Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bq Fitria Frisma Lita
"Bayi baru lahir kurang bulan dengan kondisi imaturitas berisiko mengalami gangguan perlekatan dengan orang tua karena hospitalisasi. Tujuan karya ilmiah ini adalah menganalisis optimalisasi asuhan keperawatan pada bayi baru lahir kurang bulan dengan risiko gangguan perlekatan dengan pendekatan Teori Parent-Child Interacion. Metode karya ilmuiah ini adalah studi kasus. Terdapat lima kasus bayi baru lahir kurang bulan yang dirawat di ruang perinatologi yang diberikan asuhan keperawatan dengan pendekatan Teori Parent-Child Interaction. Aplikasi Teori Parent Child-Interaction diimplementasikan dengan memperhatikan aspek fisiologis, serta sosio-emosional. Aspek interaksi diobservasi dengan memperhatikan karakteristik ibu, karakteristik bayi dan faktor lingkungan mempengaruhi proses interaksi. Intervensi keperawatan menggunakan evidence-based nursing practice seperti promoting first relationship, sentuhan ibu, perawatan metode kanguru serta intervensi lainnya. Edukasi kepada orangt tua dengan menggunakan audiovisual terbukti efektif meningkatkan pengetahuan serta sikap dalam perawatan bayi baru lahir kurang bulan.

Premature newborns with immaturity are at risk of experiencing attachment disorders with their parents due to hospitalization. The objective of the study is to analyze the optimization of nursing care for preterm newborns at risk of attachment disorders using the Parent-Child Interacion Theory approach. Five cases of preterm newborns who were hospitaization who were given nursing care with the Parent-Child Interaction Theory approach in this study. The application of Parent Child-Interaction Theory is implemented with cognize of physiological and socio-emotional aspects. The interaction aspect is observed to the mother's characteristics, the baby's characteristics and environmental factors that affect the interaction process. Nursing interventions use evidence-based nursing practice such as promoting first relationships, mother's touch, kangaroo method care and other interventions. Health promoting for parents using audiovisual has proven to be effective in increasing knowledge and attitudes in the care of preterm newborns."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Utami Dewi
"Anak dengan leukemia yang menjalani kemoterapi sering mengalami kecemasan akibat proses perawatan yang intensif dan berkelanjutan. Penerapan teori Parent-Child Interaction (PCI) dalam asuhan keperawatan bertujuan mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan emosional anak dengan memperkuat interaksi positif antara orang tua dan anak. Aplikasi teori ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teori PCI yang digunakan dalam asuhan keperawatan anak prasekolah dengan leukemia, serta menilai dampaknya terhadap pengurangan kecemasan selama menjalani kemoterapi. Metode aplikasi teori ini melalui pendekatan kualitatif yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dengan orang tua, dan analisis studi kasus pada anak leukemia yang menerima perawatan. Hasil aplikasi ini menunjukkan bahwa penerapan teori PCI dalam asuhan keperawatan memberikan manfaat signifikan untuk mengurangi kecemasan anak dengan leukemia. Interaksi yang ditingkatkan antara orangtua dan anak melalui pendekatan pengasuhan responsif, penguatan positif, dan dukungan emosional terbukti efektif dalam meningkatkan rasa aman dan kepercayaan diri anak. Anak yang menerima intervensi berbasis PCI menunjukkan penurunan tingkat kecemasan dan ketakutan. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan teori Parent-Child Interaction dalam asuhan keperawatan anak leukemia yang menjalani kemoterapi memiliki potensi besar untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup. Rekomendasi bagi praktik keperawatan dan integrasi pendekatan ini dalam program perawatan rutin.

Leukemia children undergoing chemotherapy often experience anxiety due to the intensive and continuous treatment process. The application of Parent-Child Interaction (PCI) theory in nursing care aims to reduce anxiety and improve children's emotional well-being by strengthening positive interactions between parents and children. This application aims to explore the application of PCI theory used in the nursing care of preschool children with leukemia and assess its impact on reducing anxiety during chemotherapy. A qualitative approach was used to collect data through observation, parent interviews, and a case study analysis of leukemia children receiving treatment. The results show that the application of PCI theory in nursing care provides significant benefits for reducing the anxiety of children with leukemia. Enhanced interactions between parents and children through responsive parenting approaches, positive reinforcement, and emotional support proved effective in increasing children's sense of security and confidence. Children who received PCI-based interventions showed reduced levels of anxiety and fear. It is concluded that the application of parent-child interaction theory in the nursing care of leukemia children undergoing chemotherapy has great potential to reduce anxiety and improve quality of life. Recommendations for nursing practice and integration of this approach in routine care programs."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library