Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Youngseon, Jo
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017
361 YOU w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Qolbina
"Skripsi ini membahas mengenai budaya SNS Social Network Service di kalangan masyarakat Korea Di Korea SNS banyak digunakan oleh masyarakat Korea Meski banyak SNS buatan luar negeri yang masuk ke Korea SNS buatan Korea lebih banyak digunakan oleh pengguna SNS di Korea Dalam penulisan ini penulis membatasi pembahasan masalah pada jenis dan karakter SNS yang populer di kalangan masyarakat Korea dalam rentan periode tahun 2001 hingga 2011 Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dapat disimpulkan bahwa masyarakat Korea pengguna SNS lebih memilih SNS SNS buatan Korea sehingga SNS buatan Korea yang sangat populer dibandingkan SNS buatan luar negeri Adapun alasan pemilihan jenis SNS buatan Korea tersebut adalah terdapat konsep nilai budaya tradisional di dalam SNS SNS buatan Korea yang populer di Korea.

This thesis discusses about SNS (Social Network Service) culture in Korea. SNS is quite used widely by Koreans. Eventhough there are several global SNS entered into Korea, Korean-made SNS is more widely used by SNS users in Korea. This research focuses on type and characters of Korean popular SNS among Korean SNS users in Korea during the period of 2001-2011. Through descriptive qualitative research, the result of this research shows that Korean SNS users prefer choice and use Korean SNS than other countires’s SNS because of the concept of traditional cultural values found in some popular Korean SNS."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47090
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gusti Rara Amanda Patricia Dhea Rosa
"Virtual space in Social Networking Site changes how people no longer perceive identity only in physical environments but also in the virtual world. People are no longer manage impressions in the physical environments but also virtual space. Moreover, interactions are mostly done virtually due to Covid-19. Thus, it is important to explore how impression management changes as people move from the physical to the virtual world. This study aims to contribute to exploring Instagram impression management of university students. This study will analyze the interviewees' main account and secondary account. Moreover, this study will discuss the impression management strategy the interviewees use on their Instagram.

Ruang virtual di Situs Jejaring Sosial mengubah cara orang tidak lagi memandang identitas hanya di lingkungan fisik tetapi juga di dunia maya. Orang tidak lagi mengelola tayangan di lingkungan fisik tetapi juga ruang virtual. Apalagi, interaksi banyak dilakukan secara virtual akibat Covid-19. Oleh karena itu, penting untuk mengeksplorasi bagaimana manajemen kesan berubah ketika orang berpindah dari dunia fisik ke dunia virtual. Penelitian ini bertujuan untuk berkontribusi dalam mengeksplorasi manajemen kesan Instagram mahasiswa. Studi ini akan menganalisis akun utama dan akun sekunder yang diwawancarai. Selain itu, penelitian ini akan membahas tentang strategi manajemen kesan yang digunakan orang yang diwawancarai di Instagram mereka."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Andrea Kirana Anggreni
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Social Networking Site (SNS) Brand Community Experience dan SNS Brand Community Commitment terhadap Brand Attitude dan Repurchase Intention dalam konteks BTS Twitter brand community. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan anggota aktif dari komunitas brand BTS di Twitter yang berdomisili di Indonesia, berusia 18-29 tahun dan pernah membeli produk official merchandise BTS dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Kuesioner menggunakan platform Google Forms dan disebarkan secara online melalui Twitter. Terdapat sebanyak 419 responden yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini. Selanjutnya, data yang dikumpulkan diolah dengan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (SEM) dan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua dimensi dari SNS Brand Community Experience yaitu Information Experience, Entertainment Experience, Homophily Experience dan Relationship-based Experience memiliki pengaruh positif terhadap SNS Brand Community Commitment dengan pengaruh paling besar dari variabel Entertainment Experience. SNS Brand Community Commitment juga ditemukan memiliki pengaruh positif terhadap Brand Attitude dan Repurchase Intention. SNS Brand Community Commitment juga memediasi secara positif hubungan antara SNS Brand Community Experience (IE, EE, HE, RE) dengan Brand Attitude dan Repurchase Intention. Selebihnya, Brand Attitude juga memiliki pengaruh positif terhadap Repurchase Intention dan juga memediasi antara variabel SNS Brand Community Commitment dan Repurchase Intention.

This study aims to determine the effect of Social Networking Site (SNS) Brand Community Experience and SNS Brand Community Commitment on Brand Attitude and Repurchase Intention in the context of BTS Twitter brand community. The samples used in this study are active members of the BTS brand community on Twitter who resided in Indonesia, aged 18-29 years and have purchased BTS official merchandise products within the last 3 months. The questionnaire utilized Google Forms platform and was spread online through Twitter. There was a total data from 419 respondents who were successfully collected in this study. The data collected was processed using Partial Least Square - Structural Equation Modeling (SEM) method with the SmartPLS software. The results of this study indicate that all dimensions of the SNS Brand Community Experience, namely Information Experience, Entertainment Experience, Homophily Experience and Relationship-based Experience, have a positive influence on SNS Brand Community Commitment with the greatest influence coming from the Entertainment Experience variable. SNS Brand Community Commitment was also found to have a positive influence on Brand Attitude and Repurchase Intention. Moreover, SNS Brand Community Commitment also positively mediates the relationship between SNS Brand Community Experience (IE, EE, HE, RE) with Brand Attitude and Repurchase Intention. Lastly, Brand Attitude also has a positive influence on Repurchase Intention and also mediates between SNS Brand Community Commitment and Repurchase Intention variables."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sherin Nindyta Puteri
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah perceived social support dan penggunaan social networking sites (SNS) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap distres psikologis. Penelitian dilakukan terhadap Mahasiswa (n=681). Untuk mengumpulkan data digunakan alat ukur Kessler Psychological Scale (K10), The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), dan Social Media Use Integration Scale (SMUIS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived social support secara signifikan berpengaruh dalam mengurangi tingkat distres psikologis mahasiswa (p < 0,001), sedangkan penggunaan SNS secara signifikan berpengaruh dalam meningkatkan distres psikologis pada mahasiswa (p < 0,001). Jika dibandingkan, perceived social support terbukti lebih kuat untuk mengurangi tingkat distres psikologis.

The purpose of this study is to examine the effect of perceived social support and social networking sites use on psychological distress. The respondents of this study are university students (n=681). This study uses Kessler Psychological Scale (K10), The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), and Social Media Use Integration Scale (SMUIS) as instruments to gather data(s). The result of this study shows that theres a significant role of perceived social support in decreasing students psychological distress (p < 0,001) and theres a significant role of SNS Use in increasing students on psychological distress (p < 0,001)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hasbi Alvin Satyawan
"Menurut BAZNAS, penghimpunan dana donasi seperti infak/sedekah berkontribusi cukup besar pada penghimpunan dana filantropi nasional di Indonesia pada tahun 2018. Selain itu, Indonesia mendapat predikat “negara terdermawan” menurut “CAF World Giving Index 2018”. Berbagai cara dilakukan dalam proses pengumpulan dana donasi, mulai dari secara luring hingga daring dengan memanfaatkan situs jejaring sosial atau media sosial. Namun demikian, belum banyak penelitian terkait hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi intensi donatur muslim dalam berdonasi melalui media sosial, serta faktor-faktor ekstrinsik yang memengaruhi sikap mereka dalam melakukan perilaku tersebut. Penelitian ini mengadaptasi kerangka Theory of Planned Behavior, serta menggunakan faktor-faktor ekstrinsik, yaitu persepsi pada proyek/kegiatan amal, organisasi amal, fitur teknologi internet, dan fitur situs jejaring sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kuantitatif dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). Data primer diperoleh melalui survei secara daring dengan metode purposive sampling yang melibatkan 234 responden WNI muslim yang pernah melakukan donasi melalui media sosial. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh positif dari attitude (sikap), subjective norm (norma subjektif), dan perceived behavioral control (kontrol perilaku yang dirasakan) terhadap intensi donatur muslim untuk berdonasi kembali melalui media sosial. Selain itu, sikap donatur muslim dalam berdonasi melalui media sosial juga dipengaruhi secara positif oleh fitur teknologi internet dan fitur situs jejaring sosial, sementara proyek/kegiatan amal dan organisasi amal tidak memiliki pengaruh terhadap sikap tersebut. Temuan pada penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi organisasi-organisasi amal untuk memaksimalkan penghimpunan donasi serta menjaga hubungan berkelanjutan dengan donatur potensial melalui media sosial. Penelitian ini memberikan pengetahuan terkini tentang perilaku berdonasi, secara spesifik melalui media sosial, pada negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.
According to BAZNAS, the collection of donation funds such as infak/sedekah significantly contributed to the national philanthropic funds collection of Indonesia in 2018. Moreover, Indonesia was crowned as “the most generous country”, according to “CAF World Giving Index 2018”. Various methods are used in the process of collecting donations, from offline to online by utilizing social network sites or social media. However, there has not been much research related to this topic. This study aims to analyze the factors influencing the moslem donors’ intention to donate via social media, as well as the extrinsic factors that influence their attitude. This research adapts the Theory of Planned Behavior and also uses extrinsic factors such as perception on charity project, charity organization, internet technology features, and social network sites features. This research uses a quantitative study approach with the Structural Equation Modelling (SEM) method. Primary data was collected through an online survey using a purposive sampling method that involved 234 Indonesian moslem citizen as respondents who have made donations through social media. The results indicated that the attitude, subjective norm, and perceived behavioral control positively influence moslem donors’ intention to donate via social media. Furthermore, the moslem donors’ attitude in donating via social media is also positively influenced by internet technology features and social network sites features, while charity project and charity organization have no influence on attitude. The findings in this research can be used as a reference for charity organizations to maximize the collection of donations and maintain sustainable relationships with potential donors through social media. This research provides current insights about donating behavior, specifically via social media, in the country with the largest moslem population in the world."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Corry Naftali
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang bagaimana media social digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan keuntungan, khususnya popularitas. Dengan kemudahan untuk meraih popularitas via media sosial, public dengan mudah menjadi microcelebrity mdash;orang yang mudah mendapatkan perhatian publik menggunakan media sosial. Di Indonesia, Karin Novilda, yang dikenal sebagai Awkarin, telah meraih popularitas menggunakan posting di media sosial, yaitu Instagram dan YouTube. Tujuan dari research ini adalah untuk menentukan bagaimana Awkarin menggunakan Instagram dan YouTube sebagai alat untuk menjadi microcelebrity, dan bagaimana popularitas berpengaruh bagaimana ia menggunakan media sosial.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan content analysis untuk mengumpulkan data. Dengan menentukan beberapa aspek, dan menganalisa Instagram dan Youtube Awkarin, telah ditentukan bagaimana Awkarin menggunakan media sosial untuk mendapatkan dan mempertahankan popularitasnya sebagai microcelebrity.

ABSTRACT
The research is about how Social Networking System SNS has been used by a person to gain more advantage mdash popularity. By easily gaining popularity through SNS platforms, people are easier to become a microcelebrity mdash people who gets public attention in everyday life using SNS. In Indonesia, Karin Novilda, or famously known as Awkarin, has gained popularity towards her regular posts in several SNS platforms, such as Instagram and YouTube. The aim of this research is to determine how Awkarin uses Instagram and YouTube in order to become a microcelebrity, and how the popularity changes the way she uses these platforms.The research is a qualitative research, with content analysis as its approach of data collection. By considering several aspects, and analysing both Awkarin rsquo s Instagram and YouTube accounts, it is determined how Awkarin uses SNS in order to gain and maintain her popularity as a microcelebrity. "
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Valensia
"Tujuan dari riset studi ini adalah untuk menganalisa pengaruh dari faktor-faktor yakni information overload, fear of missing out, dan privacy concern terhadap munculnya social networking services (SNS) fatigue dan discontinuous intention. Sampel dari riset ini mencakup para anak muda Indonesia yang merupakan pengguna Instagram yang bertempat tinggal di area Jabodetabek. Data yang didapatkan dari para responden kemudian di proses menggunakan analisis Structual Equation Modelling (SEM).
Hasil penemuan dari riset ini menunjukan bahwa variabel information overload dan fear of missing out memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap munculnya SNS fatigue yang kemudian juga dapat mempengaruhi discontinuous intention dari para pengguna Instagram. Kemudian, terdapat juga pengaruh langsung yang positif dan signifikan dari variabel information overload kepada variabel discontinuous intention. Sementara itu, ditemukan pengaruh yang tidak signifikan dari variabel privacy concern pada variabel SNS fatigue dan juga discontinuous intention.

This research study aims to analyze the influence of factors namely information overload, fear of missing out, as well as privacy concern on social networking services (SNS) users experience of SNS fatigue. In addition to that, this research as well discover the particular influence of the preceding factors on the subsequent emergence of SNS users discontinuance intention to utilize the platforms services that in the case of this study focuses on Instagram. The samples in this research are young and educated Indonesian Instagram users who reside in the area of greater Jakarta. The data from the fellow respondents was processed by utilizing the technique of Structural Equation Modelling (SEM).
The findings of this study have discovered that information overload and fear of missing out have a positive and significant influence on the construct of SNS fatigue which then as well can positively and significantly influence the users discontinuance intention. Next, this study also found that there is a direct positive and significant influence of information overload to users intention to discontinue their SNS utilization. On the other hand, privacy concern however is found to not significantly influencing both the experience of SNS fatigue as well as SNS discontinuance usage intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Kamila
"Pengguna situs jejaring sosial kian meningkat, bersamaan dengan itu, waktu yang dihabiskan dalam penggunaan situs jejaring sosial juga kian meningkat bahkan cenderung berlebihan. Penggunaan situs jejaring sosial yang berlebihan diketahui dapat mendorong seseorang melakukan pembelian kompulsif secara online. Namun penelitian terkait hal tersebut masih terbatas. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan situs jejaring sosial yang berlebihan terhadap pembelian kompulsif secara online, dengan menggunakan dimensi money attitude sebagai variabel mediasi yang dapat menjelaskan pengaruh penggunaan situs jejaring sosial yang berlebihan terhadap pembelian kompulsif secara online, serta religiusitas sebagai variabel moderasi yang dapat melemahkan pengaruh tersebut. Responden dalam penelitian ini adalah dewasa muda muslim Indonesia yang berjumlah 602 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM Lisrel 8.8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan situs jejaring sosial yang berlebihan berpengaruh positif terhadap pembelian kompulsif secara online yang dimana hubungan keduanya dapat dijelaskan melalui dimensi money attitude yang diantaranya money power dan money anxiety. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa religiusitas dapat memperlemah hubungan antara penggunaan situs jejaring sosial yang berlebihan dengan money power dan money anxiety.

The users of social networking sites (SNS) has increased, along with with the increase on its users, the time spent on sns has also increased and even been excessive. This excessive usage could drive into an online compulsive buying. However, there is a lack of study analyzing this relationship. Therefore this study will analyze the influence of excessive social networking sites usage towards online compulsive buying by the mediationg role of money attitude as variables that could explain explain the relationship between excessive social networking sites usage and online compulsive buying and moderating role of religiousity as a variable that could weaken the relationship. Respondents of this study are Indonesian muslim young alduts with total of 602 respondents. Analysis of this study is using SEM Lisrel 8.8. This study found that the excessive use of social networking sites positively influence online compulsive buying where the relationship between them is explained by money power and money anxiety as money attitude. Beside of that this study also found that religiosity weaken the relationship between excessive SNS usage and money power and money anxiety."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library