Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Isely Azani
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh asset tangibility terhadap leverage dan debt maturity di emerging markets dengan menggunakan metode regresi data panel. Selain itu, penelitian ini juga melakukan pemisahan sampel berdasarkan kondisi institusional yang terkait dengan collateral. Hasil studi menunjukan bahwa pada perusahaan non finansial dan non utilitas di Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand pada tahun 2002-2011, asset tangibility memiliki pengaruh terhadap leverage dan debt maturity. Studi ini juga menemukan bahwa pengaruh asset tangibility terhadap leverage berbeda pada setiap kelompok negara, seperti pada negara dengan peraturan collateral lebih sederhana, hubungan antara variabel tersebut lebih kuat. Hal ini juga berlaku pada pengaruh asset tangibility terhadap debt maturity. ......This study aims to analyze the impact of asset tangibility towards leverage and debt maturity in emerging markets by using panel data regression. In addition, this study also split the sample based on institutional environment in each country related to collateral. This study finds that in non financial and non utilities firms in Indonesia, Malaysia, Philippines, and Thailand in 2002-2011, asset tangibility affects leverage and debt maturity. This study also finds that the impact of asset tangibility towards leverage varies across countries, such that in countries with fewer restrictions on collateral, the relationship between these variables is much tighter. This also applies to the impact of asset tangibility towards debt maturity.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46460
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kharisma Dio Putra
Abstrak :
[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh ukuran, leverage, profitabilitas, dan tangibility perusahaan yang mempengaruhi pengadopsian fair value accounting pada aset non-keuangan di perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Australia Stock Exchange (ASX) pada juni 2015. Penelitian ini mengambil sampel pada perusahaan-perusahaan yang mengadopsi fair value accounting pada aset non-keuangan dan yang tidak dengan metode matching sampling. Untuk mendapatkan hasil dari pengaruh tersebut, maka dilakukan regresi logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran, leverage, dan tangibility perusahaan meningkatkan probabilitas suatu perusahaan mengadopsi fair value accounting pada aset non-keuangan, sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di ASX. ABSTRACT
The objective of this study is to provide empirical evidence about the effect of size, leverage, profitability, and tangibility of companies that affect the adoption of fair value accounting on non-financial assets in listed companies on the Australian Stock Exchange (ASX) in June 2015. This study samples are companies that adopt fair value accounting on non-financial assets and that do not adopted through matching sampling method. To get the results of the effect, then performed logistic regression. Results from this study indicate that the size, leverage, and tangibility companies increase the probability of a company adopts fair value accounting on non-financial assets, but no significant effect on the profitability of the companies listed on the ASX. , The objective of this study is to provide empirical evidence about the effect of size, leverage, profitability, and tangibility of companies that affect the adoption of fair value accounting on non-financial assets in listed companies on the Australian Stock Exchange (ASX) in June 2015. This study samples are companies that adopt fair value accounting on non-financial assets and that do not adopted through matching sampling method. To get the results of the effect, then performed logistic regression. Results from this study indicate that the size, leverage, and tangibility companies increase the probability of a company adopts fair value accounting on non-financial assets, but no significant effect on the profitability of the companies listed on the ASX. ]
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61702
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabilla Tiya Pratiwi
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor faktor spesifik perusahaan yaitu profitabilitas tangibilitas dan kesempatan pertumbuhan dan juga struktur kepemilikan perusahaan terhadap struktur modal. Penelitian ini juga akan menguji pengaruh struktur kepemilikan sebagai variabel moderasi atas hubungan antara profitabilitas tangibilitas dan kesempatan pertumbuhan dengan Struktur modal. Penelitian ini dilaksanakan dengan model regresi data panel dan menggunakan 167 sampel perusahaan perusahaan non finansial di Indonesia yang terdaftar di BEI periode 2010 2014. Dengan menggunakan leverage sebagai proksi dari struktur modal hasil penelitian ini membuktikan bahwa profitabilitas dan struktur kepemilikan memiliki hubungan yang negatif dan signifikan dengan leverage Adapun tangibilitas dan kesempatan pertumbuhan menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan leverage. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa struktur kepemilikan mempengaruhi hubungan tangibilitas dan kesempatan pertumbuhan dengan leverage. ......The objective of this paper is to analyze the effect of Firm Specific Factors such as Profitability Tangibility and Growth Opportunities and also Ownership Structure on Capital Structure and The Effect of Ownership Structure on Firm Specific Factors and Capital Structure. This research also analyze the effect of Ownership Structure as moderating variable between Profitability Tangibility and Growth Opportunities and Capital Structure. This research use regression models with panel data and using 167 samples taken from non financial firms listed in Indonesia Stock Exchange from 2010 until 2014. The result from this research shows that profitability and ownership structure have significant negative effect on corporate capital structure which is measured by leverage. Besides that tangibility and growth opportunities show significant positive effect on capital structure. This research also show that ownership structure influence the effect of tangibility and growth opportunities on capital structure.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61651
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kriesthian Widyantoro
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis pengaruh dividend policy terhadap cost of debt dengan pemoderasi Indonesia rsquo;s 100 Top Business Groups. Sampel penelitian sebanyak 1.193 unbalanced panel data observation pada perusahaan non-keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2010-2014 dan 449 observasi diantaranya terafiliasi dengan business groups. Penelitian ini menyimpulkan dividend policy, business group, dan profitability berpengaruh negatif terhadap cost of debt. Namun keberadaan business group tidak terbukti memperkuat pengaruh negatif dividend policy terhadap cost of debt. Selain itu, bankruptcy risk berpengaruh positif terhadap cost of debt, sedangkan Tangibility tidak berpengaruh terhadap cost of debt. Hasil penelitian ini mendukung the information content effect dalam the signalling hypothesis theory.
ABSTRACT
This thesis analyzes the effect of dividend policy to cost of debt with Indonesia 39 s 100 Top Business Groups as moderating variable. Our sampel are 1,193 unbalanced panel data observation of non financial company listed in Indonesia Stock Exchange in 2010 2014 those are including 449 observations affiliated with business groups. Our research shows that dividend payout, business group, and profitability negatively affect the cost of debt. But the existence of the business group is not proven to strengthen the negative effect of dividend policy on cost of debt. While bankruptcy risk affect the cost of debt positively, but Tangibility doesn rsquo t affect the cost of debt. These results support the information content effect and the signaling hypothesis theory.
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Adiyat
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan melihat faktor determinan apakah yang memiliki pengaruh terhadap struktur modal perusahaan terbukan non-keuangan di Indonesia. Determinan yang digunakan pada penelitian ini adalahProfitability, growth, size, tangibility, dan liquidity. Sampel penelitian ini adalah 80 perusahaan non-keuangan yang terdaftar di BEI Bursa Efek Indonesia dengan periode dari tahun 2012 hingga tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode data panel dengan model fixed-effect. Hasil dari penelitian ini adalah profitability, size, dan liquidity memberikan pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal perusahaan di indonesia, sedangkan growth dan tangibility tidak berpengaruh secara signifikan bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia.
ABSTRACT The focus of this research is to examine the effect of the determinant of capitals tructure towards the capital structure of listed non financial companies in Indonesia. The determinant variabels that are used in this research are profitability, growth, size, tangibility, and liquidity of the companies. This research used 80 companies listed in Bursa Efek Indonesia BEI during 2012 2016. This research uses panel data for the data with fixed effect model. The result of this research is that profitability, liquidity, and size have significant impact to capital structure of companies in indonesia. Meanwhile tangibility and growth doesn rsquo t have significant impact to capital structure of companies in Indonesia.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T49362
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tira Kartika Sari
Abstrak :
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh tangibility, size, growth opportunity, dan profitability terhadap leverage pada perusahaan pertambangan di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010 - 2015. Sampel penelitian terdiri dari 30 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data penelitian bersumber dari data sekunder yaitu laporan keuangan 30 perusahaan pertambangan tahun 2010 sampai dengan 2015. Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi E-Views 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode 2010 ndash; 2015 terdapat penemuan variabel tangibility, growth opportunity signifikan berpengaruh positif terhadap leverage dan variabel size, profitability signifikan berpengaruh negatif terhadap leverage. ......The purpose of this study was to examine the effect of tangibility, size, growth opportunities, and leverage the profitability of the mining companies in Indonesia listed in Indonesia Stock Exchange period 2010 2015. The study sample consisted of 30 mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The research data sourced from secondary data that the financial statements 30 mining companies in 2010 to 2015. Data were analyzed using multiple linear regression to test the effect of independent variables on the dependent variable. Data processing was performed using the application E Views 8. The results showed that during the period 2010 2015 are variable tangibility, growth opportunity positively and significantly leverage and variable size, profitability significant negative effect on leverage.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S66005
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faris Kasenda
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dari karakteristik khusus perusahaan yang menentukan struktur modal perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data perusahaan-perusahaan dalam industri barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tahun 1999 sampai 2003. Penelitian ini menggunakan metode regresi pooled least squares untuk menganalisa hubungan antara kepemilikan institusional, aktiva berwujud, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap struktur modal yang diproksikan dengan rasio total hutang terhadap aset. Hasil penelitian dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepemilikan institusional, aktiva berwujud, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap struktur modal yang diproksikan dengan rasio total hutang terhadap aset. Semenlara hasil penelitian dengan menggunakan uji t juga menunjukkan hubungan yang signifikan antara kepemilikan institusional, aktiva berwujud, ukuran perusahaan dan profitabilitas dengan struktur modal secara individual.
The purpose of this research is to analyze the effect of company specific characteristics that determine the capital structure of companies. This research is done by using companies? data in consumer goods industry which are listed on Jakarta Stock Exchange between 1999 to 2003. This research uses pooled least squares regression to analyze relationships among institutional ownership, tangibility, size and profitability on capital structure proxies by total debt to asset ratio. The result of F-test shows significant relationships among institutional ownership, tangibility, size and profitability on capital structure proxies by total debt to asset ratio. The result of t-test also shows significant relationships among institutional ownership, tangibility, size and profitability on capital structure individually.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T18862
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayhan Nuraditya
Abstrak :
ABSTRAK Perusahaan transportasi online di Indonesia telah bertumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. GO-JEK adalah salah satu perusahaan transportasi online terkemuka di Indonesia. Aplikasi mereka telah diunduh lebih dari 40 juta kali dan dianggap memiliki pangsa pasar terbesar di Indonesia. Namun demikian, dengan meningkatnya popularitas perusahaan transportasi online di Indonesia menyebabkan banyak perusahaan memasuki industri tersebut. Untuk bisa bertahan dan unggul dalam industri ini, perusahaan harus bisa memberikan kualitas layanan yang superior bagi pelanggan mereka. Berdasarkan penelitian sebelumnya, kualitas layanan memiliki pengaruh dan hubungan yang positif terhadap kepuasan pelanggan. Namun, dalam pekerjaan yang ada, masih ada perbedaan di mana dimensi kualitas layanan tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini menyelidiki bagaimana kualitas layanan GO-JEK dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, dan dimensi kualitas layanan mana yang paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan di Jakarta, Bogor dan Depok. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan kuesioner online yang dibagikan kepada lebih dari 300 responden. Data kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda. Analisis tanggapan menunjukkan bahwa kualitas layanan secara keseluruhan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan GOJEK. Namun, hanya tiga dimensi kualitas layanan (RE, EM, dan RS) yang ditemukan mempengaruhi kepuasan pelanggan secara signifikan sedangkan dua sisanya (AS dan TA) tidak. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam dimensi kualitas layanan yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan pelanggan antara Jakarta, Bogor dan Depok. Dalam penelitian ini, GOJEK dapat memiliki ide yang lebih baik tentang bagaimana dan di mana untuk meningkatkan kualitas layanan mereka untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi faktor atau dimensi lain yang dapat memperkuat kepuasan pelanggan pengguna GO-JEK.
ABSTRACT The growth of an online ride-hailing company in Indonesia has been rapid in the last couple of years. GO-JEK is one of the leading online transportation firms in Indonesia. Their application has been downloaded for more than 40 million times and considered to have the largest market share in Indonesia. Nevertheless, the increase in the popularity of an online ride-hailing company in Indonesia caused many firms to enter that industry as Indonesians almost use this service daily. To survive and excel in this industry, firms need to be able to perform a superior service quality for their customers. Based on previous studies, service quality has a positive relationship and influence on customer satisfaction. However, within the existing work, there are still differences in which service quality dimensions does influence customer satisfaction. Therefore, this study investigates how GOJEK service quality can affect customer satisfaction, and which service quality dimensions have the most substantial influence on customer satisfaction within Jakarta, Bogor and Depok.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Senja Wedari
Abstrak :
Skripsi ini bertujuan untuk menguji peran asset tangibility pada pengaruh arus kas terhadap investasi di tingkat kendala finansial umum yang berbeda pada perusahaan manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2015. Penelitian ini membagi periode menjadi dua sub-periode yakni 2006-2010 dan 2011-2015. Dengan menggunakan analisis data panel ditemukan bahwa arus kas internal signifikan dan positif memengaruhi tingkat investasi kapital perusahaan. Asset tangibility terbukti memiliki pengaruh yang besar dalam menjelaskan pengaruh arus kas terhadap investasi. Berbeda dengan literatur yang ada, penulis menemukan bahwa asset tangibility memiliki peran yang negatif pada pengaruh arus kas terhadap investasi. Penelitian ini tidak menemukan adanya perbedaan pengaruh arus kas terhadap investasi maupun peran asset tangibility pada pengaruh tersebut pada lingkungan ekonomi dan bisnis dengan kendala finansial umum yang berbeda. ......This study tests the role of asset tangibility in the influence of cash flow to investment in listed Indonesian manufacturing companies from year 2006 2015. We divide the data sample to two sub periods from year 2006 2010 and 2011 2015. Using panel data analysis, we find internal cash flow influences company rsquo s capital investment in both sub periods with positive direction. We find asset tangibility explains large portion of the influence of cash flow to investment. Contrast to the existing literatures, we find the asset tangibility negatively influence of cash flow to investement. This study finds no evidence in the difference of both the influence of cash flow to investment and the role of asset tangibility in the contrasting business and economic condition with contrasting level of general financial constraint.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68205
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astri Ilhamsyah
Abstrak :
Penelitian Analisis Kualitas Jasa Pada Pelayanan Kesehatan di RSUD Pasar Rebo Jakarta Timur telah dilaksanakan sejak bulan Maret 2003 sampai dengan Juni 2003. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif yang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan kesehatan dilihat dari dimensi: Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Disamping itu penelitian ini juga ingin mengetahui faktor-faktor apa yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa layanan kesehatan di RSUD Pasar Rebo. Tidak semua pelayanan kesehatan yang ada di RSUD Pasar Rebo yang diteliti, tapi hanya dibatasi pada unit pelayanan rawat jalan (poliklinik) saja. Penelitian ini hanya dilakukan terhadap pengguna jasa layanan kesehatan di poliklinik RSUD Pasar Rebo tersebut. Kualitas diukur atas dasar kinerja pelayanan dan harapan dari pengguna jasa layanan kesehatan di RSUD Pasar Rebo. Kinerja diukur dari persepsi pengguna jasa layanan kesehatan mengenai layanan yang telah mereka terima, sedangkan harapan diukur dari anggapan pengguna jasa layanan kesehatan tentang idealnya suatu pelayanan kesehatan. Tingkat kepuasan pengguna jasa diukur berdasarkan: mean skor dan persentase tingkat kepuasan dari 120 orang responden yang diambil secara acak memakai teknik pengambilan sampel aksidental, dengan mempergunakan model pengukuran kualitas jasa SERVQUAL yang terdiri dari dimensi tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Dimensidimensi itu kemudian dijabarkan menjadi 22 indikator variabel berbentuk pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam kuisioner. Dari data yang diperoleh dilakukan analisis reliabilitas, validitas, tingkat kepuasan, dan analisis faktor dengan mempergunakan SPSS 11,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 indikator variabel yang digunakan, hanya 20 indikator yang reliabel dan valid untuk dianalisis lebih lanjut. Kemudian diperoleh rata-rata tingkat kepuasan untuk masing-masing dimensi sebesar: -0,7222 (tangibility); -0,8700 (reliability); -0,8528 (responsiveness); -0,7375 (assurance); dan -0,5433 (empathy). Kalau dilihat dari masing masing indikator variabel, hasil tertiriggi berdasarkan mean skor adalah sebesar -0,23 yaitu indikator variabel Q14 (Persuasif) dengan tingkat kepuasan sebesar 94,04%. Sedangkan tingkat kepuasan terendah adalah indikator variabel Q17 (dukungan terhadap petugas) dengan mean skor sebesar -1,13 dan tingkat kepuasan sebesar 74,94%.Dari hasil analisis faktor yang dilakukan terhadap 20 indikator variabel, terbentuk 6 faktor utama yang menjadi pertimbangan pengguna jasa layanan kesehatan di RSUD Pasar Rebo. Pembentukan faktor-faktor tersebut juga didasarkan atas angka eigenvalues, dimana kriteria pemilihan banyaknya faktor yang terbentuk adalah faktor yang memiliki nilai eigennya lebih dari 1. Keenam faktor yang terbentuk dengan urutan persentase varian data masing-masing faktor adalah sebagai berikut: (1) faktor memahami pelanggan (29,300%); (2) faktor ketepatan dan keandalan layanan (9,446%); (3) faktor komunikasi (6,893%); (4) faktor kenyataan fisik (6,520%); (5) faktor profesionalisme petugas (5,526%); dan (6) faktor hubungan baik (5,150%). Berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, disarankan agar pihak pengelola (management) RSUD Pasar Rebo lebih memperhatikan dan memahami keinginan pasien yang membutuhkan layanan kesehatan dalam meningkatkan kinerja pelayanannya, karena belum ada satupun dari indikator variabel yang digunakan dalam penelitian ini memberikan hasil yang memuaskan pengguna jasa. Penelitian untuk mengukur kualitas layanan kesehatan di rumah sakit ini harus dilakukan secara periodik dalam jangka waktu tertentu, sebab persepsi dari pengguna jasa suatu layanan akan terus berubah. Disamping itu perlu juga dilakukan penelitian serupa pada rumah sakit-rumah sakit yang dikelola oleh swasta, agar dapat memberikan perbandingan kualitas yang diberikan berdasarkan persepsi pengguna jasa.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12368
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>