Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurul Mairissa
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas permasalahan terkait yayasan khususnya mengenai akibat hukum yayasan sebagai badan hukum terhadap kekayaan yang dipisahkan oleh pendiri dengan studi kasus Universitas Trisakti. Dengan menggunakan metode yuridis normatif, diketahui bahwa landasan filosofis pendirian suatu yayasan adalah sebagai suatu badan nirlaba dimana dalam pendiriannya pendiri memisahkan sebagian dari kekayaannya guna untuk mewujudkan maksud dan tujuan yang bersifat sosial, agama dan kemanusiaan. Dengan yayasan berstatus badan hukum, maka kekayaan yang telah dipisahkan oleh pendiri tidak lagi menjadi milik pendiri dan merupakan milik yayasan. Oleh karena itu, Yayasan Trisakti, sebagai badan hukum yang berdiri berdasarkan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sah dan berwenang untuk melakukan penyelenggaraan dan pengelolaan Universitas Trisakti, termasuk terhadap kekayaan yang dimiliki Universitas Trisakti.
ABSTRACT
This thesis discusses about problems related to the foundation, particularly the legal effect of the foundation as a legal entity to the property separated by the founder, with University of Trisakti as the case study. By using normative juridical method, the result of the analysis is that the philosophical assumption of foundation establishment is a non-profit legal entity in which the founders separating a portion of his wealth in order to realize the aims and objectives of social, religion and humanity. With the legal status of foundation, the wealth that has been separated by the founders is no longer belong to the founder, however is owned by the foundation. Therefore, Trisakti Foundation, as a legal entity that established under the applicable regulations, is legitimate and authorized to organize and manage the University of Trisakti, including the property of University of Trisakti.
2015
T43059
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Liana Boen
Abstrak :
Selama ini hampir-hampir tidak ada orang yang mengadakan penelitian mengenai perpustakaan perguruan tinggi swasta, sehingga kea_daan perpustakaan perguruan tinggi swasta masih jarang dikenal di kalangan masyarakat luas. Seperti kita ketahui, sesuai dengan Rencana Pembangunan Lima Tahun XX 1974/75-1978/79, salah satu tujuan pembangunan adalah da_lam bidang pendidikan dan pembinaan generasi muda. Tidak hanya per_guruan tinggi negeri saja yang membantu Pemerintah dalam program pendidikan, akan tetapi perguruan tinggi swastapun turut menyumbang_kan baktinya kepada nusa dan bangsa melalui pendidikan. Di Jakarta saja pada tahun 1977 tercatat tujuh puluh satu buah perguruan tinggi swasta yang telah didirikan untuk menampung para lulusan sekolah lanjutan atas dan telah banyak yang menghasilkan baik sarjana maupun sarjana muda dalam pelbagai cabang ilmu penge_tahuan. Banyak diantara perguruan tinggi swasta ini telah memiliki per-pustakaan dengan tujuan terutama untuk menunjang kurikulum bagi para mahasiswanya. Akan tetapi berapakah jumlah perguruan tinggi swasta yang telah memiliki perpustakaan dengan keadaan yang dapat membantu program universitas dalam Tridarma Perguruan Tinggi? Sedangkan fungsi dan tujuan suatu perpustakaan di dalam universitas adalah membantu universitas dalam mencapai Tridarma Perguruan Tinggi tersebut. Dari sekian banyak perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta, kami memilih Perguruan Tinggi Swasta Trisakti untuk skripsi ini yang berdasarkan Surat Keputusan Kopertis Wilayah II No. 1676/Kop 11/I-X/77 telah ditetapkan sebagai Universitas Swasta Terbaik I di lingkungan perguruan tinggi swasta Kopertis Wilayah II tahun 1976_
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1980
S15491
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siadari, Eben Ezer, translator
Jakarta: Yayasan Trisakti, 2013
378.1 EBE y
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Zaitun
Abstrak :
Skripsi ini merupakan suatu tinjauan tentang keadaan perpustakaan Perguruan Tinggi, yakni Perpustakaan Universitas Trisakti (Usakti) di Jakarta. Titik Pandang ditujukan kepada usaha Usakti dalam menuju sentralisasi perpustakaan, organisasi dan pengorganisasian perpustakaan, khususnya status perpustakaan selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT). Hal ini dilakukan mengingat sudah ada Peraturan Pemerintah No.5 Tahun 1980, yang mengatur organisasi Perguruan Tinggi. Khusus pasal 30 dan 42 dari peraturan ini mengatur status Perpustakaan Perguruan Tinggi. Mengenai hal ini sudah ada Surat Keputusan Rektor Usakti No.001/ USAKTI/S.K.R./I/1987, tentang restrukturisasi organisasi seluruh fakultas di lingkungan Usakti. Surat Keputusan (S.K.) ini merupakan realisasi dari S.K. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0192/0/1985 tertanggal 20 April 1987, yakni tentang kewajiban sepenuhnya melaksanakan PP. No.5 Tahun 1980 bagi Universitas Swasta. Penulisan dimulai dari latar belakang masalah, kondisi perpustakaan yang saling terpisah-pisah, sesuai dengan historis berdirinya masing-masing fakultas. Lalu struktur organisasi dan pengorganisasiannya, status perpustakaan selaku UPT Universitas maupun UPT Fakultas. Sebelumnya dituliskan pula hasil penelitian literatur tentang sistem sentralisasi maupun desentralisasi, untung ruginya masing-masing sistem, yang semuanya dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dalam pembahasan. Pembahasan disesuaikan pula dengan kondisi perpustakaan yang ada, baik langkah yang sudah maupun yang akan dilakukan kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan saran-saran.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Erri Astoeti Adrianingsih
Abstrak :
Klinik Gigi Pendidikan (KGP) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti didalam upaya pengembangannya, memerlukan suatu perencanaan strategik yang dapat sejalan dengan visi dan mini FKG Usakti yang tertuang pada Perencanaan Strategik FKG Usakti tahun 2000-2004. Untuk dapat menyusun perencanaan strategik dari KGP FKG Usakti, dilakukan penelitian operasional dengan analisis kualitatif dan kuantitatif dibantu dengan peramalan menggunakan Time Series Forecasting dan program QSB+. Penyusunan strategi ini melalui tahap I (input stage) terdiri dari analisis lingkungan eksternal dan internal dari KGP FKG Usakti, yang dilakukan oleh Consensus Decision Making Group(CDMG), yang terdiri dari pimpinan, guru besar, kepala KGP, dan kepala-kepala bagian kink FKG Usakti. Kemudian tahap II (matching stage), CDMG meaakukan analisis dengan matriks Internal-External (IE) dan SWOT. Selanjutnya tahap III (decision stage) menggunakan matriks QSPM untuk menentukan strategik terbaik. Dari hasil penelitian, pada pemilihan alternatif strategi dengan berdasarkan hasil dan matriks IE, memperlihatkan posisi KGP FKG Usakti pada kuadran II yang berarti pada posisi Grow and Build dengan strategi yang dianjurkan adalah strategi intensif (market penetration, market development, product development) dan strategi integratif (forward integration, backward integration, horizontal integration). Penelitian ini menyimpulkan bahwa KGP FKG Usakti memilild potensi pasar yang besar dengan dukungan internal yang kuat, walaupun dengan pesaing yang cukup kompetitif, sehingga masih diperlukan suatu tindakan untuk meningkatkan mutunya Sebagai saran untuk tindak lanjut, maka strategik yang terpilih perlu dioperasionalkan secara optimal dengan mengreorganisasi strategi-strategi terpilih menjadi tiga komponen yang menurut Hegel dan Singer (1999) adalah peningkatan penjualan dan pemasaran, peningkatan kemampuan dan kualitas operasi, serta peningkatan infrasiruktur pendukung.
The Educational Dental Clinic (KGP) Faculty of Dentistry Trisakti University (FKG Usakti) requires a strategic planning, in alignment to the vision and mission of FKG Usakti as described in its strategic planning for the year of 2000-2004. To develop an operational research with qualitative and quantitative analysis was performed with the aid of forecasting technique such as Time Series Forecasting from QSB+. The research was done in 3 (three) stages. Stage I (input stage) covers the external and internal analysis of KGP FKG Usakti through a Consensus Decision Making Group (CDMG). This group consisted of dean and staff, professors, KGP director, and department heads FKG Usakti. In stage II (matching stage), the result of stage I was analyzed using Internal-External (IE) matrix and SWOT matrix. The last stage (decision stage) was to determine best strategy priorities using the QSPM matrix. On the matching stage (stage II), CDMG agreed that KGP FKG Usakti is at Grow and Build position of IE matrix. Further, they decided to apply all strategies within Grow and Build, which are intensive strategies (market penetration, market development, product development), and integrative strategy (forward integration, backward integration, horizontal integration). It can be concluded than, that KGP FKG Usakti has a significant market potential and relatively strong internal capability, in a competitive atmosphere . The position of grow and build indicates that a quality improvement is still needed. The suggests that all selected strategies organized with the KGP FKG Usakti into three different structures following Hegel and Singer (1999), sales/marketing, operations and performances, and supporting bundle of structures.
Depok: Universitas Indonesia, 2000
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farid
Abstrak :
CD-ROM sebagai media simpan informasi yang mampu menampung banyak data, membutuhkan ketrampilan khusus dalam menemukan kembali informasi yang terekam didalamnya. Dengan ciri seperti itu, maka pelatihan pemakaian CD-ROM di suatu perpustakaan tertentu menjadi penting untuk diadakan. Suatu perpustaaan yang kondisi pemakainya mempunyai pengetahuan berbeda terhadap layanan CD-ROM perlu diatasi dengan mengadakan pendidikan pemakai tambahan bagi pemakainya yang belum mendapatkan pelatihan. Penelitian ini ingin melihat mengapa pemakai perlu mendapatkan program pengenalan layanan CD-ROM, yang terintegrasi dalam program Intorduction Course di Perpustakaan Pusat Universitas Trisakti. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini didapat dari daftar pemakaian koleksi CD-ROM selama semester ganjil tahun 1997/1998. Tujuan penelitian ini ingin memberikan alasan-alasan mengapa program pengenalan layanan CD-ROM perlu bagi pemakai Perpustakaan Pusat Trisakti. Teknik pengumpulan data yang dipakai menggunakan metode dokumenter, yaitu data yang dikumpulkan dari lembar pemakaian layanan CD-ROM. Sebagai data penunjang didapat dari hasil wawancara dengan Sekretaris Perpustakaan dan Kepala Sub.Unit Pelayanan Referensi. Data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan rumus prosentase. 81,5% pemakai layanan CD-ROM adalah pemakai yang berstatus belum mendapatkan program pengenalan layanan CD-ROM dan 72,3% dari populasi adalah mahasiswa tingkat 3 sampai akhir, padahal pada saat-saat itu mereka butuh sumber informasi yang banyak untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah mereka. 70,9% dari populasi adalah mahasiswa Universitas Trisakti yang memakai layanan ini hanya 1 kali dalam waktu semester ganjil tahun 1997/1998. Kondisi ini mungkin disebabkan mereka putus asa dalam mencari melalui CD-ROM dan beralih ke media bentuk lain atau ke sumber informasi lain, misalnya perpustakaan lain atau melalui internet. Melihat sebagian besar pemakai layanan ini adalah mahasiswa, 90.8% dan populasi, maka pihak Perpustakaan Pusat Trisakti harus memikirkan untuk diadakannya program pengenalan layanan CD-ROM tambahan bagi pemakai yang belum mendapatkannya. Perpustakaan Pusat Trisakti sangat perlu mengadakan program pelatihan tambahan. Baik itu untuk para mahasiswanya dan juga segala unsur sivitas akademika Universitas Trisakti. Pihak perpustakaan disarankan untuk mengadakan promosi tentang layanan CD-ROM agar keberadaan layanan ini diketahui oleh seluruh warga sivitas akademika Universitas Trisakti.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S15138
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tumbelaka, Denanda J.
Abstrak :
ABSTRAK
Kesehatan merupakan salah satu rangkaian dari program pembangunan yang dihadapi bangsa Indonesia di dalam rangka memasuki era tinggal landas menjelang tahun 2000 nanti. Dari data-data tentang status kesehatan yang diukur dengan, angka kesakitan, angka kematian dan status gizi memperlihatkan bahwa kesehatan di Indonesia merupakan suatu masalah yang perlu diperhatikan dan ditangani secara baik dan serius. Masalah-masalah ini timbul karena belum meratanya jangkauan pelayanan kesehatan yang ada. Dalam upayanya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara optimal, maka pemerintah mengikutsertakan pihak swasta di dalam program-program pelayanan kesehatan seperti, rumah sakit, balai kesehatan masyarakat, atau pelayanan kesehatan lain pada sekolah, tempat kerja dan lain-lain.

Universitas Trisakti sebagai suatu institusi pendidikan juga terlibat di dalam kegiatan pelayanan kesehatan dengan dibukanya suatu Pusat Kesehatan bagi Sivitas Akademika Universitas Trisakti maupun masyarakat umum yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Setelah berjalan selama kurang lebih 6 tahun ternyata Pusat Kesehatan Universitas Trisakti masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para karyawan Universitas Trisakti sendiri. Melihat kenyataan tersebut di atas, maka diadakanlah penelitian ini dengan tujuan agar diperoleh gambaran tentang faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya pemanfaatan Pusat Kesehatan Universitas Trisakti oleh para karyawannya. Penelitian ini merupakan survey deskriptif analitik dengan pendekatan Cross-sectional-Cara pengumpulan data dengan metode mailing list. Tehnik analisis yang digunakan adalah Uji Chi Square yang diperkuat dengan Cramer's V. Dari hasil penelitian ini diperoleh gambaran bahwa dari 8 variabel yang diteliti ternyata variabel tingkat pendidikan serta variabel waktu buka dan tarif kunjungan, memperlihatkan hubungan yang bermakna dengan pemanfaatan Pusat Kesehatan Universitas Trisakti. Hasil penelitian ini juga memperlihatkan bahwa tenaga kesehatan yang ada di Pusat Kesehatan Universitas Trisakti masih belum mencukupi kebutuhan.

Pusat Kesehatan Universitas Trisakti dapat meningkatkan perannya sebagai salah satu tempat pelayanan kesehatan yang baik apabila dapat berfungsi secara maksimal. Hal ini dapat terwujud apabila faktor-faktor yang dianggap menjadi hambatan bagi perannya tersebut dapat ditangani sacara baik oleh pihak yang berwenang, dalam hal ini pimpinan Universitas Trisakti dan unsur-unsur terkait lainnya.
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library