Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Asiyanto
Jakarta: UI-Press, 2012
624.193 ASI m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Haureta Nova Aisyah
"Pembangunan infrastruktur di wilayah perkotaan terkendala akan keterbatasan lahan dan dampak negatif pembangunan nya bagi lingkungan seperti kemacetan lalu lintas, sebagai alternatif maka konstruksi terowongan dapat diaplikasikan. Pemrakarsa konstruksi terowongan di Indonesia adalah proyek MRT Jakarta yang diharapkan menjadi solusi alternatif transportasi masyarakat Jakarta. Konstruksi terowongan merupakan lingkup kritis dalam proyek infrastruktur ini karena masalah yang terjadi akan mempengaruhi total durasi dan total biaya proyek. Hal ini terjadi jika lingkup pekerjaan tidak didefinisikan sedetail mungkin dalam bentuk Work Breakdown Structure WBS saat tahapan perencanaan. WBS merupakan komponen penting yang mempengaruhi kesuksesan dari pelaksanaan proyek. Penelitian ini menekankan pada metode pengembangan WBS yang sistematis dan menyeluruh disesuaikan dengan tipe proyek terowongan yang kompleks. Metode penyusunan WBS yang digunakan adalah secara Top Down dengan dengan pendekatan proses untuk pengembangangan nya. Dengan metode top down akan tersusun WBS yang lebih terstruktur dan logis dimana dimulai dengan dekomposisi pada proses pekerjaan konstruksi hingga ke paket pekerjaan terkecil. Selanjutnya WBS yang sudah dikembangkan akan menjadi input utama dalam integrasinya dengan pengontrolan biaya proyek. Hasil dari penelitian ini berupa WBS untuk proyek konstruksi terowongan dan dilengkapi dengan risiko dominan yang terjadi pada proyek.

Infrastructure development in urban area are restricted by limited land and its negative impact of traffic congestion. Tunnel construction is the alternative to minimize the impact of the infrastructure on the environment by shifted in the cities underground. Tunnel construction is a new project in Indonesia and this construction method adopted in the Jakarta rsquo s MRT Project. Tunnel construction is the critical scope in this project due to its impact for total project cost and duration. Therefore detail description and definition of project scope is highly required in the form of Work Breakdown Structure WBS that shall be implemented at project planning stage. This is proven that WBS is one of the important component that affect the successful of project execution. There are few published studies about the methodologies to develop WBS for tunnel construction. This study emphasizes the development of systematic and comprehensive methods of WBS that can be customized to complex tunnel projects. To address this issue, a WBS development will be applied the top down method with process approach. This method will define a structured and logical WBS by decomposition of tunneling construction process to the smallest work package. The developed WBS will be a main input of integrated budgeting control aspect.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48902
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pongtuluran, Ravael Eldad
"Pembangunan terowongan jalan merupakan hal baru di Indonesia dan menjadi proyek pertama di Pulau Kalimantan. Tantangan utama dalam proyek ini adalah karakteristik tanah podsolik/ultisol di perbukitan dan tanah gambut di dataran rendah, yang memiliki risiko tinggi terhadap stabilitas tanah dalam konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengendalikan potensi bahaya serta risiko melalui perencanaan safety plan, serta mengevaluasi dan mengembangkan Rencana Keselamatan Konstruksi (RKK) yang sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR No. 10 Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan mencakup wawancara dan expert judgement, dengan pendekatan analisis kualitatif dan deskriptif berdasarkan regulasi terkait. Hasil penelitian mengidentifikasi 57 variabel bahaya dan risiko serta pengendaliannya dalam safety plan berdasarkan masukan dari para pakar yang disesuaikan dengan metode kerja proyek. Penelitian ini juga mengungkap perlunya pengembangan format tambahan dalam dokumen RKK guna memenuhi kebutuhan lapangan dan meningkatkan efektivitas keselamatan konstruksi. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa Rencana Keselamatan Konstruksi yang komprehensif dan sesuai regulasi mampu secara signifikan mengurangi risiko dan ketidakpastian pada proyek. Pendekatan ini mendukung pencapaian target zero accident dan berimplikasi pada penyediaan referensi yang relevan bagi penyedia jasa, secara khusus di wilayah dengan tantangan geoteknik seperti Kalimantan.

The construction of the road tunnel was new in Indonesia and the first project in Kalimantan Island. The main challenge in this project is the characteristics of podzolic/ultisol soil in the hills and peat soil in the lowlands, which has a high risk to soil stability in construction. This research aims to identify and control potential hazards and risks through safety plan planning, as well as evaluate and develop a Construction Safety Plan (CSP) that complies with the Minister of PUPR Regulation No. 10 of 2021. The research methods used include interview and expert judgment,with a qualitative and descriptive analysis approach based on relevant regulations. The results of the research identified 57 hazard and risk variables and their control in the safety plan based on input from experts adapted to project work methods. The research also revealed the need to develop additional formats in the CSP document to meet field needs and improve the effectiveness of construction safety. The research conclusion shows that a comprehensive and compliant Construction Safety Plan (CSP) is able to significantly reduce risks and uncertainties on the project. This approach supports the achievement of zero accident targets and has implications for providing relevant references for service providers, particularly in geotechnically challenged regions such as Kalimantan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Rifi Firdaus Lustika
"Dewasa ini konstruksi beton bertulang mempakan konstruksi yang pailng banyak digunakan pada bangunan dan gedung. Karena heton bertulang lebih mudah dalam pelaksanaanya. Namun pada kenyataannya, beton bertuiang juga dapat mengalami kerusakan pada struktumya. Kerusakan atau kerexakan pada beton bertulang dapat disebabkan oleh berbagai faKtor, diantaranya kerusakan karena pengaruh mekanis, pengaruh flsika, dan akibat pengaruh kimia.
Kerusakan struktur beton yang terjadi di dermaga D, Pelabuhan Panjang, Propinsi lampung mempakan Salah satu contoh kerusakan berat pada struktur beton yang diakibatkan oleh pengaruh kimia atau Iingkungan, tepatnya kondisl llngkungan air laut yang menyebabkan korosi pada baja tulangan pada beton bertulang.
Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka dtgunakan bahan Grout LN 322 M sebagai bahan perbaikan beton dengan metode injection grouting. Namun diperlukan penelltian Iebih lanjut mengenai bahan perbaikan Ini, karena bahan perbaikan tersebut hams memenuhi seluruh persyaratan mutu pelaksanaan pekeljaan, syarat kekuatan dan keandalan struktur. Parameter yang diamati adalah perilaku baiok beton utuh yang menyangkut kuat Ientur, kuat tarik, kuat geser, tegangan-negangan, deheksi, pola keruntuhan dlbandingkan derlgan balok beton yang telah diperbaiki dengan material grout. Perilaku balok beton hasil perbaikan tersebut minimal harus sama dengan perilaku balok beton utuh.

These days reinforced concrete construction represent construction which most used at building. But practically, reinforced concrete also can experience of damage at its structure. The damage at reinforced concrete eam because of various factor, among others damage are because mechanical influence, physics influence, and chemical influence effect.
The damage of concrete structure that happened in D dock, Long Port, Province Lampung was represent one of the heavy damage example of concrete Structure that resulted from environmental or chemical inliuence, precisely the condition of sea water environment causing corrosion at bone steel of reinforced concrete.
To solve the problem, hence used Grout LN 322 M as a concrete repair materials with Injection method. But Furthermore research its needed regarding to this repair materials, because the repair materials have to fullill the entire conditions quality of work execution, strength condition and structure reliability. The Parameter perceived ls normal concrete beam behavior which conceming limber strength, tensile strength, shear strength, stress-strain, deflection, and avalanche pattem compared to concrete beam which have been improve or repaired with grout material. Behavioral of repair concrete beam, mlnlmlze have to be equal to normal concrete beam behavior.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S35151
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library