Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Faiz Rizqillah Akbar
"Salah satu hal yang menjadi tantangan khususnya bagi nelayan di Indonesia ialah biaya operasi kapal. Hal ini dikarenakan 60% - 70% biaya operasional nelayan dikeluarkan untuk BBM. Dalam menekan penggunaan BBM untuk kapal ikan, dapat dilakukan dengan membuat konstruksi kapal ikan yang lebih ringan. Dengan adanya optimasi konstruksi dan pemilihan material yang tepat, dapat menghasilkan desain kapal ikan yang lebih ringan dan dapat mengecilkan biaya operasional maupun biaya pembangunan kapal.  Optimasi dilakukan dengan membuat konstruksi kapal dengan beberapa variasi jarak frame yaitu 400 mm, 500 mm, dan 600 mm pada material mild steel & AH32. Selain itu ketebalan dioptimasi sampai dengan tegangan & deformasi yang dialami mencapai batas yield strength & batas deformasi dari rules. Hasil dari optimasi jarak frame menunjukkan penurunan berat 80 hingga 90 kg, serta hasil dari optimasi ketebalan plat menunjukkan penurunan berat hingga 20%.

One of the challenges, particularly for fishermen in Indonesia, is the cost of vessel operations. This is because 60% - 70% of the fishermen's operational costs are spent on fuel. To reduce fuel consumption for fishing vessels, one approach is to construct lighter fishing vessels. By optimizing the construction and selecting appropriate materials, it is possible to achieve a lighter design for fishing vessels which can reduce operational and construction costs. Optimization can be achieved by constructing the vessel with different frame spacing variations, such as 400 mm, 500 mm, and 600 mm, using mild steel and AH32 materials. Additionally, the plate thickness can be optimized to ensure that the stress and deformation experienced by the vessel remain within the yield strength and deformation limits set by the rules. The results of the frame spacing optimization show a weight reduction of 80 to 90 kg, while the plate thickness optimization results in a weight reduction of up to 20%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Sumarno Putro
"Buoy Tsunami merupakan alat pendeteksi tsunami yang mengapung di permukaan laut (surface buoy). Dalam sejarah pengembangan alat pendeteksi tsunami banyak sekali kendala. Permasalahan utamanya adalah tidak berfungsinya alat pendeteksi tsunami tersebut disebabkan tumbukan dengan kapal melintas yang mengakibatkan sistim elektronik tidak berfungsi. Kedua, berat buoy yang mencapai 2,3 ton menyulitkan mobilisasi, maintenance, dan biaya pembuatan buoy yang mahal. Ketiga, rawannya surface buoy terhadap perusakan. Tujuan penelitian ini adalah, merancang surface buoy baru yang memiliki kemampuan menyerap getaran apabila terjadi tumbukan, membuat buoy anti tenggelam, ringan, mudah di buat, dirawat dan murah, memiliki ketahanan terhadap perusakan. Untuk memenuhi kreteria di atas, dilakukan pemilihan material yang paling sesuai. Dari proses pemilihan material untuk kerangka surface buoy menghasilkan AISI 1018 steel sebagai material terbaik. Desain struktur yang baru didapatkan berat surface buoy adalah 538,35 kg atau berkurang sampai dengan 76,59 % dari berat surface buoy yang terdahulu. Desain surface buoy baru menggunakan sistim no bolt at surface untuk mengurangi resiko perusakan.

Buoy Tsunami is a tsunami detection device that floats on the surface of the sea (surface buoy). There are many problem of the buoy. The main problem is the non-functioning of the tsunami detection device due to several factors. The first, collision with a passing boat which results in an electronic system not functioning due to vibration. The second, weight of the buoy which reached 2.3 tons which made it difficult to mobilize, maintain, and expensive. The third, vulnerability of surface buoys to destruction. The aim of this research is to design a new surface buoy that has the ability to absorb vibrations in the event of a collision, secondly, to create a buoy that is anti-cracking and anti-sinking, to solve the problem above, the selection of the materials most suitable. Based on the developed materials selection method and analysis of the few candidate materials it can be concluded that the AISI 1018 steel is the suitable material for the design. With new design can get buoy with total weight 538,35 kg or reduce total weight of surface buoy until 76.59 %. No bolt at surface design to proof buoy tsunami from vandalism."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T55397
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Irawan
"Penelitian energi baru terbarukan, khususnya PEM fuelcell, diiringi dengan penelitian untuk penyediaan bahan bakarnya. Teknologi pembangkit hydrogen sebagai bahan bakar PEMFC (elektrolizer) kembali ke teknologi dasar yaitu Alkaline Elektrolisis. Pengembangan elektroda sebagai komponen utama elektrolizer menggunakan material selama ini dilakukan secara terurut berdasarkan penelitian sebelumnya dan trial and error. Telah dilakukan pemilihan material elektroda elektrolizer dengan melibatkan kriteria-kriteria yang lain, bukan hanya kinerja material, tetapi juga kriteria biaya material, biaya proses dan bentuk elektroda. Selain itu juga ditambahkan kriteria material lokal sebagai keunggulan untuk sumber daya material Indonesia. Metode yang dilakukan berdasarkan pendekatan Ashby-Saaty.Tahap pertama dilakukan penilaian keunggulan kriteria yang satu dengan kriteria yang lain. Pada tahap ini, hasil peniilaian menunjukkan Material lokal dan Biaya Material menjadi pilihan utama dibandingkan kriteria yang lain. Tahap kedua penilaian dilakukan terhadap 10 kandidat material yang antara lain Platinum, Nikel, Tembaga, Titanium, Cobalt, Molibden, Emas, Perak, Stainless Steel dan Grafit. Penilaian dilakukan melalui sifat properties material terhadap keenam kriteria terkait. Tahap Ketiga merupakan penilaian akhir dimana penilaian kandidat material dibandingkan dengan penilaian kriteriakriteria terkait. Hasil akhir menunjukkan Indonesia memiliki 3 material yang memiliki posisi teratas dalam pemilihan material untuk elektroda yaitu Nikel, Tembaga dan Stainless Steel.

Renewable energy research, especially PEM Fuel Cell, followed by research to fuel resources Hydrogen generation technologies (electrolyzer) as PEMFC fuel back to the basic technology is Alkaline Electrolysis. Development electrodes electrolyzer as main component using materials that have been developed in order based on previous research and trial and error Have done electrode electrolyzer material selection involving other criteria, not just the material performance, but also the criteria of material costs, the cost of the process and the form of the electrodes. It also added the criteria of local materials as resource material advantages for Indonesia. The first stage assessment of the excellence criteria with other criteria. At this stage, the assessment results indicate local materials and material costs become the primary choice than other criteria. The second stage of the assessment conducted 10 candidate materials include Platinum, Nickel, Coper, Titanium, Cobalt, Molybden, Gold, Silver, Stainless Steel and Graphite. Assessment comparing one criteria with other criteria as cost of materials, performance, shape, cost of manufacturing and local materials resources. The third stage is the final assessmnet where the result from 2 stage before compiled and scored. So the last result showing Indonesia has 3 potential material for electrode which is Nickel, Copper and Stainless Steel.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41711
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library