Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tommy Limes
Abstrak :
Sistem propulsi merupakan salah satu komponen utama dalam perancangan sebuah kapal. Kapal rescue merupakan kapal yang membutuhkan kecepatan tinggi dan olah gerak yang baik dalam operasionalnya sehingga pemilihan jumlah mesin dan propeller sangat berpengaruh terhadap performa kapal. Kapal ndash; kapal cepat pada umumnya menggunakan sistem propulsi bermesin ganda untuk dapat memperoleh kecepatan tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sistem propulsi twin screw pada kapal rescue basarnas tipe 40 meter baik dari segi teknis maupun segi ekonomis tanpa mengubah bentuk lambung kapal. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa mesin yang diperlukan untuk mencapai kecepatan kapal yang diinginkan adalah mesin dengan spesifikasi 2159 HP, 1610 kW, 1800 RPM dan propeller yang digunakan adalah propeller dengan 4 daun, diameter sebesar 1345,23 mm, pitch sebesar 1506,66 mm, pitch ratio sebesar 1,12, expanded area ratio sebesar 1,117 dan berat sebesar 265,4 kg. Secara ekonomis ditinjau dari konsumsi bahan bakar sistem propulsi twin screw memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem propulsi triple screw. ......Propulsion system is one of the main components in a ship designing process. Rescue boat is a ship that needs to have high speed and good maneuverability, therefore the main engine and propeller chosen for the ship is very influential to the ship's performance. High speed craft usually uses more than one engine to achieve high speed. The purpose of this research is to analyse the twin screw propulsion system for the Indonesian National Search and Rescue ship technically and economically without any changes in ship rsquo s hull. The results obtained shows that the engine required to achieve the desired velocity is two engines with specification of 2159 HP, 1610 kW, 1800 RPM and the propeller used is a 4 bladed propeller with diameter of 1345.23 mm, pitch of 1506.66 mm, pitch ratio of 1.12, expanded area ratio of 1.117, and approximate weight of 265.4 kg. Economically, reviewed from the fuel consumption, twin screw propulsion system is proven to be more efficient than triple screw propulsion system.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S66698
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Nandang Roziafanto
Abstrak :
ABSTRAK
Dengan berkembangnya kemampuan rekayasa material, polimer blend menjadi salah satu metode untuk merekayasa material polimer yang penting karena aplikasinya yang luas salah satunya usaha me-recycle limbah polimer. Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh blending antara material polimer Poli(metil metakrilat) (PMMA) regrind dengan Akrilonitril Butadiena Stirena (ABS). PMMA regrind merupakan limbah produksi berbentuk serpihan, berasal dari lensa lampu motor yang cacat dan kemudian dihancurkan dengan mesin pencacah. Komposisi PMMA regrind yang ditambahkan kedalam ABS adalah 10%, 20%, 30% dan 40% (% berat). ABS yang digunakan telah diidentifikasi persentase komposisi monomernya dengan 1H-NMR. Proses blending menggunakan alat ekstruder twin screw dengan setting parameter 210oC-240oC pada putaran 120 rpm. Hasil blending ABS/PMMA dikarakterisasi sifat mekaniknya seperti tensile strength, impact strength dan sifat termalnya dengan DSC serta morfologinya dengan SEM. Hasil analisis monomer ABS dengan 1H-NMR adalah akrilonitril 9,26% ,butadiena 21,68% dan stirena 69,06%. Karakterisasi hasil blending ABS/PMMA menunjukkan bahwa semakin tinggi persentase PMMA yang ditambahkan akan menaikkan nilai tensile strength material dan menurunkan nilai elongation dan impact strength-nya. Hasil DSC menyatakan blending tersebut immiscible dan tidak compatible dilihat dari nilai Tg dari masing-masing blending yang terdapat lebih dari satu Tg dan nilainya yang tidak berubah signifikan dari nilai Tg penyusunnya yaitu ABS dan PMMA. Oleh karena itu, blending ABS dengan PMMA regrind dapat diaplikasikan untuk produk dengan kekuatan terhadap benturan dan fleksibilitas yang moderat seperti housing lampu kendaraan bermotor.
ABSTRACT
With the growing capabilities of materials engineering, polymer blend becomes a useful method to simulate polymer material. One example of it?s broad applications is to recycle waste polymer. A research about the effects of blending ABS (Acrylonytrile Butadiene Styrene) with regrind-PMMA (Polymethyl Methacrylate) has been done. The regrind-PMMA used were taken from the waste production of housing lamp for automotive that has been through grinding process. The composition of regrind-PMMA added to the ABS is 10%, 20%, 30% and 40% from the total weight of mixture. The composistion of monomers inside the ABS was previously identified by using 1H-NMR. Blending process is done by using twin screw extruder which temperature was kept between 210oC-240oC on 120 rpm. The final blending product is characteristize by it?s mechanical properties such as tensile strength, impact strength, thermal properties (by using DSC) and morphology properties (by using SEM). By using 1H-NMR, the composition of monomers inside ABS are 9,26% of acrylonitrile, 21,68% of butadiene and 69,06% of styrene. As the results of blending regrind-PMMA and ABS is the higher percentage of regrind-PMMA added, the higher tensile strength of the material, but in the other hand, the elongation and impact strenght are lower. DSC?s result shows that the blending is immicible and not compatible. Therefore, the blending of regrind-PMMA with ABS can be applied for producing new product with moderate impact resistance and flexibility, such as housing lamp for automotive.
2010
T31546
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library