Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Henny Pratiwi
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sudut serang, bilangan Reynolds dan desain winglet terhadap performa pesawat Cessna 172 Skyhawk. Winglet meningkatkan efisiensi dengan memecahkan vorteks pada wingtip sehingga dapat mengurangi gaya hambat dan meningkatkan rasio perbandingan gaya angkat dan gaya hambat. Spesimen merupakan duplikasi dari sayap pesawat Cesnna 172 Skyhawk dengan rasio 1:40 yang terbuat dari kayu balsa. Terdapat tiga desain winglet yang berbeda yang kemudian dibuat perbandingan
dengan sayap tanpa winglet. Ekperimen dilakukan pada sebuah terowongan angin model terbuka untuk mengukur besarnya gaya angkat dan gaya hambat untuk bilangan Reynolds 25.000 dan 38.000. Setelah melakukan penelitian dapat diketahui bahwa semua sayap yang
dipasang winglet memiliki koefisien gaya angkat yang lebih besar jika dibandingkan dengan sayap tanpa winglet untuk kedua bilangan Reynold. Dapat disimpulkan juga bahwa secara umum semua sayap yang dipasang winglet memiliki perbandingan koefisien gaya angkat dan gaya hambat yang lebih besar jika dibandingkan dengan sayap tanpa winglet dimana winglet cant bersudut 45 derajat merupakan winglet yang memiliki perbandingan koefisien gaya angkat dan gaya hambat tertinggi."
Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) STTA, 2018
600 JIA X:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Syaiful
"The numerical simulation of heat transfer and pressure drop characteristics was carried out on the airflow through a rectangular channel-mounted vortex generator (VG). The VG was installed on a plate that was attached to the heater. The inlet velocity of the airflow varied from 0.4 to 2.0 m/s. The VGs used in this study were concave delta winglet pairs (CDWPs) with the attack angle of 30° and with variation in the number of rows: one pair, two pairs, and three pairs. The CDWPs are predicted to produce the longitudinal vortex (LV), which increases the intensity of turbulence resulting in better mixing of flow. This, in turn, can improve the heat transfer between the plate surface and the airflow in the rectangular channel. The results showed that the installation of CDWPs does improve the overall heat transfer performance. However, it has the consequences of a greater pressure drop. Based on the variation in the number of rows, the greater the number of pairs of VGs was the greater the convection heat transfer coefficient (h) in both laminar and turbulent flows. The h value was based on the number of row of CDWPs: one pair, two pairs, and three pairs exhibited increases of 65.9-108.4%; 34.4-71%; and 42.2-110.7% compared to the baseline, respectively. A great number of rows of VGs also led to an increasing pressure drop value in laminar and turbulent flows. The percentage increases in pressure drop for CDWPs with one pair, two pairs, and three pairs, as compared to the baseline, were 70.1-92.1%; 123.6-161.3%, and 180-266.9%, respectively."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2017
UI-IJTECH 8:7 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library