Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Suprihatin
"This study investigates whether the convergence of the International Financial Reporting Standards (IFRS) increase the value relevance of accounting information of firms listed on Indonesia Stock Exchange. This study covers periods pre-IFRS convergence and post-IFRS convergence during 2006-2011. We tested the value relevance of book value of equity and earnings in pre- and post- IFRS convergence. We find that on the beginning stage of IFRS convergence, earnings become more value-relevant whereas the book value of equity does not. Meanwhile, on the advance stage of IFRS convergence, we find book value of equity and earnings are more value-relevant. Besides that, this study also provides sensitivity analysis which revealed empirical result from a modification of model.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah konvergensi International Financial Reporting Standards (IFRS) dapat meningkatkan relevansi nilai dari informasi akuntansi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini mencakup periode sebelum konvergensi IFRS (pre-IFRS) dan setelah konvergensi IFRS (post-IFRS) selama tahun 2006-2011. Penelitian ini menguji apakah terdapat peningkatan relevansi nilai dari nilai buku ekuitas dan laba pada tahap awal penerapan IFRS dan pada tahap lanjut penerapan IFRS. Hasil penelitian menemukan bahwa pada tahap awal konvergensi IFRS, terdapat peningkatan relevansi nilai atas laba perusahaan, namun tidak menemukan adanya peningkatan relevansi nilai dari nilai buku ekuitas. Pada tahap lanjut penerapan IFRS ditemukan adanya peningkatan relevansi nilai dari nilai buku ekuitas dan laba. Namun demikian, dari hasil analisis sensitivitas yang dilakukan, ditemukan bahwa peningkatan relevansi nilai hanya terdapat pada laba pada periode tahap lanjut penerapan IFRS."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Loviana
"Tesis ini membahas mengenai Related Party Transaction (RPT), yang secara khusus melihat proporsi assets, liabilities, sales, dan expenses yang terkait dengan RPT serta pengaruh dari jenis industri, skor CGI, dan kapitalisasi pasar terhadap relative share of RPT to book value of equity. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan adanya keberagaman tingkat ketaatan perusahaan untuk mengungkapkan proporsi assets dan liabilities (AL) dengan sales dan expenses (SE). Dimana perusahaan-perusahaan yang teregulasi lebih taat dalam mengungkapkan proporsi AL dibandingkan dengan pengungkapan proposi SE. Sementara variabel skor CGI dan kapitalisasi pasar tidak dapat mempengaruhi tingkat ketaatan perusahaan atas prinsip keterbukaan.

The focus of this study is Related Party Transaction (RPT), especially to see the assets, liabilities, sales, and expenses proportion of RPT and to see the impact of the type of industry, CGI score, and market capitalization to relative share of RPT to book value of equity. As the result, there is the difference of companies? obedience level to disclose the proportions of assets and liabilities (AL) and the proportions of sales and expenses (SE). That is the regulated companies were more concern to disclose the AL proportions than SE proportions. Whereas the variables of CGI score and market capitalization can not impact the companies? obedience level of transparency."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25380
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Birawani Dwi Anggraeni
"Informasi yang tersedia atas pelanggan dapat digunakan oleh para pemasar dalam menghitung besamya nilai customer liftime value yang diberikan konsumen ke perusahaan. Tujuan khusus dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari faktor pemicu yang terdiri dari value equigg brand equity, dan relationshqn equity terhadap customer lM:time value . Faktor pemicu tersebut diadopsi dari penelitian Rust et al.,(2004). Penelitian ini juga melakukan pengukuran atas nilai dari customer lifetime value dari konsumen Aqua dari model Gupta dan Lehmann (2003) serta untuk mengetahui customer share dari konsumen air minum dalam kemasan. Penelitian ini menggunakan data primer dengan populasi penelitian ini adalah mahasiswa/i serta para pekerja yang mengkonsumsi air minum dalam kemasa merek Aqua di Kampus Depok Universitas Indonesia berjurnlah 100 orang serta data sekunder lainnya terutama Laporan Keuangan Tahunan PT Aqua Golden Missisippi Tbk tahun 2007.
Temuan dari hasil penelitian menyatakan bahwa ketiga faktor pemicu dari customer lifetime value berpengaruh positif dan signitikan terhadap customer lifetime value dimana brand equity memberikan pengaruh yang paling signifikan paling tinggi terhadap customer lifetime value konsmnen Aqua. Pada hasil perhitungan customer share menunjukkan hasil bahwa konsumen Aqua memberikan kontribusi paling besar pada konsumsi air minum dalam kemasan. Implikasi dari hasil penelitjan ini bahwa dengan mengetahui faktor pemicu yang berpengaruh terhadap customer lifetime value maka dapat memberikan arahan yang lebih baik dalam menentukan kebijakan program pemasaran serta dengan mengetahui besamya nilai customer lifetime value.

Alot of information about of customer that can be used for marketer to measure the value of customer lifetime value that are given to the company. The specific research is knowing the effects of the driver from value equity, brand equity, relationship equity to customer lifetime value. The driver are adopted from research by Rust et al.,(2004). ln this research is measuring the value of customer lifetime value from customer aqua and the model of customer lifetime value form Gupta and Lehmann (2003) and for knowing the value of customer share from customer in bottled drink water. This research use primary data with the population in this research are students and worker who consumption Aqua bottled drink water in Campus Depok-University Indonesia with the total population 100 people and secondary data is a financial statemel of PT Golden Missisippi Tbk year ended 2007.
The finding from this research are the driver from customer lifetime value have positif effect and significant to customer lifetime value and brand equity the most significant effect to customer lifetime value from customers Aqua. The Calcualtion of customer share in this research show that customers Aqua have the highest contribution in consumption bottled drink water. The implications from this research prove that are knowing the driver have significant to customer lifetime value that given better direction to make decision in marketing program and for knowing the value of customer lifetime value.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T21078
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Adjie
" ABSTRAK
Fokus dari penilitian ini adalah untuk mengamati faktor-faktor yang secara positif mempengaruhi ekuitas merek Gojek, dengan menganalisis faktor-faktor seperti perilaku terhadap ekstensi merek, tingkat kecocokan, Ekuitas Merek awal, nilai ekuitas awal, dan perubahan terhadap nilai ekuitas awal. Dalam riset ini, data diperoleh dengan menggunakan teknik sample convenience sampling dengan pribadi yang mengetahui tentang Gojek berserta ekstensinya yaitu Go-Massage, Go-Glam, dan Go-Clean sebagai sampelnya. Penelitian ini menunjukan bahwa ekuitas merek awal berpengaruh positif terhadap perilaku ekstensi merek, tingkat kecocokan berpengaruh positif terhadap perilaku ekstensi merek, nilai ekuitas awal berpengaruh positif terhadap ekuitas merek awal, perilaku ekstensi merek berpengaruh positif terhadap perubahan pada nilai ekuitas awal, ekuitas merek awal berpengaruh positif terhadap perubahan pada ekuitas merek awal, nilai merek awal berpengaruh positif terhadap perubahan pada nilai merek awal. Sementara itu, perilaku ekstensi merek memiliki pengaruh positif langsung terhadap perubahan pada ekuitas merek awal Gojek. Temuan di dalam penelitian ini diharapkan akan bermanfaat untuk penelitian-penelitian berikutnya yang membahas topik ini dan juga menguntungkan bagi perusahaan Gojek dan perusahaan serupa untuk menilai faktor-faktor yang mungkin memperngaruhi ekuitas merek.
ABSTRACT The focus of this research is to observe the factors that positively influence Brand Equity on Gojek by examining several factors namely Brand Extension Attitude, Perceived Fit, Parent Brand Equity, Parent Value Equity, and Change in Parent Value Equity. Convenience sampling was used and the samples are those who familiar with Gojek and its three extensions, namely Go Massage, Go Glam, and Go Clean. This research shows that Initial Parent Brand Equity has a positive impact on Brand Extension Attitude, Perceived Fit has a positive impact on Brand Extension Attitude, Initial Parent Value Equity has a positive impact on Parent Brand Equity, Brand Extension Attitude has a positive impact on Parent Value Equity, Change in Parent Value Equty has a positive impact on Change in Parent Brand Equity, Initial Parent Brand Equity has a positive impact on Change in Parent Brand Equity, Initial Parent Value Equity has a positive impact on Change in Parent Value Equity. Meanwhile Brand Extension Attitude has a strong positive direct impact on the Change in Parent Brand Equity of Gojek. The findings in this research are beneficial for further research regarding this topic and also benefit Gojek company and any other similar company to assess factors that might influence their Brand Equity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S66175
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sadriana Estisono
"Karya tulis ini menganalisa tentang bagaimana antrian di supermarket bisa mengubah pengalaman konsumen dan keinginan untuk membeli, serta menggunakan customer equity framework sebagai pengukurannya. Karya tulis ini meneliti tiga toko supermarket di Belanda, yaitu Albert Heijn, Jumbo, dan Dirk van den Broek. Lebih spesifik, penulis memberikan hipotesa bahwa customer equity di supermarket bisa dipengaruhi secara negatif jika konsumen mengalami antrian. Hipotesa tersebut diuji dengan menyebarkan survei online dan diperoleh 108 responden. Hipotesa tersebut tidak didukung dan memberikan kesimpulan bahwa antrian tidak memiliki efek moderasi terhadap hubungan tipe supermarket dan customer equity. Selain itu, ditemukan bahwa Albert Heijn memiliki kemampuan paling baik dalam menggunakan tiga variabel dari customer equity, yaitu value equity, brand equity, dan relationship equity.

This study analyzed how the queue in supermarkets might change the customer experience and purchase intention and it used customer equity framework as the measurement. This study examined three supermarkets in the Netherlands, which are Albert Heijn, Jumbo, and Dirk van den Broek. More specifically, the author hypothesized that the customer equity in a supermarket can be affected negatively if the customers are experiencing queue. The hypothesis was tested by spreading out an online survey and a sample of 108 respondents was gathered. The hypotheses were not supported, suggesting that queue has no role in moderating types of supermarket and customer equity. In addition, the analysis revealed that Albert Heijn does best in leveraging the three drivers of customer equity, which are value equity, brand equity, and relationship equity.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S70146
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin Rosul
"Artikel ini memberikan wawasan tentang dampak Brand Extensions terhadap Brand Equity, yang berfokus pada RANS Entertainment. Studi ini menemukan bahwa Parent Brand Equity, Perceived Fit, dan Parent Value Equity berdampak positif pada Brand Extensions Attitude, yang pada gilirannya memiliki dampak langsung yang kuat pada Change in Parent Brand Equity. Studi ini menunjukkan bahwa perusahaan harus fokus dalam membangun Brand Equity dan Value Equity yang kuat, memastikan Perceived Fit, dan menciptakan Brand Extensions Attitude yang diinginkan untuk memperkuat Parent Brand Equity secara keseluruhan. Temuan dari penelitian ini bermanfaat untuk penelitian lebih lanjut mengenai topik ini, secara khusus untuk RANS Entertainment. Penelitian di masa depan dapat berfokus pada analisis pesaing dan menambahkan faktor lain ke dalam indikator penelitian.

This article provides insight into the impact of Brand Extensions on Parent Brand Equity, focusing on RANS Entertainment. This study found that Parent Brand Equity, Perceived Fit, and Parent Value Equity have a positive impact on Brand Extension Attitudes, which in essence has a direct and strong impact on Change in Parent Brand Equity. This study suggests that companies should focus on building strong Brand Equity and Value Equity, ensuring Perceived Fit, and create a desireable Brand Extensions Attitude to strengthen their overall Parent Brand Equity. The findings from this study are useful for further research on this topic, specifically for RANS Entertainment. Future research can focus on competitor analysis and adding other factors to research indicators."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Melvayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media marketing activity terhadap customer loyalty melalui variabel perantara (mediator) yang terdiri dari value equity, brand equity, dan relationship equity. Penelitian ini dilakukan terhadap nasabah produk Pegadaian Tabungan Emas PT Pegadaian (Persero) di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat yang merupakan follower dan fans akun instagram PT Pegadaian (Persero), dan melakukan transaksi penambahan nominal pada Pegadaian Tabungan Emas dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan terhadap 160 orang responden. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan SEM-PLS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa social media marketing activities berpengaruh positif terhadap value equity; social media marketing activities berpengaruh positif terhadap brand equity; social media marketing activities berpengaruh positif terhadap relationship equity; social media marketing activities tidak menunjukkan pengaruh secara langsung terhadap customer loyalty; social media marketing activities berpengaruh positif melalui value equity, brand equity, dan relationship equity terhadap customer loyalty; value equity berpengaruh positif terhadap customer loyalty; brand equity berpengaruh positif terhadap customer loyalty; dan relationship equity berpengaruh positif terhadap customer loyalty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu perusahaan dapat mengembangkan customer loyalty dengan memanfaatkan social media marketing, namun harus melalui upaya memberikan nilai produk itu sendiri, merek, dan hubungan yang baik dengan pelanggannya. Social media marketing activities yang baik membuat pelanggan dapat menilai produk, merek, dan hubungan lebih baik dibandingkan jika perusahaan tidak memiliki interaksi dengan pelanggannya melalui social media.

This study aims to determine whether social media marketing activities have an influence on customer loyalty through the intermediary variables (mediator) consisting of value equity, brand equity and relationship equity. This research was conducted customers of Pegadaian Tabungan Emas on PT Pegadaian (Persero) in DKI Jakarta and West Java area, who are followers and fans of PT Pegadaian (Persero) instagram accounts @sahabatpegadaian, and made nominal addition transactions in Pegadaian Tabungan Emas within the last one year. This research uses a quantitative approach with a survey method which was conducted towards 160 respondents. Data processing in this study uses a descriptive statistical analysis and SEM-PLS. The results of data analysis show that social media marketing activities has a positive effect on value equity; social media marketing activities has a positive effect on brand equity; social media marketing activities has a positive effect on relationship equity; social media marketing activities do not show a direct influence on customer loyalty; social media marketing activities have a positive effect through value equity, brand equity, and relationship equity to customer loyalty; value equity has a positive effect on customer loyalty; and brand equity has a positive effect on customer loyalty, and relationship equity has a positive effect on customer loyalty. The findings reveal that a particular company may enhance customer loyalty by employing social media marketing, as if the company accomplishes equity on product, brand, and relationship well. Social media marketing activities delivers better customer’s perceptions and knowledge resulted the interactions with customers through social media marketing activities"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gede Anjas Putra Astina
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari perlambatan ekonomi terhadap relevansi nilai atas nilai buku ekuitas dan laba. Penelitian dilakukan dengan menggunakan sampel dari 312 perusahaan publik non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2011 hingga tahun 2015, terkecuali tahun 2013. Hasil regresi menunjukkan bahwa informasi akuntansi berupa nilai buku ekuitas dan laba memiliki relevansi nilai pada semua kondisi ekonomi. Pada masa perlambatan ekonomi, relevansi nilai atas nilai buku ekuitas terbukti mengalami penurunan, sedangkan relevansi nilai atas laba terbukti mengalami peningkatan. Penurunan relevansi nilai atas laba ternyata lebih disebabkan oleh adanya laba negatif dibandingkan dengan kondisi perlambatan ekonomi.

The purpose of this study is to examine the effect of the economic slowdown on the value relevance of book value of equity and earnings by using sample from 312 non financial firms listed in Jakarta Stock Exchange from 2011 to 2015, except 2013. The result shows that book value of equity and earnings are value relevant on every economic condition. In the economic slowdown period, value relevance of book value of equity proved to be decreasing, while value relevance of earnings proved to be increasing. The decreasing value relevance of earnings is more attributable to the existence of negative earning, instead of economic slowdown."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68891
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitepu, Yuri Misleni Br.
"Penelitian ini membahas tentang value relevance pada perusahaan yang menerima going-concern audit opinion. Penelitian ini juga menguji value relevence pada komponen laporan posisi keuangan yaitu net cash, piutang, persediaan, property, plant and equipment, utang jangka panjang, intangibles, dan aset lain-lain pada perusahaan yang menerima going-concern audit opinion. Value relevance menggambarkan kemampuan informasi akuntansi dalam menjelaskan nilai perusahaan. Hasil model 1 menunjukkan bahwa perubahan value relevance dari net income menjadi book value of equity pada perusahaan yang menerima goingconcern audit opinion tidak dapat dibuktikan. Selain itu, hasil model 2 menemukan bahwa persediaan, aset lain-lain dan utang jangka panjang dapat mencerminkan value relevance pada perusahaan yang menerima going-concern audit opinion."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library