Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bambang Haryo Prihatmanto; Nefo Purwono Trianggono
"ABSTRAK
Karya akhir ini membahas perumusan strateji marketing
produk perangkat lunak komputer mikro WordStar di Indonesia.
Seperti diketahui bersama WordStar selama ini sudah lama dan
banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, akan tetapi
penunjukan PT Wahana Datam Tiara sebagai distributor resmi
produk WordStar di Indonesia baru dilakukan awal tahun ini.
Perumusan strateji marketing dalam karya akhir ini
mempergunakan konsep Mega Marketing. Mega Marketing adalah
aplikasi dan ketrampilan dalanì bidang ekonomi, psikologi,
politik dan hubungan masyarakat yang dikoordinasikan secara
stratejik untuk memperkuat kerjasama antar kelompok yang
terlibat dalam rangka memasuki atau beroperasi pada pasar
tertentu. Konsep ini berisi program bauran marketing dengan
tambahan dua variabel yaitu Power (Kekuasaan) dan Public
relation (Hubungan masyarakat).
Konsep Mega Marketing digunakan oleh karena pasar yang
dihadapi adalah blocked/protected market. Keadaan ini
ditandai dengan adanya kesadaran hukum yang rendah, keenggan?
an pemakai untuk membeli produk resmi yang lebih mahal karena
sebelum adanya Undang - Undang Hak Cipta mereka bisa
mendapatkan produk ini secara murah, adanya instansi yang
membelj produk WordStar langsung dan luar negri dan mudahnya
melakukan pengkopiari produk ini. Keadaan tersebut menjadjkan
pertimbangan digunakan konsep Mega Marketing sebagai
pemecahan masalah.
"
Lengkap +
1990
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chandra Buana
"Pada penelitian ini, dilakukan perumusan strategi pemasaran untuk rawat inap kelas Utama dan VIP di lantai VI RSIA Budi Kemuliaan, dengan mempertimbangkan analisis situasi yang diperoleh dari seluruh faktor eksternal dan internal. Dengan analisis SWOT dan melalui proses Concensus Decision Making dapat ditentukan peluang dan ancaman, serta kekuatan dan kelemahan yang ada. Dari hasil tersebut diketahui bahwa posisi pelayanan rawat inap lantai VI adalah pada kuadran 2 ,yaitu Internal Fix-it . Tahapan selanjutnya adalah dengan memperhatikan kesesuaian antara Road map jangka panjang rumah sakit yang ada dengan analisis situasi dan posisi yang didapatkan, sehingga dapat dilakukan penyusunan dan penetapan strategi pemasaran secara tepat dengan melakukan bauran pemasarannya atau marketing mix, yaitu product, place/distribution, price, dan promotion.

Research was done in formulating marketing strategies for the First and VIP Class inpatient rooms at the sixth floor of the Budi Kemuliaan Women?s and Children?s Hospital by taking into consideration the situational analysis which was obtained from all external and internal factors. Through a SWOT analysis and a consensus decision making process, opportunities, threats, strengths and weaknesses were determined. This resulted in an outcome where the service of the sixth floor inpatient room was positioned in quadrant 2, i.e., Internal Fix-it. The next step was observing how the hospital`s long term road map matched with the outcome of the situational analysis, so that appropriate preparation and marketing strategies could be done through a marketing mix, i.e., product, place/distribution, price and promotion.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
T28443
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Nadia Prastika
"Generasi muda Indonesia yang berusia antara 15-34 tahun adalah pasar yang potensial bagi UNIQLO. UNIQLO memulai membuka tokonya dari tahun 2013 bersaing dengan brand terkenal lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa UNIQLO yang merupakan brand dari Jepang yang baru masuk ke Indonesia dapat dengan cepat diterima di Indonesia dan mengetahui bagaimana alur konsumen anak muda Indonesia dalam memutuskan pembelian produk UNIQLO. Penelitian ini menggunakan konsep rangsangan pemasaran dari Kotler dan alur keputusan pembelian dan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan kajian literature dan wawancara yang dilakukan kepada lima orang konsumen anak muda kelas menengah Indonesia. Penelitian ini menemukan, strategi UNIQLO dalam memasuki pasar konsumen Indonesia berdasarkan rangsangan pemasaran Kotler, produk yang dijual UNIQLO bagi konsumen kelas menengah dengan menawarkan kenyamanan dalam berpakaian. Alur keputusan pembelian konsumen membeli UNIQLO karena menawarkan produk yang sesuai dengan konsep zen pada budaya Jepang yang mementingkan kesederhanaan dan fungsional.

Indonesian youth between 15-34 years old is a potential market for UNIQLO. UNIQLO start opening the store on 2013 compete with other popular brands. The purpose of these studies are to find out why UNIQLO, a brand from Japan, that has just entered Indonesia can quickly be accepted in Indonesia and how is the flow of Indonesian youth consumers in deciding to purchase UNIQLO products. These studies uses the concept of marketing stimuli from Kotler and the flow of buyer decision and qualitative method using literature studies and conducted the interview with five Indonesian middle class youth consumers. These studies found that UNIQLO strategy entering Indonesian consumer market base on Kotlers marketing stimuli is the products which UNIQLO sell, for middle class consumer are offering comfort in dressing. The flow of buyer decision show that consumers buying the UNIQLO because UNIQLO offering the products accordance with Japanese culture of zen concept that emphasize simplicity and functionality."
Lengkap +
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taufik Hidayat
"Rumah merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Untuk itu pemerintah memandang perlu menyediakan fasilitas perumahan tersebut bagi masyarakat. Hal ini telah terwujud dengan berdirinya PERUM PERUMNAS dan Developer-developer penyedia perumahan dengan fasilitas KPR BTN dan KPR PT. PAPAN SEJAHTERA. Dengan semakin menjamurnya bank-bank pemberi KPR akan membawa dampak persaingan yang ketat bagi PT. "X". Untuk itu PT. "X" harus menerapkan strategi bauran pemasarannya untuk mempertahankan Market Share dan posisinya sebagai Market Leader. Adapun metode penelitian yang penulis lakukan adalah dengan melakukan survey langsung ke PT. "X" yang menjadi obyek penelitian. Dengan melakukan interview langsung pada beberapa pejabat PT. "X", penulis mendapatkan informasi-informasi yang dapat membantu penulis untuk menganalisa skripsi ini, selain itu penulis juga data dari Biro -Pusat Statistik, perpustakaan. mengumpulkan dataREI dan ' buku-buku Analisa skripsi ini ialah dengan menggunakan analisa SWOT atau analisa internal - ekternal. Dalam analisa tersebut penulis juga menggunakan data-data atau informasi-informasi yang dimiliki pesaing sebagai bahan ,perbandingan. Hasil analisa dimasukkan ke dalam matrik internal-ekternal untuk menentukan strategi apa yang akan dipilih oleh PT. "X" untuk mempertahankan market-sharenya. D~ri hasil analisa dapat disimpulkan bahwa, sebaiknya PT. "X" menerapkan "growth strategy" sebagai landasan untuk mempertahankan market-sharenya dan posisinya sebagai Market Leader. Namun untuk melaksanakan "growth strategy" tersebut secara efektif PT. "X" harus memperbaiki kelemahan-kelemahan internal yang ada. Akhirnya penulis menyarankan sebaiknya PT. "X" memperbaiki kelemahankelemahan internal tersebut sehingga pelaksanaan "growth strategi" untuk mempertahankan market-share dan posisinya sebagai Market Leader dapat berjalan dengan lebih efektif."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18503
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosmegawati
"Surat kabar sebagai sumber informasi yang aktual bagi masyarakat saat ini banyak beredar di pasar, sehingga persaingannya sangat kompetitif. Oleh sebab itu perlu adanya suatu strategi pemasaran untuk mampu menghadapi pasar. Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat seberapa jauh strategi marketing mix perusahaan mampu menghadapi pasar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitinn lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan untuk memperoleh data primer, sedangkan melalui penelitian kepustakaan guna memperoleh data sekunder berupa teori sabagai penunjang data primer. Berdasarkan penelitian ini penulis memperoleh hasil sebagai berikut : Kebijaksanaan produk-produk perusahaan adalah surat kabar yang khusus untuk memberikan informasi ekanomi, keuangan dan industri, disamping itu nama surat kabat berubah menjadi " Harian Ekonami Neraca ". Kebijaksanaan Promosi perusahaan mengqunakan kegiatan promosi melalui direct selling dan advertising. Kebijaksanaan harga perusahaan dengan menekankan harga berdasarkan image produk dan harga pesaing. Kebijaksanaan distribusi perusahaan menggunakan sistim berlangganan melalui agen dan perusahaan dan menggunakan saluran pengecer. Dari hasil nenelitian ini penulis menyimpulkan bahwa perusahaan menerapkan strategi marketing mix dalam kegiatan pemasaran produknya. Tapi saat ini perusahaan masih kurang dalam melaksanakan kebijaksanaan promosi dan distribusi. Oleh sebab itu penulis menyarankan agar perusahaan memperbaiki kebijaksanaan promasi dan distribusinya. Perbaikan kebijaksanaan distribusi agar perusahaan menambahkan saluran pengecer untuk dapat menjangkau sasaran pasar yang belum terjangkau oleh salesgirl dan agen, sedangkan perbaikan kebijaksanaan promosi agar perusahaan melakukan kegiatan promosi agar perusahaan melakukan kegiatan promosi lebih gencar lagi."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18493
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fitria Afriani
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tinjauan sosiologis mengenai
kewirausahaan pedagang muda di Pasar Santa yang terletak di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.Kewirausahaan sendiri merupakan pengambilan resiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangan-tantangan persaingan.Argumen utama peneliti adalah salah satu hal yang membuat para pedagang muda Pasar Santa mampu bertahan dalam menjalankan kegiatan wirausahanya saat hingga saat ini tidak hanya disebabkan oleh karakteristik atau semangat berwirausaha mereka yang terkesan tidak mengikuti tren saja, tetapi juga karena kemampuan mereka dalam mengelola dan menerapkan strategi marketing untuk menarik dan mempertahankan konsumennya. Untuk menggali permasalahan tersebut secara lebih mendalam, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
melakukan observasi dan wawancara mendalam terhadap lima orang pedagang muda di Pasar Santa. Peneliti juga melakukan wawancara dengan pihak pengelola pasar untuk mengetahui bagaimana sejarah Pasar Santa itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal-hal yang melatarbelakangi keputusan para pedagang muda untuk membuka kios di Pasar Santa adalah adanya hasrat ingin bebas dan peluang yang terdapat di dalam pasar mulai dari harga sewa kios yang relatif murah yakni berkisar 3-3,5 juta per tahun dan lokasi pasar yang terbilang strategis.Strategi marketing yang mereka gunakan untuk mempertahankan usahanya terdiri dari penyelenggaraan event, penggunaan media sosial dan pemanfaatan jaringan pertemananan maupun keluarga.Fenomena kewirausahaan pedagang muda Pasar
Santa merupakan sebuah bukti bahwa entrepreneur Indonesia tidak hanya didominasi oleh entrepreneur yang hanya ikut-ikutan tren saja, tapi merupakan sekelompok orang yang memiliki spirit atau jiwa entrepreneur.Fenomena ini ternyata menghasilkan suatu kerjasama yang baik yang tercermin lewat kegiatan duduk barengbaik antar pedagang maupun antar pedagang dengan pihak pengelola pasar.

ABSTRACT
This thesis aims to determine how the sociological perspective regarding
young entrepreneurship in Pasar Santa, Kebayoran Baru, South Jakarta.
Entrepreneurship itself is taking a risk to run own business by taking advantage of
opportunities to create new businesses or with an innovative approach to develop the
business into major and independent in facing the challenges of competition. The
main argument of this thesis is one of the things that makes the young entrepreneur
Pasar Santa is able to survive in running entrepreneurial moment until today not only
due to the characteristics or the spirit of entrepreneurship they were impressed not
follow trends, but also because of their ability to manage and implement strategies
marketing to attract and retain their consumer. To explore these issues deeply,
researchers used a qualitative approach to observation and in-depth interviews of five
young entrepreneur in Pasar Santa. Researchers also conducted interviews with the
manager of the market to see how the history of Pasar Santa itself. The results
showed that the matters underlying the decision of the young entrepreneur to open a
store in Pasar Santa is their desire to be free and the opportunities present in the
market ranging from stall rental prices are relatively cheap which ranges from 3-3.5
million per year, and the location is fairly strategic. Marketing strategies that they use
to defend their business is organizing events, employing social media and utilization
network. This phenomenon is a proof that the Indonesian entrepreneur is not only
dominated by entrepreneurs who just went along with the trend, but a group of people
who have the entrepreneurial spirit or soul. This phenomenon turned out toproduce a
good cooperation that shown by the activity of duduk bareng (sit together to discuss
their business)."
Lengkap +
2016
T46307
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elvira Yunita
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26673
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maharani Dwi Astuti
"Pengurangan daya angkut dan kekhawatiran penumpang terkait kebersihan dan keamanan kereta selama masa pandemi Covid-19 menyebabkan menurunnya jumlah pengguna moda transportasi kereta rel listrik (KRL) yang cukup signifikan yakni sebesar 83,55% pada April 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada bulan yang sama. Oleh karena hal tersebut PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebagai penyedia jasa layanan KRL perlu melakukan upaya-upaya yang berguna untuk meningkatkan pelayanan dan pemasaran supaya masyarakat dapat memanfaatkan layanan KRL secara aman dan nyaman serta meyakinkan penumpang bahwa perusahaan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang paling baik selama masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya komersial layanan kereta rel listrik (KRL) pada masa pandemi Covid-19 melalui pendekatan strategi Marketing Mix 7P. Teori yang digunakan ialah strategi Marketing Mix 7P oleh Kotler (2002) yang diantaranya terdiri dari strategi product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian post-positivist dan termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. KCI menerapkan upaya-upaya baru pada dimensi product, promotion, price, people, process, dan physical evidence menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 sementara belum ada upaya baru pada dimensi place.

The Covid-19 pandemic crisis has greatly impacted a major reduction in service capacity and also rising anxiety among communities using public transport which has an impact on the decrease in the number of users of the electric multiple unit train (KRL) services, which was 83,55% lower in April 2020 compared to the previous year before the pandemic. Given the circumstances it is crucial for PT. Kereta Commuter Indonesia to make some efforts to improve both services and marketing so that people can feel safe using the services and convinced that KCI continues to strive to provide the vest service even during the Covid-19 pandemic. This study aims to analyze the efforts of KRL services during the Covid-19 pandemic through the Marketing Mix 7P strategies by Kotler (2002) which includes product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence strategies.This study uses a post-positivist research approach and belongs to the type of descriptive research. The data collection techniques used were interviews and library research. The results of this study indicate that PT. Kereta Commuter Indonesia has implemented new efforts in product, promotion, price, people, process, and physical evidence strategies while there has been no change in place strategy during the Covid-19 pandemic."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gupta Ganesha Pertama
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang penggunaan strategi growth hacking marketing pada perusahaan startup ecommerce PT bukalapak.com yang di dalamnya memaparkan penggunaan metode AARRR yakni Aquisition, Activation, Retention, Refferal dan Revenue pada strategi growth hacking marketing yang dilakukan PT. Bukalapak.com. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada 4 narasumber yang berasal dari jajaran staff bukalapak.com dan juga pengguna aktif ecommerce. Pengumpulan data juga dilengkapi dengan artikel jurnal, pemberitaan media, dan wawancara media lain yang terkait dengan penelitian ini. Penelitiian ini kemudian melakukan analisa mendalam mengenai implementasi strategi growth hacking pada perusahaan bukalapak.com. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT bukalapak.com telah berhasil menerapkan strategi growth hacking marketing sebagai salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan dalam waktu yang singkat. Melalui penelitian ini, penulis menyarankan bahwa perusahaan ecommerce PT Bukalapak.com perlu mengembangkan lagi strategi growth hacking marketing yang telah diterapkan sebelumnya. PT bukalapak.com perlu melakukan inovasi dan kreativitas pada strategi marketing yang dijalankan guna meraih posisi puncak sebagai perusahaan e-commerce terbaik di Indonesia.

ABSTRACT
This thesis discusses the use of growth hacking marketing strategies on ecommerce startup company PT bukalapak.com which involve the use of AARRR methods contains . Aquisition, Activation, Retention, Refferal and Revenue in terms of growh hacking marketing strategies being implemented by PT bukalapak. This study is a qualitative research with descriptive design. Data cellecting were being held by gaining information from in depth interview with fiour infomant from PT Bukalapak staff and e commerce user. Other information also gained from journals, news article, and other interview by media related to this research. This research then analyse the implementation of growth hacking strategy at PT. Bukalapak.com. The results of this study showed that PT bukalapak.com has successfully implemented growth hacking marketing strategy as a marketing strategy to boost growth in a short time. Through this research, the authors suggest that the e commerce company PT Bukalapak.com need to develop their growth hacking marketing strategy that have been previously applied. PT bukalapak.com need to boost innovation and creativity in marketing strategies in order to achieve the top position as the best e commerce company in Indonesia.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T46884
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>