Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agung Fajarudin
Abstrak :
Tulisan ini membahas mengenai pengaplikasian metode analogi yang perkenalkan oleh Itkonen (2005) untuk melihat persamaan proses sistem dalam dua kasus yaitu Witch Hunt di Salem, Massachusetts dan JusticeForAudrey di Twitter. Hasilnya adalah dengan memakai prototipe analogi, kedua kasus ini bisa dianalogikan yang artinya kasus JusticeForAudrey sama dengan Witch Hunt Salem, dengan memakai function yang sama pada setiap sistem yaitu function accused, accuser, moral panic dan law enforcer. Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana manusia mempunyai pola perilaku yang sama dari waktu ke waktu meskipun dengan jarak dan periode yang berbeda. ......This paper discusses the application of the analogy method introduced by Itkonen (2005) to see the similarity of system processes in two cases, namely Witch Hunt in Salem, Massachusetts and JusticeForAudrey on Twitter. The result is by using an analogy prototype, these two cases can be analogized, which means that the JusticeForAudrey case is the same as Salem's Witch Hunt, broadly speaking they are the same in terms of the spread of false accusations that can harm the person accused. The equation is analyzed by using the same function on each system, namely the function accused, accuser moral panic and law enforcer. The aim is to see how humans have the same behavior patterns from time to time even though at different distances and periods.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhila Setyo Hadi
Abstrak :
Pada drama Korea “It’s Okay to Not Be Okay” disajikan enam dongeng anak dengan tema seputar isu kesehatan mental yang diterbitkan semua di tahun 2020 oleh penerbit Wisdom House. Salah satu dongeng yang diterbitkan adalah dongeng berjudul Akmeongeul Meokgo Jaran Sonyeon yang telah ditulis oleh penulis Jo-yong. Salah satu tokoh dalam buku cerita anak tersebut adalah seorang penyihir. Penyihir di dalam buku cerita dianggap oleh penulis sebagai tokoh cerdik yang menyelamatkan seorang anak kecil dari mimpi buruk, tetapi di lain sisi penyihir tersebut juga memakan jiwa anak laki-laki yang merupakan protagonis di dalam cerita. Penelitian ini menganalisis penokohan penyihir di dalam dongeng anak Akmeongeul Meokgo Jaran Sonyeon. Penelitian menggunakan metode deskriptif dalam menganalisis penokohan karakter penyihir di dalam cerita. Hasil penelitian menunjukkan penyihir di dalam dongeng anak Akmeongeul Meokgo Jaran Sonyeon merupakan gambaran dari karakteristik penyihir modern yang memiliki sifat baik dan sifat jahat. Karakter dan watak penyihir dapat dijelaskan dengan analisis menggunakan teknik ekspositori oleh Nurgiyantoro. ......In the Korean drama "It's Okay to Not Be Okay" six children's fairy tales with themes around mental health issues are published in 2020 by the publisher Wisdom House. One of the published fairy tales is a fairy tale entitled Akmeongeul Meokgo Jaran Sonyeon which was written by writer Jo-yong. One of the characters in the children's story book is a witch. The witch in the storybook is considered by the author as a clever character who saves a small child from a nightmare, but on the other hand the witch also eats the soul of the boy who is the protagonist in the story. This study analyzes the characterization of witches in the children's fairy tale Akmeongeul Meokgo Jaran Sonyeon. This research uses descriptive method in analyzing the characterization of the witch character in the story. The results showed that the witch in the children's fairy tale Akmeongeul Meokgo Jaran Sonyeon is a description of the characteristics of modern witches who have good and evil traits. The character and character of magicians can be explained by analysis using expository techniques by Nurgiyantoro.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifa Diba Widjaya
Abstrak :
Penyihir perempuan adalah salah satu tokoh paling ambivalen dalam film horor karena mereka dapat bertindak sebagai kekuatan subversif, namun juga tokoh yang sesuai dengan stereotip misoginis perempuan. Berdasarkan buku Barbara Creed tentang monstrositas keperempuanan (monstrous-feminine), serta teori 'hina' (abject) dari Julia Kristeva, makalah ini mengeksplorasi bagaimana seksualitas dan kekuasaan perempuan direpresentasikan melalui figur penyihir dalam film horor—khususnya dalam konteks film Suspiria versi 2018 dan film The Lords of Salem (2012). Melalui pendekatan psikoanalitik terhadap narasi, karakter, serta simbol, yang dihubungkan dengan konsep monstrositas keperempuanan dan teori ‘hina,' makalah ini mencoba menggambarkan interpretasi tentang perempuan yang kompleks—dan seringkali saling bertentangan—dalam film horor bertema penyihir, di mana mereka sering digambarkan sebagai perempuan yang merdeka dan berkuasa tetapi pada dasarnya masih dianggap sebagai sesuatu yang 'lain' dan menakutkan. Penulis menemukan bahwa penggambaran sifat keibuan dan fungsi reproduksi perempuan dalam kedua film tersebut berperan dalam membangun ketakutan bawah sadar terhadap seksualitas dan kekuasaan perempuan. Selanjutnya, analisis ini menunjukkan bahwa kekuasaan perempuan masih digambarkan di bawah pengaruh konstruksi patriarki, terutama terkait dengan gagasan kuno tentang kecemasan pengebirian (castration anxiety). Pada akhirnya, penulis berpendapat bahwa representasi penyihir dalam kedua film masih penuh dengan ambiguitas, yang menjadikan mereka sebagai representasi pemberdayaan perempuan yang masih kurang stabil. ......The female witch is one of horror cinema’s most ambivalent figures as they may act as a subversive force while still conforming to older misogynistic stereotypes of women. Drawing primarily on Barbara Creed’s book about the monstrous-feminine, as well as Julia Kristeva’s theory of the abject, this paper explores the way female sexuality and power are represented through the witch figures in horror cinema–specifically in the context of the 2018 version of Suspiria and the horror film The Lords of Salem (2012). Through a psychoanalytic examination of the narratives, characters, and symbols, in conversation with the concept of monstrous-feminine and ‘the abject,’ the paper attempts to illustrate the complex—and often conflicting—interpretation of women in witch-themed horror movies, in which they are frequently portrayed as liberated and empowered but are still being fundamentally regarded as ‘other’ and terrifying. The writer finds that the portrayal of the maternal traits and female reproductive function in both movies are instrumental in constructing the subconscious fear towards female sexuality and power. Furthermore, the analysis suggests that female power is still portrayed under the influence of patriarchal construction, particularly related to the ancient notion of castration anxieties. Ultimately, the writer contends that the representations of the witch in both movies are still fraught with ambiguities, which render them as an unstable figure of female empowerment.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library