Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kevin Samuel Fridolin Manogari
"Jalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat dalam mendorong roda perekonomian. Pembangunan infrastruktur jalan tol merupakan kewajiban pemerintah sebagai penyelenggara negara. Pembangunan jalan tol membutuhkan dana yang besar sehingga pemerintah dapat melibatkan pihak swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha. Skema ini merupakan alternatif sumber pendanaan utama infrastruktur karena anggaran negara untuk pembangunan infrastruktur sangat terbatas. Tarif tol menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pengembalian biaya investasi yang dikeluarkan oleh badan usaha jalan tol dalam melakukan kegiatan pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol. Sehingga permasalahan mengenai tarif tol merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat swasta dalam melakukan investasi di bidang pengusahaan jalan tol. Selain itu, dalam melakukan kegiatan pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol, badan usaha jalan tol seringkali mengalami kenaikan biaya investasi tambahan. Hal ini akan mempengaruhi pendapatan dari badan usaha jalan tol. Untuk itu penelitian ini akan membahas mengenai upaya negara dalam pengembalian biaya investasi badan usaha jalan tol. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ketentuan hukum mengenai upaya negara dalam mengembalikan biaya investasi badan usaha jalan tol.

Highway is one of the most important infrastructure that has influence for economic growth in a country. The development of toll roads is the responsibility of Indonesian Government, but in this case the private sector can built the infrastructure with the Public Private Partnership (PPP) scheme. PPP scheme is a major source of alternative financing, because the state has a limited budget for infrastructure development. Highway pricing is the one of most important factor that influence the revenue of private sector. So it influence the private sector to invest in highway development in Indonesia. Private sector can face a major problem that influence their revenue because of the addition of operation and maintenance cost that cause additional cost for their investment. To that end, this research will discuss about the state effort to return the private sector investment cost by highway pricing control. The purpose of this research was to determine the effort of the state to return the investment cost that invested by the private sector.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2014
S59944
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septika Indrasiwi
"Penentuan tarif jalan tol yang berlaku di Indonesia sampai saat ini dilakukan berdasarkan formulasi Biaya Operasi Kendaraan (BOK) oleh PT. Jasa Marga selaku operator jalan tol. Tarif maksimum yang diijinkan tidak boleh melebihi 70% dari nilai BKBOK (Besar Keuntungan Biaya Operasi Kendaraan). BKBOK tersebut didefinisikan sebagai nilai penghematan BOK bila menggunakan jalan tol dibandingkan dengan bila tidak menggunakan jalan tol.
Pada saat ini, djiakukan studi tentang analisa perhitungan tarif tol dengan pendekatan yang berbeda, yaitu studi tentang nilai waktu (Time Value) dan studi tentang kemampuan membayar (Affordable To Pay) dari suatu komunitas pengguna jasa jalan tol tertentu. Studi ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Dan hasil studi ini diharapkan menjadi pertimbangan yang kuat dalam penentuan tarif tol di masa mendatang.
Penelitian pada skripsi ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kemampuan untuk membayar (ATP) berdasarkan kemampuan ekonomi pengguna jasa jalan tol, khusus untuk ruas jalan tol Serpong-Bintaro-Ulujami. Ini dilakukan dengan mengacu bahwa nilai ATP adalah turunan dari besarnya pengeluaran seseorang.
Perolehan data dilakukan dengan me+ode Stated Preference yang dilakukan dengan teknik wawancara kepada responden yang merupakan colon pengguna jasa jalan tol Serpong-Ulujami. Kemudian analisa perhitungan nilai ATP dilakukan dengan metode statistik, dengan menjadikan besarnya tingkat pengeluaran sebagai variabel bebas. Hubungan antara nilai ATP terhadap jumlah populasi responden dinyatakan dengan pendekatan regresi eksponensial. Selain itu, hubungan antara rata-rata nilai ATP dengan Tingkat pengeluaran juga diamati. untuk melihat bagaimana keduanya berkaitan.
Dari analisa yang telah dilakukan, didapatkan bahwa besarnya nilai ATP terhadap jalan tol tersebut tidak selalu dipengaruhi oleh tingginya tingkat pengeluaran seseorang. Akan tetapi lebih dipengaruhi oleh situasi jenis perjalanan yang akan dilakukan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S34874
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library