Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Nathalie Grace Celine
"Pelindungan terhadap konsumen pemanfaat jasa pilates yang disediakan oleh studio pilates di Indonesia merupakan aspek penting, sejalan dengan meningkatnya jumlah peminat olahraga pilates di Indonesia yang menyebabkan peningkatan jumlah studio pilates di Indonesia. Hal ini harus diiringi dengan penerapan standar dan kualitas penyediaan jasa olahraga pilates yang berlaku dalam aspek alat-alat pilates, instruktur pilates, dan ruang kelas pilates. Tulisan ini menganalisa pelindungan konsumen dan pertanggungjawaban yang dimiliki oleh penyelenggara studio pilates selaku pelaku usaha terhadap konsumen pemanfaat jasa pilates yang mengalami kerugian di Indonesia. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan doktrinal yang berdasarkan peraturan yang berlaku di Indonesia serta teori-teori yang sesuai dengan fenomena yang terjadi. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang mengacu kepada hukum positif di Indonesia, antara lain KUHPER, KUHP, UU Perlindungan Konsumen, UU Keolahragaan, dan peraturan lainnya yang berkaitan dengan pelindungan konsumen. Melalui fenomena kerugian yang dialami oleh konsumen pemanfaat jasa pilates yang disediakan oleh studio pilates di Indonesia, terungkap bahwa hak-hak yang dimiliki oleh konsumen atas keamanan, keselamatan, dan kenyamanan serta hak memperoleh informasi yang benar terkait standar dan kualitas jasa pilates telah dilanggar. Maka dari itu, penyelenggara studio pilates sebagai pelaku usaha memiliki tanggung jawab untuk memberikan ganti kerugian kepada konsumen sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tidak terbatas terhadap tanggung jawab untuk mengganti kerugian, penyelenggara studio pilates juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan upaya pencegahan kerugian dan pengawasan terhadap penyediaan jasa pilates kepada konsumen pemanfaat jasa pilates. Hal ini dapat dilakukan dengan pengadaan dan peningkatan peraturan yang berkaitan dengan tujuan meminimalisir kerugian bagi konsumen pemanfaat jasa pilates yang disediakan oleh studio pilates di Indonesia.
Protection of pilates consumers provided by pilates studios in Indonesia is an important aspect, in line with the increasing number of pilates consumers in Indonesia which has led to an increase in the number of pilates studios in Indonesia. This must be accompanied by the implementation of standards and quality of pilates service provision applicable to pilates equipment, pilates instructors, and pilates classrooms. This paper analyzes consumer protection and the responsibility of pilates studio organizer as business actor towards pilates consumers who experience losses in Indonesia. This research utilizes a doctrinal approach based on applicable regulations in Indonesia and theories that are relevant to the phenomenon that occurs. The data used in this research is secondary data referring to positive law in Indonesia, including the KUHPER, KUHP, Consumer Protection Law, Sports Law, and other regulations related to consumer protection. Through the phenomenon of losses experienced by pilates consumers provided by pilates studios in Indonesia, it is revealed that the rights of consumers to safety, security, and comfort as well as the right to obtain true information regarding the standards and quality of pilates services have been violated. Therefore, pilates studio organizer as business actor have a responsibility to compensate consumers in accordance with applicable regulations. Not limited to the responsibility to compensate for losses, pilates studio organizer also have a responsibility to make efforts to prevent losses and supervise the provision of pilates services to pilates consumers. This can be done by procuring and improving regulations related to the purpose of minimizing losses for consumers of pilates services provided by pilates studios in Indonesia."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library