Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rina Marlina
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang gambaran ikalan Mc Donald's di televisi dengan kebudayaan konsumen serta mengungkap berbagai bentuk kebudayaan konsumen. Penelitian ini dilakukan di perusahaan Mc Donald's yang berada di SUPER MARKET HERO kebun jeruk Jakarta barat selama tiga bulan. Diambilnya perusahaan Mc Donald's sebagai objek penelitian karena perusahaan Mc Donald's merupakan produk kapitalis yang tergolong global foods. Informasi meliputi sepuluh orang konsumen Mc Donald's dan tiga dari kelompok triangulasi. Tipe penelitian yang dipergunakan adalah dengan pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan dua macam teori, teori kritikal dan semiotika, yang keduanya dipergunakan untuk menganalisis pesan iklan Mc Donald's di Televisi den kebudayaan konsumen. Hasil analisis data pada iklan Mc. Donald's, sepuluh konsumen Mc. Donald's dan pada kelompok Triangulasi yang merupakan key informan pada penelitian ini, menunjukan bahwa dilihat dari unsur format pesannya iklan Mc. Donald's menggunakan tiga macam format pertama format testimonials, yaitu penyajian pesan dengan mengandalkan kekuatan utamanya pada public figure atau model. Proses penyajian pesan ini mempunyai kesamaan dengan hasil penemuan Kathleen Debevec, bahwa orang cenderung untuk melihat kualitas tersebut yang mengasosiasikan dengan orang tertentu yang dapat memperteguh keyakinan terhadap sesuatu. Indikasi yang sama juga di nyatakan oleh Willian F. Arens dan C. L Bowe bahwa orang yang paling mudah dipengaruhi oleh pendapat individu yang dihormati artinya individu yang dikenal luas dan citranya baik. Kedua, unsur Straight Sell yang bertujuan untuk promosi dan mengharapkan pembelian yang secepatnya. Ketiga, unsur Musikal, bertujuan untuk menciptakan suatu citra produk. Jadi dengan demikian berdasarkan analisis data pada sepuluh konsumen, delapan di antaranya mengkonsumsi Mc. Donald's karena terpaan iklan Mc. Donald's di Televisi yang telah membuat masyarakat semakin konsumtif terhadap produk Mc. Donald's indikasi ini sangat relevan dengan pernyataan dari Mead bahwa konsumen akan aktif dalam mengadopsi proses - proses perubahan makna dalam masyarakat. Dengan demikian iklan Mc. Donald's telah mencekoki konsumen dengan menayangkan para bintang, orang profesional muda, anak - anak yang ceria, remaja dan orang dewasa, iklan Mc. Donald's juga telah menuturkan kecemasan, kebahagiaan dan impian mereka, yang mungkin akan membeli produk Mc. Donald's. Berdasarkan analisis semiotika terhadap iklan Mc. Donald's, ditemukan adanya proses Amerikanisasi dan reproduksi gaya hidup.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
T4799
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damita Dhamayanti
Abstrak :
Periklanan saat ini telah berkembang pesat, terutama iklan televisi dimana tidak hanya menampilkan dalam bentuk gambar/visual melainkan juga menampilkan suara/audio. Tayangan iklan televisi akan menimbulkan persepsi yang berbeda-beda tergantung dari kualitas pancar indera, serta faktor-faktor lain yang mempengaruhi persepsi seperti sifat dari stimuli itu sendiri, harapan dan motif masing-masing individu. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti persepsi pekerja wanita akan iklan televisi New Pond's White Beauty yang memiliki usia aktif yaitu 20 - 35 tahun. Dimensi yang digunakan untuk meneliti persepsi iklan adalah dengan menggunakan dimensi komposisi iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel sebanyak 100 (seratus) orang pekerja wanita yang bekerja di gedung perkantoran The Energy SCBD Sudirman Jakarta Selatan. Penelitian ini dijelaskan secara deskriptif. Data diambil dari dua sumber, yaitu data primer yang diperoleh secara langsung dari responden pekerja wanita yang bekerja di Gedung The Energy melalui penyebaran dan data sekunder berasal dari buku-buku, jurnal, dan penelitian-penelitian sebelumnya. Analisa penelitian ini menggunakan SPSS 17. Pada hasilnya, dari 6 dimensi yang diuji, seluruhnya memiliki nilai tinggi dan sangat tinggi yaitu : musik (jingle), jalan cerita (storyboards), naskah (copy), model iklan (endorser), signature slogan (strapline) dan logo (simbol). ......Advertising is now growing rapidly, especially television commercials in which not only displays in the form of pictures / visuals but also featured the voice / audio. Television commercials will lead to different perceptions depending on the quality of the transmit senses, as well as other factors that influence the perception of stimuli such as the nature itself, expectations and motives of each individual. This study aims to examine the perceptions of female workers on New Pond's White Beauty television which has the active age of 20-35 years. The Dimensions used to examine the perception of advertising is commercial composition. This study use a quantitative approach, with a sample size of 100 (one hundred) of female workers who work in office buildings The Energy SCBD Sudirman, South Jakarta. This study described descriptively. Data taken from two sources, namely the primary data obtained directly from respondents female workers who worked in Building The Energy through the deployment and secondary data derived from books, journals, and previous studies. Analysis of this study using SPSS 17. As a result, from the six dimensions that had been tested, all dimensions indicate high and very high scores, which are: music (jingles), storyline (storyboards), manuscripts (copy), advertising model (endorser), signature slogan (strapline) and logo (symbol).
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library