Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dana Melisa
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pemberian teknik Cognitive
Behavioral Therapy (CBT) dalam menurunkan public speaking anxiety yang
dimiliki oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest design,
dimana peneliti melihat perubahan skor partisipan saat pre-test dan post-test
dengan menggunakan Personal Report of Public Speaking Anxiety (PRPSA).
Proses screening awal dilakukan dengan cara memberikan Interaction and
Audience Anxiousness Scale (IAS dan AAS), serta wawancara pada mahasiswa
yang berminat mengikuti proses screening. Setelah screening dilakukan,
terpilihlah tiga orang partisipan yang memenuhi kriteria partisipan penelitian dan
bersedia mengikuti intervensi CBT. Satu orang partisipan hanya mengikuti
intervensi hingga sesi ketiga sehingga hanya dua partisipan yang mengikuti
intervensi CBT sebanyak enam sesi. Hasil kualitatif dari penelitian ini
menunjukkan bahwa CBT terbukti efektif dalam menurunkan public speaking
anxiety pada mahasiswa.

ABSTRAK
The objective of this study is to evaluate the efficacy of Cognitive Behavioral
Therapy in reducing public speaking anxiety in college students. This study used
pretest-posttest design by Personal Report of Public Speaking Anxiety (PRPSA) to
measure the changes of anxiety levels between before and after intervention
process. Initial screening process is conducted by Interaction and Audience
Anxiousness Scale (IAS and AAS) as well as interviewed to college students.
There were three participants elected as research participants through screening
process. At the end of intervention process, one participant only attended until
session three. Only two participants who were attended six sessions of CBT. The
result of this study suggests that CBT is effective to reduced public speaking
anxiety in college students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42032
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novita Damayanti
"ABSTRAK
Tesis ini membahas kecemasan yang dialami siswa Sekolah Terjun Bebas Tempur TNI Angkatan Udara (TBT TNI) sebagai dasar intervensi dengan teknik-teknik terapi restrukturisasi kognitif dan relaksasi autognenik untuk mengatasi kecemasan mereka. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan quasi experimental terhadap 3 orang siswa TBT yang mengalami permasalahan kecemasan dalam mengikuti pendidikan terjunnya. Hasil penelitian menunjukkan subjek mengalami kecemasan yang ditandai dengan adanya keyakinan, pemikiran dan persepsi yang tidak tepat dan bersifat negatif. Akibatnya subyek mengalami keterhambatan dalam penampilan diri dan kemampuan mereka dalam mengikuti pendidikan terjunnya serta menimbulkan ketidaknyamanan dan ketidak percayaan dalam diri mereka. Untuk mengatasi masalah kecemasan yang dialami siswa peterjun tersebut dipilih intervensi dengan menggunakan teknik-teknik terapi restrukturisasi kognitif dan relaksasi autogenik yang diberikan dalam bentuk intervensi kelompok dan individual. Manfaat intervensi yang dirasakan subjek adalah, memperoleh pemahaman baru yang lebih positif, merubah penilaian/keyakinan/pemikiran yang tidak tepat menjadi lebih tepat dan perubahan tingkah laku dalam menghadapi suatu permasalahan serta memperoleh insight dari proses sharing yang dilakukan di dalam proses intervensi kelompok. Selanjutnya diharapkan intervensi dengan menggunakan teknik restrukturisasi kognitif dan relaksasi autogenik tersebut dapat diterapkan oleh lembaga pendidikan Terjun Bebas Tempur Angkatan Udara sejak awal praktek terjun pendidikan untuk membantu siswa menghadapi situasi/peristiwa yang menimbulkan kecemasan.

ABSTRACT
This thesis explores anxiety experienced by the students of Air Force School of Free Fall Combat (TBT TNI) as a basis of intervention with a technique of cognitive restructuring and relaxation autogenic therapy to overcome their anxiety. This research is an experimental research with the approach of quasi experimentalto 3 students TBT that has anxiety issues during their educational terms. The results shows the subject experienced anxiety
characterized by the beliefs, thought and perception which is not entirely correct and negative.Consequently, subject experienced severe limitation in their performance and their capacity to follow through their study and create an effect of discomfort and appear with insufficient self confident. Responses emerged are anxiety and tension accompanied by faster heart beat, muscle tension, nervousness, confusion, hard to concentrate and lack of selfcontrol while in the air.To overcome the anxiety problems faced by this particular student selected intervention used was the cognitive restructuring therapy and autogenic relaxation in the form of group and individual intervention. Intervension benefits for the subject are new positive understanding, conversion of values/beliefs/perception, behavioral changes in dealing with challenges and at the same the subject gains insights from the sharing process in the group intervension. Furthermore, it is expected that Air Force School of Free Fall Combat (TBT TNI) will apply intervension using cognitive restructure technique and relaxation
autogenic to help their students fro"
2013
T34979
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Marina Nurrahmani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pemberian teknik terapi
Unified Protocol (UP) dalam mengurangi gejala gangguan kecemasan pada
mahasiswa. Proses screening awal sekaligus pre-test dilakukan dengan cara
memberikan Penn State Worry Questionnaire, General Health Questionnaire dan
melakukan wawancara singkat pada mahasiswa yang berminat mengikuti proses
screening. Setelah screening,dilakukan terpilihlah tiga orang partisipan yang
memenuhi kriteria partisipan penelitian dan bersedia mengikuti mengikuti sesi UP
sebanyak 6 kali dan mengikuti satu kali sesi follow-up sekaligus post-test (10 – 14
hari setelah terminasi). Penelitian ini menggunakan desain one group before-after
study, dimana peneliti akan melihat perubahan skor partisipan saat pre-test dan
post-test. Hasil kuantitatif dan kualitatif dari penelitian ini menunjukkan bahwa
UP terbukti efektif dalam mengurangi worry dan meningkatkan kondisi kesehatan
mental pada mahasiswa yang menunjukkan gejala gangguan kecemasan.

ABSTRACT
This study evaluated the efficacy of Unified Protocol (UP) in reducing anxiety
disorder symptoms among college students. Researcher used Penn State Worry
Questionnaire, General Health Questionnaire, and brief interview in screening
process. Through screening process, researcher got three participants who was
willing to attend six sessions of UP, followed by a follow-up session (10 – 14
days after termination). Researcher used before-after study design to find out if
Unified Protocol could reduce anxiety disorder symptoms. Results suggest that
UP successfully reduced worry and at the same time it enhanced current mental
health state of college students showing anxiety disorder symptoms."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42078
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library