Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Raihan Krizia Joshua
Abstrak :
Seiring dengan pesatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia pada sektor pariwsata dan pesatnya pertumbuhan pengguna internet terutama media sosial, electronic word-of-mouth telah menjadi komponen yang penting. Penelitian ini dilakukan untuk melihat adanya pengaruh antara electronic word-of-mouth pada media sosial terhadap intention to visit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang pernah melihat eWOM di media sosial dan belum pernah berkunjung ke Labuan Bajo dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa electronic word-of-mouth berpengaruh terhadap intention to visit sebesar 64,7.
Following the growth of economy in tourism sector in Indonesia and the growth of internet user especially on social media, electronic word of mouth has been the most important component. This research is to analyze the impact of electronic word of mouth on social media toward intention to visit. This research was using 100 respondents who have seen electronic word of mouth on social media and never visit Labuan Bajo with using the non probability sampling method and purposive sampling technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with linear regression. The result of this research indicate the electronic word of mouth has 64,7 influence toward intention to visit.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tito Nugraha Adiwikarta
Abstrak :
Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh electronic word-of-mouth dan fluency terhadap minat berkunjung (intention to visit) para konsumen. Ada 120 responden yang berpartisipasi dalam survei penelitian ini. Dengan menggunakan factorial design 2x2, peneliti akan membagi kelompok penelitian menjadi high fluency dan high eWOM (tipe A), high fluency dan low eWOM (tipe B), low fluency dan high eWOM (tipe C) serta low fluency dan low eWOM (tipe D). Dengan menggunakan compare means, independent t-test dan ANOVA, peneliti akan membandingkan kelompok mana yang lebih berpengaruh terhadap intention to visit dalam studi kasus Tanjung Bira. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa eWOM ternyata memiliki pengaruh lebih tinggi dibandingkan fluency. ...... This research examines the influence of electronic word-of-mouth and fluency towards intention to visit. There were 120 respondents who participated in this research. By using a 2x2 factorial design, the researcher will divide the research groups into a high fluency and high eWOM (type A), high and low fluency eWOM (type B), low fluency and high eWOM (type C) and low fluency and low eWOM (type D ). By using compare means, independent t-test and ANOVA, researchers will compare which group has more influence on the intention to visit the Tanjung Bira case studies. The results of this study indicate that eWOM proved to have a higher influence than fluency.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56691
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kanti Rahayu Ciptoningrum
Abstrak :
ABSTRAK
Sebagai salah satu kategori foodservice Indonesia yang sedang berkembang, independent cafe? memiliki keterbatasan modal untuk melakukan kegiatan pemasaran, maka hal yang dapat dilakukan oleh independent cafe? adalah memanfaatkan kualitas hubungan dengan pelanggan yang sudah ada untuk mendapatkan pelanggan baru melalui electronic word of mouth eWOM . Penelitian ini bertujuan untuk mengalisa pengaruh relationship quality pada foodservice terhadap eWOM intention pada independent cafe? di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa food quality, physical environment quality, personal interaction, dan perceived value merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Selanjutnya, satisfaction tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap commitment dan eWOM intention, kemudian trust tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap eWOM intention. Oleh karena itu untuk mencapai eWOM intention, independent cafe? harus mencapai beberapa tahapan pada relationship quality terlebih dahulu yaitu kepuasan pelanggan satisfaction yang menjadi kepercayaan pelanggan trust, kemudian menjadi komitmen pelanggan commitment.
ABSTRACT
One of the most rapid growth in Indonesia rsquo s foodservice industry is independent cafe . This category is facing limited budget for its marketing activities, so for this matter independent cafe can improve its relationship quality with its existed customers and encourage them to spread information about their experience with independent cafe to prospective customers by electronic word of mouth eWOM . This study aims to analyze the influence of relationship quality in foodservice towards eWOM in Jakarta rsquo s independent cafe s. The result of this research shows that Food Quality, Physical Environment Quality, Personal Interaction Quality and Perceived Value have positive effect on satisfaction. Furthermore, satisfaction doesn rsquo t affect commitment and eWOM intention significantly, also trust doesn rsquo t affect eWOM intention significantly. In conclusion, independent cafe can achieve eWOM intention from its customers through several steps of relationship quality, they are satisfaction to trust then to commitment.
2017
S69297
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Annisa Fitria
Abstrak :
Bertambahnya jumlah restoran di Indonesia setiap tahunnya berdampak terhadap kompetisi di industri tersebut yang semakin ketat. Agar dapat menonjol di antara kompetitor yang ada, maka citra baik di mata konsumen diperlukan oleh suatu restoran. Hal ini dapat terpenuhi melalui penyebaran word of mouth positif pada komunitas. Penelitian ini menguji apakah perilaku karyawan yang terdiri dari aspek layanan pribadi dan fungsional dalam industri restoran memiliki dampak pada kepuasan pelanggan dan niat seseorang melakukan word of mouth. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan metode survei dan kuesioner dibagikan kepada 198 responden yang sudah pernah ke salah satu restoran yang bertipe casual dining dan berlokasi di sekitar Jakarta. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM), yaitu software AMOS 22. Berdasarkan hasil penelitian, baik aspek personal maupun fungsional secara signifikan dapat memprediksi kepuasan pelanggan, walaupun aspek fungsional berperan lebih besar dibandingkan aspek personal. Hasil dari kepuasan pelanggan pada akhirnya akan berpengaruh positif pada WOM. Ditemukan pula bahwa keunikan dari tema restoran menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk merekomendasikan restoran ke teman ataupun koleganya.
The increasing of restaurant numbers every year has affected the intensity of competition in the restaurant industry. In order to be stand out among competitors, the good perceived image of the restaurant is needed and could be maintained by positive word of mouth spread in the community. The present study examines if employee behavior comprising of personal and functional service aspects in casual dining restaurant has an impact on customer satisfaction and word of mouth intention. Using a survey approach, the questionnaire was distributed to 198 respondents which were already been to one of the particular casual dining restaurants in Jakarta. The data were analyzed using structural equation modeling with AMOS 22. Based on the results of the study, both personal and functional aspects can significantly predict customer satisfaction, although the functional aspects have contributed more significantly than the personal aspects. In addition, the result revealed that customer satisfaction will eventually affect word of mouth positively. It was also found that the uniqueness of the restaurant theme, atmosphere are the factors that affect the tendency of someone to recommend the restaurant to friends or colleagues.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53551
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angela Dewi Falencia
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh restaurant satisfaction, knowledge sharing motivation, dan technology acceptance factors terhadap electronic word-of-mouth intention serta menganalisis pengaruh restaurant satisfaction dan knowledge sharing motivation terhadap electronic word-of-mouth intention dengan peran moderasi technology acceptance factors pada konsumen Kintan Buffet Kota Kasablanka Mall Jakarta Selatan yang menggunakan Instagram. Dalam penelitian ini, knowledge sharing motivation terbagi menjadi dua dimensi, yaitu egoism dan altruism. Selain itu, technology acceptance factors juga terbagi menjadi dua dimensi, yaitu perceived usefulness dan perceived ease-of-use. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 125 sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dengan mentode Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) menunjukkan bahwa hanya egoism, altruism, dan perceived usefulness yang mempengaruhi eWOM intention. Selanjutnya, hasil peran moderasi dari technology acceptance factors menunjukkan bahwa hanya perceived ease-of-use yang memoderasi hubungan antara altruism dan eWOM intention. ......This research aims to analyze the effect of restaurant satisfaction, knowledge sharing motivation, and technology acceptance factors on electronic word of mouth intention and analyze the effect of restaurant satisfaction and knowledge sharing motivation on electronic word-of-mouth intention with the role of moderating technology acceptance factors on Kintan Buffet Kota Kasablanka Mall South Jakarta consumers that use Instagram. In this research, knowledge sharing motivation is divided into two dimensions, i.e. egoism and altruism. In addition, technology acceptance factors are also divided into two dimensions, i.e. perceived usefulness and perceived ease-of-use. This research applies quantitative approach through the distribution of questionnaires to 125 samples taken using purposive sampling technique. The results of the research using Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) show that only egoism, altruism, and perceived usefulness influence eWOM intention. Furthermore, the results of the moderating role of technology acceptance factors indicate that only perceived ease-of-use moderates the relationship between altruism and eWOM intention.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laurensius Joshua
Abstrak :
skripsi ini menggambarkan dari sebuah hubungan antara 4 variabel yaitu perceived quality, price fairness, perceived value, dan juga satisfaction kepada 2 variabel dependen yaitu revisit intention dan juga word of mouth intention. Objek yang dituju adalah coffee shop atau kedai kopi yang ada di Indonesia.
This research is made to know about the variables that is going to affect the revisit intention and also the WOM intention towards Indonesian coffee shop as geographically.The variables are perceived quality, perceived value, price fairness, and also satisfaction. This research used the quantitative method by using survey with samples of data collection method with qualification of ever visited Indonesian coffee shop within the last 1 year
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Daffa
Abstrak :
Tren pembukaan restoran kafe saat ini muncul secara konstan secara bersamaan. Walking Drums Cafe merupakan jenis cafe yang terus berkembang di Pati Unus dan Margonda. Dalam penelitian ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran persepsi kualitas (PQ), keadilan harga (PF), Atmosphere (ATM) dan kepuasan pelanggan (STF) pada niat berkunjung kembali (RI) pelanggan dan niat dari mulut ke mulut (WOM) terhadap Walking Drums Cafe. Untuk tujuan ini, data empiris dikumpulkan melalui instrumen survei tertulis dari pelanggan yang pernah mengunjungi atau sedang mengunjungi Walking Drums Cafe. Hipotesis dianalisis dengan estimasi kemungkinan maksimum. Temuan menunjukkan bahwa PQ dan PF  tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap STF sementara ada pengaruh yang signifikan dari ATM ke STF, PQ ke PF, dan STF terhadap WOM dan RI. Beberapa wawasan teoritis dan manajerial yang signifikan juga disajikan. ......The trend of an opening of a cafe restaurants currently emerged in a constant way simultaneously. Walking Drums Cafe is the type of cafe which is growing continuously in Pati Unus and Margonda. In this research,  the aim of the current study is to investigate the role of perceived food quality (PQ), price fairness (PF), Atmosphere (ATM), and customer satisfaction (STF) on customers' revisit intention (RI) and word-of-mouth (WOM) intentions towards Walking Drums Cafe. For this purpose, the empirical data were collected by means of a written survey instrument from customers who had previously visited or currently visiting the Walking Drums Cafe. The hypotheses were analyzed with maximum-likelihood estimation. The findings revealed that PQ and PF didn’t have a significant impact to STF while there’s a significant impact from ATM to STF, PQ to PF, and STF to WOM and RI .Some significant theoretical and managerial insights are also presented.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuri Handayani
Abstrak :
ABSTRAK Dalam berbisnis, setiap pelaku pemasar ingin konsumen mengetahui informasi dari produknya. Sebelum adanya internet, untuk mendapatkan suatu informasi konsumen dapat mencarinya melalui surat kabar, majalah, televisi maupun radio. Berbeda dengan saat ini, konsumen yang ingin mendapatkan suatu informasi dapat dengan mudah mencarinya dengan mengakses internet melalui smartphone, tablet maupun personal computer. Adapun perkembangan, yang terus berkembang dalam sepuluh tahun terakhir telah menjadi channel atau jalur untuk memasarkan maupun menginfomasikan produk. Salah satu yang digunakan oleh para pelaku pemasar untuk penyebaran informasi produk dan brandnya adalah Instagram. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi utilitarian dan hedonik mempengaruhi purchase intention, word-of-mouth intention dan impulse buying, dan mengetahui bagaimana social media produt browsing memberikan pengaruh kepada utilitarian motivation dan hedonic motivation. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa hanya motivasi hedonik berpengaruh positif terhadap purchase intention, word-of-mouth intention dan impulse buying, namun tidak dengan motivasi utilitarian, dan penelusuran produk berpengaruh positif terhadap motivasi utilitarian dan hedonik.
ABSTRACT In business, every marketer wants consumers to know about information of the its product. Before existence of internet, to get information consumers could look for it through newspaper, magazine, television or radio. Unlike today, consumers who want to get information can easily accessing the internet through smartphone, tablets or personal computers. As for development of social media, which has continued to grow in the past ten years has become channel or pathway to market and inform the products. One of the social media that used to inform the product and brand is Instagram. The purpose of this research is to determine how utilitarian and hedonic motivation influence purchase intention, word-of-mouth intention and impulse buying, and how social media product browsing influence on utilitarian and hedonic motivation. Based on the result of this study, it is know that only hedonic motivation has positive effect on purchase intention, word-of-mouth intention and impulse buying, but not with utilitarian motivation, and product browsing has positive effect on utilitarian and hedonic motivation

Depok: 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Sagita Pranata
Abstrak :
Internet banking merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh BNI untuk kemudahan dalam melakukan aktivitas perbankan. Terdapat tiga fitur utama dari layanan internet banking, yaitu : fitur administrasi, fitur finansial, dan fitur non finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan menganalisis pengaruh tiap variabel kualitas layanan internet banking BNI terhadap kepuasan nasabah. Faktor lain yang juga dianalisis untuk mengetahui kepuasan nasabah atas layanan internet banking adalah reputasi perusahaan (corporate reputation) dan nilai manfaat (perceived value). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan nasabah terhadap terciptanya positif word of mouth dan keinginan nasabah untuk terus menggunakan layanan internet banking. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert terhadap 262 sampel, dan diolah dengan teknik analisa multivariat dengan metode Structural Equtation Model (SEM) menggunakan Software LISREL 8.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yang diujikan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Sementara dimensi kualitas layanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah adalah reliability. ...... Internet banking is one of the services provided by BNI in order to make easiness of banking activities. There are three main features of internet banking services: administrative features, features financial and non-financial features. This study aims to determine the performance and analyze the effect of each variable BNI Internet banking service quality towards customer satisfaction. Corporate reputation and perceived value are also considered as factors of customer satisfaction of internet banking service. In addition, this study also aimed to determine the effect of customer satisfaction for making positive word of mouth and customer's intention of continuance. Research instrument use questionnaires with Likert scales to 262 samples, and processed with multivariate analysis techniques with methods Structural Equtation Model (SEM) using LISREL 8.7. The results showed that all tested variables affected and influenced on customer satisfaction. While the dimensions of service quality which has most relation on satisfaction is reliability.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library