Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sianturi, Herlina
"PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), disingkat PT INTI, merupakan salah satu BUMN yang direncanakan masuk dalam program privatisasi Kantor Kementerian BUMN pada tahun 2008 dengan rencana metode privatisasi adalah saham langsung kepada investor (strategic sale) dalam rangka akses teknologi, pasar dan permodalan. Sehubungan dengan itu, perusahaan memerlukan masukan mengenai bentuk penggabungan usaha yang sesuai dengan metode privatisasi strategic sale dan perkiraan harga penawaran saham PT INTI kepada mitra strategis.
Pengertian privatisasi adalah penjualan saham Persero, baik sebagian maupun seluruhnya, kepada pihak lain dalam rangka meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan memperbesar manfaat bagi negara dan masyarakat, serta memperluas kepemilikan saham oleh masyarakat. Strategic sale merupakan salah satu dari tiga metode privatisasi yang akan dipakai untuk menyehatkan BUMN ke depan. Strategic sale didefinisikan sebagai penjualan saham perusahaan sampai dengan 100% kepada pihak lain dengan cara negosiasi, umumnya melalui tender. Strategic sale sering juga disebut private placement, direct placement, strategic partner, strategic investor atau trade sale.
Bentuk penggabungan usaha yang sesuai dengan privatisasi PT INTI melalui strategic sale yang bertujuan memperoleh akses teknologi, pasar dan permodalan adalah akuisisi. Alasan pemilihan strategi akuisisi adalah (1) Manajemen perusahaan berkehendak agar secara institusi PT INTI tetap seperti semula (standalone), (2) Alasan perusahaan menggunakan strategi akuisisi menurut teori Michael A. Hitt, et.al
PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), abbreviated as PT INTI, is one of the state-owned enterprises that is planned to be included in the privatization program of the Ministry of State-Owned Enterprises in 2008 with the planned privatization method being direct shares to investors (strategic sale) in order to access technology, markets and capital. In this regard, the company requires input on the form of business combination that is in accordance with the privatization method of strategic sale and the estimated offering price of PT INTI's shares to strategic partners.
The definition of privatization is the sale of Persero shares, either partially or wholly, to other parties in order to improve the performance and value of the company, increase the benefits for the state and society, as well as expand share ownership by the public. Strategic sale is one of the three methods of privatization that will be used to nourish SOEs in the future. Strategic sale is defined as the sale of company shares up to 100% to other parties by negotiation, generally through tenders. Strategic sale is often also called private placement, direct placement, strategic partner, strategic investor or trade sale.
The form of business combination that is in accordance with the privatization of PT INTI through a strategic sale which aims to gain access to technology, markets and capital is acquisition. The reasons for choosing the acquisition strategy are (1) the company's management wants PT INTI to remain institutionally as it was (standalone), (2) the company's reason for using the acquisition strategy according to the theory of Michael A. Hitt, et.al.
"
Depok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008
T23083
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Prisnawati Hidayat
"Tesis ini merupakan penelitian yang berformat studi kasus, dimana permasalahan yang terjadi merupakan problematika riil yang terjadi di PT. Mitra  Rajawali Banjaran, anak perusahaan dari holding company PT. Rajawali Nusantara Indonesia yang bergerak di lini bisnis alat kesehatan, dengan produk utama berupa kondom. Sebagai satu-satunya produsen kondom lokal di Indonesia, ironisnya PT. MRB justru mengalami kerugian keuangan yang berkepanjangan, ditambah lagi dengan market share produknya yang hanya berada di kisaran 2%. Dengan potensi pasar industri kondom di Indonesia yang cukup atraktif, peta persaingan saat ini justru didominasi oleh produk-produk impor dengan persentase sekitar 98%. Menggunakan metode depth interview kepada beberapa aktor yang menjadi pengambil keputusan di perusahaan, diketahui bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah inefisiensi distribution channel dan kapasitas produksi, serta isu rendahnya kualitas produk yang terakumulasi menjadi permasalahan yang cukup kompleks. Dengan melakukan analisa yang bersifat kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini berupaya membangun beberapa opsi yang tujuan utamanya adalah untukmeningkatkan penjualan guna  melepaskan perusahaan dari defisit keuangan yang telah terjadi sekian lama. Opsi-opsi yang terbagi menjadi dua timeframe yaitu jangka pendek dan jangka panjang tersebut adalah dengan melakukan aliansi strategis dengan mekanisme B2B (maklon) dan mencari strategic investor untuk pendanaan hingga perusahaan dinilai mampu melakukan investasi, baik finansial dan non-finansial untuk membangun program pemasaran dan masuk ke pasar reguler, sedangkan opsi yang paling ekstrem adalah dengan melakukan likuidasi dari aset yang dimiliki oleh PT. MRB.

This thesis is a research with case study format, where there are real problem that occurs in the PT. Mitra Rajawali Banjaran, a subsidiary of the holding company PT. Rajawali Nusantara Indonesia engaged in the medical devices business line, with condom as a primary product. As the only local condom manufacturer in Indonesia, ironically PT. MRB experienced a prolonged financial losses, coupled with low market share of its products, only in the range of 2%. With a quite attractive potential of condom industry market in Indonesia, competitive landscape today is dominated by imported products with percentages of approximately 98%. Using depth interview method to some actors who become decision makers in the company, it is known that it is influenced by several factors, including the inefficiency of distribution channels and production capacity, as well as the issue of low quality products that accumulate those problems becomes quite complex. By qualitative and quantitative analysis, this study sought to build several options whose main objective is toimprove sale in order to release the company from financial deficits that occurred for so long. The options are divided into two timeframes short term and long term, by doing a strategic alliance with B2B (tolling) mechanism and searching for strategic investor for financing until PT. MRB is able to invest both financially and non-financially to build marketing programs and penetrate into the regular market, while the most extreme option is to conduct liquidation of the assets owned by PT. MRB."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library