Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Catur Hanggoro Putro
Abstrak :
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana audience involvement dari penonton film mempengaruhi persepsi dan pengalaman penonton film itu ketika mereka mengunjungi tempat-tempat yang ditampilkan dalam sebuah film. Film 5cm dijadikan sebagai studi kasus penelitian ini karena memiliki latar pengambilan gambar di Gunung Semeru, Malang, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa behavioral involvement dan referential reflection penonton film 5cm merupakan dua faktor yang secara signifikan mempengaruhi persepsi dan pengalaman penonton film tersebut ketika mereka mengunjungi Gunung Semeru. Sedangkan emotional involvement tidak termasuk kedalam faktor yang secara signifikan mempengaruhi persepsi dan pengalaman penonton film 5cm ketika mengunjungi Gunung Semeru. ...... The main objective of this study is to understand how the audience involvement influences the perception of their actual on-site film tourism experiences at its former filmed locations. This study analized 5cm as a case study because this movie has a production setting in ecotourism sphere of Mount Semeru, Malang, East Java. This study used multiple regression analysis. The results of this study indicated that behavioral involvement and referential reflection was the two factors that significantly affect the perception of their on-site film tourism experiences. While the emotional involvement was not included into the factors that significantly affect the perception of their on-site film tourism experiences.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54501
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natia Humairah
Abstrak :
Studi ini meneliti hubungan antara halal tourism (pariwisata halal), tourist experience (pengalaman wisata), dan constraint (kendala) untuk mengidentifikasi peran khusus dari atribut-atribut dalam membentuk destination image (citra daerah tujuan) dan revisit intention (intensi mengunjungi kembali) ke Lombok. Populasi penelitian terdiri dari 330 tanggapan survei dari wisatawan domestik Lombok. Untuk mencapai tujuan ini, pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menganalisis data menggunakan PLS untuk menguji dampak dimensi dan variabel yang mempengaruhi destination image dan revisit intention. Lima dimensi halal tourism attributes (lingkungan sosial, fasilitas, makanan dan minuman, layanan, dan staf), empat dimensi tourist experience (escapism, entertainment, esthetics, dan education), tiga dimensi constraint (avaibility, structural, dan interpersonal), tiga dimensi destination image (scenery, infrastructure, affective dan water sports), dan tiga atribut revisit intention diidentifikasi. Analisis regresi kuadrat terkecil parsial menunjukkan bahwa tourist experience menentukan peran terbesar dalam destination image. Hasil penelitian menentukan apakah keberadaan faktor pariwisata halal dapat mempengaruhi citra tujuan dan membuat wisatawan untuk mengunjungi kembali Lombok di masa depan, oleh karena itu pemasar dapat menciptakan nilai tambah untuk daerah tujuan wisata yang dikelola dengan mempertimbangkan faktor-faktor pariwisata halal. ......This study examines the relationship between halal tourism, travel experience, and constraint to identify the particular role of the attributes in forming destination image and revisit intention to Lombok. The study population comprises of 330 survey responses from domestic tourists of Lombok. In order to achieve this objective, structural equation modelling was used to analyze the data using PLS to examine the impact of dimensions and variable that influence destination image and revisit intention. Five dimensions of halal tourism (social environment, facilities, food and beverages, service, and staff), four dimensions of travel experience (escapism, entertainment, esthetics, and education), three dimensions of constraints (avaibility, structural, and interpersonal), three dimension of destination image (scenery, infrastructure, affective, and water sports), and three attributes of revisit intention were identified. Partial least squares regression analysis shows that tourism experience defining biggest roles in the destination image. The results determine whether the existence of halal tourism factors can affect the destination image and make a tourist to revisit Lombok in the future, therefore marketers can create added value for managed tourist destination areas by taking into the factors of halal tourism.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library