Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Revan Dzaky Fahrezi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan analisis sentimen dan teknik pengelompokan teks (text clustering) dalam mengevaluasi kualitas layanan berdasarkan model SERVQUAL, yang mencakup lima dimensi utama: Tangibility, Responsiveness, Reliability, Assurance, dan Empathy. Metode yang digunakan meliputi Naïve Bayes, Support Vector Machine, dan K-Nearest Neighbor untuk melakukan klasterisasi sentimen yang bervariasi di setiap dimensi SERVQUAL. Hasil analisis menunjukkan bahwa sentimen pelanggan berbeda di setiap dimensi, dengan beberapa area menonjol dalam sentimen negatif atau positif. Teknik clustering teks membantu mengidentifikasi tema-tema umum dan masalah yang sering dihadapi pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan analisis sentimen dan text clustering memberikan wawasan yang lebih detail dan mendalam mengenai kualitas layanan, yang memungkinkan perusahaan untuk mengambil tindakan yang lebih tepat dalam meningkatkan setiap dimensi SERVQUAL untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan secara keseluruhan

This study aims to integrate sentimen analysis and text clustering techniques to evaluate service quality based on the SERVQUAL model, which includes five main dimensions: Tangibility, Responsiveness, Reliability, Assurance, and Empathy. The methods used include Naïve Bayes, Support Vector Machine, and K-Nearest Neighbor to perform sentimen clustering that varies across each SERVQUAL dimension. The analysis results show that customer sentimens differ across each dimension, with certain areas standing out in either negatif or positive sentimens. Text clustering techniques help identify common themes and issues frequently faced by customers. The conclusion of this study is that the sentimen analysis and text clustering approach provides more detailed and in-depth insights into service quality, enabling companies to take more precise actions in enhancing each SERVQUAL dimension to increase overall customer satisfaction and loyalty."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fahmi Stiazi
"ABSTRAK
Sistem informasi pada universitas dapat dilihat melalui tampilan Website yang mereka punya. Universitas berperan dalam memetakan dan menyediakan informasi kepada pengguna website yang mengunjungi website mereka. Keberhasilan website universitas sendiri adalah sejauh mana informasi yang disampaikan dimengerti dan memberikan keuntungan kepada pengguna website tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menilai website universitas berdasarkan persepsi pengguna dan expert. Penggunaan metode pada penelitian menggunankan metode statistik untuk pengukuran data dan pengolahan data menggunakan AHP dan TOPSIS. Hasil dari pengolahan statistik menunjukan total penilaian website berdasarkan evaluasi dari pengguna dan hasil dari pengolahan TOPSIS menunjukan kriteria mana yang dipilih dan merupakan kriteria dengan prioritas paling penting dalam penilaian website.

ABSTRACT
Information System for university can be seen by website appearance that they had. University have a role as from mapping and providing information for user who had visited their website. The successfull website university is based on how far the information understand and give the user benefits from the website. This research purpose for measurement and evaluate the website university based on perception from user and expert. The method use for this research is statistic method for measurement data from user and tabulating data for expert using AHP (Analytical Hierarki Process) dan TOPSIS (Technique for Order by Similarity to Ideal Solution). The result from statistic show the value website evaluation based on user evaluate and the result from TOPSIS tabulation is showed the criteria who had the most priority from evaluated website."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iven Ganesja
"ada tahun 2018 Indonesia Digital Education and E-Learning Market Outlook mengeluarkan laporan yang bertajuk Rising Trend of Blended Learning to Drive The Future Growth, hasil yang ditunjukkan cukup mengejutkan karena Indonesia diramalkan akan menjadi Top 5 Buyers of mobile learning products and services, bersaing dengan negara adidaya seperti China,Amerika Serikat, juga negara berkembang seperti Brazil dan India, total pembelanjaan yang digunakan untuk menyediakan pendidikan berbasis digital di Indonesia juga terus meningkat dalam lima tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi niatan dan perilaku konsumen untuk melakukan pembelian kembali (repurchase intention) dan faktor-faktor yang membentuk brand loyalty dengan menggunakan pendekatan Brand Relationship Quality dan service quality. Kerangka riset ini diuji secara empiris dengan menggunakan 205 data pengguna bimbingan belajar online yang merupakan siswa yang duduk di bangku kelas VII hingga kelas XI. Data diambil dengan metode non-probability sampling melalui survey online dan menyebarkan kuesioner kepada siswa dan siswi pengguna bimbingan belajar online di sekolah-sekolah. Setelah data diambil,data akan diolah menggunakan metode PLS (Partial Least Square). Hasil menunjukkan bahwa seluruh hipotesis di dukung oleh data hasil penelitian kecuali pengaruh trust terhadap price tolerance, dan pengaruh satisfaction terhadap price tolerance yang dibahas pada analisa hipotesis. Penelitian ini menghasilkan implikasi teoritis dan praktis yang penting terutama untuk meningkatkan repurchase ratio dan customer retention.

In 2018 Indonesia Digital Education and E-Learning Market Outlook issued a report entitled Rising Trend of Blended Learning to Drive The Future Growth, the results shown were quite surprising because Indonesia was predicted to become the Top 5 Buyers of mobile learning products and services, competing with superpowers such as China, the United States, as well as developing countries such as Brazil and India, the total expenditure used to provide digital-based education in Indonesia has also continued to increase in the last five years. This study aims to identify what factors influence consumer intention and behavior to repurchase and the factors that shape brand loyalty using the Brand Relationship Quality and service quality approach. This research framework was tested empirically using 205 online tutoring user data which were students who sat in class VII to class XI. Data is taken by nonprobability sampling method through online surveys and distributing questionnaires to students using online tutoring in schools. After the data is taken, the data will be processed using the PLS (Partial Least Square) method. The results show that all hypotheses are supported by research data except the effect of trust on price tolerance, and the effect of satisfaction on price tolerance discussed in hypothesis analysis. This research has important theoretical and practical implications especially for increasing repurchase ratios and customer retention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53022
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Choiroel Woestho
"Penelitian bertujuan untuk mengkaji persepsi serta ekspektasi pasien rawat inap pengguna program Jamkesmas terhadap kualitas pelayanan RSUD Kota Bekasi. Dari kelima dimensi penilaian kualitas pelayanan (tangibles, responsiveness, reliability, assurance, emphaty) dapat dilihat dari nilai kesenjangan yang paling besar. Penelitian ini menggunakan metode survey dan observasi, dimana sampel yang diteliti dalam penelitian ini 100 pasien yang diambil secara judgmental sampling dari populasi sebanyak 3.818 pasien.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh RSUD Kota Bekasi sudah memuaskan, akan tetapi ada beberapa aspek dari dimensi tersebut yang menghasilkan nilai kesenjangan negatif, yaitu dimensi tangible. Untuk dimensi reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty menghasilkan nilai kesenjangan positif. Untuk itu perbaikan yang perlu mendapatkan perhatian terletak pada dimensi tangible seperti kenyamanan di ruang tunggu dan kamar rawat inap serta penambahan jumlah ketersediaan tempat duduk.

This research aims to examine the perceptions and expectations of the patients hospitalization program Jamkesmas to the quality of service in RSUD Kota Bekasi. From the five dimensions of service quality assessment (tangibles, responsiveness, reliability, assurance, emphaty) can be seen from most of the gap value. The research method is a survey and observation, where the samples were examined of this study is 100 patients who were taken by judgmental sampling from a population of 3.818 patients.
The results showed that the quality of service were provided by RSUD Kota Bekasi has been satisfied, but there are several dimension that produce a negative gap, i.e. the tangible dimension. For the dimension such as reliability, responsiveness, assurance, and emphaty has generating a positive gap value. For the improvements that need to get attention is on tangible dimension such as convenience at the waiting area and inpatient care rooms as well as additional of availability seats."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T39362
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Dormauli
"Penelitian ini membahas tentang dimensi pelayanan dan produk T-Bank BRI yang diperhatikan oleh nasabah pengguna layanan T-Bank BRI. Inovasi yang dilakukan oleh BRI untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya adalah layanan T-Bank BRI. T-Bank BRI merupakan suatu layanan Branchless Banking yang dimiliki oleh BRI, dimana transaksi keuangan cukup dilakukan melalui Handphone tanpa nasabah datang ke bank. Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat adopsi suatu inovasi diantaranya adalah : type of group, type of decisions, marketing effort, fullfilment of felt need, compatibility, relative advantage, complexcity, observability, triability, dan perceived risk. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner serta dilakukan di dua tempat yaitu Kantor Cabang BRI Jakarta Fatmawati dan Yogya Cik Ditiro.

This study discusses the dimensions of the service and products T-Bank BRI that considered by customer T- Bank BRI in Jakarta and Yogyakarta. Innovations made by BRI to meet the needs of its customers is T- Bank BRI. T- Bank BRI is product Branchless Banking that owned by BRI, financial transaction is done through mobile phone without the customer comes to the bank. Several factors influence the rate of adoption of an innovation such as: type of group, type of decisions, marketing effort, fullfilment of felt need, compatibility, relative advantage, complexcity, observability, triability, and perceived risk. Methods of data collection using questionnaires and conducted in two places, namely Jakarta Branch Office BRI Fatmawati and Cik Ditiro Yogya.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evi Sihan Murdewanti
"Kepuasan pasien dinilai sebagai suatu komponen yang penting untuk mengukur kualitas pelayanan kesehatan. Penilaian dipengaruhi oleh pengalaman dari pasien selama mendapatkan pelayanan kesehatan seperti rumah sakit. RS Tugu Ibu pada tahun 2014 melayani pasien JKN,umum, dan asuransi swasta. Dengan semakin banyaknya pertumbuhan rumah sakit maka daya saing akan semakin ketat dan tajam sehingga menuntut rumah sakit untuk dapat memberikan kepuasan sesuai dengan kebutuhan kepada semua pasiennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara tingkat kepuasan pasien berdasarkan cara bayar pasien yaitu pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), umum, dan asuransi swasta terhadap pelayanan yang diberikan di unit rawat jalan rumah sakit Tugu Ibu.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, jumlah sampel sebanyak 150 orang pasien rawat jalan yang diambil secara purposive sampling. Tingkat kepuasan pasien dinilai berdasarkan 5 (lima) dimensi mutu pelayanan yang terdiri dari dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan tingkat kepuasan pasien JKN lebih tinggi daripada pasien umum dan pasien swasta terhadap dimensi reliability (37,4%), dimensi responsiveness (36,4%), dimensi assurance (35,4%), dimensi empathy (44,33%), dan dimensi tangibles (41,1%). Sedangkan untuk karakteristik umur mempengaruhi tingkat kepuasan pasien JKN (nilai p-value=0,005) dan pada karakteristik pekerjaan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien JKN (nilai p-value=0,023).

Patient satisfaction is considered as an important component for measuring the quality of health care. Assessment is influenced by the experience of patients during health services such as hospitals. Tugu Ibu Hospital serving JKN patients, general patients, and private insurance patients in 2014. the increasing growth of the hospital's competitiveness will be intense and sharp that require hospitals to provide satisfaction in accordance with the needs of all patients.This study aims to determine the effect of the level of patient satisfaction based on the patient's method of payment that is the Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), public, and private insurance against with the services provided in hospital outpatient units at Tugu Ibu Hospital.
This study used quantitative methods with cross sectional approach, a total sample of 150 outpatients were taken by purposive sampling. This study used quantitative methods with cross sectional approach, a total sample of 150 outpatients were taken by purposive sampling. The level of patient satisfaction assessed by 5 (five) dimensions comprising service quality dimensions which are reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibles. The results show a comparison of patient satisfaction JKN higher than public patients and private patients to the reliability dimension (37.4%), responsiveness dimension (36.4%), assurance dimension (35.4%), the dimensions of empathy (41,1 %), and the dimensions of tangibles (48.48%). And for the age characteristics affect the level of JKN patient satisfaction (p-value = 0.005) and for the job characteristics affect the level of JKN patient satisfaction (p-value = 0.023).
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S56049
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library