. Beberapa kendala sering dirasakan olehrumah sakit, mulai dari respons yang lamban, persediaan obat yang kosong atau stock outhingga keterlambatan distribusi ke rumah sakit. Persoalan obat yang kosong merupakanhal yang sangat mengganggu proses dan kualitas pelayanan rumah sakit. Penelitian inibertujuan mengetahui faktor-faktor eksternal dan internal pada tahap skema input danproses yang berpengaruh terhadap kekosongan obat neuropsikiatri daftar e-katalog di RSJDr. Soeharto Heerdjan Jakarta dan mencoba melakukan pengendalian melakukan metodeABC Indeks Kritis, perhitungan safety stock dan Reorder Point ROP . Metode yangdigunakan adalah penelitian kualitatif dengan cara wawancara mendalam, observasi dantelaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan faktor eksternal penyebab terjadinyakekosongan obat neuropsikiatri meliputi faktor distributor dan penyedia yang berdampakpada ketersediaan obat tidak optimal, distribusi yang terhambat, lamanya proses approvaldi system. Selain itu koneksi jaringan dan server sering terganggu, Harga PerkiraanSementara HPS terlalu rendah, sistem pemenang tunggal, dan ketepatan RencanaKebutuhan Obat RKO merupakan faktor lain yang berpengaruh terhadap kekeosonganobat. Untuk faktor internal input yang paling menonjol adalah kuantitas dan kedisiplinanpetugas serta kebijakan termasuk Standar Operasional Prosedur SOP pengelolaansediaan farmasi. Tahapan proses manajemen logistik meliputi perencanaan kebutuhan,pengadaan, pengawasan dan pengendalian, belum berjalan dengan optimal antara lain;ketidaksesuaian RKO dengan realisasi pengadaan, kartu stock yang tidak terisi, stockopname hanya dua kali setahun dan terdapat selisih perhitungan antara pencatatan danfisik, juga obat kadaluarsa sebanyak 2.36 . Belum berjalannya pengendalian denganmenggunakan metode ABC, safety stock dan reorder point ROP juga merupakan faktorlain yang berhubungan dengan kekosongan obat. Hasil dari analisis ABC indeks kritisterdapat 10 item obat e-katalog yang tergolong kelompok A, terdapat 34 item e-katalogtergolong kelompok B, dan 33 item obat e-katalog tergolong kelompok C. Titikpemesanan kembali ROP untuk kelompok A mulai dari 192.702 -7.246. Terjadinyakekosongan obat neuropsikiatri e-katalog di RSJ Dr. Soeharto Heerdjan Jakartadisebabkan faktor internal dan eksternal yang dapat saling mempengaruhi, sehinggadibutuhkan solusi yang komprehensif untuk mengatasinya.Kata kunci:Kekosongan obat, e-katalog, e-purchasing, manajemen farmasi, Analisis ABC, ROP

ABSTRACT
Name DesmiartiStudy Program Kajian Administrasi Rumah SakitTitle Stock Out Analysis of Neuropsychiatric Drug in E Catalog Listat Jakarta Dr. Soeharto Heerdjan Mental Hospital in 2017.Counsellor Dr. Dra. Dumilah Ayuningtyas, MARSThe management system of drug in era of National Health Insurance through e catalogueand e purchasing system. Some obstacles are often felt by hospitals, from slow responses,empty drug stocks or stock outs and late distribution to hospital. The problem of drugstock outs is very disturbing process and quality of hospital services. The objective of thisresearch is to know the external and internal factors at the stage of input and processscheme which influence the stock out of neuropsychiatric drug in e catalogue list atJakarta Soeharto Heerdjan Mental Hospital and controlling by using the ABC CriticalIndex method, calculate safety stock and Reorder Point ROP . The method used isqualitative research by in depth interview, observation and document review. The resultsshowed that external factors causing the occurrence of drug neuropsychiatric stock outsinclude distributors and providers that have an impact on the availability of drugs is notoptimal, the distribution is inhibited, the duration of the approval process in the system.In addition, the network and server connections are often disrupted, the TemporaryEstimation Price HPS is too low, the single winning system, and the accuracy of theDrug Requirement Plan RKO are other factors affecting drug deprivation. For the mostimportant internal input factors are the quantity and discipline of officers and policiesincluding Standard Operational Procedures SOP of pharmaceutical preparation. Stagesof the logistics management process include needs planning, procurement, supervisionand control, has not run optimally, among others RKO inconsistency with realization ofprocurement, unfilled stock card, stock of hospital only 2 times a year and there isdifference of calculation between recording and physical, also drug expiration as muchas 2.36 . The absence of controls using the ABC method, safety stock and reorder point ROP is also another factor related to drug stock out. The result of ABC analysis ofcritical index there are 10 items of e catalog drugs belonging to group A, there are 34items e catalog belonging to group B, and 33 items of e catalog drugs belonging to groupC. ROP point for group A ranging from 192.702 7.246. Occurrence of e catalogneuropsychiatric void in Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta is due to internal and externalfactors that can influence each other, so that a comprehensive solution is needed toovercome them.Key words Stock out, e catalogue, e purchasing, pharmaceutical management, ABC analysis, ROP"
2018
T50298
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elsaday Putri Iswahyudi
"ABSTRAK
Praktik Kerja Profesi di Puskesmas Kecamatan Tambora Jakarta Barat Periode Bulan Maret Tahun 2017Elsaday Putri Iswahyudi, Ramayanti, Nanda Asyura RizkyaniFakultas Farmasi, Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Depok, 16424, Indonesiaelsadayputri@gmail.comABSTRAKPraktik kerja profesi di Puskesmas Kecamatan Tambora dilaksanakan pada tanggal 2 ndash; 27 Maret 2017. Tujuan pelaksanaan praktik kerja profesi ini adalah agar mahasiswa program studi Apoteker mampu memahami peran, tugas, dan tanggung jawab Apoteker di Puskesmas sesuai dengan ketentuan dan etika pelayanan farmasi, diharapkan dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mahasiswa untuk melakukan praktik kefarmasian di Puskesmas, serta dapat memiliki gambaran nyata tentang permasalahan praktik kefarmasian. Dalam pelaksanaan praktik kerja profesi mahasiswa dapat memahami kegiatan pengelolaan sediaan farmasi, pelayanan farmasi klinis dan membantu memberikan ide untuk penyelesaian masalah praktik kefarmasian di Puskesmas.

ABSTRACT
Apothecary Profession Internship Program at Primary Healthcare Service of Tambora Subdistrict, West Jakarta on March 2017Elsaday Putri Iswahyudi, Ramayanti, Nanda Asyura RizkyaniFakultas Farmasi, Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Depok, 16424, IndonesiaABSTRACTApothecary Profession Internship Program in Tambora Subdistrict Primary Healthcare Service was held on March 2nd to March 27th 2017. The aim of this internship program are to make Pharmacist student understand the role, duties and responsibilities of clinical Pharmacist at Primary Healthcare Service according to the provisions and ethics of pharmaceutical care, expected to improve student rsquo s insight, knowledge, skills and experience in conducting pharmaceutical practices in Primary Healthcare Service, and students can find out the real pharmaceutical practice problems. In the implementations of this internship program, students can understand the activities of pharmaceutical management, clinical pharmacy service and contribute ideas for solving pharmaceutical practice problems in the Primary Healthcare Service."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Larasati
"ABSTRAK
Praktik Kerja Profesi di Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat Periode Bulan Januari Tahun 2017Karina Larasati, Deny Hidayat Syamsurizal, Atika Wahyu PuspitasariFakultas Farmasi, Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Depok, 16424, Indonesiakarinalrst.apoteker@gmail.comABSTRAKPraktik kerja profesi di Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih dilaksanakan pada tanggal 9 ndash; 27 Januari 2017. Tujuan pelaksanaan praktik kerja profesi ini adalah agar mahasiswa program studi Apoteker mampu memahami peran, tugas, dan tanggung jawab Apoteker di Puskesmas sesuai dengan ketentuan dan etika pelayanan farmasi, diharapkan dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mahasiswa untuk melakukan praktik kefarmasian di Puskesmas, serta dapat memiliki gambaran nyata tentang permasalahan praktik kefarmasian. Dalam pelaksanaan praktik kerja profesi mahasiswa dapat memahami kegiatan pengelolaan sediaan farmasi, pelayanan farmasi klinis, dan membantu memberikan ide untuk penyelesaian masalah praktik kefarmasian di Puskesmas.Kata kunci: Puskesmas, standar pelayanan kefarmasian, pengelolaan sediaan farmasi, pelayanan farmasi klinis

ABSTRACT
Apothecary Profession Internship Program at Primary Healthcare Service of Cempaka Putih Subdistrict Central Jakarta on January 2017Karina Larasati, Deny Hidayat Syamsurizal, Atika Wahyu PuspitasariFakultas Farmasi, Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Depok, 16424, IndonesiaABSTRACTApothecary Profession Internship Program in Cempaka Putih Subdistrict Primary Healthcare Service was held on January 9th to January 27th 2017. The aim of this internship program are to make Pharmacist student understand the role, duties and responsibilities of clinical Pharmacist at Primary Healthcare Service according to the provisions and ethics of pharmaceutical care, expected to improve student rsquo s insight, knowledge, skills and experience in conducting pharmaceutical practices in Primary Healthcare Service, and students can find out the real pharmaceutical practice problems. In the implementations of this internship program, students can understand the activities of pharmaceutical management, clinical pharmacy service and contribute ideas for solving pharmaceutical practice problems in the Primary Healthcare Service"
2017
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Cindy Manuela
"Penggunaan sistem komputer dalam pengendalian sediaan farmasi merupakan salah satu upaya dalam menjaga persediaan. Perangkat lunak sangat bermanfaat untuk mendokumentasikan dan memantau seluruh kegiatan. PT SamMarie Tramedifa telah melakukan pembaruan terhadap sistem yang digunakan demi kelancaran pengelolaan dan terdapat hasil temuan yang menunjukkan dampak terhadap pengelolaan obat baik dari sisi pengelola serta performa pengendalian sediaan farmasi. Oleh karena itu, dilakukan analisis pengaruh penggunaan sistem komputer terhadap pengelolaan untuk menjadi bahan evaluasi. Penulisan laporan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan sistem komputer dalam proses pengelolaan, menelaah dampak penggunaan perangkat lunak terhadap sistem pengadaan hingga penyaluran, mengevaluasi penggunaan perangkat lunak. Penulisan dilakukan dengan studi literatur, pengamatan langsung, pendataan laporan stok obat, pengumpulan hasil pencetakan faktur, diskusi dengan apoteker penanggungjawab, penanggungjawab sistem komputer, dan koordinator gudang. Hasil menunjukkan bahwa terjadi selisih stok antara sistem dengan fisik sebesar 11,94% dengan penyebab terbesar akibat kesalahan pada sistem. Pembuatan faktur juga lebih banyak dilakukan dengan pengetikan manual dibanding otomatis karena lemahnya pembacaan nomor bets dan tanggal kedaluwarsa produk. Dampak yang timbul adalah terhambatnya pengadaan akibat kesalahan pada sistem dan lambatnya sistem untuk mulai bekerja, kurangnya ketepatan dalam menentukan jumlah stok akibat adanya selisih, dan terhambatnya penjualan barang akibat pencetakan faktur yang juga terhambat. Dapat disimpulkan bahwa sistem komputer berpengaruh terhadap jumlah stok, berdampak pada pengadaan dan penjualan. Penggunaan sistem komputer di PT SamMarie Tramedifa sudah dirasa baik namun perlu dikaji kembali setiap informasi yang diperoleh dari sistem. Peralihan sistem yang dilakukan saat sedang tahap pengembangan menjadi faktor utama belum maksimalnya sistem tersebut karena perlunya adaptasi.

Using computer systems to control pharmaceutical products is an effort to maintain inventory. The software is useful for documenting and monitoring all activities. PT SamMarie Tramedifa has updated the system for better management and there were findings showing impacts on product management and control performance of pharmaceutical products. Therefore, an analysis of the computer system on management was important to be an evaluation. This report aimed to analyze the effect of computer system in the management process, examine the impact on procurement to distribution, and evaluate the use of software. The writing was done by literature studies, direct observation, data collection on stock reports and printed invoices, discussions with the responsible pharmacist, the person in charge of the computer system, and the warehouse coordinator. The results showed a difference in stock between the system and the physical of 11.94% with the biggest cause due to system errors. Invoicing was also done by manual typing rather than automatically due to the weak reading of the system. The other impacts were delays in procurement, slowness to start working, lack of accuracy of the amount of stock, and delays in sales of goods. In conclusion, the computer system affected the amount of stock, procurement, and sales. The use of the computer system at PT SamMarie Tramedifa was considered good, but necessary to review any information from the system. The system transition during the development stage was the main factor that the system was not maximized because of the need for adaptation."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library