Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahma Mulya Agustiani
"ABSTRACT
Pemerintah Daerah yang bekerjasama dengan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yaitu PT Transjakarta meluncurkan bus tingkat Jakarta Explorer sebagai salah satu alternatif transportasi wisata di kota Jakarta. Bus tingkat yang dilengkapi dengan tour guide didalamnya ini tidak dipungut biaya, tujuannya adalah sebagai pendorong para wisatawan untuk berwisata di Kota Jakarta. Pada masa pengoperasiannya,  jumlah pengguna bus tingkat Jakarta Explorer kian meningkat tiap tahunnya sehingga menarik minat peneliti untuk menganalisis kualitas pelayanan bus tingkat Jakarta Explorer dalam perannya sebagai salah satu moda transportasi wisata kota Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuantitatif dengan melakukan survei dan teknik pengumpulan data kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dengan informan, observasi, dan dokumentasi yang keseluruhannya dikaitkan dengan konsep Perceived Quality yang dikemukakan oleh Gronroos yang memiliki tiga dimensi, yaitu outcome-related dimension, image-related dimension, dan process-related dimension dan tujuh indikator, diantaranya yaitu professionalism and skill, reputation and credibility, attitudes and behavior, accessibility and flexibility, reliability and trustworthiness, service recovery, dan serviscape. Setelah penelitian dilakukan dengan menggunakan 100 sampel, hasil dari penelitian ini berdasarkan indikator-indikator yang dijadikan sebagai instrumen penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan bus tingkat Jakarta Explorer adalah sangat baik. Berdasarkan penjabaran dan penelitian yang telah dilakukan, rekomendasi yang dapat diberikan diantaranya dengan menambah jumlah armada bus untuk mengurangi jumlah antrian yang seringkali ditemukan di beberapa rute, melakukan perawatan dan pengecekkan fasilitas yang disediakan pada tiap bus, penambahan rute yang tidak hanya berpusat di tengah kota Jakarta, dan penambahan Bus Attendant khususnya untuk posisi Tour Leader, agar tugas tersebut tidak dibebankan sepenuhnya kepada satu petugas.

ABSTRACT
The Regional Government in collaboration with one of the Regional-Owned Enterprises (BUMD), PT Transjakarta, launched the Jakarta Explorer as alternative tourist transportation in the city of Jakarta. This double decker bus equipped with a tour guide in it is free of charge, the aim is to encourage tourists to travel in the city of Jakarta. During its operation, the number of Jakarta Explorer users increased every year so that it attracted the interest of researchers to analyze the quality of Jakarta Explorers services in its role as one of the citys tourist transportation. The study was conducted using quantitative methods with quantitative data collection techniques by conducting surveys and qualitative data collection techniques by conducting in-depth interviews with informants, observations, and documentation, all of which were associated with the concept of Perceived Quality proposed by Gronroos which has three dimensions, outcome-related dimension, image-related dimension, and process-related dimensions and seven indicators, including professionalism and skill, reputation and credibility, attitudes and behavior, accessibility and flexibility, reliability and trustworthiness, service recovery, and serviscape. After research conducted using 100 samples, the results of this study are based on the indicators used as research instruments indicate that the quality of Jakarta Explorer services is very good. Based on the translation and research that has been done, the recommendations that can be given include increasing the number of bus fleets to reduce the number of queues which are often found on several routes, maintaining and checking the facilities provided on each bus, adding routes that are not only centered in the center of Jakarta , and the addition of a special Bus Attendant for the position of the Tour Leader, so that the task is not fully charged to one officer."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dina Hariani
"Skripsi ini membahas tentang peranan kereta api bawah tanah Tokyo Metro sebagai sarana transportasi wisata kota Tokyo. Kereta api bawah tanah merupakan sarana transportasi yang dipilih oleh masyarakat Tokyo dan wisatawan yang datang ke Tokyo untuk menuju suatu lokasi. Tokyo Metro sebagai perusahaan yang menangani sebagian besar jalur kereta api bawah tanah menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang diperlukan oleh para pengguna kereta api termasuk wisatawan agar perjalanan mereka dapat berjalan dengan lancar. Skripsi ini membahas peranan kereta api bawah tanah Tokyo Metro dalam mendukung pariwisata kota Tokyo. Sembilan jalur Tokyo Metro dan lokasi-lokasi wisata yang dilaluinya akan menjadi fokus penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kereta api bawah tanah Tokyo Metro berperan besar dalam mendukung pariwisata kota Tokyo.

The focus of this study is the role of Tokyo Metro subways for transportation of Tokyo city tourism. Subways are the most chosen transportation by the people of Tokyo and tourist who come to Tokyo to get to a location. Tokyo Metro as a company that handles most of the underground railway lines provides a range of facilities and infrastructure needed by the passengers including tourists so that they travel can run smoothly. Nine lines of Tokyo Metro and tourist sites in its path will be the focus of this research. The results of this study indicate that the subways of Tokyo Metro plays a major role in supporting the city tourism of Tokyo."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1390
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library