Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mira Pratiwi Putri
"Masalah yang diajukan adalah Dimana terjadi penurunan dan pertambahan jumlah penduduk di Kodya Bogor? Dimana terjadi penurunan dan pertambahan luas tanah perumahan di Kodya Bogor ? Bagaimana korelasi antara perubahan jumlah penduduk dan perubahan luas tanah perumahan ? Bagaimana karakteristik daerah yang mengalami perubahan jumlah penduduk dan luas tanah perumahan di Kodya Bogor ?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif. Data-data yang diperlukan diperoleh dari Instansi- Instansi yang terkait. Kemudian data-data tersebut dikiasifikasikan dan disajikan dalam bentuk tabel-tabel, diagram-diagram, grafik-grafik dan peta-peta.
Analisis dilakukan dengan cara membandingkan peta perubahan jumlah penduduk dan luas tanah perumahan dengan faktor-faktor yang berpengaruh."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1992
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
F.X. Soewarto Citro Taruno
"Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengadakan kajian terhadap faktor-faktor sosial ekonomi dan faktor-faktor latar belakang yang mempengaruhi fertilitas, dan (2) mengadakan kajian terhadap bentuk-bentuk hubungan fertilitas dengan faktor-faktor tersebut.
Studi tentang faktor-faktor penentu fertilitas di Irian Jaya ini menggunakan data sekunder hasil Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) tahun 1985 yang telah dikumpulkan oleh Kantor Biro Pusat Statistik. Responden penelitian ini adalah wanita yang berstatus kawin (currently married women) berusia antara 15 - 49 tahun, yang berjumlah 1560 responden.
Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Teknik analisis yang dipergunakan untuk menduga pengaruh faktor-faktor penentu fertilitas di Irian Jaya adalah Teknik Analisis Regresi Linier Berganda yang Aditif.
Hasil temuan mengenai pola pengaruh atau pola hubungan masing-masing variabel bebas terhadap fertilitas (anak lahir hidup) setelah dikontrol terhadap variabel-variabel lainnya di dalam persamaan garis regresi, adalah sebagai berikut:
Pertama, umur perkawinan pertama dan tingkat pendidikan tertinggi yang ditamatkan cenderung mempunyai hubungan atau pengaruh negatif dengan fertilitas.
Kedua, umur wanita, pengeluaran rumah tangga sebulan sebagai proksi penghasilan.. dan banyaknya mengalami kematian bays cenderung mempunyai hubungan atau pengaruh positif dengan fertilitas.
Ketiga, jenis pekerjaan, status pekerjaan, daerah tempat tinggal, agama, dan akseptor keluarga berencana mempunyai hubungan (asosiasi) dengan fertilitas, sebagai berikut:
(1) Wanita yang bekerja di bidang profesional dan tata usaha memiliki anak lahir hidup lebih rendah dibandingkan wanita yang bekerja di bidang penjualan-jasa-produksi, dan wanita yang bekerja di bidang pertanian, serta wanita yang tidak bekerja.
(2) Wanita yang status pekerjaan sebagai pegawai/karyawan dan status pekerjaan sebagai pekerja keluarga mempunyai jumlah anak lahir hidup lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang status pekerjaan sendiri tanpa bantuan buruh dan yang bekerja dengan bantuan buruh, serta wanita yang statusnya tidak bekerja.
(3) Wanita yang bertempat-tinggal di daerah perkotaan memiliki anak lahir hidup lebih sedikit dibandingkan dengan wanita yang bertempat tinggal di daerah pedesaan.
(4) Wanita yang menganut agama Islam atau Katholik memiliki jumlah anak lahir hidup lebih sedikit dibandingkan dengan wanita yang beragama Protestan/Kristen lainnya.
(5) Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi memiliki anak lahir hidup lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang tidak menggunakan alat kontrasepsi.

The purpose of this study was to investigate social economic and background variables which influence fertility, and to examine pattern of relationships between those variables and fertility.
This study was about the province of Irian Jaya and utilized the 1985 Inter Cencal Population Survey (SUPAS 1985) data collected by The Central Bureau of Statistics (Biro Pusat Statistik).
The respondents is considered in this study were currently married women only aged 15 to 49, i.e women in the reproductive ages. The total member of respondents analyzed was 1560.
The data was analyzed using descriptive and inferential analysis methods. Multiple Linear Regression was used for estimating coeficients of the fertility determinants. The empirical result of this study after controlling for other variables in the model were as follows:
1. Age at first marriage and highest education attained affected fertility negatively.
2. Wive's age, income (proxied by household monthly expenditure) and frequency of infant mortality affected fertility positively or were positively associated with fertility.
3. Type of work, work status, recidence, religion and family planning acceptance affected or were associated with fertility:
(i) Children ever born alive was lowest for women who were profesionals or were in administrative jobs.
(ii) Female employees and unpaid family workers had less children ever born alive as compared to self employed women (with or without temporary help).
(iii) Women living in the city had less children ever born alive as compared to women living in the villages.
(iv) Islamic and Catholic women had less children ever born alive as compared to Protestant women.
(v) Current acceptors (of family planning) had more children ever born alive as compared to women who had never been acceptors.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1990
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis perubahan pola konsumsi pangan sumber karbohidrat di Indonesia.Analisis akan di fokuskan untuk daerah perdesaan dengan pertimbangan bahwa proporsi jumlah penduduk Indonesia sebagian besar berada di perdesaan sejak tahun 2002...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Grimaldi Adya Aseanda
"ABSTRACT
Peningkatan pembangunan kota dan peningkatan populasi memunculkan kebutuhan untuk bergerak yang membutuhkan sejumlah ruang kemudian berdampak pada kebutuhan akan fasilitas transportasi
dalam mobilitasnya antara ruang-ruang regional. Pertumbuhan populasi yang tinggi menciptakan ketidakseimbangan antara infrastruktur publik yang tersedia dan jumlah orang yang membutuhkannya, yang mana
menyebabkan kurangnya layanan kota, termasuk di sektor transportasi. Situasi ini menjadikan masalah transportasi di perkotaan menjadi perhatian penting karena di perkotaan area pergerakan orang dan barang terjadi dengan cepat dan kompleks. Pengamatan dilakukan dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana pola spasial layanan angkutan umum dan untuk mengetahui pola kesenjangan antara kebutuhan pergerakan dan ketersediaan moda transportasi umum. Verifikasi data terkait dengan pengembangan a sistem layanan transportasi antara kondisi nyata di daerah penelitian dan master plan dilakukan dengan membandingkan area yang dilayani dengan baik, area yang dilayani dengan sedang, dan area yang kurang terlayani. Analisis spasial deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk menjelaskan layanan pola dan celah dalam sistem transportasi. Dalam penelitian ini hasilnya menunjukkan kesenjangan masih terjadi meskipun pola
ayanannya cukup baik. Kesenjangan terjadi di Bogor Wilayah kota yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor karena operasi angkutan umum yang berfokus pada Pusat kota.

ABSTRACT
Increased urban development and increased population raises the need to move that requires a number of spaces and then have an impact on the need for transportation facilities in its mobility between regional spaces. High population growth creates an imbalance between available public infrastructure and the number of people who need it, whichever causing a lack of city services, including in the transportation sector. This situation makes transportation problems in urban areas an important concern because in urban areas the movement of people and goods occurs quickly and complexly. Observations were made in this study to see how the spatial patterns of public transport services and to determine the pattern of gaps between the movement needs and the availability of public transportation modes. Data verification related to the development of a transportation service system between real conditions in the study area and the master plan is carried out by comparing areas that are well served, areas that are served medium, and areas that are not served. Descriptive spatial analysis is used in this study to explain service patterns and gaps in the transportation system. In this study the results show that the gap still occurs despite the pattern the service is good enough. Gaps occur in Bogor City areas bordering Bogor Regency due to public transport operations that focus on the city center."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samosir, Omas Bulan
Depok: Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
PGB-PDF
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriella Caryn Nanda
"Peningkatan jumlah penduduk yang cukup pesat di Indonesia menyebabkan kepadatan penduduk di perkotaan semakin meningkat. Semakin padatnya suatu daerah tentunya memberikan dampak positif maupun negatif bagi penduduknya, salah satunya adalah terkait kebahagiaan. Fenomena ini dapat dijelaskan dengan Teori Kehidupan Perkotaan Wirth. Teori tersebut membahas bagaimana urbanisme dapat menimbulkan konsekuensi negatif yang menyebabkan ketidakbahagiaan. Teori Kehidupan Perkotaan Wirth berfokus pada karakteristik perkotaan, khususnya jumlah populasi dan kepadatan penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Teori Kehidupan Perkotaan Wirth di Indonesia. Metode yang digunakan adalah Random Effect Model (REM) dengan menggunakan unit analisis provinsi di Indonesia pada tahun 2014, 2017, dan 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah penduduk yang tinggi tidak diasosiasikan dengan ketidakbahagiaan. Sementara itu, daerah dengan kepadatan tinggi diasosiasikan dengan ketidakbahagiaan relatif dibandingkan daerah yang tidak padat dalam kasus Indonesia.

The rapid increase in Indonesia’s population has caused the population density in urban areas to increase. The higher population density in an area has a positive or negative impact on its population, one of which is related to happiness. This phenomenon can be explained by Wirth’s Theory of Urban Life. The theory discusses how urbanism can have negative consequences that lead to unhappiness. Wirth’s Urban Life Theory focuses on urban characteristics, especially population size and density. This study aims to prove Wirth’s Theory of Urban Life in Indonesia. The method used is the Random Effect Model (REM) using provincial analysis units in 2014, 2017, and 2021. The results show that high population size is not associated with unhappiness. Meanwhile, areas with high density are associated with lower happiness compared to other areas in the case of Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fransiska Marta Bening Kurniawati
"Kalimantan Timur merupakan provinsi yang memiliki beragam potensi ekonomi. Akan tetapi, jumlah penduduk miskin yang ada di Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur masih menunjukkan tren meningkat. Salah satu penyebabnya diduga adalah infrastruktur, yang merupakan faktor penting dalam pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara infrastruktur dan kemiskinan  Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur tahun 2013-2022. Model dalam penelitian ini menggunakan data panel dengan variabel infrastruktur yang terdiri dari jalan, air minum layak, listrik, jumlah sekolah dan jumlah fasilitas kesehatan. Hasil statistik mengonfirmasi bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara variabel jalan, air minum layak, listrik, jumlah sekolah dan jumlah fasilitas kesehatan dengan jumlah penduduk miskin. Hasil dari penelitian ini adalah variabel air minum layak, jumlah sekolah dan jumlah fasilitas kesehatan memiliki koefisien terbesar sehingga Pemerintah Kab/Kota Kalimantan Timur disarankan untuk berfokus pada penyediaan akses air minum kayak, jumlah sekolah dan jumlah fasilitas kesehatan untuk mengurangi jumlah penduduk miskin di Kab/Kota di Provinsi Kalimantan Timur.  

East Kalimantan is a province that has various economic potentials. However, the number of poor people in regencies/cities in East Kalimantan Province still shows an increasing trend. One of the reason is thought to be infrastructure, which is an important factor in development. This study aims to determine the relationship between infrastructure and poverty in Regencies/Cities in East Kalimantan in 2013-2022. The model in this study uses panel data with infrastructure variables consisting of roads, proper drinking water, electricity, number of schools and number of health facilities. Statistical results confirm that there is a negative significant relationship between the variables of roads, proper drinking water, electricity, number of schools and number of health facilities with the number of poor people. The result from this study is that the variables of proper drinking water, the number of schools and the number of health facilities have the largest coefficient so that the Regency/City Government of East Kalimantan is advised to focus on providing access to proper drinking water, the number of schools and the number of health facilities to reduce the number of poor people in the Regencies/Cities in East Kalimantan Province."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desty Setyowati
"Indeks Pembangunan Manusia (IPM) disusun sebagai salnh satu dari indikator altematif, selain pendapatan nasional per kapita, untuk meniiai keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan oieh suatu negara. Negara muslim yang memiliki potensi SDA besar GDP perkapita tinggi, tidak rnemiliki angka kesehatan dan pendidikan yang tinggi bila dibandingkan dengan negara-negara barat Hal ini menunjukan bahwa dl negara muslim kemajuan disektor ekonomi tidak dibarengi dengan kemajuan disektor pendidikan dan kesehatan yang akhirnya menyebabkan peringkat IPM negara muslim tertinggal dari negarawnegara barat.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh GDP, lndikator Kesehatan dan Indikator Pendidikan terhadap Indeks Pembangonan Manusia di Negara-negara muslim. Metode yang digunakan adalah regresi berganda dengan data panel dan penelitian dilakukan pada pada tahun 2004 sampai dengan 2007. Hasil analisis menunjukan adanya pengaruh GDP, realisasi anggaran sektor kesehatan terhadap pengeluaran pemerintah dan rasio jumlah sarana pendidikan terhadap jumlah pelajar terhadap indeks pembangunan manusia untuk kelompok?

Human Development Index (HDI) composed as one of the altemative indicators, in addition of national income per capita, to measure the success of development undertaken by a country. Muslim countries which have great potential for natural resources, high Gross Domestic Product (GDP) per capita, and do not have high number of health and education compared to western countries. This fact shows that in musiim countries the progress of economy sector is not accompanied by health and education sectors which imply the Muslim Countries rate of HDI left behind western countries.
The aim of the n search is determine the influence of GOP, health indicator, and education indicator toward Muslim Countries Human Development Index. The method used is multiple regression with panel data, and the research conducted from the years 2004 to 2007. Analysis result shows the influence of GDP, realization of health sector budget to the government expenditures, and ratio of the number of educational facilities to the number of students on the human development index for the Muslim Countries with high HDI rank. Whereas for groups of Muslim countries based on?
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
T33675
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Devita Yoselyn Nashwa
"Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Mengingat pentingnya logistik laut di Indonesia, diperlukannya kajian mengenai pemodelan freight trip generation moda kapal di wilayah kepulauan. Kabupaten Kepulauan Seribu, yang terletak di Provinsi DK Jakarta, merupakan salah satu dari banyak wilayah kepulauan kecil di Indonesia yang menggunakan transportasi laut sebagai transportasi utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi bangkitan dan tarikan perjalanan kapal terkait pergerakan barang di wilayah studi Kepulauan Seribu serta untuk mengembangkan model bangkitan dan tarikan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear, di mana jumlah perjalanan kapal menjadi variabel terikat yang ditinjau. Variabel bebas yang digunakan dalam analisis meliputi luas wilayah pulau, jumlah penduduk, dan jarak terdekat pulau ke pelabuhan di Pulau Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap bangkitan dan tarikan perjalanan barang adalah jumlah penduduk dan jarak terdekat pulau ke pelabuhan di Pulau Jawa. Temuan ini dapat digunakan oleh perencana transportasi untuk mengestimasi jumlah bangkitan perjalanan di kepulauan kecil di masa mendatang. Hasil estimasi tersebut dapat menjadi pertimbangan penting dalam perencanaan sarana dan prasarana pendukung transportasi laut, terutama terkait perjalanan barang.

Indonesia is one of the largest archipelagic countries in the world. Considering the importance of maritime logistics in Indonesia, it is necessary to study the modelling of freight trip generation for ship mode in archipelagic regions. The Kepulauan Seribu Regency, located in the DK Jakarta Province, is one of the many small archipelagic regions in Indonesia that relies on sea transportation as its primary mode of transport. This study aims to analyze the factors affecting the generation and attraction of ship trips related to freight movement in the Kepulauan Seribu study area and to develop a model for such generation and attraction. This research employs a quantitative approach using linear regression analysis, with the number of ship trips as the dependent variable. The independent variables used in the analysis include the island area, population size, and the nearest distance of the island to a port in Jawa Island. The results of the study indicate that the most influential variables on the generation and attraction of freight trips are the population size and the nearest distance of the island to a port in Jawa Island. These findings can be utilized by transportation planners to estimate the number of freight trips generated in small archipelagic regions in the future. These estimates can serve as important considerations in the planning of infrastructure and support facilities for maritime transport, especially concerning freight movements."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Titiek Ujianti Karunia
"Neraca air baku DKI Jakarta terdiri dari kebutuhan dan ketersedian air baku yang ada di DKI Jakarta. Jumlah penduduk yang semakin bertambah dan perubahan tata guna lahan hingga tahun 2030 menyebabkan kebutuhan air bertambah setiap tahunnya. Strategi potensi sungai Cisadane dan Citarum, panen hujan dan reverse osmosis menjadi sumber daya alternatif untuk menambah ketersediaan air baku. Jumlah defisit air baku setelah diaplikasikannya strategi ini berkurang 37.3% dari tahun 2010 sebesar 9661.536 l/det menjadi 3604.931 l/det pada tahun 2030. Untuk menghilangkan defisit air baku diperlukan tambahan altenatif sumber daya air lainnya berupa Waduk Ciawi dan IPA Buaran III

DKI Jakarta water balance consists of the demaind and supply water in DKI Jakarta. Number of gowing population and the changes in landuse through 2030 led the demaind of water grow every year. Strategy of potential Cisadane and Citarum river; rain harvesting; and reverse osmosis are the alternative to increase the supply of water. The amount of water deficit after this strategy apllied was reduced 37.3% from 2010 amounted 9661.536 l/s to 3604.931 l/s in 2030. To eliminate the deficit of water required additional alternative from other water resources such as Ciawi reservoir and IPA Buaran III"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T46602
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>