Ditemukan 48 dokumen yang sesuai dengan query
Turnip, Theresia Yusefina
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi intensi pembelian konsumen Indonesia terhadap produk apparel khususnya backpack dengan brand Amerika maupun brand lokal. Janport merepresentasikan brand Amerika dan Eiger merepresentsikan brand lokal. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa. Jumlah responden yang digunakan adalah sebanyak 163 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai emosional, pemilihan kreatif, dan sikap terhadap produk Amerika, merupakan faktor yang lebih mempengaruhi intensi pembelian konsumen Indonesia dibandingkan dengan persepsi kualitas.
......
The purpose of this study is to understand the factors that are influencing Indonesia consumers? purchase intention on apparel product especially backpack with a American brand and local brand. Jansport is representing American brand and Eiger is representing local brand. Responden of this study is a student. Total of respondents are 163 students. This study use Structural Equation Model (SEM) as analysis data technique. The result of this study shows that emotional value, creative choice- conformity are the factors that has influencing Indonesian consumers? purchase intention more rather than perceived quality.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45523
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aprilia Listiyani
Abstrak :
Persaingan yang semakin ketat dalam pasar ritel modern mendorong sejumlah peritel melakukan differensiasi melalui kepemilikan produk private label. Tujuan karya tulis ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik produk (product involvement, type of product, dan switching cost) terhadap intensi pembelian produk private label Carrefour dan pengaruh store image sebagai variabel covariate dalam hubungan antara karakteristik produk dengan intensi pembeli produk private label Carrefour. Penelitian ini melibatkan 180 responden yang dipilih dengan metode random sampling dan pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis kovariat.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa karakteristik produk berpengaruh terhadap intensi pembelian produk private label Carrefour dan store image tidak memiliki pengaruh sebagai variabel covariate dalam hubungan antara karakteristik produk dengan intense pembelian produk private label Carrefour.
......The tight competition in the modern retail market encourages retailers to do differentiation through the ownership of private label products. The purpose of this paper is to investigate the influence of products characteristics (product involvement, type of product, and switching costs) on purchase intention of Carrefour's private label products and the influence of store image as a covariate variable in the relationship between characteristics of the product and the purchase intention of Carrefour's private label products. The study was a quantitative research and used analysis of covariate as the analysis method.
The research concluded that the product characteristics influence the purchase intention of Carrefour's private label products and store image as a covariate variable had no influence on the relationship between characteristics of product and the purchase intention of Carrefour?s private label products.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T21745
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Fahd Afkar Hakiki
Abstrak :
Fokus dari skripsi ini adalah untuk menguji hubungan antara Citra Toko dan Kualitas Pelayanan melalui Citra Merek, Intensi Pembelian Kembali, Kesadaran Harga dan Resiko yang diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Citra toko secara positif berpengaruh pada Intensi Pembelian, berpengaruh secara negatif terhadap Citra Merek. Kualitas pelayanan secara positif berpengaruh pada Citra merek tapi secara signifikan tidak memiliki pengaruh terhadap Intensi Pembelian Kembali. Citra Merek secara signifikan tidak memiliki pengaruh terhadap Intensi Pembelian Kembali, berpengaruh secara negatif terhadap Resiko yang diterima. Resiko yang Diterima secara negatif berpengaruh terhadap Kesadaran Harga dan Intensi Pembelian Kembali. Kesadaran Harga secara positif berpengaruh pada Intensi Pembelian Kembali. Data dalam penelitian ini sebanyak 155 responden menggunakan kuesioner. Sembilan hipotesis penelitian diuji menggunakan Structural Equation Modelling (SEM).
......The focus of this thesis is to examine the relationship between the Store Image and Service Quality through the Brand Image, Repurchase Intention, Price Consciousness and Perceived Risk. The results of this research show that the Store Image positively influential on Repurchase Intention, influence negatively on Brand Image. Service Quality affect positively on the brand image but significantly did not have an impact on Repurchase Intention. Brand image significantly did not have an impact on Repurchase Intention, negatively affect the Perceived Risk. The Perceived Risk negatively affect Price Consciousness and Repurchase Intention. Price Consciousness affect positive on Repurchase Intention. Data in this research is collected from 155 respondents by spreading the questionnaire. Nine hyphoteses in this research are tested by using Structural Equation Modeling (SEM).
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44585
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ina Putriana
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari attitudinal loyalty dan behavioral loyalty terhadap intensi pembelian kembali pelanggan terhadap restoran Jepang Sushi Tei. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode riset kuantitatif berdasarkan model penelitian Leingpibul, Thomas, Broyles, dan Ross (2009). Survei dilakukan terhadap 160 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitudinal loyalty berpengaruh langsung terhadap intensi pembelian kembali konsumen Sushi Tei. Selain itu, behavioral loyalty juga terbukti memediasi pengaruh attitudinal loyalty terhadap intensi pembelian kembali. Dari hasil penelitian ini juga terbukti bahwa meet expectation dan affective feeling state memiliki pengaruh positif terhadap attitudinal loyalty.
......This study aimed to determine the effect of attitudinal loyalty and behavioral loyalty to customer repurchase intentions toward the Japanese restaurant Sushi Tei. This study used quantitative research method approach based on the research model Leingpibul, Thomas, Broyles, and Ross (2009). The survey was conducted on 160 respondents. The results showed that attitudinal loyalty directly influence consumer repurchase intentions Sushi Tei. In addition, behavioral loyalty is also shown to mediate the influence of attitudinal loyalty on repurchase intention. From the results of this study also proved that meet expectation and affective feeling state has a positive effect on attitudinal loyalty.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44277
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anindita Cita Warastri
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang pengaruh social power yang dimiliki orang tua yang terdiri dari expert power, referent power, reward power, legitimate power, dan coercive power terhadap intensi pembelian untuk produk perawatan pribadi di kalangan remaja dengan mengambil studi kasus remaja berusia 14-18 tahun yang
berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, dan sekitarnya. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dalam software SPSS 19. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa expert power, referent power, reward power,dan legitimate power yang dimiliki orang tua secara signifikan memengaruhi intensi pembelian remaja untuk produk perawatan pribadi.
ABSTRACT
This research discusses about the effect on parental social power which consists of expert power, referent power, reward power, legitimate power, and coercive power on teen?s purchase intention for personal care products. This research was conducted tih a case study of teenagers aged 14-18 years old in Jakarta, Bogor,and the surrounding area. The data was analyzed using regression analysis in
SPSS 19. The result indicates that expert power, referent power, reward power,and legitimate power have significant effect on teen?s purchase intention for personal care products.
2013
S46696
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ekasari Puspaningrum
Abstrak :
Skripsi ini mempelajari tentang pengaruh variabel yang tidak berwujud yang mempengaruhi persepsi kualitas konsumen dan intensi pembelian kembali. Menemukan bahwa citra toko, product signatureness, dan variasi kualitas terhadap intensi pembelian kembali. Tiga hal tersebut mempengaruhi intensi pembelian kembali yang merupakan bagian yang dimediasi oleh persepsi kualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh citra toko, product signatureness, dan variasi kualitas terhadap intensi pembelian kembali, menganalisis dan menjelaskan pengaruh persepsi kualitas konsumen terhadap intensi pembelian kembali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengambilan data dilakukan dengan metode survey melalui kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen ?Minimarket X? Jakarta dengan jumlah sampel 115 orang dan teknik pengambilan sampel dengan conventional dan judgemental sampling. Software yang digunakan adalah Statistical Process Social Science (SPSS) dan Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) citra toko dan variasi kualitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kualitas, 2) citra toko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi pembelian kembali, 3) persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi pembelian kembali.
......
This study examines the effect of intangible extrinsic cues on consumer quality perception and repurchase intention Find that store image product signatureness and quality variation toward repurchase intention reduces both outcomes All efects of the three extrinsic cues on purchase intention are partially mediated by quality perception The purpose of this study is to analyze and explain the effect of store image product signatureness and quality variation to the repurchase intention analyze and explain the influence of perceived quality of consumers repurchase intention Types of research used in this research is quantitative research Method of data collection is done through a questionnaire survey method Population and sample in this study is that consumers Minimarket X Jakarta with a sample of 115 people and with conventional sampling techniques and judgmental sampling Software used is Statistical Process Social Science SPSS and Lisrel The results showed that 1 the store image and quality variation have a positive and significant impact on the quality perception 2 the store image has a positive and significant impact on repurchase intentions 3 quality perception has a possitive and significant impact on repurchase intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46875
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Raihan
Abstrak :
Studi mengenai intensi pembelian produk-produk beretika termasuk sustainable fashion telah banyak berkembang dalam literatur ilmiah. Namun demikian, sangat sedikit studi yang dikembangkan memasukkan unsur religiusitas dalam penelitiannya. Aspek ini krusial di negara-negara berkembang yang menggunakan unsur agama dalam pedoman kehidupannya termasuk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh aspek religiusitas masyarakat Indonesia dalam intensi pembelian sustainable fashion yang dimediasi oleh faktor materialisme dan guilt (perasaan bersalah) yang dikembangkan oleh Adil (2022). Penelitian dilakukan dengan mengirimkan survei yang diisi oleh 701 responden penduduk Indonesia yang beragama Islam dan berusia minimal 17 tahun. Dengan menggunakan metode pengolahan PLS-SEM, ditemukan bahwa religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi pembelian sustainable fashion serta terdapat peran mediasi signifikan oleh faktor guilt, namun tidak oleh faktor materialisme. Implikasi dan keterbatasan penelitian dicantumkan dalam tulisan ini.
......Studies on purchase intention of ethical products including sustainable fashion have been conducted in various literatures. However, little did incorporate religiosity aspect into their studies. This aspect is crucial in emerging market economies which consider religiosity as a factor in their life including in Indonesia. The purpose of this study is to determine the effect of religiosity aspect upon Indonesians on purchase intention of sustainable fashion while also being mediated by materialism and guilt factor that is developed by Adil (2022). The study is conducted by sending survey filled by 701 Indonesian muslim respondents that are at least 17 years old. Using PLS-SEM method, the study found that religiosity has indeed positive and significance effect on purchase intention of sustainable fashion while also being mediated by guilt factor, but not by materialism factor. The implications and limitations of this study is discussed within.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Cut Dhiya Sallina
Abstrak :
Konsumsi makanan organik adalah salah satu solusi dalam meminimalisir perubahan iklim yang saat ini cukup berdampak buruk bagi masyarakat, sehingga penting untuk mengetahui apa saja faktor yang memengaruhi intensi individu untuk membeli dan mengonsumsi makanan organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sikap terhadap makanan organik memediasi pengaruh persepsi kerentanan akan perubahan iklim terhadap intensi pembelian makanan organik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online kepada masyarakat Indonesia berusia 18-45 tahun (N=248) dengan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini mencakup alat ukur Purchase Intention, alat ukur Perceived Vulnerability, dan alat ukur Attitude towards Organic Food yang ketiganya dibuat oleh Pang et al. (2021). Analisis data dilakukan dengan analisis multiple regression menggunakan PROCESS macro 4.0 melalui perangkat lunak IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat efek mediasi secara penuh dari sikap terhadap makanan organik pada hubungan positif intensi pembelian makanan organik dan persepsi kerentanan akan perubahan iklim.
......Consumption of organic food is one of the solutions in minimizing climate change which is currently quite bad for the community, so it is important to know what factors influence individual intentions to buy and consume organic food. This study aims to determine whether attitudes towards organic food mediate the effect of perceived vulnerability to climate change on the intention to purchase organic food. This study is a quantitative study with research data obtained through the distribution of online questionnaires to Indonesians aged 18-45 years (N=248) using convenience sampling technique. The measuring instruments used in this study include the Purchase Intention measuring instrument, the Perceived Vulnerability measuring instrument, and the Attitude towards Organic Food measuring instrument, all three of which were made by Pang et al. (2021). Data analysis was performed by multiple regression analysis using PROCESS macro 4.0 through IBM SPSS software. The results showed that there was a fully mediating effect of attitudes towards organic food on a positive relationship between organic food purchase intentions and perceptions of vulnerability to climate change.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fabiola Indah Puspitosari
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen di Jakarta terhadap pembelian barang-barang luxury fashion dan melihat ada atau tidaknya pengaruh dari sikap konsumen terhadap intensi pembelian barang-barang luxury fashion. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dalam program SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand consciousness, materialism, dan fashion involvement terbukti secara positif mempengaruhi sikap konsumen di Jakarta terhadap pembelian barang-barang luxury fashion. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara sikap terhadap pembelian barang-barang luxury fashion dengan intensi pembelian barang-barang luxury fashion.
......This thesis analyzes factors influencing Jakarta's consumer attitudes towards purchasing luxury fashion goods and predicts the influence of attitudes on the intention to buy these luxury items. The data collected was processed with SPSS 20, using factor analysis and regression method.
The results of this research indicates that brand consciousness, materialism, and fashion involvement proved to positively influence consumer attitudes in Jakarta towards the purchase of luxury fashion goods. The results shows that a significant relationship between attitudes toward luxury fashion goods with the purchase intention of buying luxury fashion goods.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46695
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Karina Putri
Abstrak :
[Skripsi ini membahas tentang pengaruh situational involvement dan intensi pembelian melalui e-tailer studi kasus pada Bhinneka.com. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif konklusif dan single-cross sectional. Kuesioner disebar kepada responden yang pernah membeli dan menggunakan Bhinneka.com sejumlah 226 responden yang diambil menggunakan metode convenience sampling dan snowball sampling. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa situational involvement memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ekpektasi kepercayaan dan intensi pembelian melalui e-tailer studi kasus pada Bhinneka.com. Pada penelitian ini juga terdapat implikasi manajerial serta saran untuk penelitian selanjutnya.
......This thesis (skripsi) discusses the influence of situational involvement and intention to purchase through e-tailer, of case studies are on Bhinneka.com. This research uses descriptive conclusive research designs and single-cross sectional. Questionnaires are distribute to respondents who have bought and used Bhinneka.com with total respondents 226 people, use a convenience sampling
method and snowball sampling. This research results in the conclusion that the Situational Involvement is positive influence on trust expectation and Intention to Buy from E-Tailer on Bhinneka.com. In this study, there is also a managerial implications and suggestions for further research., This thesis (skripsi) discusses the influence of situational involvement and
intention to purchase through e-tailer, of case studies are on Bhinneka.com. This
research uses descriptive conclusive research designs and single-cross sectional.
Questionnaires are distribute to respondents who have bought and used
Bhinneka.com with total respondents 226 people, use a convenience sampling
method and snowball sampling. This research results in the conclusion that the
Situational Involvement is positive influence on trust expectation and Intention to
Buy from E-Tailer on Bhinneka.com. In this study, there is also a managerial
implications and suggestions for further research.]
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S61847
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library