Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 51 dokumen yang sesuai dengan query
cover
New York : Raven , 1986
616.522 HUM
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sullivan, Luke
Abstrak :
Hey Whipple, Squeeze This, has helped generations of young creatives in advertising make their mark in the field. The lessons about writing and art direction contained in 5 previous editions of Whipple are still relevant. Creativity is still king. But students of the craft now need additional guidance to ply their craft in a digital-first world. This edition contains important new chapters and updates that explain how to create great advertising in any format, including viral video content for YouTube and TikTok, content-marketing, social media, digital campaigns, as well as traditional television, radio, print and outdoor ads"
New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., 2022
659.13 SUL h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tasha Ibrahim
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S6062
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kokoh Pribadi
Abstrak :
Era digital saat ini merubah cara dalam melakukan banyak hal, termasuk dalam berkomunikasi. Keberadaan internet dan Social media memudahkan komunikasi, dan tidak ada lagi batasan waktu dan tempat yang menghalangi kegiatan berkomunikasi. Penyebaran suatu informasi dari satu orang ke orang yang lain dan seterusnya dapat menyebar secara cepat, atau biasa disebut sebagai viral. Cepatnya informasi menyebar secara viral dapat menciptakan suatu trend tersendiri dan dapat membuat suatu informasi menjadi trend yang sedang ramai dibicarakan. Penyebaran informasi secara viral sendiri dapat digunakan sebagai komunikasi pemasaran suatu produk, yaitu dengan cara Word of Mouth, atau kini disebut juga sebagai Word of Mouse. Pada penelitian ini, ditemukan bahwa suatu informasi atau pesan dikomunikasikan secara viral melalui Social Media, dan kemudian menyebar melalui media konvensional. Penelitian ini juga menemukan bahwa pesan atau informasi yang mengandung emosi dapat menyebar secara viral melalui komunikasi viral, dan suatu pesan atau informasi yang menyebar viral secara tidak sengaja tidak dapat dikategorikan sebagai Komunikasi Pemasaran. ...... Digital era changes many thing in life, including how to communicate. The existing of Internet and Social Media makes communication becomes easy, there’s no boundaries like time and space to do some communication now. It also means some information can spread easily and fastly like wildfire, from one people to many people, and so on, or usually they say, going viral. When some information goes viral, that information can become a hot topic in Internet. Going viral also means more attraction, and it can also means more customer in perspective of Marketing Communication. How to use Viral Communication as Marketing Communication can help some product or service to reach their customer. From this research, we conclude that some information or message is communicated by Social Media to become viral, and then spread in mass media. We also conclude that a message with emotional content in it can spreading and become viral, and a message or information that become viral by coincidence cannot categorized as Marketing Communication.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karine Kristanti
Abstrak :
ABSTRAK
Banyak pengiklan dan pemasar menggunakan strategi pemasaran viral untuk menarik calon konsumer dan membedekan diri dari kompetitor bisnis nya. Pemasaran viral atau iklan viral telah menjadi sedemikian rupa dikarenakan kemajuan teknologi yang sangat cepat. Tidak lama ini, iklan di Youtube untuk film horor Amerika yang disebut The Nun mendapatkan banyak kritik dari masyarakat yang terdampak dari iklan tersebut. Iklan The Nun yang berdurasi enam detik tersebut mengandung unsur jump scare. Tetapi, diluar mendapatkan respon negatif, Film The Nun menjadi film dengan penjualan terbaik dari series The Conjuring. Menggunakan Malcolm Gladwells Three Rules of Epidemic, jurnal ini mengidentifikasi tiga hal yang mempengaruhi penyebaran positif dari negative WOM dari iklan The Nun.
ABSTRACT
Many advertisers and marketers adopt viral marketing as a strategy to attract target audience and distinct themselves from competitors. Viral marketing or advertising has evolved because of advanced development of technology. A recent advertising on Youtube for an upcoming American horror movie called The Nun received many critics from people who are affected by the ad. The ad is a jump-scare six-second advertisement on Youtube. Despite receiving negative feedbacks, The Nun movie became The Conjuring franchises best-selling movie. Using Malcolm Gladwells Three Rules of Epidemic, this paper identifies the three rules that influenced the positive spread of negative Word of Mouth (WOM) of The Nun ad. This paper is aiming to show how the jump-scare Youtube ad and negative WOM contributed in The Nun movie promotion.
2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Febby Fadia Clarizsa
Abstrak :
Beberapa tahun belakangan muncul istilah viral advertising. Kata tersebut menjadi kata kunci bagi para brand/merek untuk berusaha menerapkannya. Saat ini, mulai banyak brand/merek yang menggunakan konsep tersebut, dan beberapa berhasil mendapatkan dampak positif dari viral advertising yang dilakukan. Salah satu iklan di Indonesia yang pernah viral yaitu iklan serial milik Tropicana Slim yang berjudul “Sore: Istri dari Masa Depan”. Penelitian terdahulu telah meneliti efektivitas dan pengaruh dari iklan tersebut terhadap brand Tropicana Slim, yang menunjukan hasil yang positif. Namun, iklan ini belum ada yang meneliti dari sudut pandang viral advertising, seperti karakteristik di dalamnya. Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi karakteristik viral advertising pada iklan “Sore: Istri dari Masa Depan”, serta menemukan elemen-elemen lain yang ada di dalam iklan tersebut, berdasarkan pendekatan dan kreativitasnya. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan studi literatur dan metode pengumpulan data observasi. Ditemukan bahwa iklan tersebut memiliki karakteristik dari viral advertising. Iklan tersebut juga memiliki pendekatan iklan secara emosional dan memiliki pengemasan cerita menarik yang baru dan fresh. Iklan “Sore: Istri dari Masa Depan” mampu menciptakan viral advertising yang disukai dan dibagikan oleh audiens. Walaupun masih ada hal yang perlu diperhatikan, yang ditunjang dari studi literatur penelitian lain. ......In recent years, the term of viral advertising has emerged. These words become keywords for brands to try to implement them. Currently, many brands are starting to use this concept, and some have succeeded in getting a positive impact from the viral advertising that has been carried out. One of the advertisements in Indonesia that has gone viral is a serial ad belonging to Tropicana Slim, with entitled "Sore: Istri dari Masa Depan". Previous studies have examined the effectiveness and influence of these advertisements on the Tropicana Slim brand, which showed positive results. However, no one has researched this ad from the point of view of viral advertising, such as the characteristics in it. So the purpose of this study is to explore the characteristics of viral advertising in the "Sore: Istri dari Masa Depan" advertisement, as well as to find other elements in the advertisement, based on their approach and creativity. The method in this study uses a qualitative approach by conducting a literature study and observation data collection methods. It was found that the ad has the characteristics of viral advertising. The ad also has an emotional advertising approach and has a new and fresh interesting story. The ads “Sore: Istri dari Masa Depan” is capable to create viral advertising that is liked and shared by the audience. Although there are still things that need attention, which is supported by other research literature studies.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Fajri Hastomo
Abstrak :
ABSTRAK
Banyak brand menyadari bahwa penjualan produk dan ide-ide paling baik bukan dari pemasar ke konsumen tetapi dari konsumen ke konsumen. Kampanye viral marketing berfokus pada pengalaman pribadi terhadap suatu brand dan membuka kekuatan baru konsumen.
Penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi kampanye viral marketing yang berhasil melalui proses pengembangan dan produksi agen viral (creative material) dalam format digital. Proses seeding atau pendistribusian agen viral secara online, dan proses tracking atau ukuran dalam menentukan kriteria akuntabilitas dan keberhasilan dari kampanye viral marketing.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriptif. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa pemanfaatan sosial media untuk kampanye viral marketing perlu adanya manajemen yang menyangkut perencanaan dan sistemasi pesan maupun penggunaan sosial media yang sesuai dengan tujuan target pasar.
ABSTRACT
Many brands realize that the sale of the product and the most excellent ideas not from marketers to consumers but from consumer to consumer. Viral marketing campaign focuses on the personal experience and the opening of a brand new power consumers.
This study aimed to identify a successful viral marketing campaign through the development process and production of viral agents (creative material) in digital format. The process of seeding or distribution of viral agents online, and the process of tracking or accountability criteria in determining the size and success of a viral marketing campaign.The approach used in this study is a qualitative approach to research that generate and process data that are descriptive. From these results it appears that the use of social media for viral marketing campaign management regarding the need for planning and systematization and use of social media messages that correspond to the target destination market.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41766
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eldo Novan Pratama
Abstrak :
Menggambarkan bagaimana meme politik yang viral di media sosial Twitter melalui tiga dimensi dan faktor penyebaran konten apa saja yang muncul dalam meme politik viral di media sosial Twitter pada saat demonstrasi mahasiswa pada September 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content). Data yang dianalisis adalah dari hasil dokumentasi lapangan pada media Twitter. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa meme mengandung tiga dimensi, yang mana setiap meme memiliki karakteristik dimensinya masingmasing. Viralnya sebuah meme dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya ialah enam faktor konten viral yang dikemukakan oleh Shifman (2014). Setiap meme pasti memiliki dua atau lebih faktor tersebut. Faktor positivity (humour) merupakan salah satu faktor yang sangat digemari dan dapat menjadi hal krusial dalam membantu penyebaran meme tersebut. Selain itu, setiap meme juga memiliki fungsi komunikasinya masing-masing yang dapat membantu bagaimana meme tersebut dapat diterima baik dalam masyarakat. Meme yang viral juga bisa dibuat oleh akun yang memiliki pengikut yang sedikit
Describes how viral political memes on Twitter social media through three dimensions and what content distribution factors appeared in viral political memes on Twitter social media during student demonstrations in September 2019. This study uses a qualitative approach with content analysis methods. The data analyzed is from the results of field documentation on Twitter media. From the results of this study, it is known that memes contain three dimensions, where each meme has its own characteristic dimensions. The virality of a meme is influenced by several factors, including the six factors of viral content stated by Shifman (2014). Every meme has two or more of these factors. The positivity (humor) factor is one factor that is very popular and can be crucial in helping the spread of these memes. In addition, each meme also has its own communication function which can help how the meme can be well received in society. Memes that are viral can also be created by accounts that have a small following
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Dwi Kartika Sari
Abstrak :
Tujuan: Mengetahui konsentrasi dari virus Epstein-Barr pada saliva dengan teknik Real-Time PCR pada RS Kramat 128 Jakarta dan korelasinya dengan terapi antiretroviral, Limfosit T CD4 dan viral load HIV. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik deskriptif dengan metode potong lintang. Data didapatkan dari pasien HIV yang berkunjung ke RS Kramat 128 pada periode bulan September-Oktober 2019 dengan kelompok kontrol pegawai RS Kramat pada periode tersebut. Seluruh subjek penelitian (77 subjek, 53 HIV dan 24 non-HIV sebagai kelompok kontrol) yang bersedia berpartisipasi diminta untuk mengisi kuesioner, diperiksa rongga mulutnya, serta dikumpulkan salivanya dalam kondisi terstimulasi dan tidak terstimulasi. Saliva yang terkumpul kemudian diekstraksi DNA nya dan dilakukan pemeriksaan real-time PCR dengan menggunakan diagnostik kit untuk EBV pada Pusat Riset Virologi dan Kanker Patobiologi FKUI RSCM. Hasil: Konsentrasi virus Epstein-Barr pada saliva pasien HIV di RS Kramat 128 Jakarta secara statistik lebih tinggi daripada kelompok kontrol dengan median (min-maks) pada pasien HIV 13.950 (0-38.550.000) dan 680 (0-733.000) pada kelompok kontrol. Tipe antiretroviral memiliki korelasi rendah dengan konsentrasi EBV, namun penggunaan ART jangka panjang memiliki korelasi sedang dalam menurunkan konsentrasi EBV (korelasi negatif dengan r=0,295). Kenaikan jumlah EBV saliva pada pasien HIV secara signifikan memiliki korelasi sedang (korelasi positif dengan r=0,295), namun memiliki korelasi rendah dengan jumlah Limfosit T CD4. Kesimpulan: Terdapat perbedaan signifikan antara konsentrasi EBV pada pasien HIV dan kelompok kontrol. Penggunaan ART jangka panjang dan viral load HIV secara signifikan memiliki korelasi sedang dengan konsentrasi EBV pada saliva. ......Objective: To reveal concentration of salivary Epstein-Barr Virus with real-time PCR Technique in Kramat 128 General Hospital HIV patient and its correlation with antiretroviral therapy, CD4 and HIV viral load. Method: This is an analytic descriptive cross-sectional study on HIV outpatient of Kramat 128 General Hospital in September-Oktober 2019 and employees of Kramat 128 as control group. All subjects (77 subject, with 53 HIV positive respondent and 24 non-HIVcontrol) willing to participate were asked to fill out a questionnare, followed by oral examination and saliva colection in stimulated and unstimulated method. The collected saliva then extracted and EBV concentration were count by real-time PCR using an EBV diagnostic kit at Center for Research on Institute of Human Virology and Cancer Biology Universitas Indonesia. Result: The concentrations of salivary EBV were significantly higher in HIV patients than non-HIV controls, with median (min-max) values in HIV patient 13.950 (0-38.550.000) and 680 (0-733.000) in non-HIV controls. The type of ART has low correlation with EBV concentrations, but long-term ART has medium correlation in reducing EBV concentrations (negative correlation with r=0,279). Increase amount of EBV in HIV patient were significantly has medium correlation with HIV viral load (positive correlation with r=0,295) but has low correlation with CD4 cell count. Conclusion: There are significant differences of salivary EBV concentrations in HIV patients and control group. Long term ART and HIV viral load significantly has medium correlation with EBV concentration.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6   >>