Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wijaya Panjalumurti
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5128
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4770
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
S5801
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novie Susanti
Abstrak :
Saat ini ada begitu banyaknya produk retail busana dan aksesori yang dapat dipilih dengan semakin banyaknya merek-merek dari luar negeri yang turut berdatangan meramaikan pasar bisnis mode di Indonesia. Dan setiap organisasi bisnis pasti membutuhkan komunikasi pemasaran untuk memasyarakatkan produk atau jasanya. Kebutuhan akan Strategi komunikasi pemasaran yang efektif juga berlaku bagi produk mode waralaba (franchise) seperti Bebe, waiaupun merek ini sudah amat dikenal secara luas di Amerika Serikat. Namun hal ini belum tercapai sepenuhnya di Indonesia. Kajian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus. Unit analisis dalam penelitian ini adalah merek Bebe. Aktivitas komunikasi pemasaran Bebe dievaluasi dengan mencemwati proses Bauran Komunikasi yang dilakukan. Metode yang digunakan untuk menganalisa adalah metode pendekatan konseptual Audit Komunikasi dan Decision Sequence Framework Model yang melihat Strategi komunikasi pemasaran dari Analisa Situasi, Sasaran dan Positioning, Strategi Segmentasi-Targeting-Positioning, Implementasi, dan Evaluasi. Penulis menemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran Bebe sebagai produk mode yang menggunakan sistem waralaba (franchise) belum berjalan dengan efektif dan belum mencapai sasaran-sasaran yang dituju. Hai ini disebabkan karena usaha untuk membangun brand awareness dan brand loyalty belum dilakukan secara optimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi pihak-pihak yang sedang membuat strategi komunikasi pemasaran, khususnya untuk produk waralaba (franchise) yang memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu. Di sisi akademis, penelitian ini diharapkan mendorong adanya penelitian Iainnya dengan menggunakan metode-metode penelitian lain hingga dapat mengungkapkan faktor-faktor yang tidak terbahas dalam penelitian ini.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2007
T17371
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R.A. Putri Shakty Aroembinang
Abstrak :
Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan oleh Bank Rakyat Indonesia (Bank BRI) merupakan produk kredit canangan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan nasional melalui pembiayaan kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Penyaluran produk KUR dilakukan oleh beberapa enam bank pelaksana termasuk Bank BRI. Bersaing dengan bank lain dalam penyaluran produk KUR merupakan tantangan berat yang dihadapi Bank BRI. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan strategi-strategi terutama strategi pemasaran dan bagaimana mengkomunikasikan strategi tersebut dalam bauranbauran komunikasi. Hal tersebut menjadi subjek yang menarik untuk dikaji dalam pemaparan yang bersifat deskriptif. Penggambaran secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan, gejala, atau kegiatan-kegiatan tertentu merupakan tujuan penelitian ini. Pemaparan dengan pendekatan kualitatif merupakan pendekatan tepat yang memiliki karakteristik data yang dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting) tanpa merubahnya ke dalam bentuk simbol-simbol atau bilangan. Strategi penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Subjek kajian atau unit analisis yang ditentukan dalam penelitian ini adalah individual yang menjadi narasumber utama terhadap upaya memasarkan produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) di tengah masyarakat dan ditengah persaingan dengan bank-bank lain yang menyalurkan produk serupa. Narasumber utama merupakan individu yang bekerja di Divisi Marketing Communication Bank BRI. ......Kredit Usaha Rakyat (KUR) which is distributed by Bank Rakyat Indonesia (BRI) is a loan product made by government aimed to increase the national income through micro-financing small and medium enterprises (SMEs). KUR product distribution is executed by six national banks including Bank BRI. Compete with other banks in the distribution of products KUR is a challenge faced by the Bank BRI. To achieve that goals, Bank BRI needs great strategies especially marketing strategy and how to communicate those strategies in marketing communication mix strategy. It became an interesting subject to be studied in a descriptive presentation. Precise depiction of the properties of an individual, state, symptoms, or certain activities is the purpose of this study. Exposure to the qualitative approach is the right approach which has the characteristics of the data set forth in reasonable condition or as a (natural setting) without change in the form of symbols or numbers. Strategy of research is a case study. Study subjects or units of analysis in this study is determined the individual to be the main resource for product marketing efforts Kredit Usaha Rakyat (KUR) in the community and in the middle of the competition with other banks that distribute similar products. The main resource person is an individual who works in the Division of Marketing Communications Bank BRI.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35564
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Emilia Abby
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang analisa positioning KidZania Jakarta dengan studi kasus pada program TeenZania, sebuah program yang dibuat sebagai strategi marketing untuk menghadapi situasi pandemi COVID-19. Namun, program ini tidak sesuai dengan positioning KidZania sebagai themepark untuk anak usia 2-16 tahun dengan konsep edukasi. Pada penelitian ini, peneliti menganalisa strategi komunikasi pemasaran KidZania menggunakan konsep dari Kotler (2020) dan positioning KidZania sebagai themepark dengan konsep edukasi untuk anak usia 2-16 tahun menggunakan konsep positioning Kotler & Armstrong (2021). Penelitian ini menggunakan paradigma post positivistic dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan narasumber, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa KidZania mengkomunikasikan positioning sebagai themepark dengan konsep edukasi untuk anak usia 2–16 tahun, dan walaupun KidZania membuat program TeenZania untuk remaja hingga dewasa yang merupakan suatu program yang berhasil, namun KidZania masih mempertahankan positioning nya dengan melakukan strategi komunikasi pemasaran lainnya agar KidZania masih erat dengan anak-anak di benak target market nya. ......This research discusses the analysis of KidZania Jakarta's positioning with a case study on the TeenZania program, a program created as a marketing strategy to deal with the COVID-19 pandemic situation. However, this program is not in accordance with KidZania's position as a theme park for children aged 2-16 years with an educational concept. In this study, researchers analyzed KidZania's marketing communication strategy using the concept from Kotler (2020) and positioning KidZania as a theme park with an educational concept for children aged 2-16 years using the positioning concept of Kotler & Armstrong (2021). This study uses a post-positivistic paradigm with qualitative research methods. Data collection techniques were carried out by in-depth interviews with sources, observation, and documentation. The results showed that KidZania communicated positioning as a theme park with an educational concept for children aged 2–16 years, and even though KidZania made the TeenZania program for teenagers to adults which was a successful program, KidZania still maintained its positioning by implementing other marketing communication strategies so that KidZania still closely with children in the minds of its target market.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haniv Damarjati
Abstrak :
Saat ini, Aktivitas pemasaran yang sudah begitu kreatif di era globalisasi saat ini, sudah berkembang sangat pesat. Dapat dilihat salah satu alat pemasaran yang kita kenal sebagai strategi komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran dalam penerapannya menggunakan suatu tools yang discbut komunikasi pcmasaran terpadu atau integrated marketing communication (IMC). Dalam LMC, pemasar tidak terbatas hanya menggunakan satu elemen tertenlu, tetapi juga dapat menggunakan beberapa elemen sekaligus untuk hasil yang lebih optimal. Dunia pemasaran dewasa ini sudah dapat menerima bahwa komunikasi pemasaran dapat membentuk brand awareness dan brand image untuk membangun dan memperkuat brand equily. ......Now, Marketing Activities become creative and providing rapidly and. We have seen for either tool that we know as marketing communication strategy, that called integrated marketing Communication or IMC. In IMC there are no limited using, but also the marketer could implement a few strategy to achieve optimum result. Marketing world can have accepted fact, that marketing communication can inform brand awareness and brand image in developing and strengthen brand equity.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T33411
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Anidya Priyadi
Abstrak :
ABSTRAK
PT Broadband Multimedia Tbk Merupakan perusahaan yang bergerak dalam usaha penyelenggara program TV Kabel, dengan merk dagang Kabelvision Perusahaan yang bernaung di bawah grup usaha Lippo mulai beroperasi sejak awal tahun 1999 dengan cakupan jaringan kabel serat optik meliputi daerah-daerah Jakarta dan sekitarnya serta kota Surabaya dan Bali. Di dalam menentukan daerah yang akan dilewati oleh jaringan kabel serat optiknya, perusahaan memilih wilayah yang memiliki buying power yang tinggi. Riset pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan pada tahun 1998, menunjukan saluran-saÌuran Internasional dan nasional yang ada pada Kabelvision dinilai cukup menarik, serta dianggap sesuai dengan target market yang dipilih oleh perusahan. Walaupun memiliki produk jasa yang menarik serta biaya langganan yang sesuai serta ditambah adanya fasilitas pendaftaran yang memudahkan calon pelanggan untuk mendafiar, temyata jumlah pelanggan perumahan KabelVision masih dibawah target yang telah ditentukan. Oleh karena itu permasalahan yang ada pada perusabaan adalah dalam haI komunikasi pemasarannya.

Penulis dalam hal ¡ni melakukan suatu riset kualitatif, dengan cara in- depth interview untuk mengetahui sampai dimana potential market berada pada response hierarchy models serta mengetahui lebih dalam mengenai pengetahuan dan pendapat mereka mengenai program TV Kabel Kabelvision. Dari in-depth interview dilakukan oleh penulis tersebut disimpulkan bahwa sebagian besar potential market berada di tahap kognitif (cognitive stage) pada response hierarchy models. Di samping potential marker icurang memiliki pengetahuan yang cukup dalam mengenai manfaat-manfaat yang dimiliki Kabelvision, hal ini dapat dilihat dengan salah satunya adalah mereka mengatakan bahwa manfaat berlangganan Kabelvision adalah bisa menonton tayangan film lebih banyak. Selain kurang mengetahui mengenai manfaat manfaat yang didapat bila beriangganan Kabelvision, mereka juga mempunyai keraguan serta kekuatiran bila berlangganan Kabelvision. Keraguan ¡kekuatiran tersebut seperti anak-anak mereka yang masih berusia sekolah dapat menonton tayangan dewasa serta meningkatnya jumlah waktu untuk menonton. Selanjutnya penulis menganalisa hasil in-depth interview tersebut untuk kemudian memberikan suatu perencanaan komunikasi pemasaran terpadu yang tepat, yang pada intinya adalah agar potential market dapat didorong ke affective stage serta behaviour stage yang pada akhirnya mereka mau berlangganan program televisi kabel Kabelvision.
2001
T5929
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salwa Jamal
Abstrak :
TikTok Shop, sebagai social commerce nomor satu di Indonesia, menghadirkan pengalaman baru dalam berbelanja secara online melalui live streaming shopping. Ini memungkinkan aktivitas jual beli dilakukan secara real time yang kemudian menjadi faktor online purchase intention. Salah satu toko yang mengadaptasi teknik ini dan berhasil adalah merek produk fashion lokal Swepo. Swepo berhasil memaksimalkan seluruh fitur live streaming shopping dengan memanfaatkan event Hari Belanja Online Nasional untuk meningkatkan penjualannya. Makalah ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana fenomena live streaming shopping dimanfaatkan melalui strategi komunikasi pemasaran merek produk fashion lokal Swepo. Qualitative Content Analysis digunakan sebagai metodologi pada analisis ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa online purchase intention meningkat melalui interactivity, perceived credibility, perceived attractiveness, argument quality, dan price awareness yang tumbuh akibat kemampuan komunikasi host dalam berinteraksi dengan penonton. ...... TikTok Shop, as the number one social commerce in Indonesia, presents a new experience in shopping online through live streaming shopping. This allows buying and selling activities to be carried out in real time which then becomes a factor of online purchase intention. One store that has adapted this technique and been successful is local fashion brand Swepo. Swepo managed to maximize all of its live streaming shopping features by taking advantage of the National Online Shopping Day event to increase its sales. This paper aims to find out how the phenomenon of live streaming shopping is exploited through the marketing communication strategy of the local fashion brand Swepo. Qualitative Content Analysis is used as the methodology in this analysis. The results of the analysis show that online purchase intention increases through interactivity, perceived credibility, perceived attractiveness, argument quality, and price awareness which grows due to the host's communication skills in interacting with the audience.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Arizal Fariz Ramdhany
Abstrak :
Tulisan ilmiah ini membahas mengenai strategi-strategi dan pengaplikasian komunikasi pemasaran oleh perusahaan dalam kegiatan pemasaran komersil, dalam hal ini khususnya adalah pekerjaan komunikasi pemasaran pada perusahaan properti. Pada pekerjaan-pekerjaannya di dunia kerja yang sebenarnya, divisi komunikasi pemasaran banyak bekerja sama dengan divisi pemasaran, namun divisi komunikasi pemasaran berfokus pada strategi-strategi komunikasinya dalam menjaga kestabilan dan meningkatkan penjualan produk-produk properti tiap bulannya melalui marketing communication tools yang paling efektif digunakan pada perusahaan properti. Divisi komunikasi pemasaran dapat dikatakan merupakan salah satu divisi penting dalam perusahaan. Di bawah divisi pemasaran, divisi komunikasi pemasaran ini banyak berperan dalam pekerjaan-pekerjaan marketing communication seperti pembuatan website perusahaan dan produk, e-mail dan semua interaksi komunikasi online antara pihak perusahaan dan para konsumennya (yang meliputi instant messaging, social media maintenance, phone call and text messaging). Divisi komunikasi pemasaran juga berperan dalam pekerjaan-pekerjaan seperti pembuatan iklan produk-produk properti yang dijual perusahaan di media-media “above the line” (website, web blog, social media, online forum, online store, etc), dan media-media “below the line” (koran, spanduk, banner, umbul-umbul, dan brosur). Pembuatan iklan produk-produk properti pada media-media tersebut tentu sebelumnya sudah dianalisis, direncanakan dengan matang strategi-strateginya, dan juga sudah disesuaikan dengan situasi, kondisi, hingga masalah-masalah komunikasi pemasaran produk-produk properti ini. Sehingga strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan sesuai dengan pasar sasaran produk-produk properti ini. ......This scientific writing is discuss the strategies and application of strategies and marketing communications by the company in the commercial marketing activities, in this particular case is the work of marketing communications in property company. At its works in the real world of work, marketing communications division work with many marketing division, but marketing communications division focuses on strategies for communication in maintaining stability and improving sales of property products each month through marketing communication tools that are most effectively used on company property. Marketing communication division can be said is one of the important divisions within the company. Under the marketing division, marketing communications division have a greater role in the works of marketing communication such as website creation for company and product, e- mail and all the interactions online communication between the company and its customers ( Marketing communications division also play a role in jobs such as property products ad creation sold by the company in the media "above the line" (website, web blogs, social media, online forums, online stores, etc), and media "below the line" (newspapers, banners, banners, banners, and flyers). Property products ad creation in these media would have previously been analyzed, carefully planned strategies, and has also been adapted to the situation, condition, to the problems of marketing communications in this property products. So the marketing communications strategy used by the company in accordance with the target market products this property.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>