Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tobing, Joachim Friedrich Terama
"Tulisan ini membahas paradoks modernitas pada interior sebagai bentuk negosiasi pada pengalaman keseharian terkait berbagai aspek kehidupan modern. Kajian ini mengidentifikasi hadirnya modernizing force sebagai pembentuk kehidupan modern, yang hadir dari segi nilai internal, membentuk perubahan fungsi ruang terkait ekspresi diri dan struktur sosial, maupun sistem eksternal, terkait dengan revolusi material-konstruksi dan sistem produksi massal. Skripsi ini kemudian merespon dorongan tersebut melalui inserting realized maupun replicating idealized, dipahami sebagai pemrograman berbasis realitas sosial-budaya atau berbasis bahasa universal. Tulisan ini melihat adanya paradoks ketegangan yang muncul dalam pemrograman interior saat realita pengalaman dan gagasan ideal bertemu membentuk interior modern, yang menghadirkan negosiasi dalam pendekatan perancangan. Skripsi ini mengangkat adanya strategi perancangan seperti dynamic zoning, adaptive modularity, dan identity integration yang kemudian hadir sebagai refleksi paradoks modernitas. Skripsi ini mengeksplorasi studi kasus proses renovasi apartemen oleh Shaun Tompkins di Melbourne, yang merupakan bagian dari program konten Youtube Never Too Small yang membahas berbagai rancangan interior pada lahan terbatas. Proyek ini menampilkan bagaimana fluiditas batas spasial dikelola dengan susunan objek yang membentuk area dan transisi, bagaimana modularitas furnitur diadaptasi merespon variasi ukuran dan skala serta portabilitas fungsi, dan bagaimana objek personal dan ekspresi individu membentuk identitas ruang dan makna. Hasil studi menunjukkan paradoks modernitas interior dapat dimaknai sebagai medan negosiasi antara keterbatasan fisik, ekspresi personal, dan tuntutan fungsional, membentuk ruang domestik tidak hanya sebagai tempat tinggal, melainkan sebagai medium artikulasi identitas dan pengalaman hidup. Sehingga strategi pemrograman interior modern yang hadir mengakui dan mengelola paradoks ketegangan modernitas.

This paper discusses the paradox of modernity in the interior as a form of negotiation in everyday experiences of modernity. This study identifies the presence of modernizing force in the modern life, existing as internal values that form spatial changes due to the need of self-expression and social structure; as well as external systems which is shaped by evolution of material and construction technologies enabled by mass production systems. This thesis then highlights that particular programming of modernity emerge either through inserting the realized socio-cultural reality or replicating idealized form of universal language. This paper sees that the different objectives of these programs generates tension and paradox within a modern interior, which then creates negotiations in the design approach. This thesis highlights the existence of design strategies that demonstrate such paradox, comprising of the dynamic zoning, adaptive modularity, and identity integration. This thesis explores a case study of the apartment renovation process by Shaun Tompkins in Melbourne, which is part of the Never Too Small Youtube content program that discusses various interior designs that respond to limitations of space. The project shows how the design is informed by paradox of modernity. The arrangements of objects that form areas and transitions reflect fluidity of spatial boundaries, modularity of furniture respond to variations in size and scale and portability of function, while the personal objects and individual expressions shape the identity of space and meaning. The results of the study show that the paradox of interior modernity can be interpreted as a field of negotiation between physical limitations, personal expression, and functional demands, forming domestic space not only as a place to live, but also as a medium for the articulation of identity and life experience. The modern interior programming and its corresponding design strategy recognize and manages such paradox, as a continuous negotiation towards modernity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nathania Dameria Margriet
"Makalah ini membahas mengenai kampanye public relations yang diselenggarakan oleh PT BNI Life Insurance (BNI Life) sejak tahun 2018. Hal yang melatarbelakangi pelaksanaan kampanye ini adalah masih rendahnya awareness masyarakat Indonesia, terutama masyarakat millennial, terhadap pengelolaan keuangan dan penggunaan asuransi sebagai proteksi dan investasi jangka panjang. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menggambarkan penyelenggaraan kampanye public relations yang dilakukan oleh BNI Life, serta mendeskripsikan strategi perancangan pesan dan teknik kampanye yang digunakan BNI Life. Hasil penulisan makalah ini adalah BNI Life menggunakan beberapa strategi perancangan pesan, yaitu strategy of publicity, berupa publikasi melalui berbagai media dan kerjasama dengan awak media; strategy of persuasion, dengan mengadakan berbagai activation event; dan strategy of image, dengan melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility. Selain itu, BNI Life juga menerapkan beberapa teknik kampanye, yaitu teknik partisipasi, melalui kerjasama yang dilakukan dengan pihak eksternal untuk memancing munculnya perhatian yang sama; teknik integratif, dengan penggunaan kata pada setiap publikasi yang menunjukkan adanya kesatuan diri antara komunikator dengan komunikan; serta teknik ganjaran, melalui publikasi yang disertai dengan keterangan manfaat.

This paper discusses the public relations campaign held by PT BNI Life Insurance (BNI Life) since 2018. The background to the implementation of this campaign is the low awareness of the Indonesian people, especially the millennial society, towards financial management and the use of insurance as a protection and long-term investment. The purpose of writing this paper is to describe the implementation of the public relations campaign conducted by BNI Life and describe the message design strategies and campaign techniques used by BNI Life. The results of this paper are that BNI Life uses message design strategies, namely the strategy of publicity, in the form of publications through various media and collaboration with media crews; strategy of persuasion, by holding various activation events; and strategy of image, by carrying out Corporate Social Responsibility activities. In addition, BNI Life also applies several campaign techniques, namely participasing technique, through collaboration with external parties to provoke the same attention; integrative technique, with the use of words in every publication that shows the existence of unity between the source and the receiver; and reward technique, through publications accompanied by description of the benefits."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library