Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dian Rodiani Ekaningsih
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang pengembangan edukasi di Museum Negeri Provinsi Banten melalui Pameran Temporer Partisipatori dan Program Publik dalam membentuk pemahaman pengunjung dan masyarakat mengenai keberagaman budaya dan masyarakat yang berasal dari latar belakang yang berbeda.

Museum adalah lembaga edukasi non-formal dan memiliki peranan dasar yakni sebagai lembaga Pendidikan. Dengan demikian museum memiliki keterkaitan secara langsung sebagai sumber daya pendidikan yang menampilkan kekhasan daerah bagi masyarakat setempat.

Dengan menggunakan konsep New Museum melalui pendekatan partisipatori serta dilengkapi model pembelajaran active learning, penelitian ini berusaha untuk mengembangkan edukasi melalui pameran temporer partisipatori dan program publik yang bisa diterapkan di Museum Negeri Provinsi Banten guna meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman pengunjung dan masyarakat.

Masukan dan saran juga disampaikan melalui penelitian tesis ini kepada pihak pengelola museum untuk mengembangkan program-program edukasi yang lebih bervariatif, inovatif, menyenangkan dan bermanfaat bagi pengunjung dan masyarakat serta mengoptimalkan dan memaksimalkan peran, fungsi dan tanggungjawab Museum Negeri Provinsi Banten sebagai lembaga edukasi non formal di masyarakat baik di masa kini dan masa yang akan datang.
ABSTRACT
This thesis discusses the Development of Education at the Banten Province Museum through the Participatory Temporary Exhibition and the public program on the diversity of cultures and communities that come from different backgrounds.

Museum is a non-formal education institution and has a basic role as an educational institution. Thus the museum has direct relevance as an educational resource that displays regional peculiarities for the community.

By using New Museum concept with participatory approach and completed with active learning model, this research tries to develop education through participatory temporary exhibition and public program that can be applied in Banten Province Museum to increase knowledge and understanding of people and society.

Inputs and suggestions are also submitted through this thesis research to museum to develop educational programs that are more varied, innovative, fun and useful for people, organizations and institutions of Banten Province as nonformal education institutions in present and future.
2017
T48934
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library