Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Thompson, James
London : Clive Bingley , 1987
027.7 THO a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Thompson, James
London: Clive Bingley, 1987
025.19 THO i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nurazizah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi usaha yang dilakukan oleh pustakawan FIB UI dalam meningkatkan kualitas layanan pengguna serta hambatan yang dihadapi mereka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus, dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kajian dokumen. Informan dalam penenelitian ini berjumlah 5 (lima) orang yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, yaitu telah menduduki jabatan pustakawan berdasarkan SK Fungsional Pustakawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha yang dilakukan oleh pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan yaitu setiap pustakawan berusaha melaksanakan pekerjaannya dengan semaksimal sesuai dengan kerangka kerja yang ada, serta dengan memberikan pelayanan prima agar pengguna puas dengan layanan yang diberikan. Selain itu, dalam meningkatkan kemampuan diri, pustakawan melakukan berbagai upaya diantaranya dengan membaca buku untuk menambah wawasan pustakawan mengenai berbagai macam informasi dan mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diadakan oleh perpustakaan. Hambatan yang dialami oleh pustakawan antara lain: dari dalam diri sendiri, yaitu kurangnya kemampuan bahasa, teknologi Informasi (TI) dan kemampuan komunikasi menyebabkan pustakawan terhambat dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna; dari lingkungan, koleksi buku yang tersebar menyebabkan pustakawan sulit untuk bisa merapikan koleksi ke dalam rak dengan cepat, sehingga kebutuhan pengguna akan informasi yang cepat dan tepat menjadi terhambat; kurangnya fasilitas perpustakaan menjadikan terhambatnya dalam pemberian layanan yang prima; keadaan koleksi yang sebagian besar koleksi lama menjadi kendala dalam memberikan informasi yang mutakhir kepada pengguna. Dengan demikian saran yang diajukan untuk pimpinan perpustakaan dan pustakawan FIB UI yaitu 1.) Agar dilakukan perbaikan pendidikan (formal maupun non formal). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan pustakawan; 2.) Pustakawan diharapkan bersikap lebih proaktif dalam melayani kebutuhan pengguna, diperlukan suatu kesadaran dari masing-masing individu untuk memberikan pelayanan yang sebaik mungkin agar dapat memuaskan pengguna perpustakaan; 3.) Pimpinan perlu meninjau kembali pembagian kerja dan tanggung jawab pustakawan; 4.) Dibutuhkan kerjasama yang harmonis mulai dari pimpinan hingga bawahan; 5.) Diperlukan adanya perubahan dengan memasukkan staf baru sehingga dapat memberikan pemikiran-pemikiran baru yang berguna untuk meningkatkan perpustakaan.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S14918
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gusti Nita Amalia
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi bagaimana peran pustakawan dalam Pengembangan koleksi di Perpustakaan Fasilkom UI, serta mengidentifikasi kendala dalam dalam pelaksanannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah Pustakawan Perpustakaan Fasilkom UI. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pustakawan selain melakukan kegiatan pengembangan koleksi sesuai dengan prosedur, mereka juga proaktif dalam pelaksanaan kegiatan dan menunjukan ciri pustakawan yakni mendidik, memimpin, mengevaluasi dan mengorganisasi. Kendala yang dihadapi pustakawan diantaranya lamanya pengiriman bahan perpustakaan beserta human error. ......This study aims to determine and identify the role of librarians in the procurement of University of Indonesia’s Faculty of Computer Science Library, as well as to identify the obstacles in its implementation. This study used a qualitative approach with case study method. Informants in this study are the librarians of The University of Indonesia’s Faculty of Computer Science Library. The results of this study indicate that the librarians, in addition to conducting procurement activities in accordance with established procedures, they are also became proactive in the implementation of the collection procurement activities and shows the librarian characteristics such as educating, leading, evaluating, and coordinating functions. The problems that are faced by the librarians are the duration of delivery of library materials and human error.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65477
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dodi Sahdani
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang Rencana strategis komputerisasi di Perpustakaan Universitas Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas serta efisiensi pemanfaatan komputerisasi di Perpustakaan Universitas Bengkulu. Berdasarkan pertanyaan penelitian, maka penelitian ini meninjau tiga aspek yaitu biaya, manfaat baik yang dapat dikuantifikasi atau efisiensi maupun yang tidak dapat dikuantifikasi atau efektifitas serta resiko. Data hasil penelitian dianalisis dengan memanfaatkan Information Economics Analysis yang merupakan pengembangan dari Cost Benefit Analysis (Analisis biaya manfaat). Dari hasil penelitian diketahui bahwa, biaya yang dibutuhkan / dikeluarkan untuk komputerisasi adalah lebih kecil dari manfaat yang akan diperoleh, serta perbandingan waktu proses dalam melaksanakan pekerjaan pada masing-masing bagian menunjukkan bahwa komputerisasi lebih cepat dan akurat apabila dibandingkan dengan sistem manual, ini berakibat pada peningkatan kinerja perpustakaan. Untuk manfaat yang tidak dapat dikuantifikasi atau efektifitas yang diambil dari jawaban atas pertanyaan yang diajukan baik pada domain manajemen maupun domain teknologi menunjukkan bahwa komputerisasi sejalan dengan visi, misi serta mendukung tujuan organisasi sehingga apabila diimplementasikan akan mendekatkan perpustakaan pada tujuan yang ingin dicapai, sehingga disimpulkan bahwa komputerisasi tepat dan layak untuk diimplementasikan di Perpustakaan Universitas Bengkulu.
Information Economics Review in the Computerized Strategic Planning in the Library of Bengkulu UniversityThis research describe regarding the computerize strategic planning in the library of Bengkulu University. The purpose of this research is to identify the effectiveness and efficiency of the computer utilization in the library of Bengkulu University. Base on the survey questioner, this research reviewed three aspects, namely cost, benefits that can be quantified or efficiency and the benefits cannot be quantified or effectiveness and risks. The research survey data is analyzed by using the information economics analysis which is development of the cost benefit analysis. From the results this research that the cost needed or to be expended for the computerize is last than benefit to be obtained, and the assessment of the time used to process the work in each division for the core activity indicates that with computerize it will be quicker and more accurate compared to the conventional system, with effects the library performance increase. For the effectiveness assessment which is taken from the questioner asked both to the management domain and technology domain, it indicates that the computerize is in line with the vision, mission and support the library objective. Therefore, if it is implemented it will take the library to the desired purposes, that can conclude that the computerize is appropriate and feasible to be implement in the library of Bengkulu University.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T11033
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Orisa Mahardhini
Abstrak :
Makalah proyek akhir ini membahas mengenai pengalaman pengguna (User Experience) dalam menggunakan website library.umn.ac.id berdasarkan konsep ekologi informasi Rosenfield seperti context, content dan user yang bertujuan untuk membantu perpustakaan dalam memvisualisasikan dan memahami lingkungan informasinya. Pengalaman pengguna (User Experience) dalam mengakses informasi menjadi penting untuk diperhatikan terutama dalam kaitannya dengan kegunaan (usability) dan kemudahan (ease to use) web untuk mendapatkan sumber informasi yang dibutuhkan. Arsitektur informasi suatu website akan mempengaruhi pengalaman pengguna (User Experience) dalam menggunakan situs website perpustakaan dan kemudahan mendapatkan informasi. Website perpustakaan seharusnya dapat menjadi rujukan bagi pengguna perpustakaan dalam mengakses referensi dan informasi, namun berdasarkan visitor count tingkat kunjungan website library.umn.ac.id tahun 2021 justru menurun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran mendalam pada saat pemustaka menggunakan website library.umn.ac.id. Adapun penentuan informan didasarkan pada seseorang yang memiliki kapabilitas dalam fokus penelitian sehingga dapat mengartikulasikan pengalaman hidupnya. Berdasarkan temuan penelitian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pembuatan website library.umn.ac.id masih belum terlihat jelas (context), menu website library.ac.id masih sulit ditemukan dan membingungkan (content) Kedua komponen tersebut pada akhirnya mempengaruhi pengguna (user) dalam menggunakan website library.umn.ac.id. Berdasarkan penilaian terhadap komponen kualitas instrumental dari CUE-Model diperoleh hasil website library.umn.ac.id dinilai masih kurang dilihat dari kegunaan (usability) dan kemudahan (ease to use) dinilai cukup mudah namun tetap harus memberhatikan kebutuhan pengguna. Komponen kualitas non-instumental menunjukan user interace web library.ac.id tidak menarik pengguna untuk menggunakan. Ketiga, reaksi emosi yang ditunjukan saat menggunakan website meliputi emosi gembira, seding, bingung marah dan terkejut. Kesimpulan penelitian ini adalah Pengalaman pengguna (user experience) yang mengacu pada CUE-Model dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang interaksi manusia dengan teknologi dibandingkan studi kegunaan lainnya. Pengalaman pengguna (user experience) terhadap website library.umn.ac.id dipengaruhi oleh beberapa hal seperti desain arsitektur informasi (context, content dan user) website library.umn.ac.id yang masih jauh dari ideal. ......This final project discusses the user experience using the library.umn.ac.id website based on Rosenfield's information ecology concepts such as context, content and users, which aims to assist libraries in visualizing and understanding their information environment. User experience in accessing information is important to note, especially in the usability and ease of use of the web to obtain the required information sources. The information architecture of a website will affect the user experience in using the library website and the ease of getting information. The library website must be a reference for library users in accessing references and information, but based on the number of visitors visiting the library.umn.ac.id website in 2021, it has decreased. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach which aims to get an in-depth picture of when users use the library.umn.ac.id website. As for what is determined based on someone who has the capability in the research focus so that he can articulate his life experiences. Research findings The results of this study indicate that the purpose of making the library.umn.ac.id website is still unclear (context), and the library.ac.id website menu is still difficult to find and surprising. using the library.umn.ac.id website. Based on the instrumental quality components of the CUE-Model, the website library results.umn.ac.id is considered to be still lacking in terms of usability and ease of use which is considered quite easy but still has to pay attention to the user. needs. The non-instrumental quality component indicates that the library.ac.id web user interface does not attract users. Third, the emotional reactions shown when using the website include happy, sad, confused and surprising emotions. This study concludes that user experience that refers to the CUE-Model can better understand human interaction with technology compared to other usability studies. The user experience of the website.umn.ac.id library is influenced by several things, such as the information architecture design (context, content and users) of the library.umn.ac.id website, which is still far from ideal.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iwan Muhadhan
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini berfokus pada pengelolaan koleksi multimedia di Pepustakaan Universitas Indonesia. Masalah yang dikaji adalah pengelolaan koleksi multimedia mulai dari pengembangan koleksi, pengadaan, pengolahan, penyimpanan dan layanan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pihak pengelola Perpustakaan Universitas Indonesia yang memahami topik penelitian ini. Objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan koleksi multimedia di Perpustakaan Universitas Indonesia. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian pengelolaan koleksi multimedia di Perpustakaan Universitas Indonesia, yaitu pengelolaan koleksi multimedia tidak memiliki kebijakan secara khusus untuk mengatur koleksi multimedia. Terlihat dari tidak adanya pengaturan dalam melakukan pengadaan koleksi multimedia. Pengolahan sudah sangat baik dengan melakukan pengolahan ulang seluruh koleksi multimedia dengan pedoman yang baku. Penyimpanan dan pelayanan kurang baik, terhambat tidak adanya ruang di Perpustakaan Universitas Indonesia untuk menyimpan maupun melayankan koleksi multimedia.
ABSTRACT
The study is about the management of multimedia collection in the library of University of Indonesia. Problems of study are collection developmet, aquisition, processing, retention, and to service. The research approach is qualitative research. Methods of data collection are observation, interview, and document analysis. The result of the research management of multimedia collection in the library of University of Indonesia, in terms of multimedia collection management, does not have a policy specifically managing multimedia collection. Seen from the lack of regulation in multimedia collection development. Processing has been very good to do a re cataloging the entire multimedia collection with firm standards. Retention and to service are not good, hampered by the lack of space at the Library of University of Indonesia as the provision of multimedia collection.
2016
S69319
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Susmiyati
Depok: Rajawali Pers, 2021
025.5 SRI l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Agutyas Armando Pratama
Abstrak :
Skripsi ini membahas pemanfaatan layanan referensi di Perpustakaan Perguruan Tinggi khususnya di Perpustakaan FIB UI, FMIPA UI, dan FE UI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan layanan referensi oleh mahasiswa di perpustakaan perguruan tinggi dan Kendala yang dihadapinya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi yang sering digunakan adalah kamus, ensiklopedia, sumber geografi dan buku pedoman. Walaupun demikian pemanfaatan layanan koleksi referensi masih kurang, hal ini disebabkan karena koleksi yang kurang mutakhir dan juga pustakawan yang masih kurang dalam melayani pengguna. Disamping itu, hampir setengah lebih mahasiswa yang menggunakan sumber referensi di internet dan sumber yang digunakan tidak berbeda jauh dengan yang digunakan pada sumber koleksi referensi tercetak.
This undergraduate thesis discusses the use of the reference services in university libraries, particularly in FIB UI, FMIPA UI, and FEUI. The purpose of this research is to observe the utilization of reference services by students and the problems in using it. This research is a descriptive research with quantitative approach. The result of this research concludes that collection that is commonly used consists of dictionaries, encyclopedias, geographic sources, and handbooks. Nevertheless, the reference services in libraries is not optimally used, due to lack of up-to-date collection and incompetent librarians. Moreover, almost more than a half of the number of students prefer internet based sources because they are as reliable as printed materials.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S14930
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Erus Effendi
Abstrak :
Information technology application of in libraries functionsin a variety offorms, one of which shaped by the utilization of libraryi nformation system to enablet he processing of data and reports quickly. Therefore the libraryi nformation system is in dispensable in determining business decisions. The development of library information systems are needed to carried out in accordance with the need of the business process. The purposeof this research is developing feature reports SliMS at President University Libraryto meet business process. SLiMS has been chosenasone of the development library information system to creat the enrichment of the report feature. They are Annual Circulation, Circulation per Capita, Membership Report, Registration as a Percentage of Population, Visitor perYear, Library Visit perCapita, Growing of Collection, with using the method of prototyping model.The Testing sistem results the enrichment of report feature can help to create library report with user friendly dan based on decision making for future library planning at President University Library.
Bogor: Perpustakaan IPB, 2015
020 JPI 14:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>