Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
Perancangan awal tanki nitrogen ini adalah merupakan rancangan pembuatan tangki yang digunakan untuk menampung nitrogen cair sebelum zat itu digunakan di proses selanjutnya. Untuk tangki nitrogen cair ini tangki mempunyai dua bagian yaitu tangki bagian dalam yang digunakan sebagai tangki untuk menampung produk dan tangki luar sebagai pembatas antara kondisi ambient dengan tangki dalam. Bagian antara tangki dalam dan tangki luar yang biasa disebut anulus merupakan bagian yang diisi oleh lapisan pemantul dan lapisan penyekat dan tekanan divakum. Lapisan pemantul dan penyekat serta pem-vakuman bagian anulus bertujuan untuk menghalangi dan menghambat terjadinya penyerapan panas dari udara luar oleh tangki dalam yang jauh lebih dingin. Bagian pemantul berguna untuk mengurangi perpindahan panas radiasi, lapisan penyekat berfungsi untuk mengurangi perpindahan panas konduksi dan pem-vakuman berfungsi untuk mengurangi panas konveksi. Untuk menampung nitrogen cair sebanyak 20.000 L diperlukan volume tangki 22.000 L dengan diameter tangki bagian dalam 1,541 m termasuk tebal tangki 10,5 mm dan material tangkinya stainless steel. Tangki luar mempunyai diameter 2,825 m dengan tebal tangki 12,5 mm dan materialnya baja. Penggunaan penyekat banyak lapis mampu mengurangi panas secara simultan sehingga total panas yang masuk adalah 16.864 W.
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S49348
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Puspitasari
Abstrak :
ABSTRAK
Penghematan penggunaan energi pada teknologi pemompaan tanki air harian kapal merupakan suatu topik yang menarik dan sangat penting untuk dikaji. Viskositas, jenis fluida dan kecepatan alir merupakan beberapa komponen yang mempengaruhi pemakaian energi. Penggunaan fluida yang alami seperti biopolymer untuk mengurangi kerugian jatuh tekanan merupakan suatu hal yang dibutuhkan untuk saat ini karena dapat memperlambat terjadinya global warming. Penggunaan lendir belut sebagai biopolymer untuk mengurangi penggunaan energi pada penggunaan pompa merupakan hal yang baru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari kondisi optimal pengoperasian dimana nilai kerugian jatuh tekanan dapat sekecil mungkin. Pada kecepatan tertentu diharapkan nilai kerugian jatuh tekanan paling optimal sehingga akan mengurangi konsumsi energi. Pengukuran kerugian jatuh tekanan di dalam pipa uji dengan diameter D = 1 inch menggunakan alat ukur manometer. Pemberian variasi kecepatan alir serta variasi bentuk pipa uji yang digunakan akan memberikan perbedaan pada nilai viskositas dan shear rate yang dihasilkan pada aliran fluida uji yang dapat dikaji dalam penelitian ini. Dari hasil percobaan didapat bahwa penggunaan lender belut dapat mengurangi drag reduction sekitar 18% sehingga dapat mengurangi penggunaan energi pompa pada tangki kapal.
ABSTRACT
Energy saving in pumping technology on daily water tanks of ships is an interesting topic and very important to be studied. Viscosity, fluid type and flow rate are some components that affect energy consumption. The use of such natural biopolymer fluid to reduce pressure drop losses is a necessary thing for now because it can slow the global warming. The use of slime eel as a biopolymer for reducing energy use on the use of pumps is a new thing. The purpose of this research is to find optimal operating conditions where the pressure drop losses can be as small as possible. At a certain speed is expected to value the loss of most optimal pressure drop that will reduce energy consumption. The measurement mechanism of pressure drop losses is using a pipe with diameter D = 1 inch and using a manometer gauge. Provision of flow rate variations and variations in the test tube shape will make a difference in the viscosity and shear rate generated in the test fluid flow can be assessed in this study. From the experimental results obtained that the use of eel lender can reduce the drag reduction of about 18% and can reduce the energy use for pumps on tank vessels.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43866
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library