Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shelly Agustin
"Latar Belakang: Teacher Stress Inventory (TSI) merupakan sebuah instrumen untuk menilai stressor kerja pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk menerjemahkan instrumen agar bisa digunakan di Indonesia, lalu menilai validitas dan reliabilitasnya.
Metode. Penelitian ini dilakukan dengan metode adaptasi transkultural 10 langkah dari ISPOR diikuti dengan uji validitas butir serta uji reliabilitas terhadap 147 guru di Jakarta dan Bogor.
Hasil. Didapatkan kuesioner TSI versi Bahasa Indonesia yang terdiri atas 20 butir dimana semuanya dinyatakan valid dengan nilai r 0,577 hingga 0,852. Nilai a-Cronbach TSI versi Bahasa Indonesia pada saat tes adalah 0,957 dan uji Intra-class correlation terhadap total skor tes dan retes didapatkan hasil r 0,901 (p<0,05). 
Kesimpulan. TSI versi Bahasa Indonesia terbukti memiliki validitas, reliabilitas, dan stabilitas internal yang baik sebagai instrumen penilaian stres kerja pada guru di Indonesia.

Background : The Teacher Stress Inventory (TSI) is an instrument for measuring occupational stressor in teachers, and has been widely used in many countries. This study aimed to translate and adapt it for use in Indonesia, and to assess its reliability and validity.
Methods : Was used for adaptation of the original version of TSI using the 10-step methods of ISPOR (International Society for Pharmocoeconomics and Outcomes Research) followed by a validity test of items as well as a reliability test. The test was conducted into 147 teachers in Jakarta and Bogor.
Results : The result of ISPOR in this research, there were some adjustment of idioms in Indonesian Language. All of 20 items the TSI questionnaire Indonesian Version were all valid (r= 0.577-0.852). The results of reliability test using a-Cronbachis 0,957, and the score of Intra-Class Correlation is 0,901 which means TSI Indonesian version has an acceptable internal stability.
Conclusion : TSI Indonesian Version is valid, reliable and has good internal stability. This instrument can be used to assess stressor at work among Indonesian teachers.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Pajar Yani
"Pendahuluan : GERD dapat menurunkan kualitas hidup yang dapat dipicu dan dieksaserbasi dengan stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stres kerja dengan kejadian GERD.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang pada Januari hingga April 2021 terhadap 100 guru SD di Cipondoh, Kota Tangerang yang dipilih melalui metode multistage cluster random sample. Para guru mengisi kuesioner melalui google form. Kuesioner GERDQ digunakan untuk mendiagnosis GERD, sementara stres kerja dinilai menggunakan Teacher Stress Inventory (TSI). Seluruh faktor risiko yang mungkin ada dianalisa. Data yang didapat diolah dengan menggunakan analisis bivariat.
Hasil : Mayoritas guru adalah perempuan, berusia dibawah 40 tahun, mengajar sekolah swasta, dan memiliki pengalaman mengajar lebih dari lima tahun. Guru yang mengalami stres rendah sebanyak 77% dengan beban kerja sebagai stresor utama. Prevalensi GERD didapatkan sebanyak 23%. Dari hasil penelitian ini, tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara stres kerja pada guru dengan kejadian GERD (p=0,69). Faktor resiko yang bermakna secara statistik ialah merokok (p = 0,037; OR : 11,4). Karakteristik guru, obesitas, diet tinggi lemak, kafein serta peristiwa hidup yang stressful bukan merupakan faktor resiko yang bermakna.
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara stres kerja dengan GERD.

GERD can reduce the quality of life and it can triggered and exacerbated by stress. The aim of this study is to find a relationship between occupational stress and GERD.
Method: This is a cross-sectional study, held in September 2020-July 2021. This study were involving 100 elementary teacher in Cipondoh, Kota Tangerang, whom selected by multistage cluster random sample method, and completing the questionnaire using google form application. The GERDQ Questioner were used to diagnose GERD, while occupational stress assessed using the Teacher Stress Inventory (TSI). All possible risk factors were analysed. Results were analysed using bivariate analysis.
Results: Most of the subject were female, under 40 years old, work in private school, and have more than five years experiences of teaching. They are having a low occupational stress (77%), workload being the most stressor. The prevalence of GERD was 23%. The result of this study failed to indicate a significant relationship between occupational stress among the teachers and GERD (p = 0,69). We found that the statistically significant risk factors of GERD is smoking (p = 0,037; OR = 11,4). Characteristic subject, obesity, fat dietary, caffein, and (stressful) life events were not a significant risk factors of GERD.
Conclusion: We didn’t find any significant relationship between teacher stress and GERD.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library