Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Intan Primadini
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh gaya kepemimpinan perempuan (demokratis, suportif, transformasional, dan partisipatif) dan tingkat kepuasan komunikasi terhadap tingkat kinerja karyawan di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah staf administrasi FIK UI. Sampelnya diambil secara total dari populasi yaitu sebanyak 57 orang. Dari hasil analisis data diketahui bahwa gaya kepemimpinan perempuan demokratis, suportif, transformasional, dan partisipatif berpengaruh secara langsung terhadap tingkat kepuasan komunikasi. Namun, hanya gaya kepemimpinan perempuan demokratis dan transformasional saja yang berpengaruh langsung terhadap tingkat kinerja karyawan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kepuasan komunikasi berpengaruh secara langsung terhadap tingkat kepuasan kinerja karyawan. Analisis data juga menunjukkan bahwa karyawan laki-laki memiliki tingkat kinerja yang lebih baik daripada karyawan perempuan; semakin bertambahnya usia, tingkat kinerja karyawan semakin tinggi; karyawan dengan tingkat pendidikan paling tinggi memiliki tingkat kinerja paling tinggi; dan semakin lama masa kerja, tingkat kinerja karyawan semakin tinggi. ......The focus of this research is to understand the influence of women leadership styles (democratic, supportive, transformational, and participative) and the level of communication satisfaction to the level of employee?s performance on the Faculty of Nursing Universitas Indonesia?s administrative staff. The sampling method used in this research was a total sampling of 57 respondents. From the data analysis, it illustrated that all styles of women leadership gave significant influences to the level of communication satisfaction. However, only the democratic and transformational styles gave the significant influence to the level of employee?s performance. The result also showed that the level of communication satisfaction gave the significant influence to the level of employee?s performance. Other results from this research showed that male respondents worked better than the female ones; the older the staff member was, the higher their level of performance was; the staff with higher education had higher level of performance; and the longer they worked at the faculty, the higher their performance level was.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30361
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Fadella
Abstrak :
ABSTRAK
Perubahan organisasi pada instansi pemerintah pelayanan publik sebagai konsekuensi dari kebijakan Reformasi Birokrasi dan Tunjangan Remunerasi Kinerja ternyata membawa dampak yang cukup kuat terhadap kondisi internal organisasi, yaitu menyangkut iklim komunikasi organisasi dan kepemimpinan. Vaiabel-variabel ini sangat berkaitan dengan kepuasan komunikasi para pegawainya. Berdasarkan hal di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi, Visionaritas dan Transformasionalitas Kepemimpinan terhadap Tingkat Kepuasan Komunikasi Pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh iklim komunikasi organisasi, visionaritas dan transformasionalitas kepemimpinan terhadap tingkat kepuasan komunikasi para pegawai di Badan Kepegawaian Negara sebagai dampak adanya kebijakan Reformasi Birokrasi dan Tunjangan Remunerasi Kinerja. Beberapa teori utama yang dipegunakan untuk membedah dan membahas hal tersebut, seperti Iklim Komunikasi (Redding), , Kepemimpinan Visioner (Burt Nanus, Seth Kahan), Kepemimpinan Transformasional (Bass dan Avolio) dan Kepuasan Komunikasi (Downs dan Hazen). Pada dasarnya teori-teori tersebut menyatakan bahwa iklim komunikasi yang kondusif di dalam organisasi serta penggunaan kepemimpinan visioner dan transformasional yang dengan perubahan organisasi memberikan dorongan yang kuat ke arah pembentukan kepuasan komunikasi para pegawainya yang selanjutnya dapat meningkatkan para pegawainya untuk berkinerja tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan dengan metode survei. Berdasarkan populasi pegawai di Badan Kepegawaian Negara Pusat, maka diambil 285 responden sebagai kerangka sampel penggalian data. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan analisis regresi linier berganda dan uji signifikansi korelasi Pearson dengan menggunakan SPSS 21.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklim Komunikasi Organisasi, Kepemimpinan Visioner dan Transformasional dalam suasana perubahan pada instansi ini masih rendah, hal tersebut ditunjukkan dengan beberapa nilai mean pada dimensi-dimensi variabel yang cukup namun cenderung rendah. Sementara berdasarkan analisis regresi menunjukkan bahwa kekuatan pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Tingkat Kepuasan Komunikasi pegawai di Badan Kepegawaian Negara cenderung kecil tercermin dari perolehan nilai pada persamaan regresinya sebesar 0,184. Sedangkan kekuatan pengaruh Kepemimpinan Visioner terhadap Tingkat Kepuasan Komunikasi pegawai di Badan Kepegawaian Negara cenderung moderat ditunjukkan perolehan nilai pada persamaan regresinya sebesar 0,467. Selanjutnya kekuatan pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Tingkat Kepuasan Komunikasi pegawai di Badan Kepegawaian Negara sangat kuat ditunjukkan perolehan nilai pada persamaan regresinya sebesar 0,865. Namun demikian penelitian ini terdapat kelemahan karena muncul efek bias keinginan sosial (social desirebility) yang ditunjukkan dengan keengganan bawahan untuk menilai atasannya dengan kondisi yang sebenarnya.
ABSTRACT
Organizational change in the Goverment Institution of Public Service as the consequence of Bureaucratic Reform policies and Remuneration Performance allowances turned out to be strong impact against the internal condition of the organization, which concerns to the organizational communication climate and leadership. These variables are very concerning to the satisfy communication of the employees. Based on the statement above, the writer is interested in conducting research on The Influence of Organizational Communication Climate, Visionary and Transformational Laeaderships Against The Satisfication Level of Communication Employees. This research aims to find out how strong The Influence of Organizational Communication Climate, Visionary and Leadership Transformational Against The Satisfication Level of Communication Employees at National Civil Service Agency (BKN) as consequence of beureucratic reform policies and performance remuneration allowances. This research used many of grand theories such as the theory of the Communication Climate (Redding), Visionary Leadership (Burt Nanus, Seth Kahan), Transformational Leadership (Bass and Avolio) and Communication Satisfaction (Downs and Hazen)Basically the theories state that a conducive climate communication in the organization as well as the use of transformational and visionary leaderships in accordance with organizational change gives a strong impetus towards the creation of communication satisfaction the employees that can further enhance their employees for high performance. This research uses the quantitative approach and implemented with the survey method. Based on the population of employees in the National Civil Service Agency Center, then taken 285 respondents as sample data framework. To achieve the goal of research used multiple linear regression analysis and correlation of Pearson significance test by using SPSS 21.00. The results showed that the climate of communication organization, Transformational and Visionary Leaderships in an atmosphere of change in this institution is still low, it is shown with some mean on variable dimensions are enough but tend to be low. While based on regression analysis shows that the strength of the influence of Climate Communication Organization to Communication Satisfaction level of employees in the National Civil Service Agency tends to small values reflected in the acquisition of equation regresy of 0,184. While the strength of influence visionary leadership against the level satisfaction of Communication employees in the Civil Servant Agency tend to moderate gains indicated by the values in the equation regresy of 0,467. Furthemore, the influence strength of transformational leadership against the level satisfaction of Communication employees in the Civil Servant Agency is very strong that are indicated by the equation regresinya of 0,865. However this research has weaknesses because of social desirability bias effect emerged that are demonstrated by the reluctance of subordinates to assess the leader straighly.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42139
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library