Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sununthar Vongjaturapa
Abstrak :
ABSTRAK
to evaluate how well the use of smartphones meets the requirements of patrons in an academic library setting. This study used the task-technology fit (TTF) model to explore the effectiveness of smartphones for interacting with online library systems, the need for smartphone support, and the fit of the device to tasks, as well as performance. The study used interviews and survey data to identify what are the core strengths and limitations of a smartphone construct that stimulate patrons to perform their tasks in an online library setting. Using exploratory factor analysis, preliminary findings confirmed Technology-Content, Technology-Ergonomics, Technology-Smartphone Support, Technology-Platform, and Technology-Interaction design as the core dimensions of the smartphone construct. The results of the structural model supported the overall TTF model in reflecting significant positive impact of task and technology in TTF for smartphones in a digital-library setting; it also confirmed a significant positive impact of TTF on individuals performance
Pathum Thani: Thammasat University, 2018
607 STA 23:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Astrid Chaerida
Abstrak :
Pandemi Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19), yang masuk ke Indonesia di tahun 2020, menyebabkan pemerintah Indonesia memberlakukan program pembatasan sosial yang menyebabkan penerapan kebijakan pelaksanaan pekerjaan perusahaan, yaitu menjadi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal ini mengharuskan perusahaan untuk menggunakan aplikasi video conference guna menjaga keberlangsungan komunikasi antar pekerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan aplikasi video conference di lingkungan pekerjaan pasca pandemi. Penelitian ini menggunakan mix-method yang terdiri dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk merancang model dan mengeksplorasi technology affordance yang sesuai dengan aplikasi video conference. Pendekatan kuantitatif dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan metode PLS-SEM. Data responden penelitian ini berjumlah 457 responden. Penelitian ini menggabungkan teori technology affordance, task-technology fit, dan expectation-confirmation model. Penulis menemukan technology affordance dari aplikasi video conference yaitu communication affordance, sharing resource affordance, collaborative working affordance, dan social presence affordance. Hasil dari penelitian ini adalah task characteristic dan technology affordance memiliki pengaruh positif pada perceived task-technology fit (TTF). Kemudian, TTF memiliki pengaruh positif terhadap continuance intention secara langsung dan tidak langsung melalui perceived usefulness, confirmation, dan satisfaction. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa semua post acceptance variable dalam ECM terbukti. Terakhir, penelitian ini juga membuktikan bahwa expected degree of working flexibility memiliki pengaruh positif pada continuance intention. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan fitur bagi penyedia aplikasi video conference dan menjadi acuan dalam memilih aplikasi video conference bagi perusahaan yang menggunakannya. ......The Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19) pandemic, which entered Indonesia in 2020, caused the Indonesian government to impose a social restriction program that led to the implementation of a company policy implementation of work, namely to work from home (WFH). This requires companies to use video conferencing applications to maintain continuous communication between employees. This study aims to explain the factors that influence the post-pandemic continuance intention of video conference applications in the workplace. This study uses mix-method consisting of qualitative and quantitative approaches. A qualitative approach is used to build the research model and explore technology affordances of video conference applications. A quantitative approach is used to test the hypothesis using the PLS-SEM method. This study collected data from 457 employees in Indonesia. This study combines technology affordance theory, tasktechnology fit, and expectation-confirmation model. This study found 4 technology affordances of video conference applications, namely communication affordance, sharing resource affordance, collaborative working affordance, and social presence affordance. The results of this study show that task characteristic and technology affordance improve perceived task-technology fit (TTF). Then, TTF improves continuance intention directly and indirectly through perceived usefulness, confirmation, and satisfaction. This study also found that all post-acceptance variables in ECM were proven. Finally, this study proves that the expected degree of working flexibility has a positive influence on continuance intention. This study hopefully can be a reference for video conference application providers to decide which features to develop and for companies that use them to decide which application to use.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tsani Nahdliyah
Abstrak :
Pariwisata halal merupakan salah satu jenis pariwisata yang telah memberikan kontribusi pada pertumbuhan di Indonesia. Pariwisata halal memperhatikan peraturan keislaman dalam layanan dan produk yang tersedia pada lokasi pariwisata. Saat ini wisatawan telah mengubah kebiasaannya dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung perjalanan pariwisatanya. Penelitian ini melakukan analisis kebutuhan fungsionalitas pengguna, mengusulkan rancangan desain prototipe, dan melakukan konfirmasi menggunakan model dari teori Task-Technology Fit (TTF) yang diimplementasikan dalam konteks aplikasi pariwisata halal sebagai pendukung perencanaan perjalanan. Penelitian ini dilakukan dengan metodologi Design Science Research (DSR) dan melakukan evaluasi terhadap faktor yang mempengaruhi niat menggunakan aplikasi berbasis mobile yang mendukung perencanaan perjalanan pariwisata halal. Evaluasi tersebut dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Rancangan prototipe pada penelitian ini dibuat berdasarkan analisis kebutuhan fungsionalitas pengguna. Prototipe dievaluasi fungsionalitasnya dengan menggunakan usability testing dan kuesioner System Usability Scale (SUS) yang hasilnya menunjukkan bahwa prototipe dapat mudah dipahami, efektif, dan efisien dengan nilai rata-rata SUS sebesar 79. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa faktor yang memiliki pengaruh positif terhadap niat penggunaan aplikasi diantaranya task characteristic, technology characteristic, task-technology fit, dan atribut pariwisata halal dan kesesuaian informasi kehalalan juga berpengaruh positif terhadap niat penggunaan aplikasi. ......Halal tourism is one type of tourism that has contributed to growth in Indonesia. Halal tourism is different from tourism in general, where halal tourism pays attention to Islamic regulations in the services and products available at tourism locations. Currently, tourists have changed their habits by utilizing information technology to support their tourism trips. This study will analyze user functionality requirements, propose a prototype design design, and confirm using a model from the Task-Technology Fit (TTF) theory which is implemented in the context of halal tourism applications as a support for travel planning. This research was conducted using the Design Science Research (DSR) methodology and evaluated the factors that influence the intention to use a mobile-based application that supports halal tourism travel planning. The evaluation was carried out using qualitative and quantitative methods. The prototype design in this study was made based on the analysis of user functionality requirements. The prototype was evaluated for its functionality using usability testing and a System Usability Scale (SUS) questionnaire, the results of which showed that the prototype was easy to understand, effective, and efficient with average score of SUS are 79. The results of this study also conclude that the factors that have a positive influence on the intention to use the application include task characteristic, technology characteristic, task-technology fit, and attributes of halal tourism and the suitability of halal information also has a positive effect on the intention to use the application.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Aziza
Abstrak :
ABSTRAK
Peningkatan jumlah pengguna internet menjadi salah satu pemicu meningkatnya para pengguna e-commerce di Indonesia. Namun, perkembangan industri e-commerce di Indonesia tidak sejalan dengan penyediaan infrastruktur yang sepadan. Salah satu infrastruktur yang dinilai buruk adalah sistem pembayaran. Bank, sebagai pihak penyelenggara sistem pembayaran, terus berupaya mengembangkan produk teknologi sistem pembayaran. Salah satunya dengan mengembangkan aplikasi internet banking yang juga merupakan salah satu upaya untuk mereduksi biaya operasional perbankan. Sebuah penelitian terkait persepsi pengguna terhadap teknologi tersebut dibutuhkan untuk membantu para manajer dan desainer perangkat lunak. Penelitian ini merupakan studi kasus pada KlikBCA. Analisis faktor yang berhubungan dengan proses penerimaan pengguna terhadap produk teknologi internet banking untuk transaksi berbelanja online akan dilakukan menggunakan model terintegrasi TAM dan TTF. Analisis akan dilakukan dan data akan diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan rendahnya manfaat yang dirasakan, namun kemudahan yang tinggi dan rendahnya kecocokan antara tugas dan teknologi, yang menyebabkan teknologi ini berada pada kuadran II dalam kerangka usefullness/EOU Grid.
ABSTRACT
The increasing number of internet users in Indonesia, is one of the triggers of the rising e-commerce users. However, the development of e-commerce industry in Indonesia is not in line with the provision of infrastructure that is commensurate. One considered as poor is payment system infrastructure. Bank, as the organizer of the payment system, continue to develop their payment system technology products. One of them is by developing internet banking application which is also one of the efforts to reduce the cost of banking operations. A study on the user's perception of the technology is needed to help managers and software designers. This research is a case study on KlikBCA. Analysis of factors associated with the acceptance process of the users of internet banking technology products for online shopping transactions will be conducted using an integrated model of TAM and TTF. The analysis will be performed and the data will be processed using Structural Equation Modeling (SEM).. The results showed low perceived benefits, but the ease of high and low match between task and technology, which led to this technology is in quadrant II within the framework of usefullness / EOU Grid.
2015
S59303
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia-Absari Khalil
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat menggunakan kembali aplikasi online dating berdasarkan tiga domain yaitu task driven, technology driven, dan social driven. Penelitian ini menggunakan Expectation Confirmation Model (ECM) sebagai dasar pada model penelitian, kemudian mengintegrasikannya dengan Task Technology Fit Model (TTF) dan Theory Planned Behaviour (TPB). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner ke pengguna aplikasi ABC. Data valid yang terkumpul sebanyak 271 sampel dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis Partial Least Square-SEM (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini adalah perceived usefulness, perceived enjoyment, satisfaction, dan social norm merupakan faktor yang secara langsung memengaruhi niat menggunakan kembali apilasi online dating. Sementara itu, task technology fit dan confirmation merupakan faktor yang secara tidak langsung memengaruhi niat menggunakan kembali aplikasi online dating. Faktor-faktor tersebut diharapkan dapat menjadi perhatian bagi manajemen PT XYZ untuk meningkatkan kualitas aplikasi ABC sehingga dapat meningkatkan jumlah pengguna aktif.
ABSTRACT
The present research was aimed to study factors affecting the continuance usage intention of online dating application based on three driven domains: task driven, technology driven, and social driven. The study adopted an Expectation Confirmation Model (ECM) integrated with Task Technology Fit Model (TTF) and Theory Planned Behaviour (TPB). Online survey was conducted to 271 active users of ABC application. Data collected included of the user perception on perceived usefulness, perceived enjoyment, satisfaction, social norm, task technology fit and confirmation. Data was statistically analyzed by Partial Least Square-SEM (PLS-SEM). Results showed that perceived usefulness, perceived enjoyment, satisfaction, and social norm were found to be the closely related factors affecting the continuance usage intention of online dating application, while the factors of task technology fit and confirmation had indirect effect on the continuance usage intention. It implies that there is a need of special attention from the company management to these crucial factors to ensure the user satisfaction and to increase the number of active users of PT XYZ.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqie Joko Prabowo
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah menginvestigasi faktor-faktor apa saja yang memengaruhi adopsi teknologi Hyper-Converged Infrastructure dari organsiasi yang ada di Indonesia. Teknologi ini berupa infrastruktur dengan arsitektur software-centric yang mengintegrasikan sumber komputasi, penyimpanan, jaringan penyimpanan, virtualisasi dan teknologi lain yang dikemas dalam satu box yang didukung oleh satu vendor. Adopsi teknologi ini masih rendah baik di dunia maupun di Indonesia. Penelitian ini mengintegrasikan kerangka kerja Task-Technology Fit TTF , Technology Acceptance Model TAM dan Technology, Organization and Environment TOE . Dari survei berbasis kuesioner didapatkan data valid dari 113 responden pelanggan PT. XYZ . Hasil uji 17 hipotesis menggunakan PLS-SEM terdapat 10 hipotesis yang diterima dan 7 hipotesis yang tidak ditolak. Faktor technology characteristics, task-technology fit dalam TTF memengaruhi perceived ease of use, top management support, technology readiness dalam konteks organisasi memengaruhi perceived ease of use, competitive pressure, vendor support dan perceived ease of use memengaruhi Intention to Use teknologi HCI. ...... The purpose of this study is to investigate the factors that affect the adoption of Hyper Converged Infrastructure technology from organizations in Indonesia. This technology is an infrastructure with software centric architecture that integrates computing, storage, storage, virtualization and other technologies packed in one box supported by one vendor. The adoption of this technology is still low both in the world and in Indonesia. This research integrates the Task Technology Fit TTF , Technology Acceptance Model TAM and Technology, Organization and Environment TOE frameworks. Questionnaire based survey obtained valid data from 113 respondents customers PT. XYZ . Result of test of 17 hypothesis using PLS SEM have 10 hypothesis accepted and 7 hypothesis not accepted. Technology characteristics factor, task technology fit in TTF affect perceived ease of use, top management support, readiness technology in the organizational context affect perceived ease of use, and competitive pressure, vendor support and perceived ease of use affect on Intention to Use Hyper Converged Infrastructure.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Rahmajati
Abstrak :
Pandemi Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19), yang masuk ke Indonesia di tahun 2020, menyebabkan pemerintah Indonesia memberlakukan program pembatasan sosial yang menyebabkan penerapan kebijakan pelaksanaan pekerjaan perusahaan, yaitu menjadi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal ini mengharuskan perusahaan untuk menggunakan aplikasi video conference guna menjaga keberlangsungan komunikasi antar pekerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan aplikasi video conference di lingkungan pekerjaan pasca pandemi. Penelitian ini menggunakan mix-method yang terdiri dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk merancang model dan mengeksplorasi technology affordance yang sesuai dengan aplikasi video conference. Pendekatan kuantitatif dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan metode PLS-SEM. Data responden penelitian ini berjumlah 457 responden. Penelitian ini menggabungkan teori technology affordance, task-technology fit, dan expectation-confirmation model. Penulis menemukan technology affordance dari aplikasi video conference yaitu communication affordance, sharing resource affordance, collaborative working affordance, dan social presence affordance. Hasil dari penelitian ini adalah task characteristic dan technology affordance memiliki pengaruh positif pada perceived task-technology fit (TTF). Kemudian, TTF memiliki pengaruh positif terhadap continuance intention secara langsung dan tidak langsung melalui perceived usefulness, confirmation, dan satisfaction. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa semua post acceptance variable dalam ECM terbukti. Terakhir, penelitian ini juga membuktikan bahwa expected degree of working flexibility memiliki pengaruh positif pada continuance intention. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan fitur bagi penyedia aplikasi video conference dan menjadi acuan dalam memilih aplikasi video conference bagi perusahaan yang menggunakannya. ......The Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19) pandemic, which entered Indonesia in 2020, caused the Indonesian government to impose a social restriction program that led to the implementation of a company policy implementation of work, namely to work from home (WFH). This requires companies to use video conferencing applications to maintain continuous communication between employees. This study aims to explain the factors that influence the post-pandemic continuance intention of video conference applications in the workplace. This study uses mix-method consisting of qualitative and quantitative approaches. A qualitative approach is used to build the research model and explore technology affordances of video conference applications. A quantitative approach is used to test the hypothesis using the PLS-SEM method. This study collected data from 457 employees in Indonesia. This study combines technology affordance theory, tasktechnology fit, and expectation-confirmation model. This study found 4 technology affordances of video conference applications, namely communication affordance, sharing resource affordance, collaborative working affordance, and social presence affordance. The results of this study show that task characteristic and technology affordance improve perceived task-technology fit (TTF). Then, TTF improves continuance intention directly and indirectly through perceived usefulness, confirmation, and satisfaction. This study also found that all post-acceptance variables in ECM were proven. Finally, this study proves that the expected degree of working flexibility has a positive influence on continuance intention. This study hopefully can be a reference for video conference application providers to decide which features to develop and for companies that use them to decide which application to use.

Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syabib Ash-Shiddiqi
Abstrak :
Learning Management System (LMS) digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran daring maupun luring, contohnya sebagai media penyimpanan materi, media penyebaran informasi, ataupun media untuk menempatkan link yang dapat diakses mahasiswa untuk mengikuti sesi kelas sinkronus. Salah satu faktor yang menjadi indikasi keberhasilan atau kegagalan penggunaan LMS adalah kepuasan penggunanya. Dosen merupakan salah satu pemegang peran kunci dalam inovasi yang terjadi pada suatu proses pembelajaran, termasuk LMS. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian mengenai faktor yang memengaruhi kepuasan dosen dalam menggunakan LMS. Penelitian ini terbagi atas dua bagian, yaitu penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Bagian kuantitatif akan dilakukan menggunakan model Task-Technology Fit (TTF) dan Technology-to-Performance Chain (TPC) yang dimodifikasi. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan metode PLS-SEM. Bagian kualitatif dari penelitian ini dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama adalah pertanyaan open-ended yang ada pada kuesioner yang sama dengan bagian kuantitatif. Lalu tahap kedua dilakukan dengan cara wawancara secara langsung. Thematic analysis dilakukan terhadap data kualitatif yang didapatkan agar mendapatkan gambaran apa saja faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna dalam menggunakan LMS dengan lebih mendalam. Hasil dari bagian kuantitatif dari penelitian ini adalah terdapat 4 faktor yang memengaruhi kepuasan dosen dalam menggunakan LMS, yaitu individual characteristics, TTF, performance impact, dan utilization. Sementara itu, thematic analysis pada bagian kualitatif dari penelitian ini menghasilkan 4 tema yang memengaruhi kepuasan dosen dalam menggunakan LMS, yaitu system attributes, individual characteristics, university support, dan performance impact. ...... The Learning Management System (LMS) supports online and offline learning processes, such as storage for study material, information dissemination medium, or media to place links that students can access to attend synchronous class sessions. One factor that indicates the success or failure of using LMS is user satisfaction. Lecturers are vital stakeholders in innovation that occurs in a learning process, including LMS. Therefore, it is necessary to conduct research on the factors that influence lecturer satisfaction in using the LMS. This research is divided into two parts: analysis with a quantitative approach and a qualitative approach. The quantitative part will be carried out using a modified Task-Technology Fit (TTF) and Technology-to-Performance Chain (TPC) model. Quantitative analysis was carried out using the PLS-SEM method. The qualitative part of this research was carried out in two stages. The first stage is an open-ended question in the same questionnaire as the quantitative part. Then the second stage is carried out by way of direct interviews. Thematic analysis was carried out on the qualitative data obtained to get a deeper picture of what factors influence user satisfaction in using the LMS. The results of the quantitative part of this study are that 4 factors influence lecturer satisfaction in using LMS, namely individual characteristics, TTF, performance impact, and utilization. Meanwhile, the qualitative part of this study produced 4 themes using thematic analysis, namely system attributes, individual characteristics, university support, and performance impact.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Akbar Syahputra Adha
Abstrak :
Learning Management System (LMS) digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran daring maupun luring, contohnya sebagai media penyimpanan materi, media penyebaran informasi, ataupun media untuk menempatkan link yang dapat diakses mahasiswa untuk mengikuti sesi kelas sinkronus. Salah satu faktor yang menjadi indikasi keberhasilan atau kegagalan penggunaan LMS adalah kepuasan penggunanya. Dosen merupakan salah satu pemegang peran kunci dalam inovasi yang terjadi pada suatu proses pembelajaran, termasuk LMS. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian mengenai faktor yang memengaruhi kepuasan dosen dalam menggunakan LMS. Penelitian ini terbagi atas dua bagian, yaitu penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Bagian kuantitatif akan dilakukan menggunakan model Task-Technology Fit (TTF) dan Technology-to-Performance Chain (TPC) yang dimodifikasi. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan metode PLS-SEM. Bagian kualitatif dari penelitian ini dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama adalah pertanyaan open-ended yang ada pada kuesioner yang sama dengan bagian kuantitatif. Lalu tahap kedua dilakukan dengan cara wawancara secara langsung. Thematic analysis dilakukan terhadap data kualitatif yang didapatkan agar mendapatkan gambaran apa saja faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna dalam menggunakan LMS dengan lebih mendalam. Hasil dari bagian kuantitatif dari penelitian ini adalah terdapat 4 faktor yang memengaruhi kepuasan dosen dalam menggunakan LMS, yaitu individual characteristics, TTF, performance impact, dan utilization. Sementara itu, thematic analysis pada bagian kualitatif dari penelitian ini menghasilkan 4 tema yang memengaruhi kepuasan dosen dalam menggunakan LMS, yaitu system attributes, individual characteristics, university support, dan performance impact. ...... The Learning Management System (LMS) supports online and offline learning processes, such as storage for study material, information dissemination medium, or media to place links that students can access to attend synchronous class sessions. One factor that indicates the success or failure of using LMS is user satisfaction. Lecturers are vital stakeholders in innovation that occurs in a learning process, including LMS. Therefore, it is necessary to conduct research on the factors that influence lecturer satisfaction in using the LMS. This research is divided into two parts: analysis with a quantitative approach and a qualitative approach. The quantitative part will be carried out using a modified Task-Technology Fit (TTF) and Technology-to-Performance Chain (TPC) model. Quantitative analysis was carried out using the PLS-SEM method. The qualitative part of this research was carried out in two stages. The first stage is an open-ended question in the same questionnaire as the quantitative part. Then the second stage is carried out by way of direct interviews. Thematic analysis was carried out on the qualitative data obtained to get a deeper picture of what factors influence user satisfaction in using the LMS. The results of the quantitative part of this study are that 4 factors influence lecturer satisfaction in using LMS, namely individual characteristics, TTF, performance impact, and utilization. Meanwhile, the qualitative part of this study produced 4 themes using thematic analysis, namely system attributes, individual characteristics, university support, and performance impact.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfian Arrizky Pratama
Abstrak :
Penelitian ini merupakan adaptasi dari penelitian yang sebelumnya pernah dilakukan di Tiongkok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Confirmation, Effort Expectance, Performance Expectancy, Perceived Task-Technology Fit, Satisfaction, Social Influence dan Trust terhadap Continuance Intention selama periode pandemi COVID-19 studi pada Kulina sebagai aplikasi pesan-antar makanan yang baru beroperasi di Indonesia. Data dikumpulkan melalui self-administered questionnaire kepada responden yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang pernah menggunakan aplikasi Kulina untuk kebutuhan pesan-antar makanan. Peneliti menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) untuk menganalisis pengaruh dari berbagai variabel yang ada terhadap Continuance Intention pada sebuah aplikasi pesan-antar makanan. Hasil dari penelitian ini adalah Trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Satisfaction. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi oleh perusahaan aplikasi pesan-antar makanan di Indonesia untuk tahu faktor-faktor apa saja yang harus dikembangkan untuk semakin meningkatkan Continuance Intention di kalangan pengguna. ......This research is an adaptation of research previously carried out in China. This study aims to determine the effect of Confirmation, Effort Expectance, Performance Expectancy, Perceived Task-Technology Fit, Satisfaction, Social Influence and Trust toward Continuance Intention during COVID-19 pandemic period study on Kulina as a new food delivery app operated in Indonesia. Data was collected through a self-administered questionnaire to respondents who live in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi who had used Kulina app for food delivery needs. Researcher used Structural Equation Modelling (SEM) to analyze the effect of the various variables toward Continuance Intention on Food Delivery Apps. The results of this study are Trust positively and significantly influence Satisfaction. The results of this study can be used as a reference for food delivery app companies in Indonesia to know what factors should be developed to increase Continuance Intention among users.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>