Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Petrus Aldo Meisto
Abstrak :
Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian tentang faktor-faktor yang mendorong moda transportasi aktif dalam perjalanan sekolah telah menjadi perhatian di sudut pandang publik dan akademik karena terkait dengan kesehatan. Namun, pilihan mode perjalanan untuk perjalanan sekolah di negara-negara berkembang masih belum jelas sejauh ini. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membangun metode yang representatif untuk memahami bagaimana siswa sekolah dasar berperilaku pada pilihan mode perjalanan ke sekolah berdasarkan transportasi aktif. Metode yang digunakan adalah Theory of Planned Behavior. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modeling untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel laten. Hasil penelitian menunjukkan pada moda berjalan kaki, faktor kemampuan dominan mempengaruhi niat siswa. Sedangkan pada moda bersepeda, perilaku menjadi faktor yang paling mempengaruhi niat siswa. Upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan intensi siswa bertransportasi aktif adalah peningkatan persepsi mereka akan sumberdaya dan pengetahuan mengenai perilaku tersebut. Resiko dan kesulitan dalam berperilaku juga harus diminimalisir.
In recent years, research on factors that encourage active modes of transportation in school travel has been concern in public and academic viewpoints because it is related to health. However, the choice of travel modes for school trips in developing countries are still unclear so far. The main objective of this study is to establish arepresentative method for understanding how elementery school students behave in the choice of travel to school mode based on active transportation. The method used is Theory of Planned Behavior. Data analysis uses the structural Equation Modeling to determine the effect of each laten variables. The results showed that in walking mode, the dominant ability factor influenced students intentions. While in the mode of cycling, behavior becomes a factor that most influances students intentions. The effort that can be made in increasing the intention of active transport students is to increase their perception of resources and knowledge about these behaviors. Risk and difficulties in behaving must also be minimised.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53196
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Dwi Astuti Ramadhanti
Abstrak :
Dalam beberapa dekade terakhir ini aktivitas fisik anak-anak dan remaja di seluruh dunia telah menurun secara signifikan. Cara yang menjanjikan untuk meningkatkan aktivitas fisik anak adalah dengan menggunakan transportasi aktif seperti bersepeda dan berjalan kaki ke dan dari sekolah. Transportasi aktif ke dan dari sekolah merupakan hal yang paling murah dan mudah untuk dilakukan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2019 tentang kebijakan zonasi sekolah dalam sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Adanya sistem zonasi sekolah ini merupakan salah satu cara Menteri Pendidikan Indonesia untuk mendukung pemerataan kualitas dan layanan pendidikan serta meningkatkan penggunaan transportasi aktif ke sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dampak dari zonasi sekolah terhadap tingkat penggunaan transportasi aktif ke sekolah. Metode yang digunakan adalah survey kuesioner kemudian di analisis dengan statistik deskriptif, teori discrete choice model, dan ArcGIS. Dari sembilan sekolah yang ditinjau, faktor yang mempengaruhi para siswa dalam menggunakan transportasi aktif untuk perjalanan ke sekolah adalah waktu tempuh, jarak, dan kondisi trotoar.
......In recent decades the physical activity of children and teenagers around the world has decreased significantly. A promising way to increase physical activity of them is to use active transportation such as cycling and walking to school. Active transportation to school is the cheapest and easiest thing to do. The Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia issued Ministerial Regulation Number 44 of 2019 concerning school zoning policies in the new student admission system. The existence of this school zoning system is one way for the Indonesian government to support equal distribution of quality and education services and increase the use of active transportation to schools. The purpose of this study is to analyze the impact of school zoning on the level of using active transportation to school. The used method is a questionnaire survey and afterwards analyzed with descriptive statistics, discrete choice model theory, and ArcGIS. From nine schools reviewed, the factors that influence students use of active transportation to school are travel time, distance, and pavement conditions.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Inarota Laily Bt Abd Mukti
Abstrak :
Tingkat aktivitas fisik di kalangan anak remaja semakin menurun. Gaya hidup sedenter, penggunaan gadget dan pola makanan cepat saji menyebabkan anak remaja berisiko menjadi overweight dan obes. Faktor-faktor tersebut mempunyai hubungan dengan peningkatan persentase lemak tubuh. Perlu upaya preventif untuk meningkatkan aktivitas fisik anak, salah satunya dengan melakukan transportasi aktif ke sekolah. Anak kelas 7 dan kelas 8 SMPN7 diminta mengisi lembar pertanyaan data pribadi dan penghasilan orang tua, lembar pertanyaan transportasi, Physical Activity Questionnaire for older Children PAQ-C , 24-hour food recall dan Tanner Stage. Pemeriksan tinggi badan, berat badan serta persentase lemak tubuh menggunakan BIA. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara persentase lemak tubuh dengan transportasi. Indeks massa tubuh IMT yang meningkat akan memberikan nilai persentase lemak tubuh yang turut meningkat. Skor PAQ-C yang meningkat akan memberikan nilai persentase lemak tubuh yang menurun.
Level of physical activity among adolescents has declined. Sedentary lifestyle, use of gadgets and fast food causing teenagers at risk of becoming overweight and obese. These factors associated with an increase in body fat percentage. One of preventive efforts in increasing physical activity is with active transportation to school. Seventh and 8th graders of SMPN7 who met the inclusion criterias were asked to fill out questions of personal data and parents income, a transport question sheet, Physical Activity Questionnaire for older Children PAQ C , 24 hour food recall and a personal assessment of Tanner Stage, continued with measurement of height, weight and body fat percentage using BIA. There is no relationship between percentage of body fat and transportation. Increasing of Body mass index BMI will give an increased of body fat percentage. An increase of PAQ C scores will provide a value of decreased body fat percentage.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2016
T58936
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library