Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 24 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Luthfi Musthafa
Abstrak :
ABSTRAK
Teknologi wearable device sangat memiliki dampak yang besar di bidang kesehatan dan kebugaran. Wearable device ini bisa dimanfaatkan oleh sebuah instansi atau perusahaan guna memantau kondisi kesehatan atau kebugaran pekerjanya. Untuk saat ini, aplikasi yang tersedia di pasar hanya mendukung untuk dapat terhubung dengan perangkat masing-masing vendornya saja dan juga setiap pengguna hanya bisa terhubung ke satu jenis device. Diperlukan suatu aplikasi yang dapat terhubung dengan lebih dari satu perangkat dan jenis wearable device serta mendukung untuk perangkat dari berbagai vendor. Aplikasi tersebut dibuat dengan menggabungkan API dari berbagai jenis vendor dan dapat menghubungkan smartphone dengan wearable melalui Bluetooth Low Energy. Aplikasi dapat melakukan pengukuran detak jantung dengan tingkat akurasi sebesar 100 untuk Mi Band 2 dan Mi Band 3 serta 96.16 untuk Amazfit Cor, pengukuran jumlah langkah dengan akurasi sebesar 99.28 untuk Mi Band 2 dan 99.93 untuk Amazfit Cor serta pengukuran total waktu tidur dengan akurasi sebesar 72.78 untuk Mi Band 2 dan 69.49 untuk Amazfit Cor.
ABSTRACT
Wearable device technology has a huge impact on health and fitness. This wearable device can be used by an agency or company to monitor the health or fitness conditions of its workers. For now, the applications available on the market only support being able to connect to each vendors device and each user can only connect to one type of device. An application is needed that can be connected with more than one device and type of wearable device and supports for devices from various vendors. The application is created by combining APIs from various types of vendors and can connect smartphones with wearable via Bluetooth Low Energy. Applications can measure heart rate with an accuracy of 100 for Mi Band 2 and Mi Band 3 and 96.16 for Amazfit Cor, measuring the number of steps with an accuracy of 99.28 for Mi Band 2 and 99.93 for Amazfit Cor and measuring total sleep time with an accuracy of 72.78 for Mi Band 2 and 69.49 for Amazfit Cor.
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Glory Alifa Puncuna
Abstrak :
Berkembangnya akses ke fasilitas kesehatan dan pesatnya perkembangan teknologi kesehatan berperan dalam meningkatnya populasi lansia. Para lansia kebanyakan tinggal secara mandiri karena masih dapat melakukan kegiatan sehari hari dengan baik. Namun bertambahnya usia membuat kesehatan melemah dan mudah terganggu sehingga membutuhkan pemantauan berkala dan teratur. Sistem pemantauan kegiatan dengan sensor yang terpasang di badan dapat mendeteksi berbagai kejadian mengganggu kesehatan lansia dan meminta bantuan. Penelitian ini mengembangkan prototipe perangkat wearable, tempat obat otomatis dan aplikasi android yang dapat mendeteksi kejadian jatuh, mengirimkan alert untuk meminta bantuan, dan membantu memberikan pengingat untuk meminum obat. Prototipe dibuat dan diuji dalam skala laboratorium. ......The increasing access to health facilities and the rapid development of health technology have contributed to the increase in the elderly population. Most of the elderly live independently because they can still carry out their daily activities properly. But deterioration of health usually happens when someone is getting older so that it requires periodic and regular monitoring. An activity monitoring system with sensors installed on the body can detect various events that interfere with the health of the elderly and ask for help. This research develops wearable device prototypes, automatic medicine containers and android applications that can detect falls, send alerts for help, and help provide reminders to take medicine. Prototypes are made and tested on a laboratory scale.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdurrahman Wahid
Abstrak :
Aplikasi telemedis berbasis Wireless Body Area Network (WBAN) menjadi salah satu objek penelitian yang mulai banyak dikembangkan di bidang telekomunikasi. Selain karena manfaatnya yang besar dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, peralatan telemedis juga memiliki kelebihan dalam konsumsi daya yang rendah, mobilitas, dan kemudahan dalam melakukan pengawasan kesehatan pasien. Salah satu aplikasi untuk mendukung aplikasi tersebut adalah melalui perangkat yang dapat dipakai (wearable application) menggunakan antena tekstil. Beberapa literatur telah banyak mengembangkan antena untuk wearable application namun kebanyakan merupakan perangkat yang bersifat elektrik atau antena magnetik untuk satu frekuensi kerja. Kelemahan antena elektrik adalah ada atau tidaknya tubuh manusia di dekat antena tersebut sangat mempengaruhi kinerja antena. Oleh karena itu, pada tesis ini dibuat antena tekstil yang bersifat magnetik dan memiliki frekuensi ganda (dualband) yang diletakkan pada model tubuh manusia yang berupa phantom numerik untuk mengetahui pengaruh tubuh manusia terhadap kinerja antena. Simulasi antena menggunakan phantom numerik yang terdiri dari 3 lapisan tubuh yaitu kulit, lemak, dan otot dengan ketebalan masing-masing berturut-turut 2 mm, 4 mm, dan 54 mm.. Ukuran phantom numerik tersebut memiliki panjang 400 mm dan lebar 400 mm. Nilai konstanta dielektrik (ɛr) phantom numerik pada frekuensi 2,45 GHz adalah 5,28 untuk lemak, 52,73 untuk otot, dan 42,85 untuk kulit. Pada frekuensi 924 MHz adalah 5,46 untuk lemak, 41,28 untuk kulit, dan 56,82 untuk otot. Sementara itu konduktivitas (σ) phantom pada frekuensi 2,45 GHz sebesar 0,104517 S/m pada lemak, 1,738776 S/m pada otot, dan 1,591923 S/m pada kulit. Untuk frekuensi 924 MHz sebesar 1,00443 S/m pada otot, 0,051615 S/m pada lemak, dan 0,874705 untuk kulit. Hasil simulasi antena menunjukkan bahwa antena bersifat magnetik dan mampu bekerja pada dua frekuensi yaitu 924 MHz dan 2,45 GHz. Hasil simulasi antena tanpa phantom menunjukkan nilai S11 pada frekuensi 924 MHz sebesar -27,307 dB dan pada frekuensi 2,45 GHz sebesar -14,797 dB. Bandwidth yang diperoleh untuk S11 ≤ -10 dB pada frekuensi 924 MHz sebesar 11 MHz dan pada frekuensi 2,45 GHz sebesar 20 MHz. Gain antena yang diperoleh pada kondisi udara bebas sebesar -22,4 dBi untuk frekuensi 924 MHz dan -6,911 dBi untuk frekuensi 2,45 GHz. Sementara itu, ketika antena diletakkan dekat dengan phantom, hasil simulasi menunjukkan bahwa pada jarak 0 mm (menempel tubuh), nilai gain antena untuk frekuensi 924 MHz menjadi -22,71 dBi dan pada frekuensi 2,45 GHz menjadi -10,72 dBi. Nilai SAR yang diperoleh ketika antena diletakkan di dekat tubuh masih memenuhi standar yang ditetapkan oleh ICNRIP yaitu di bawah 2 W/kg. Hasil pengukuran antena pada kondisi udara bebas menunjukkan nilai S11 pada frekuensi 924 MHz sebesar -21,45 dBi dan pada frekuensi 2,45 sebesar -19,47 dBi. Antena diukur di dekat tubuh manusia dan phantom dengan karaktersitik untuk frekuensi 924 MHz dan 2,45 GHz. Hasil pengukuran antena di dekat tubuh dan phantom masih memenuhi standar S11 yaitu di bawah -10 dBi. Hal ini menunjukkan bahwa ada tidaknya tubuh manusia tidak mempengaruhi kinerja antena.
Wireless Body Are Network (WBAN) telemedicine application is becoming one research object that developing in telecommunication sector. It is not only because the benefits in upgrading health service qualities, but also the advantages in low power consumptions, mobility and practical patient control. One of the application that support WBAN system is practicing wearable application using textile antenna. Some literatures have developed wearable application system yet. Most of them are implementing electricity tools and working only for single frequency. The disadvantages of electric antenna is the performance of the antena depend on the presence of human body near the component. Based on that statement, in this thesis designed magnetic textile antenna that have double frequency system ( dual band) will be placed on phantom numeric human body model to discover the impact of human body on the antenna?s performance. The pantom numeric antenna simulation consist from 3 body?s layers : skin , fat , muscle with the thickness for each 2 mm, 4 mm and 54 mm. Phantom numeric numbers are 400 mm long and 400 width. Dielectric constant value of phantom numeric on 2.45 GHz frequency is 5.28 for the fat, 52.73 for muscle, and 42.85 for skin. On 924 MHz number are 5.46 for the fat,41.28 for skin and 56.82 for muscle. While phantom conductivity on 2.45 GHz frequency are 0.104517 S/m for fat, 1.738775 S/m for muscle, 1.591923 S/m for skin. On 924 MHz frequency area 1.004436 S/m for muscle, 0.051615 S/m for fat, and 0.08747 S/m for skin. The antena simulation result shows that the antena is magnetic and works on 2 frequencies those are 924 MHz and 2.45 GHz. The simulation result without phantom shows S11 value on 924 MHz frequency is -27,307 dB and -14,797 dB on 2.45 GHz frequency. Bandwidth that resulted for S11 ≤-10 dB on frequency 924 MHz is 11 MHz and on frequency 2.45 GHz is 21 MHz. Antenna gain resulted on free space condition is -22.4 dBi for frequency 924 MHz and -6.91 dBi for frequency 2.45 GHz. While antenna placed near the phantom , it shows that on 0 mm of space (attached on the body) antenna gain value for frequency 924 MHz is -22.71 dBi and on frequency 2.45 GHz is -10.72 dBi. SAR value that resulted when antenna placed near the body is still occupy the standard that stated by ICNRIP that is below 2 W/kg. Measurement result on free space condition shows that |S11| value on 924 MHz frequency is -21,45 dBi and on frequency 2,45 GHz is -19,47 dBi. Antena has been measured near human body and phantom for frequency 924 MHz and 2,45 GHz. The results are still occupy the standard of S11, that is below -10 dBi. That means performance of the antenna is not influenced by the presence of human body or phantom near the component.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41857
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desi Budiastuti
Abstrak :

AbstrakGlobal Positioning System (GPS) merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengetahui keberadaan suatu benda atau bahkan makhluk hidup dengan bantuan antena. Antena GPS yang pada saat ini umum digunakan dirancang menggunakan substrat yang kaku, sehingga pada umumnya GPS diintegrasikan dengan divais lain seperti ponsel atau jam. Pada saat ini, antenna GPS mulai dikembangkan dalam bentuk yang lebih fleksibel sehingga dapat diintegrasikan dengan benda yang digunakan sehari hari. Antena yang dirancang dalam penelitian ini ialah wearable microstrip patch antenna yang dirancang menggunakan CST Studio Suite. Antena ini dirancang untuk menjadi bagian dari pakaian, sehingga substrat yang akan dipakai merupakan bahan tekstil, yakni denim dengan permitivitas 1.77. Pengujian menunjukkan bahwa antena dapat bekerja pada rentang frekuensi 1.57 – 1.61 GHz. Pada resonan frekuensi 1.595 GHz, nilai return loss adalah -14.18 dB. Antena memiliki polarisasi melingkar pada frekuensi 1.625 – 1.65 GHz, dikarenakan nilai axial ratio < 3dB. Antena mendapatkan polarisasi yang sirkular dengan penggunaan perturbasi. Selain itu, penambahan transformator lambda per empat dan penambahan slot juga meningkatkan performa antena. Antena aman untuk digunakan di dada, paha, serta lengan. Hal ini karena pada simulasi antena, nilai SAR antena berada dibawah standar maksimum yang diizinkan, yakni 1.6 W/Kg pada penggunaan sampel 1 gram, serta 2.96 W/Kg pada penggunaan sampel 10 gram pada phantom. Namun, antena hanya direkomendasikan penggunaannya 14 mm dari paha, 9 mm dari dada, serta 7 mm dari lengan dikarenakan parameter kerja antena yang berubah apabila didekatkan dengan phantom. Semakin antena menjauhi badan, nilai return loss dan VSWR semakin membaik, namun, nilai axial ratio semakin meningkat sehingga nilainya melampaui 3 dB diatas jarak yang direkomendasikan.    

 


Abstract – Global Positioning System (GPS) is a system used to track one’s whereabouts; be it for the living or goods, using antennas. The antennas that are commonly used are usually designed with rigid materials, which then are integrated with mobile devices or smart watches. These days, GPS antennas are developed in a more flexible form and can be integrated with the goods that are more commonly used in our daily life. The antenna that is proposed in this research is a wearable microstrip patch antenna designed using CST Studio Suite. This antenna is proposed to be integrated with daily clothing; hence textile fabrics, jeans which has permittivity of 1.77, will be utilized as a substrate material. Test that are performed shows that the antenna works on the range of the frequency of 1.57 – 1.61 GHz. Resonant frequency of the antenna is 1.595 GHz, with return loss value of -14.18 dB. Antenna has axial ratio value < 3 dB from frequency range 1.625 – 1.65 GHz, hence is circularly polarized. Antenna could achieve circular polarization from its truncated patch. Also, antenna could achieve better performance from the utilization of quarter wave transformator and slot. The antenna is safe to be used on body part such as thigh, chest, and arm as simulation shows that the SAR value of the antenna is under the maximum standard that’s allowed to be used. The maximum SAR value allowed for an antenna to be safe for human body use is less than 1.6 W/Kg for 1 gr sample and 2.96 W/Kg for 10 gr sample on phantom simulation. However, the recommendation of the antenna’s usage is 14 mm from thigh, 9 mm from chest, and 7 mm from arm since antenna’s parameter changed due to the presence of human phantom. If the antenna is moved further away from the phantom, the value of return loss and VSWR is decreased, but the axial ratio is raising and goes beyond 3 dB when antenna is placed further than the recommendation distance.

 

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardine Khairunisa Ilyas
Abstrak :
Antena wearable dari bahan tekstil untuk GPS (Global Positioning System) saat ini banyak dikembangkan. Akan tetapi bahan tekstil memiliki sifat yang dapat menyerap air dan bisa dilengkungkan (bending) sehingga akan mempengaruhi kinerja dari antena. Oleh karena itu, telah dilakukan pengujian antena GPS bahan tekstil dengan lima substrat berbeda untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan tekstil terhadap antena. Lima bahan yang dipilih adalah flanel, spun bond, katun, drill, dan denim. Semua antena bekerja pada frekuensi GPS L1 yakni 1.575 GHz dengan nilai S11 <- 10 dB dan axial ratio <-3 dB. Nilai return loss terbaik diperoleh oleh antena flanel sebesar -31.219 dB dengan rentang frekuensi 1.567-1.617 GHz. Dalam kondisi dipengaruhi air, terdapat 4 antena yang tetap berhasil terbaca setelah terkena pengaruh air dengan antena terbaik terbuat dari substrat bahan flanel. Dalam pengujian antena pada kondisi melengkung, terdapat beberapa antena yang masih dapat bekerja pada frekuensi GPS L1, namun tidak stabil untuk setiap kondisi lengkung yang dilakukan. Dari penelitian didapat bahwa penetesan air berpengaruh kepada antena karena akan meningkatkan nilai permitivitas dari keseluruhan bahan tekstil sehingga akan menurunkan frekuensi resonan dan membuat antena kurang matching. Pengaruh kondisi melengkung pada antena akan membuat patch tertekuk sehingga akan menyisipkan ruang udara yang akan berpengaruh pada permitivitas resultan antena sehingga mengubah frekuensi.
Wearable antennas made from textile materials for GPS (Global Positioning System) applications have been widely developed. However, textile materials have properties that can absorb water and be bent which will affect the performance of the antenna. Therefore, the testing of GPS antennas made from textile materials with five different substrates has been carried out to determine the effect of textile use on the antenna. Five substrate materials were flannel, spun bond, cotton, drill, and denim. All antennas work on the GPS L1 frequency of 1,575 GHz with a value of S11 <- 10 dB and axial ratio <-3 dB to achieve circular polarization. The best return loss value is obtained by the flannel antenna of -31,219 dB with a frequency range of 1,567-1,617 GHz. When affected by water absorption, there are 4 antennas that remain successfully work at GPS L1 frequency with the best antenna made of flannel substrate. When the antenna tested in bending conditions, there are several antennas that can still work at GPS L1 frequency but are not stable for every bend condition. This research found that water drop affects the antenna because it will increase the permittivity value of the whole textile material, hence it will reduce the resonant frequency and make the antenna become unmatched. The effect of the bend condition on the antenna will make the patch bend so that it will insert an air gap. This will affect the resultant permittivity of the entire antenna so that it changes the resonant frequency and match level of the antenna.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Olsson, Tony
Abstrak :
This book is an introduction to wearable computing, prototyping, and smart materials using the arduino platform. This book will get you set up with all the materials, software, and hardware you need. By the end of the book, you'll have learned, electronics basics, how to prototype successfully, arduino programming, how to design and build your own wearable Arduino creations, along the way you'll create fun and inspiring wearables, such as, an LED bracelet: learn the basics of wearable electronics, a synthesizer tie: accept user input and create output in response, a solar-powered glow in the dark bag: create self-sufficient wearables, a shape memory flower: store state and manipulate your wearables, an EL wire dress: add designer touches to your wearables, and a beatbox hoodie : use a voice-activated sequencer and skin resistance to create the coolest of urban wearables.
New York: Springer, 2012
e20425441
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Hari Purwanto
Abstrak :
ABSTRAK
Teknologi wearable application menjadi salah satu bagian penting dalam pengembangan Body-Centric Wireless Communication System (BWCS), diantaranya adalah implementasi wearable antenna. Banyak penelitian tentang wearable antenna untuk mendukung wearable application, yang bertujuan untuk mendapatkan karakteristik terbaik, mudah implementasi, safety, dan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan medis, tetapi sebagian besar dari mereka masih terbatas pada antena yang bersifat elektris. Ada juga beberapa penelitian antena tipe magnetik dengan frekuensi single maupun dualband (ganda) dan masih memungkinkan untuk pengembangan lebih lanjut pada frekuensi multiband.

Pada penelitian disini, wearable antenna yang dibuat adalah untuk aplikasi biomedis khususnya untuk pemantauan pasien secara nirkabel dengan karakteristik magnetik yang bekerja pada frekuensi multiband 0,924 GHz (RFID), 2,45 GHz (WLAN) dan 5,8 GHz (WLAN), berbahan substrat tekstil dan patch tembaga dengan karakteristik magnitudo koefisien refleksi (S11) < -10 dB (VSWR < 2) dan gain sesuai kebutuhan komunikasi (link budget). Untuk mengetahui pengaruh tubuh terhadap kinerja antena, simulasi dan pengukuran menggunakan phantom sebagai model tubuh manusia

Simulasi dilakukan dengan menggunakan software CST Microwave Studio, desain dibuat pada kondisi free space dan dengan phantom. Hasil simulasi free space menunjukkan bahwa frekuensi resonansi multiband berada pada band frekuensi 0,924 GHz, 2,45 GHz dan 5,8 GHz, antena mempunyai karakteristik magnetik, dengan nilai magnitudo koefisien refleksi (S11) adalah - 18,07 dB pada frekuensi 0,924 GHz, -27,69 dB pada frekuensi 2,45 GHz dan 18,63 dB pada frekuensi 5,8 GHz. Bandwidth yang dihasilkan sebesar 28,7 MHz untuk frekuensi 0,924 GHz, 39 MHz untuk frekuensi 2,45 GHz serta 259 MHz untuk frekuensi 5,8 GHz. Sementara gain yang diperoleh adalah -24,86 dB pada frekuensi 0,924 GHz, -8,75 dB pada frekuensi 2,45 GHz dan 7,27 dB pada frekuensi 5,8 GHz. Hasil simulasi dengan phantom secara umum tidak mengalami perubahan nilai parameter antena secara signifikan. Nilai SAR dari hasil simulasi pada jarak 0 sampai dengan 20 mm dari phantom (dekat tubuh) masih berada dibawah standar yang dipersyaratkan yaitu 2 W/kg untuk setiap 10 g jaringan tubuh (European Union : IEC 62209-1).

Dari hasil pengukuran pada free space diperoleh S11 sebesar -20,49 dB pada frekuensi 0,924 GHz, -33,63 dB pada frekuensi 2,45 GHz dan -14,52 dB pada frekuensi 5,8 GHz, dengan bandwidth pada masing-masing frekuensi kerja secara berurutan adalah 125 MHz, 60 MHz dan 454 MHz, sedangkan gain yang dihasilkan masing-masing -23,37 dBi, -6,7 dBi dan 7,92 dBi serta antena mempunyai karakteristik magnetik. Sementara pada kondisi phantom S11 diperoleh hasil pengukuran sebesar -21,02 dB pada frekuensi 0,924 GHz, -26,50 dB pada frekuensi 2,45 GHz dan -17,79 dB pada frekuensi 5,8 GHz, dengan bandwidth pada masing-masing frekuensi kerja adalah 120 MHz, 56 MHz dan 450 MHz, dan gain yang dihasilkan masing-masing sebesar -22,91 dBi, -6,96 dBi dan 7,76 dBi. Secara umum, dari hasil simulasi desain antena telah diperoleh karakteristik dan parameter antena seperti yang diinginkan.
ABSTRACT
Wearable technology application has become one of the important part in the development of Body-centric Wireless Communications System (BWCS), one of the application of its is the wearable antenna. There have been studies on the wearable antenna for medical purposes, safety purposes, etc, but most of them are still focused to an antenna that is electrically, while the magnetic antenna has not been explored in many studies. There are also some studies of magnetic type antennas with single and dualband frequency and still allow for further development on multiband frequency.

This research, wearable antenna is made for biomedical applications, especially for wireless patient monitoring with magnetic characteristics that works on multiband frequency of 0.924 GHz (RFID), 2.45 GHz (WLAN) and 5.8 GHz (WLAN), made from the substrate textiles and copper patch with a characteristic magnitudo reflection coefficient (S11) < -10 dB (VSWR < 2) and gain as needed communication (link budget calculation). To determine the effect of the body on the performance of the antenna, then the simulation and measurements will use phantom as a model of the human body.

CST Microwave Studio software was utilized, the design of antenna is made with free space and the phantom condition. Results from the simulation show that the design without phantom multiband resonant frequency at a frequency of 0.924 GHz, 2.45 GHz and 5.80 GHz, antenna has the magnetic characteristics, the magnitude of the reflection coefficient value (S11) each at the desired operating frequency is -18,07 dB at a frequency of 0.924 GHz, at a frequency of 2.45 GHz is -27,69 dB and -18,63 dB at a frequency of 5.8 GHz. Bandwidth is generated at frequency of 0.924 GHz is 28,7 MHz, at frequency of 2.45 GHz is 39 MHz, and at frequency of 5.8 GHz is 259 MHz. While the resulting gain is -24.86 dB at a frequency of 0.924 GHz, -8,33 dB at a frequency of 2.45 GHz and 7.27 dB at a frequency of 5.8 GHz. The simulation results are done with phantom generally does not change the value of the antenna parameters significantly. SAR values from the simulation results at a distance of 0 to 20 mm from the phantom (near the body) remain below the required standard is 2 W / kg for each 10 g of body tissue (European Union : IEC 62209-1).

From the measurement results in the free space condition are obtained value of S11 is -20.49 dB at a frequency of 0.924 GHz, -33.63 dB at a frequency of 2.45 GHz and -14.52 dB at a frequency of 5.8 GHz, with bandwidth at each operating frequency in a sequence is 125 MHz, 60 MHz and 454 MHz, and the resulting gain in a sequence is -23.37 dBi, 6.7 dBi and 7.92 dBi. While the measurement result of S11 in the phantom condition is obtained -21.02 dB at a frequency of 0.924 GHz, -26.50 dB at a frequency of 2.45 GHz and -17.79 dB at a frequency of 5.8 GHz, the bandwidth at each operating frequency is 120 MHz, 56 MHz and 450 MHz, and the gain generated respectively is -22.91 dBi, -6.96 dBi and 7.76 dBi. In general, from the simulation and measurement results have been obtained characteristics and parameters of the antenna as desired.
2016
T45978
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shera Amalia Humaira
Abstrak :
Semakin majunya teknologi saat ini, media digital tentunya berpotensi besar untuk dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran brand, dan mengintegrasikan strateginya dengan teknologi canggih. Diantaranya adalah gamifikasi dalam konteks pemasaran. Gamifikasi adalah penggunaan elemen- elemen game dan teknik design game dalam konteks non-game. Model yang dipergunakan dalam penelitian ini merujuk pada model yang dikemukakan oleh Yang et al (2017) untuk melihat pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, perceived social influence, dan perceived enjoyment terhadap intention of engagement towards gamification dan brand attitude dengan objek yang diteliti adalah Wearable Fitness Technology (WFT). Responden dalam penelitian ini diperoleh melalui metode snowball. Dengan menggunakan metodologi kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan dukungan empiris untuk perceived usefulness dan perceived ease of use sebagai prediktor terhadap intention of engagement towards gamification dan brand attitude. Namun, perceived social influence secara mengejutkan ditemukan tidak secara signifikan mempengaruhi intention of engagement towards gamification. Sebaliknya, perceived enjoyment secara signifikan berpengaruh terhadap intention of engagement towards gamification dan tidak terhadap brand attitude. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa gamifikasi merupakan salah satu strategi marketing yang inovatif yang dapat digunakan oleh marketer dalam mempromosikan brand nya, meningkatkan loyalitas, engagement, hingga mengubah perilaku masyarakat dengan cara yang menarik. ......Digital media has a huge potential to be used as a strategy marketing for a brand, and integrates its strategy with sophisticated technology. For example, gamification in marketing context. Gamification is the use of game elements and game design techniques in non-game contexts. This research will talk about the influences of gamification marketing towards intention of engagement towards gamification and brand attitude with study on Wearable Fitness Technology (WFT). Respondents in this study are collected through snowball method. The model that used in this study refers to the model that proposed by Yang et al (2017). By using quantitative methodology, results of study shows that, empirical support for perceived usefulness and perceived ease of use as predictor towards intention of engagement towards gamification and brand attitude. However, perceived social influence surprisingly found not significantly effect the intention of engagement towards gamification but has an effect towards brand attitude. Conversely, perceived enjoyment significantly affects the intention of engagement towards gamification and not towards brand attitude. This study provides empirical evidence that gamification is one of innovative marketing strategies that can be used by markets in promoting their brand, increase the loyalities, engagement, up to change people’s behavior in an interesting way.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Senna Abdul Rachman
Abstrak :
Seiring meningkatnya penggunaan CAD/CAM dan kemajuan pesat Virtual Reality dalam sistem manufaktur maka proses perencanaan assembly (perakitan) bisa dilakukan dalam Dunia Virtual tanpa memerlukan bentuk fisik dari material maupun proses. Karya tulis ini membahas perancangan dan pengembangan sebuah sistem Data Glove yang membaca perpindahan tangan dan lentingan jari menggunakan sensor Inertial Measurement Unit (IMU) dan sensor flex. Microcontroller dan program komputer antarmuka Application Programming Interface (API) kemudian mentranslasikan bacaan sensor menjadi kontrol rotasi, translasi dan zoom di dalam program CAD 3D (Autodesk Inventor). Pengujian kinerja mendemonstrasikan Motion Glove memungkinkan penggunanya untuk melakukan manipulasi objek dalam proses Virtual Assembly secara optimal dan intuitif.
With the increasing use of CAD/CAM and virtual reality in manufacturing system, the assembling process planning can now be done virtually. This paper discusses the design and development of a data glove system, which capture the hand motion and finger flex (respectively using Inertial Measurement Unit (IMU) and flex sensors) connected to microcontroller (a “Motion Glove”). API program then interprets the sensors readings into object rotation, translation and zoom control in a 3D CAD program (Autodesk Inventor). Performance test demonstrates motion glove allows more immersion into virtual reality and consequently more intuitive experience of manipulating objects in virtual assembling process.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55359
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pamula, Venkata Rajesh
Abstrak :
This book discusses the design and implementation aspects of ultra-low power biosignal acquisition platforms that exploit analog-assisted and algorithmic approaches for power savings.The authors describe an approach referred to as analog-and-algorithm-assisted signal processing.This enables significant power consumption reductions by implementing low power biosignal acquisition systems, leveraging analog preprocessing and algorithmic approaches to reduce the data rate very early in the signal processing chain.They demonstrate savings for wearable sensor networks (WSN) and body area networks (BAN), in the sensors stimulation power consumption, as well in the power consumption of the digital signal processing and the radio link. Two specific implementations, an adaptive sampling electrocardiogram (ECG) acquisition and a compressive sampling (CS) photoplethysmogram (PPG) acquisition system, are demonstrated.
Switzerland: Springer Nature, 2019
e20506318
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>