Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 124 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Muhammad Farhan
Abstrak :
Pandemi COVID-19 yang menyebar luas di Indonesia dan DKI Jakarta sebagai episentrumnya. Di saat penyebaran cukup luas, salah satu strategi penanganan pandemi direncanakan menggunakan vaksin. Vaksin dipercaya sebagai salah satu senjata ampuh penyelesai pandemi dengan cepat. Vaksin sedang dikembangkan baik dari perusahaan lokal maupun luar negeri. Dengan adanya kompleksitas masalah yang ada maka dipilih sistem dinamis (SD) sebagai metode untuk memahami vairbael dalam sistem saling berkaitan. Metode ini dinilai paling cocok untuk memahami pandemi yang bersifat kompleks dari sisi penyebarannya. Hal ini berdampak pada pengambilan kebijakan vaksinasi yang akan dilakukan di DKI Jakarta. Dari hasil penelitian didapatkan adanya pilihan kebijakan yang tepat dari sisi jenis vaksin, jenis pembagian vaksin, dan sensitivitas distribusi serta vaksinasi untuk mendapatkan vaksinasi yang efektif dan mempercepat penanganan pandemi ......DKI Jakarta is the epicentrum of COVID 19 pandemic in Indonesia. When the spread is wide enough, one of the strategies for handling a pandemic is planned to use a vaccine. Vaccines are believed to be one of the most powerful weapons to quickly resolve a pandemic. Vaccines are being developed from both local and foreign companies. Given the complexity of the existing problems, system dynamics (SD) were chosen as a method for understanding the variables in interrelated systems. This method is considered the most suitable for understanding a complex pandemic in terms of its spread. This has an impact on the vaccination policy making that will be carried out in DKI Jakarta. From the research results, it was found that there were the right policy choices in terms of types of vaccines, types of vaccine distribution, and distribution sensitivity as well as vaccinations to get vaccinations that were effective and accelerate the handling of the pandemic
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Coyle, R. G.
New York: John Wiley & Sons, 1977
658.4032 COY m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Umez-Eronini, Eronini
Pacific Grove: PWS Publishing, 1999
629.8 UME s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Padiyar, K.R.
Singapore: John Wiley & Sons, 1996
621.31 PAD p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
The nature of biodiesel production itself is complex with multisectors and multi-actors conditions, and with addition of sustainability issues from various stakeholder, created a complex challenges for developing the biodiesel industry. In order to understand of the complexity, this research developed a comperhensive sustainability model to draw the relationship and analyze the effects of government policy for stimulating biodiesel industry using the combination methods of process mapping, financial modeling, life cycle analysis (LCA) and business sustainability strategy. The model combines its output tanslated into a complete sustainability index of financial, social and environment. The model simulation results show that accomplishment of a sustainable biodiesel production within the target and timeframe is impossible without releasing the subsidized price of diesel fuel and further directions from the government.
Pakistan: IJENS Publisher ,
620 IJET
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Arry Rahmawan Destyanto
Abstrak :
Untuk mempertahankan daya saing di era kompetisi global, adanya sumber daya manusia (SDM) unggul di perusahaan menjadi faktor kunci yang sangat menentukan. Berbeda halnya dengan kualitas produk atau fasilitas fisik, SDM unggulan memiliki kapasitas dan talenta yang tidak mudah ditemukan dan direplikasi. Mayoritas perusahaan diketahui mengalami masalah dengan terus-menerus kehilangan talenta mereka karena berpindah ke tempat lain (turnover), terutama sektor perusahaan jasa profesional. Keadaan ini memaksa perusahaan untuk terus menemukan dan mempertahankan keberadaan talenta terbaik mereka. Studi ini berusaha untuk menjawab strategi apa yang terbaik bagi perusahaan untuk mengendalikan tingkat turnover yang terjadi di perusahaan tersebut. Penelitian ini menghasilkan model sistem dinamis untuk mensimulasikan alternatif strategi pengendalian turnover yang diterapkan perusahaan dalam rangka mengendalikan turnover SDM. Untuk mengantisipasi ketidaksiapan menghadapi tantangan di masa akan datang, disusun empat skenario berbeda dengan pendekatan scenario planning. Dengan mensimulasikan strategi pada berbagai skenario berbeda, perusahaan dapat mengetahui strategi yang efektif serta terhindar dari kerugian yang lebih besar karena menerapkan strategi secara trial and error pada sistem yang sebenarnya. Keluaran penelitian ini diukur dengan indikator penurunan turnover rate serta return on investment pada setiap strategi yang disimulasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum adanya strategi yang dapat memenuhi ekspektasi capaian dalam setiap skenario, di mana setiap skenario diharapkan dapat membantu pengambil keputusan untuk merumuskan dan memutuskan strategi terbaik yang dipilih dalam rangka mengendalikan tingkat turnover di perusahaan. Implikasi hasil penelitian juga didiskusikan lebih lanjut dalam agar dapat dijadikan salah satu rujukan untuk penelitian-penelitian selanjutnya untuk sektor industri lainnya. ......In era of global competition, key talents in organization is one of the determining factors that affect organization excellence. Talents are very different from products or plant facilities, which are hard to replicate especially for their capacity and competence. Many of organizations are facing challenge for retaining their key talents who are doing voluntary turnover. This situation pushes organizations to find effective strategy for finding and retaining their talents. Purpose of this study is trying to discover what are the most effective strategies for managing turnover rate in organization. This research resulted in a simulation model using system dynamics to run a simulation of strategy for reducing turnover rate. In anticipation for uncertainty in the future, this research also deliver four plausible future scenarios using scenario planning approach. Using these different scenarios, organization can simulate their strategies under different circumtances and decide which are the best strategies for organization. System dynamics model in this research using two output indicator to evaluate strategy simulation, annual turnover rate and return on investment. Findings on this research hopefully can help decision maker to formulate and decide best strategies to implement for reducing voluntary turnover rate on their organization.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42503
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jusman Rahim
Abstrak :
Kota Jakarta dan sekitamya sebagai kota metropolitan telah membawa pengaruh pada pola masyarakat dalam penggunaan alat transportasi, di mans jumlah mobil yang beroperasi di jalan raya adalah 4.5 juta per hari. Penjualan otomotif khususnya mobil menjadi sangat menjanjikan yaitu 269 unit per hari pada tahun 2004 dimana 34% bermerk Toyota (Toyata Astra Motor, 2005). Meningkatnya permintaan mobil di Jakarta telah menjadi peluang berkembangnya kegiatan bengkel otomotif sebagai sarana perbaikan kendaraan. Sebagai indikasinya, asosiasi bengkel otomotif Indonesia (2004) menyebutkan bahwa scat ini di Jakarta terdapat 117 bengkel resmi dan kurang lebih seribu yang tidak resmi. Seperti halnya mark lain, Toyota sebagai produsen mobil yang menguasai pasar mobil di Indonesi juga berusaha terus memperbaiki pelayanan puma jual produknya. Hal ini ditandai dengan beroperasinya 101 bengkel Auto 2000 se Indonesia dan 18 di antaranya berlokasi di Jakarta dan sekitamya (Astra International-'Toyota Sales Operation, 2005). Meningkatnya kegiatan perbaikan, perawatan, dan perakitan kendaraan bermotor utamanya kendaraan mobil di bengkel otomotif, telah menimbulkan potensi dampak negatif pada lingkungan sekitarnya. Kegiatan bengkel tersebut akan menggunakan air bersih yang bersumber dari air tanah dan PAM dalam jumlah yang sangat besar. Limbah cair yang dihasilkan terbuang ke lingkungan tanpa ada usaha minimisasi atau pengolahan yang memadai. Sampai tahun 2003, terdapat 883 perusahaan berskala menengah dan besar di antaranya pabrik, hotel, apartemen, restoran, Idinik, rumah sakit dan bengkel otomotif yang membuang limbah cair ke badan air. Dari jumlah tersebut, hanya 22 % perusahaan atau unit kegiatan yang taat melaporkan limbahnya (BPLHD DKI, 2004). Bertolak dan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah: (1). Mengetahui karakteristik (kuantitatif) kebutuhan air bersih bengkel otomotif, (2). Mengetahui karakteristik (kuantitatif) limbah cair bengkel otomotif, yang melebihi baku mutu lingkungan, (3), Membuat suatu model yang dapat menggambarkan kebutuhan air bersih dan limbah cair terproduksi dari kegiatan bengkel otomotif, (4). Memprediksi beban polutan limbah cair bengkel otomotif yang melebihi baku mutu lingkungan, jika terbuang ke badan air tanpa melalui prows pengolahan terlebih dahulu, (5). Menggunakan model system dynamics yang telah dibuat untuk memprediksi beban polutan limbah cair bengkel otomotif yang masih melebihi baku mutu lingkungan, jika komponen IPAL dimasukkan dalam model sebagai intervensi. Berdasarkan tujuan penelitian, ditetapkan hipotesis sebagai penuntun bagi peneliti untuk menjawab permasalahan penelitian berikut: (1) Model system dynamics dapat digunakan untuk memprediksi pemakaian air bersih dan limbah cair yang dihasilkan dari kegiatan bengkel otomotif, (2) Model system dynamics dapat digunakan untuk memprediksi beban parameter limbah cair bengkel otomotif, (3) Dengan memasukkan komponen IPAL sebagai intervensi pads model yang dibuat, maka system dynamics dapat digunakan untuk memprediksi kondisi beban polutan limbah cair bengkel otomotif yang melebihi baku mutu lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah semua bengkel otomotif AUTO 2000 di Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bengkel yang ditetapkan menjadi sampel adalah 1 unit bengkel Auto 2000 dengan metode purposive sampling. Analisis dilakukan dengan perangkat lunak Powersim dan alat uji statistik secara deskriptif untuk memberikan gambaran terhadap obyek yang diteliti. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1). Karakteristik kuantitatif kebutuhan air bersih kegiatan bengkel otomotif meningkat sebesar 3% per bulan untuk periode tahun 2002 sampai 2005, (2). Karakteristik kuantitatif limbah cair bengkel otomotif yang melebihi baku mutu lingkungan adalah total suspended solid (TSS), besi, seng, timbal, amoniak, sulfida, COD, BOD, senyawa aktif biro (MBAS), oil and grease (OG), serta zat organik, (3). Model system dynamics yang menggambarkan hubungan sebab akibat dari beberapa subsistem yang membangun model pemakaian air bersih, dapat digunakan untuk memprediksi kebutuhan air bersih dan limbah cair terproduksi pada kegiatan bengkel otomotif. Dimana kebutuhan air bersih dan limbah cair satu bengkel otomotif AUTO 2000 diprediksi cenderung meningkat dari bulan ke-37 (tahun 2005) sampai bulan ke-120 (tahun 2010) sebesar 9.4 kali (845%), (4), Berdasarkan waktu simulasi seiama 60 bulan, maka beban polutan limbah cair kegiatan bengkel otomotif yang masih melebihi baku mutu lingkungan apabila dibuang ke badan air tanpa melalui proses pengolahan, akan naik sebesar 7.9 kali (670%) dari bulan ke-9 (tahun 2002) sampai bulan ke-18 (tahun 2003), (5). Dengan memasukkan komponen IPAL dalam model sebagai suatu bentuk intervensi, maka model system dynamics dapat digunakan untuk prediksi beban polutan limbah cair bengkel otomotif yang masih melebihi baku mutu lingkungan. Berdasarkan 3 skenario model yang dibuat yaitu pesimis, moderat, dan optimis, maka skenario optimis menggambarkan kondisi yang cukup ideal dilakukan untuk menurunkan beban polutan sampai ke tingkat yang lebih aman (sesuai baku mutu). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan: (1) Penerapan Instalasi Pengolahan Air Limbah yang sesuai untuk menurunkan kadar polutan sehingga memenuhi baku mutu lingkungan dan saran ini ditujukan kepada Bengkel Auto 2000, (2) Membatasi penggunaan air bersih dan bahan baku sabun untuk setiap kegiatan yang menggunakan air, (3) Pemanfaatan deterjen yang ramah lingkungan perlu ditingkatkan dengan syarat kualitas produksi yang dikehendaki tidak diubah, (4) Perlu dilakukan studi lebih lanjut sebagai acuan untuk penetapan baku mutu lingkungan untuk limbah cair dari kegiatan bengkel otomotif. Saran ini ditujukan kepada Direktorat Industri Dasar dan Hilir Departemen Perindustrian dan Kementrian Negara Lingkungan Hidup sebagai lembaga pembina dan pengawas.
Development of Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) area has been brought about influence on public transportation pattern, which indicated by outomobiles rate of 4.5 million/day. In 2004, the automotive sale especially cars was 269 unit/day and 34% of it was covered by Toyota trademark (Toyota Astra Motor, 2005). Increasing of car demand in Jakarta open a chance to expand of automotive workshop as a means of vehicles maintenance and repairement. Automotive workshop association of Indonesia (2004) stated that there are 117 legal workshops and about 1000 illegal workshops in Jakarta. As biggest car producer that dominates Indonesian market, Toyota Company continually tries to improve its service by operating 101 Auto 2000 workshops in the whole of country and 18 of them are located in Jakarta (Astra International TSO, 2005). Increment of the repair, treatment and assembling of motor vehicles activities especially car in automotive workshop have given negative impact to the environment. The activities of workshops used the waterland and PAM water in large quantity, The use of this water in that activities produces wastewater drive out to environment without any in future suitable processing. Until 2003, there are 883 middle and large scale companies such as factory, hotel, apartment, restaurant, clinic and automotive workshop throwing wastewater. Only 22% companies or unit activities report their waste (BPLHD DKI, 2004). From the above cases, the purposes of this research are: 1. To know the characteristic of clean water from Automotive workshop 2. To know the characteristic of wastewater from Automotive workshop 3. To predict the use of clean water and produced wastewater from automotive workshop activities based on dynamics system modelling simulation. 4. To predict wastewater load parameters beyond of environment threshold limit based on dynamics system modelling simulation without wastewater treatment plant (WWTP). 5. To predict condition of pollutant beyond of environment threshold limit, if wastewater treatment plant integrated in the model as intervention. Based on the purpose of research, hypothesis is determined as a guide for researcher to answer the case of research: 1. Dynamics system model can be used to predict the use of clean water and wastewater produced from automotive workshop activities 2. Dynamics system model can be used to predict the wastewater load 3. By intervention to the model with use wastewater treatment component, dynamics system can predict the pollutant beyond environment threshold limit of wastewater in future. Research methods are survey and interview. The population in this research are all workshops of Auto 2000 in Jabodetabek area. The sample is 1 unit of Auto 2000 workshop chosen by purposive sampling method. The analysis is done by powersim software and statistic test told descriptively to give a description to the research object. The research result show that: 1. Clean water requirement will increase of 3% per month during 2002 to 2005. 2. Quantitative characteristic of wastewater beyond environmental threshold limit are TSS, iron, zeng, lead, ammonia, sulfide, COD, BOD, oil and grease, MBAS, and organics substances, 3. The model can predict the use of clean water necessity and produced wastewater from automotive workshop activities will increase from 2005, to 9.4 times or 840% in 2010, 4. In the model without waste water treatment plant component, pollutant parameters beyond environment threshold limit will increase continually . In 2003, increase of 7.9 times compare to 2002, 5. The model can predict the pollutant loads beyond environmental thereshold in future, if wastewater treatment component to be integrated in the model as an intervention. Based on the research results, there are some suggestions to be delivered, namely: 1. Applying of suitable waste water treatment plant to decrease the pollutant content so meet the environment quality standard 2. Limiting of clean water usage and soap raw material for each/every activities using water 3. Using of environment friendly detergent is recommended to improve production quality constantly 4. In future study needed to be done as a guide for environment quality standard determining for wastewater from automotive workshop activities. This suggestion is for industrial department and ministry of living space a builder and controller.
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T20213
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Nur Dias Muhammad
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang penyusunan model efektivitas Program Kemitraan di wilayah pertambangan Halmahera Timur dengan pendekatan Sistem Dinamis. Penelitian ini di desain dengan menggunakan metode perancangan sistem V-Model sebagai upaya penggabungan model keberlanjutan di wilayah pertambangan dengan sumberdaya yang terbatas. Secara umum langkah yang digunakan mencakup pendefinisian sistem melalui format velore, penyusunan System Diagram, Causal Loop Diagram, dan Stock and Flow Diagram. Alternatif kebijakan yang diujikan mencakup skenario tanpa interfensi e-commerce without strategy dan skenario penerapan e-commerce untuk UKM mitra binaan within strategy . Hasil yang diperoleh menunjukan bila penerapan strategi peningkatan konektivitas UKM melalui e-commerce dapat meningkatkan keberlanjutan ekonomi dan sosial masyarakat di wilayah pertambangan.
ABSTRACT
This research discusses the preparation of effectiveness model of Partnership Program in East Halmahera mining area with Dynamic System approach. This research was designed using V Model system design method as an effort of combining sustainability model in mining area with limited resources. In general, the steps used include defining the system through velore format, a series of System Diagrams, Causal Loop Diagrams, and Stock and Flow Diagrams. Policy alternatives tested include scenarios without e commerce without strategy and e commerce implementation scenarios for partner SMEs within strategy . The result obtained is the implementation of SME connectivity improvement strategy through e commerce can improve economic and social sustainability of society in mining area.
2017
T48255
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Darmawan
Abstrak :
Meningkatnya timbulan sampah merupakan masalah utama terutama bagi daerah perkotaan seperti Jakarta dengan kapasitas TPA yang tidak mencukupi dan sistem pengelolaan sampah yang tidak efisien dan tidak berwawasan lingkungan. Untuk menghasilkan suatu strategi pengelolaan TPA yang optimal, terpadu, dan berkelanjutan dilakukan analisis sistem pengelolaan sampah TPST Bantargebang yang kemudian dirumuskan optimalisasi menuju pengelolaan TPA sampah berkelanjutan pada aspek lingkungan, finansial, dan sosial melalui model skenario intervensi sistem pengelolaan sampah TPST Bantargebang menggunakan metode system dynamics. Berdasarkan analisis deskriptif yang dilakukan terhadap pengelolaan sampah terkini, diketahui bahwa terhadap 3 isu utama yaitu, kapasitas lahan TPA yang hampir penuh, emisi gas metana yang mengalami kenaikan, dan kemungkinan untuk melakukan integrasi pemulung sehingga dapat meningkatkan produktivitas pemulungan. Dilakukan simulasi dengan model system dynamics untuk periode 2018-2023 dengan kondisi BAU dan skenario intervensi struktural dengan pengurangan sampah landfill berupa landfill mining dan landfill reprofiling dan pengurangan aliran sampah berupa MRF dan insinerator. Selain itu juga dilakukan intervensi fungsional berupa peningkatan efektivitas pengolahan kompos dan pengelolaan gas landfill. Hasil dari skenario intervensi adalah kapasitas lahan TPA masih dapat dimanfaatkan sampai dengan tahun 2023; penurunan buangan gas metana rata-rata sebesar 23,50%; kenaikan Rasio Produksi Pemulung terhadap Rate Sampah Landfill mencapai 134,58%. Konsekuensi dari intervensi dan penambahan kegiatan pengolahan sampah  TPST Bantargebang maka biaya operasional per ton mengalami kenaikan sampai dengan 309,62%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa skenario pengurangan sampah masuk ke landfill dan pengurangan sampah di landfill yang direncanakan dengan pembangunan MRF dengan pelibatan pemulung, peningkatan efisiensi pengolahan kompos, pembangunan fasilitas WtE berupa insinerator, landfill mining dan reprofiling secara bersamaan.
The increase in waste generation is a major problem especially for urban areas such as Jakarta with insufficient landfill capacity and an inefficient and environmentally sound waste management system. To produce an optimal, integrated and sustainable landfill management strategy, an analysis of the TPST Bantargebang waste management system is then formulated towards optimization of sustainable landfill management in environmental, economic/financial, and social aspects through a system dynamics intervention scenario model of the TPST Bantargebang waste management system. Based on the descriptive analysis carried out on the latest waste management, 3 main issues are known, namely, landfill capacity almost fully occupied, methane gas emissions increment, and the possibility waste pickers integration to increase scavenging productivity. Simulations were carried out with a system dynamics model for the 2018-2023 period with BAU conditions and an intervention scenario with a reduction in landfill waste and a reduction in waste flow. The results of the scenario are: landfill can still be utilized until 2023; methane gas emissions decreased by an average of 23,50%; the increase in the Scavenger Production Ratio to the Landfill Waste Rate reached 134,58%. As a consequence of the intervention and the addition of waste treatment activities in the TPST Bantargebang, the operational cost per ton has increased up to 309,62%. This study concludes that the scenario of incoming waste reduction and existing landfill waste reduction planned by MRF construction with scavenger involvement, compost processing efficiency improvement, construction of WtE facilities in the form of incinerator, landfill mining, and reprofiling simultaneously.
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2020
T55385
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>