Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 27 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sunarwoko
Abstrak :
Jakarta dihadapkan pada masalah transportasi yang berkaitan dengan kemacetan, jumlah kendaraan pribadi yang terus bertambah, polusi udara yang semakin parah, dampak negatif polusi udara bagi kesehatan, kerugian finansial dan waktu akibat kemacetan, serta pemborosan bahan bakar. Salah satu alternatif dalam menyelesaikan masalah kemacetan sekaligus polusi perkotaan adalah dengan elektrifikasi armada bus pada sistem Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta dengan mengganti armada bus existing yaitu bus diesel dan CNG dengan bus listrik. Keuntungan menggunakan bus listrik dibandingkan dengan mesin konvensional atau Internal Combustion Engine antara lain tidak bising, lebih efisien, bisa mengurangi pemakaian bahan bakar minyak sehingga secara langsung mengurangi emisi Gas Rumah Kaca. Studi ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan ekonomi penerapan bus listrik pada sistem BRT Transjakarta berdasarkan profil rute bus yaitu kecepatan, elevasi jalan, jarak dan waktu perjalanan untuk mendapatkan estimasi konsumsi energi dengan model matematis. Data profil rute diperoleh dengan memanfaatkan sensor Global Positioning System (GPS) pada smartphone dan software GPS logger berbasis android. Penilaian kelayakan investasi menggunakan perhitungan Total Cost of Ownership (TCO), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) dan Payback Period. Hasil analisis berdasarkan asumsi siklus hidup 15 tahun, MARR 10% dan bunga 6% menunjukkan bahwa bus listrik masih memenuhi kelayakan ekonomi dengan NPV 292 milyar rupiah, IRR 14% dan payback period selama 8 tahun.
Jakarta is facing transportation problems related to congestion, the increasing number of private vehicles, severe air pollution, negative impact of air pollution, waste of fuel, financial losses and time because of congestion. One alternative to solve the problem of congestion, as well as urban pollution, is by electrification of the bus fleet on the TransJakarta Bus Rapid Transit (BRT) system by replacing the existing fleet of buses i.e. diesel buses and CNG with electric buses. The advantage of using an electric bus compared to a conventional engine or Internal Combustion Engine, are, less noise, more efficient, can reduce the use of fuel oil so that it directly reduces greenhouse gas emissions. This study aims to analyze the economic feasibility of applying electric buses on the TransJakarta BRT system based on bus route profiles, namely speed, road elevation, distance, and travel time to obtain estimations of energy consumption with a mathematical model. Route profile data is obtained by utilizing the Global Positioning System (GPS) sensors on smartphones and Android-based GPS logger software. The assessment of investment feasibility uses the calculation of Total Cost of Ownership (TCO), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) and Payback Period. The analysis results are based on the assumption of a 15-year life cycle, 10% MARR and 6% interest indicating that the electric bus still meets economic feasibility with NPV 292 billion rupiahs, 14% IRR and an 8-year payback period.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T54153
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Adi Kusuma
Abstrak :
ABSTRAK
Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-empat di dunia. Kebutuhan akan jaringan telekomunikasi semakin hari semakin meningkat. Saat ini, Indonesia sudah menggelar jaringan 3G serta 4G-LTE (Long Term Evolution). Namun, beberapa kota sudah mengalami congestion dan mempunyai kebutuhan data telekomunikasi yang sangat tinggi. Kebutuhan data yang meningkat, serta mobilitas tinggi penggunaannya merupakan sebuah kebutuhan yang perlu diperhitungkan dalam industri telekomunikasi. Teknologi 5G merupakan suatu keberlanjutan dari perkembangan teknologi 4G-LTE. Teknologi 5G diperkirakan paling cepat digelar tahun 2020 oleh Indonesia. Oleh karena itu perlu perencanaan sebaik mugkin baik di sisi teknis teknologi dan sisi ekonomi, agar tidak hanya kebutuhan data yang terpenuhi, tetapi juga feasibilitas ekonomi untuk operator. Penelitian ini membahas dan memperhitungkan kebutuhan data di Indonesia, dalam hal ini kota besar dengan kebutuhan data yang tinggi, dan juga untuk menghitung aspek tekno-ekonomi dari penyebaran jaringan 5G di Indonesia dalam rentang tahun 2020 hingga 2025. Pembangunan teknologi telekomunikasi 5G di Indonesia membutuhkan perencanaan yang cermat untuk memenuhi traffic requirement, juga untuk mengidentifikasi aspek kelayakan teknis dan kelayakan ekonomi untuk operator telekomunikasi. Kota Jakarta dipilih sebagai kota utama di Indonesia dengan berbagai pertimbangan, antara lain : pusat perekonomian, ibu kota negara saat ini, serta kota yang menjadi role model dalam penerapan teknologi baru. Dari hasil penelitian diperoleh kebutuhan gNodeB berdasarkan forecast demand trafik sebesar 221 MaBS atau 237 metro gNodeb, sementara untuk mencukupi coverage minimal memerlukan sebanyak 715 gNodeB. Total CAPEX yang dibutuhakan di awal sebesar Rp.114.662.694.517. Kebutuhan OPEX sebesar Rp.228.618.905.616 (untuk pemodelan tahun 2020-2026) dengan NPV (Net Present Value) sebesar Rp. 30.118.427.755.076,-. serta IRR (Internal Rate of Return) sebesar 33,07.
ABSTRACT
Indonesia is the fourth most populous country in the world. The need for telecommunications networks is increasing significantly. At present, Indonesia has deployed 3G and 4G-LTE (Long Term Evolution) networks. However, some cities have experienced congestion and have very high telecommunications data requirements. Increased data requirements and the mobility of their use are needs that need to be taken into counting in the telecommunications industry. The 5G technology is a continuation of the development of 4G-LTE technology. The 5G technology is estimated to be held most quickly in 2020 by Indonesia. Therefore it is necessary to plan as well as possible both on the technical and economic sides, so that not only data needs are met, but also economic feasibility for operators. This research discusses and calculates data needs in Indonesia, especially in big cities with large data requirements, and also to calculate the techno-economic aspects of the spread of 5G networks in Indonesia range from 2020 to 2025. Development of 5G telecommunications technology in Indonesia requires careful planning to meet traffic requirements, also to identify aspects of technical feasibility and economic viability for telecommunications operators. Jakarta was chosen as the main city in Indonesia for many reasons, such as : economic center, the national capital, and cities that are role models in the application of new technology.. From the results of the study obtained results : Jakarta needs gNodeB which based on traffic demand forecast : 221 MaBS or 237 Metro gNodeb, while to meet the minimum coverage requires need amount 715 of gNodeB. The total CAPEX needed at the beginning was Rp.114,662,694,517. Also needs OPEX amount Rp.228,618,905,616 (for modeling in 2020-2026) with NPV (Net Present Value) Rp. 30.118.427.755.076,-. and IRR (Internal Rate of Return) of 33.07.
[, ]: 2019
T55219
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuli Fitrianingrum
Abstrak :
Upaya besar-besaran di berbagai dunia telah dilakukan untuk mengurangi emisi CO2 dari penggunaan bahan bakar fosil dengan mencari alternatif bahan bakar pengganti bahan bakar fosil pada pembangkit sekaligus mengurangi dampak terhadap lingkungan. termasuk didalamnya mendorong pemanfaatan biomassa sampah. dalam sektor energi dengan teknologi co-firing. Pemerintah Indonesia saat ini telah mengeluarkan SNI 8966:2021 guna mempercepat pemanfaatan limbah biomassa sampah sebagai bahan baku pembuatan bahan bakar jumputan padat atau RDF di pembangkit listrik (BSN, 2021. BBJP sampah yang memiliki nilai kalori 1800 dilakukan uji co-firing di PLTU Indramayu yang memakai batubara bernilai kalor 4100kcal/kg dengan perbandingan massa 1% BJPP dan 99% Batubara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kelayakan secara  tekno ekonomi, operasional dan dari segi lingkugan jika dilakukan uji co-firing dengan BBJP  sampah di PLTU. Pengolahan BBJP dari sampah menggunakan konsep kerjasama dengan DLH Kabupaten Indramayu. Tempat pengolahan BBJP dilakukan di Pusat Daur Ulang Indramayu dengan metode peuyeumisasi. Dalam kurun waktu 11 hari didapatkan produksi BBJP sebesar 14ton yang akan disuplai sebagai bahan bakar campuran co-firing di PLTU Indramayu. Pengamatan operasi di PLTU Indramayu selama proses co-firing BBJP 1% menunjukkan parameter yang masih dalam batas aman operasional, namun terjadi peningkatan emisi SO2 dan NOx yang masih di bawah baku mutu emisi KLHK.  Hasil Analisa tekno ekonomi menunjukkan jika terdapatkan kenaikan LCOE sebesar 0,16-rupiah pada pengujian co-firing dengan BBJP 1%, sedangkan untuk parameter Net Present Value (NPV) didapatkan nilai Rp.40.437.359, parameter Internal rate return (IRR) sebesar 8,25%, parameter Profitability index (PI) sebesar 1,011 dan yang terakhir payback periode (PBP) sebesar 6,63 tahun menunjukkan kelayakan untuk investasi proyek pengolahan BBJP. Dari segi keekonomian dari masyarakat sekitar memberikan peluang penyerapan tenaga kerja dan penyediaan bisnis material konsumable untuk proyek pengolaan BBJP. ...... Massive efforts have been made to reduce CO2 emissions around the world from the used of fossil fuels by seeking alternative fossil fuels in power plants. The utilization of waste in the energy sector with co-firing technology is one way to reduce the impact on the environment. The Indonesian government is currently issuing SNI 8966:2021 to take advantage by using of biomass waste as raw material for making Refused Derived Fuel or RDF in power plants (BSN, 2021. RDF which has a calorific value of 1800 kcal/kg will be tested in PLTU Indramayu which the coal has caloric value 4100 kcal/kg. The mass ratio for blending is 1% RDF and 99% Coal. This study aims to analyze the feasibility of economical, operational, and environmental if co-firing test carried out with waste RDF at PLTU. RDF is processed from waste using the concept of collaboration with DLH Indramayu. RDF processing site is carried out at PDU Indramayu using the peuyeumization method. Within 11 days, the plant produced RDF 14 tons which will be supplied as mixed fuel for co-firing PLTU Indramayu. Operational observations at the Indramayu PLTU during the 1% BBJP co-firing process showed parameters that were still within operational safe limits, but there was an increase in SO2 and NOx emissions which were still below the KLHK emission standards. The results of the techno-economic analysis show that if there is an increase in LCOE of 0.16-rupiah in the co-firing test with 1% BBJP, while for the Net Present Value (NPV) parameter a value of Rp.40,437,359 is obtained, the Internal rate return (IRR) parameter is 8.25%, the Profitability index (PI) parameter is 1.011 and the last payback period (PBP) is 6.63 years indicating the feasibility of investing in the BBJP processing project. From an economic point of view, the surrounding community provides opportunities for employment and business provision of consumable materials for RDF processing projects.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Ryan Hot Boy
Abstrak :
Studi ini mensimulasikan kelayakan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terhubung ke jaringan utilitas di rooftop apartemen terintegrasi moda transportasi di Prumjatimulya, Bekasi Timur. Simulasi sistem PLTS 154 kWp terhubung ke jaringan dilakukan dengan perangkat lunak PVsyst. Studi ini dilakukan untuk mengevaluasi aspek teknis, ekonomi dan lingkungan dari sistem PLTS. Hasil studi menunjukkan bahwa sistem memasok listrik ke apartemen sebesar 221,37 MWh/tahun selama masa umur pakai (25 tahun) dengan Performance ratio 81,23%. Levelized Cost of Electricity (LCOE) dari PLTS menjadi Rp 923 /kWh, Profitability Index sebesar 1,15, Net Present Value (NPV) sebesar Rp 318.441.255 dan Internal Rate of Return sebesar 7,60%. Dari aspek lingkungan, sistem ini akan menyimpan emisi karbon sebesar 3479,718 tCO2 selama umur pakai sistem, dimana per 1 kWp yang dibangkitkan oleh sistem akan menyimpan emisi karbon sebesar 22,61 tCO2/kWp. Dapat disimpulkan bahwa perencanaan PLTS on-grid 154 kWp layak untuk dilaksanakan ......This study simulates the feasibility of installing a PV on-grid on the rooftop of an integrated transportation apartment in East Bekasi. Simulation of the 154 kWp PV Plant connected to the network was carried out using the PVsyst software. This study was conducted to evaluate the technical, economic, and environmental aspects of the PV Plant. The results show that the system supplies electricity to the apartment by 221.37 MWh/year during the service life (25 years) with a performance ratio of 81.23%. The Levelized Cost of Electricity (LCOE) of the solar PV is IDR 923 /kWh, Profitability Index (PI) is 1.15, Net Present Value (NPV) is IDR 318,441,255 and Internal Rate of Return is 7.60%. From the environmental aspect, this system will save carbon emissions of 3479,718 tCO2 during the life of the system. It can be concluded that the 154 kWp PV on-grid planning is feasible.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Ayu Pramitasari
Abstrak :
HCPT merupakan salah satu operator baru di Indonesia yang mendapatkan lisensi nasional 2G pada frekuensi 1800MHz dan 3G pada frekuensi 2100MHz. HCPT berencana mengembangkan jaringannya di pulau Kalimantan pada phase 3 pembangunannya. Dalam suatu jaringan telekomunikasi, jaringan inti memegang peranan penting, sebab jaringan inti memungkinkan pelanggan untuk melakukan komunikasi dengan sesama pelanggan lain, baik dalam satuan jaringan yang sama ataupun di jaringan yang berbeda, memunkinkan adanya interkoneksi dengan pelanggan operator lain, mengatur fungsi call, signaling dan memungkinkan pelanggan menikamati layanan baik yang sifatnya suara maupun data. Softswitch merupakan perkembangan jaringan inti yang saat ini cukup dipertimbangkan penerapannya. Kehadiran teknologi softswitch banyak dilatarbelakangi oleh beberapa keadaan pada circuit switch. Diantaranya adalah ketergantungan terhadap vendor sangat tinggi, karena perangkat yang digunakan masih banyak yang bersifat proprietary, yang secara langsung mengakibatkan biaya investasi dan operasi yang tinggi. Penelitian menganalisa jumlah dan type perangkat softswitch yang digunakan untuk melayani potensi pelanggan HCPT di kalimantan, perbandingan biaya investasi dan biaya operasional pada implementasi softswitch dan circuit switch. Serta melakukan kajian tekno ekonomi berkaitan dengan First Initial Cost (FIC), Life Cycle Cost (LCC), NPV, IRR dan PBP dalam pembangunan softswitch pada jaringan HCPT are Kalimantan. Dengan analisis teknis dapat diketahui bahwa pada jaringan HCPT di area Kalimantan dibutuhkan satu buah MSC Server dan tiga buah media gateway, dan dengan analisis tekno ekonomi dapat diketahui bahwa softswitch merupakan solusi yang memperkecil biaya investasi dan biaya operasional jika dibandingkan dengan circuit switch dan berdasarkan kajian tekno ekonomi terhadap investasi perangkat softswitch dapat disimpulkan bahwa pada nilai pendapatan tertentu nilai investasi softswitch dengan menggunakan Ericsson MSS Release 4.1 baru dapat dikatakan layak.
HCTP is a new operator in Indonesia which got 2G national wide licensee on frequency 1800MHz and 3G on frequency 2100MHz. HCTP has planned for network extension in Kalimantan island on development phase 3. In the telecommunication network, core network is the most important part, because core network gives an ability to communicate between customer some operator in same network or in different network, this also makes interconnection with other operator?s customer, call function management, it also allows customer has a pleasant communication in any kind (voice and data). Softswitch is an evolution of core network and recently all telecommunication company is considering this application. The background of technology Softswitch is base on lack on circuit switch. For an example highly vendor dependency, because of the equipments they use is proprietary, directly effects high investment cost and operation. Softswitch becomes first choice on core network within HCPT network plan in Kalimantan area, this is because Softswitch proprietary and also caused by dissociation between control function, service function, and network function on softswitch will facilitate operator to innovate and diversified their service. The objective of this thesis are analyse type and number of thesis that required to HCPT network in Kalimantan, to analyse whether softswitch implementation will minimize capital expenditure and operational expenditure than circuit switch. Also doing techno economic analysis is related with First Installation Cost (FIC), Life Cycle Cost (LCC), NPV, IRR and PBP in softswitch implementation on HCPT network Kalimantan area. Using technical analysis, we have known that HCPT need a MSC Server and three media gateway,using techno economic analysis we have known that softswitch is a solution that reduce capex and opex than circuit switch and base on techno economic analysis, softswich investment using Ericsson MSS Release 4.1 will be feasible in a certain potential revenue projection.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T25816
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Veny Sesanria
Abstrak :
ABSTRAK
Perkembangan telekomunikasi yang sangat pesat menyebabkan pertumbuhan jumlah pelanggan seluler terus meningkat sehingga trafik pun meningkat namun ternyata tidak sebanding dengan cost dan power yang dikeluarkan dan revenue yang diperoleh. Hal ini terjadi pada PT XYZ yang merupakan salah satu operator telekomunikasi di Indonesia. Melihat kondisi keuangan perusahaan saat ini, maka Tim Transmission Backbone harus jeli menentukan teknologi yang akan digunakan untuk mereduksi CAPEX dan OPEX sehingga bisa meningkatkan revenue. Di beberapa daerah di Sumatera saat ini memiliki traffic demand yang besar. Selain itu juga adanya pertimbangan untuk kebutuhan proteksi trafik skala besar di wilayah Sumatera. Namun jaringan eksisting saat ini di dareag tersebut dan mayoritas Pulau Sumatera masih menggunakan teknologi SDH dan traditional WDM sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Akibatnya diperlukan pembangunan jaringan backbone optik baru dengan teknologi baru yaitu OTN yang dengan kelebihankelebihannya dapat membantu kondisi keuangan perusahaan namun tetap memperhatikan kelebihan dalam sisi teknisnya. Laporan tesis ini menganalisa tingkat profitabilitas dan tingkat risiko investasi implementasi teknologi OTN pada penyelenggaraan jaringan backbone optik di beberapa daerah di Sumatera menggunakan metode Analisa Tekno Ekonomi. Implementasi teknologi OTN pada penyelenggaraan jaringan backbone optik diharapkan dapat mereduksi nilai CAPEX, OPEX, serta dapat meningkatkan revenue namun tetap mempertimbangkan kualitas jaringan yang dibangun. Parameter yang digunakan dalam tesis ini adalah First Installed Cost (FIC), Life Cycle Cost (LCC), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period (PBP). Untuk periode investasi 5 tahun, kelima parameter tersebut mengindikasikan kerugian bagi perusahaan. Namun jika periode investasi diperpanjang menjadi 10 tahun, maka memberikan indikasi untung bagi perusahaan. Jika dibandingkan dengan teknologi traditional WDM, maka teknologi OTN mengindikasikan hasil yang lebih baik yang ditunjukkan oleh kelima parameter yang digunakan. Berdasarkan analisa risiko, dapat disimpulkan bahwa NPV berbanding lurus dengan tarif layanan dan total trafik, tetapi berbanding terbalik terhadap nilai tukar Dollar, nilai OPEX, dan discount rate. Dapat dismipulkan juga bahwa PBP berbanding lurus tarif layanan dan total trafik tetapi berbanding terbalik dengannilai tukar Dollar dan OPEX. Sedangkan discount rate tidak memberikan pengaruh apa-apa terhadap PBP investasi.
ABSTRACT
Telecommunication development causes rapid growth in the number of mobile subscribers continues to increas, so that traffic growth has increased too. But the increased of traffic growth is not balance to the cost incurred and the power and revenue earned. This occurs in PT XYZ which is one of telecommunication operator in Indonesia. Looking at this company financial condition now, then Transmission Backbone team should determine which technology will be used to reduced CAPEX, OPEX buat can increase revenue with also best quality in network performance. Today, in some areas in Sumatera have large traffic demands. There is also consideration for the need of large-scale traffic protection accross Sumatera area. However, the existing network in that areas is still using SDH technology. And existing network in Sumatera area in majority is also still using SDH and traditional WDM technology that cannot meet those needs. Consequently, it is required the development of new optical backbone network with new technology is that with the OTN strenghts can help the company’s financial condition but still consider the advantages of the technical side. This thesis analyze profitability analyze the level of profitability and the level of investment risk of OTN technology implementation in optical backbone network development in several areas in Sumatera using Techno-Economic analysis method. The implementation of OTN technology From this analysis, it will be known whether the OTN technology in optical backbone network development is expected to reduce CAPEX and OPEX, and also can improve revenue, but still considering quality of network that is built. Parameters that are used in this tesis are First Installed Cost (FIC), Life Cycle Cost (LCC), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period (PBP). For investment period 5 years, all five parameters indicate suffer a financial loss for company. However, if investment period is extended to 10 years, then all five parameters indicate profit for company. If it is compared with traditional WDM technology, then OTN techonology indicates better result that is showed from all five parameters. Based on the result of risk analysis, it can be concluded that the sensitivity of NPV is proportional to the tariff and traffic, but it is inversely related to Dollar exchange rate, OPEX, and discount rate. And it also can be concluded that the sensitivity of PBP is propotional with tarif and traffic, but is is inversly related to Dollar exchange rate and OPEX. But discount rate not give any changes to PBP.
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T39363
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendras Dwi Wahyudi
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang pengembangan potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia dengan melakukan kajian tekno-ekonomi dari pemasangan energy storage pada sistem photovoltaic yang terhubung ke jaringan interkoneksi Jawa-Bali. Floating Photovoltaic yang berlokasi di bendungan Cirata, Purwakarta tersebut memiliki kapasitas 200 MW dan terhubung ke sub sistem pusat tegangan 150 kV Cirata. Pemasangan energy storage diharapkan mampu meningkatkan fleksibilitas dispatch energi listrik yang dihasilkannya sehingga mampu mendukung sistem pada saat beban puncak. Metode sizing energy storage dengan mempertimbangkan prediksi energi dispatch photovoltaic yang diperkirakan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 647.11 MWh dalam sehari, serta kebutuhan beban jaringan sub sistem Cirata yang diperkirakan membutuhkan energi sebesar 1.546 MWh untuk proses peak shaving. Untuk selanjutnya perhitungan kapasitas energy storage dan biaya instalasi dari tipe energy storage yang dipilih yaitu baterai tipe lithium ion dan lead acid yang memiliki Levelized Cost of Storage (LCOS) pada kisaran 88.5 Rp/kWh dan 48.6 RP/kWh. Perkiraan load profile dan parameter LCOS tiap skenario digunakan untuk melakukan simulasi dalam software joint Resource Optimization and Scheduler (jROS) untuk mendapatkan perkiraan biaya penggunaan energi listrik pada sub sistem pusat tegangan Cirata. Selanjutnya selisih perhitungan biaya sub sistem tanpa penggunaan energy storage dan dengan penggunaan energy storage digunakan untuk menghitung arus kas dan NPV sebagai parameter ekonomi dari proyek pemasangan energy storage tersebut. ......This thesis discusses the potential development of renewable energy in Indonesia by conducting a techno-economic study on installation of energy storage in photovoltaic systems connected to Java-Bali interconnection network. Floating Photovoltaic 200 MW located at Cirata dam, Purwakarta are connected to the sub-system central voltage 150 kV Cirata. Installation of energy storage is expected to increase the flexibility of electrical energy dispatch generated to support the system at peak load. Sizing method of energy storage by considering the prediction of photovoltaic dispatch energy which is expected to generate 647.11 MWh of electrical energy a day as well as the need of Cirata sub-system network load which is estimated to require energy of 1,546 MWh for peak shaving process. Furthermore, energy storage capacity and installation costs of the selected energy storage types are lithium ion batteries and lead acid which have Levelized Cost of Storage (LCOS) in the range of 88.5 Rp / kWh and 48.6 RP / kWh. Estimated load profile and LCOS parameters of each scenario are used to simulate using joint software Resource Optimization and Scheduler (jROS) to get the estimated cost of electrical energy usage in the sub-system voltage center of Cirata. Cost difference between systems without the use of energy storage and with the use of energy storage is used to calculate cash flow and NPV as the economic parameters of the energy storage installation project.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50810
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safrian Andromeda
Abstrak :
ABSTRAK
Masalah utama dari jaringan Automated Teller Machine (ATM) adalah ia hanya memiliki satu koneksi Wide Area Network (WAN). Sebagian besar ATM menggunakan akses Very Small Aperture Terminal (VSAT) pada koneksi WAN mereka untuk dapat terhubung ke jaringan melalui satelit. Memiliki hanya satu akses pada sebagian besar jaringan ATM akan menjadi masalah besar ketika satelit yang digunakan ATM tersebut mengalami masalah. Seiring dengan perkembangan teknologi, Software-Defined WAN (SD-WAN) dapat memanfaatkan 4G/LTE dengan layanan internet broadband sebagai salah satu koneksi WAN yang dapat digunakan. Dengan menggunakan SD-WAN dengan 4G/LTE, ATM akan memiliki setidaknya dua koneksi WAN ke jaringannya, sehingga lalu lintas akan dipindahkan secara otomatis jika salah satu koneksi mati atau mengalami penurunan performa. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dianalisis kelayakan dari implementasi SD-WAN dengan 4G/LTE untuk memberikan koneksi alternatif / cadangan untuk jaringan ATM dengan menggunakan metode tekno ekonomi. Ada dua tujuan utama dalam menggunakan metode ini. Pertama, hal ini bertujuan untuk merancang arsitektur jaringan yang dapat memecahkan masalah saat ini pada jaringan ATM dengan memanfaatkan SD-WAN. Kedua, analisis kelayakan investasi dari arsitektur jaringan yang diusulkan. Hasilnya menunjukkan bahwa secara teknis SD-WAN dengan 4G/LTE dapat digunakan sebagai koneksi cadangan. Arsitektur yang diusulkan adalah VSAT akan digunakan sebagai koneksi utama untuk meneruskan lalu lintas data dan 4G/LTE sebagai cadangan dalam keadaan siaga (tidak meneruskan lalu lintas data). 4G/LTE akan digunakan jika koneksi VSAT sedang mati atau mengalami penurunan performa. Dari pandangan ekonomi, implementasi SD-WAN dengan 4G/LTE adalah layak dan menguntungkan. Net Present Value (NPV) yang didapatkan sebesar 226,51 miliar rupiah. Internal Rate of Return (IRR) yang didapatkan sebesar 48%. Payback Period (PBP) yang diperoleh adalah 3,3 tahun.
ABSTRACT
The main problem of the Automated Teller Machine (ATM) network is that it has only one Wide Area Network (WAN) connection. Most ATMs use the Very Small Aperture Terminal (VSAT) access on their WAN connections to be able to connect to their networks via satellite. Having only VSAT access on most ATMs will be a big problem when the satellite is having the problem. Along with technological developments, Software-Defined WAN (SD-WAN) technology can utilize 4G/LTE with broadband Internet service as a WAN connection. By using SD-WAN with 4G/LTE, an ATM will have at least two WAN connections to its network, so traffic will be moved automatically if one of the connections is down. Therefore, this paper will analyze the implementation of SD-WAN using 4G /LTE to provide a redundant / backup connection for the ATM network using the techno-economic method. There are two main objectives in using this method. First, it aims to design the network architecture that can solve the current problem in the ATM network by utilizing SD-WAN. Second, it analyzes the investment feasibility from the proposed network architecture. The results show that technically SD-WAN with 4G/LTE can be used as a redundant connection. The proposed architecture is VSAT will be used as the primary link to forward traffic and 4G/LTE as a backup in the standby state (not forwarding traffic). 4G/LTE will be used if the VSAT connection is down or underperforming. From the economic view, the implementation of SD-WAN with 4G/LTE is feasible and profitable. The Net Present Value (NPV) obtained is 226.51 billion rupiahs. The Internal Rate of Return (IRR) obtained 48%. The Payback Period (PBP) obtained is 3.3 years.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Indriyani
Abstrak :
Berbagai metode tersedia untuk memulihkan logam berharga yang terkandung di dalam limbah elektronik. Salah satu metode yang banyak digunakan untuk memulihkan logam berharga dalam Waste Printed Circuit Boards (WPCB), komponen paling berharga di dalam produk elektronik, adalah dengan proses pirometalurgi melalui peleburan tembaga hitam (black copper smelting). Penelitian ini akan menganalisis secara tekno-ekonomi usulan model pengelolaan daur ulang WPCB yang layak untuk diterapkan di Indonesia menggunakan proses black copper smelting dalam skala kecil, 10.000 ton per tahun, dengan fokus terhadap sumber limbah elektronik yang berasal dari Pulau Jawa yang menyumbang 56% dari total limbah elektronik di Indonesia. Berdasarkan perhitungan ekonomi, usulan model yang dianggap layak adalah pengelolaan e-waste yang dikelola mulai dari pengumpulan e-waste dari konsumen hingga WPCB didaur ulang di fasilitas daur ulang atau dengan kata lain seluruh proses pengelolaan e-waste secara keseluruhan dilakukan oleh sektor formal. ......Various methods are available to recover valuable metals contained in e-waste. One method widely used to recover valuable metals in Waste Printed Circuit Boards (WPCB), the most valuable electronic product components, is pyrometallurgical processes through black copper smelting. This research will techno-economically analyze the proposed WPCB recycling management model that is feasible to implement in Indonesia using a small-scale black copper smelting process, 10,000 tons per year, with a focus on sources of electronic waste originating from Java Island, which accounts for 56% of total e-waste in Indonesia. Based on economic calculations, the proposed model that is considered feasible is e-waste management which is managed from collecting e-waste from consumers to WPCB being recycled at recycling facilities. In other words, the formal sector carries out the whole process of e-waste management.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bernadeta Giovana Nera De Marsela
Abstrak :
Manggarai Barat adalah kabupaten dengan bentuk kepulauan di Indonesia. Sistem kelistrikan yang ada pada Kabupaten tersebut masih didomunasi oleh pembangkit berbahan bakar fosil. Tujuan studi ini adalah melakukan desain sistem kelistrikan berbasis energi terbarukan hibrida yang terdiri atas Solar PV, angin, panas bumi, dan BESS. Kebutuhan energi listrik akan mencakup sektor residensial, komersial, desalinasi, dan kendaraan listrik. Optimisasi dilakukan dengan piranti lunak HOMER untuk memperoleh Net Present Cost paling rendah tanpa dan dengan adanya skenario interkoneksi untuk 3 pulau. Hasil untuk skenario non interkoneksi menghasilkan NPC sebesar 282,644,479.06 USD dengan sistem kelistrikan hibrida berupa 39.93 MW Solar PV, 56 MW turbin angin, 28.3 MWh BESS, dan impor listrik sebesar 29,194,37MWh panas bumi dari grid (per tahun). Skenario dengan interkoneksi mengasilkan NPC yang lebih tinggi dibandingkan skenario tanpa interkoneksi (299,770,404.04 USD) dengan bauran pembangkit 29.35 MW Solar PV, 59.2 MW turbin angin, 50 MWh BESS, dan impor listrik sebesar 26,566.59 MWh panas bumi dari grid (per tahun). Skenario non-interkoneksi menjadi opsi dengan biaya yang lebih rendah, namun masih relatif tinggi terhadap tarif tenaga listrik yang ada di Indonesia. ......West Manggarai is a multi-island regency in east Indonesia. The existing electricity system is still dominated by fossil based-power systems. The aim of the study is to design 100% Hybrid Renewable Energy System of Solar PV, wind, geothermal, and BESS. The electricity demand covers residential, commercial, desalination, and electric vehicle. Optimization is conducted by using HOMER software with the objective function to obtain the lowest Net Present Cost (NPC) in 2025 with and without an interconnection scenario among the three main islands. The result of hybrid system for the nointerconnection scenario has the lowest NPC of 282,644,479.06 USD with 39.93 MW Solar PV, 56 MW Wind power, 28.3 MWh BESS, 29,194,37MWh of of net import from geothermal grid and also 14.02 MW inverter. The interconnection scenario has a higher NPC of 299,770,404 USD with 29.35 MW Solar PV, 59.2 MW Wind power, 50 MWh BESS, 26,566.59 MWh geothermal grid net (yearly), and also 35 MW inverter. No Interconnection scenario prived lower cost, but the tariff is still higher than the existing regulated electricity tariff in Indonesia.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>