Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Erina Citra Ilmy
Abstrak :
Fashion telah menjadi suatu gaya hidup dalam berpenampilan yang dapat mencerminkan identitas diri. Saat ini, wanita Muslim memiliki kesadaran lebih terhadap citra diri dan identitas sosial mereka sehingga mempengaruhi konsumsi mereka salah satunya terhadap hijab fashion. Hijab fashion merepresentasikan citra dari wanita Muslim yang membawa pesan taat pada perintah agama namun juga terlihat fashionable. Disisi lain, ternyata konsumsi pakaian fashion juga memiliki tujuan tersirat untuk menunjukan status sosial seseorang karena dianggap sebagai barang konsumsi publik. Dengan demikian, hijab fashion berpotensi memiliki hubungan dengan materialisme dan konsumsi status. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran fashion (fashion consciousness) pada konsumsi hijab fashion dan hubungannya terhadap religiusitas,konsumsi status, dan materialisme. Sampel penelitian ini adalah wanita milenial berhijab di Indonesia. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya berpakaian, motivasi fashion, sumber pengetahuan fashion, keunikan fashion, materialisme, dan konsumsi status secara positif mempengaruhi kesadaran fashion. Sementara religiusitas signifikan memoderasi pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran fashion terhadap kesadaran fashion secara keseluruhan, kecuali pada faktor materialisme dan sumber pengetahuan fashion. Sementara, kesadaran fashion secara positif mempengaruhi konsumsi hijab fashion.  ...... Fashion has become a lifestyle in appearance that can reflect self-identity. Nowadays, Muslim women having more conscious of their self-image and social identity, which affects their consumption, one of which is hijab fashion. Hijab fashion represents the image of Muslim women who carry a message obedient as religious orders but also looks fashionable. On the other hand, consumption of fashion clothing also has an implied purpose to show one's social status because it is considered as a public consumption good. Thus, hijab fashion has a potential relationship with materialism and status consumption. The purpose of this study is to determine factors that influencing fashion consciousness on hijab fashion consumption and its relationship to religiosity, status consumption, and materialism. The sample of this study consist of millennial women wearing hijab in Indonesia. This study using Structural Equation Modeling (SEM) for data processing methods. The results showed that dressing style, fashion motivation, sources of fashion knowledge, fashion uniqueness, materialism, and status consumption are positively influence fashion consciousness. While religiosity is significantly moderated the influence of a whole factor that effect fashion consciousness against fashion consciousness, except for materialism and the source of fashion knowledge factors. Meanwhile, fashion consciousness has positively affects the hijab fashion consumption.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Idzni Lutfiputri
Abstrak :
Tesis ini menganalisis pengaruh religiosity sebagai variabel moderasi terhadap status consumption akan fashion clothing. Model dalam penelitian ini mengadaptasi model dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Aron O rsquo;Cass, Wai Jin Lee Vida Siahtiri 2013 . Benang merah dari penelitian ini adalah melihat hubungan antara status consumption, religiosity, fashion consumption, brand status, dan willingness to pay premium price konsumen generasi Y di Indonesia. Dari hasil analisis data yang diperoleh dari 150 responden berusia 18-30 tahun melalui regresi linear SPSS, maka diperoleh hasil bahwa religiosity memiliki pengaruh melemahkan terhadap status consumption akan fashion clothing. Semakin tinggi tingkat religiosity konsumen, maka semakin rendah keinginan mereka melakukan status consumption akan fashion clothing. ...... This thesis analyze the effect of religiosity as moderating variable towards status consumption of fashion clothing. With model adapted from previous study conducted by Aron O rsquo Cass, Wai Jin Lee Vida Siahtiri 2013 , this research aims to examine the relationship between status consumption, religiosity, fashion consumption, brand status, and willingness to pay premium price of Gen Y consumer in Indonesia. By the the data obtained from 150 respondents aged 18 30 years old and analyzed using SPSS linear regression, it is found that religiosity has weaken the influence towards status consumption of fashion clothing. The higher consumer rsquo s religiosity level, the lower his intention to do status consumption of fashion clothing.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhany Yuliatmoko
Abstrak :
ABSTRAK
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan/atau tekanan diastolik ≥90 mmHg. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan konsumsi buah sayur dengan hipertensi dan estimasi besar risiko obesitas dan kurang konsumsi buah sayur terhadap kejadian hipertensi di Posbindu PTM Puskesmas Tanah Sereal dan Puskesmas Pasir Mulya Kota Bogor Tahun 2016 setelah dikontrol dengan variabel umur, jenis kelamin, merokok, konsumsi alkohol, aktivitas fisik dan tempat tinggal. Penelitian ini merupakan pengolahan dan analisis lanjut data sekunder kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di Puskesmas Tanah Sereal dan Puskesmas Pasir Mulya tahun 2016 (Bulan Januari s/d Desember Tahun 2016) dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah penduduk yang menjadi sasaran deteksi dini PTM kegiatan Posbindu PTM di Puskesmas Tanah Sereal dan Puskesmas Pasir Mulya tahun 2016, dengan sampel yang diperoleh sebanyak 927 responden. Analisis data bivariat dengan uji chi square dan multivariat dengan cox regresi. Hasil studi menunjukkan hubungan antara status gizi dengan hipertensi berinteraksi dengan tempat tinggal dan dikontrol variabel tempat tinggal dan konsumsi buah sayur, dengan nilai PR interaksi 2,7, artinya responden yang obesitas dan tinggal di perumahan berisiko 2,7 kali mengalami hipertensi. Hasil lainnya menunjukan hubungan antara konsumsi buah sayur dengan hipertensi setelah dikontrol variabel umur dan status gizi dengan nilai PR 1,4, artinya responden yang kurang konsumsi buah sayur berisiko 1,4 kali untuk mengalami hipertensi setelah dikontrol umur dan status gizi.
ABSTRACT
Hypertension or high blood pressure is a condition in which systolic blood pressure ≥140 mmHg and / or diastolic pressure ≥90 mmHg. This study aims to determine the relationship of nutritional status and consumption of fruit vegetables with hypertension and estimate the risk of obesity and less consumption of fruit vegetables to the incidence of hypertension in Posbindu PTM Puskesmas Tanah Sereal and Puskesmas Pasir Mulya Bogor City 2016 after controlled by variables age, sex, smoking, alcohol consumption, physical activity and residence. This research is the processing and further analysis of secondary data of Posbindu PTM at Puskesmas Tanah Sereal and Pasir Mulya in 2016 (January-December 2016) with Cross Sectional approach. The population of this research is the population that became the target of early detection of PTM Posbindu PTM activities in Puskesmas Tanah Sereal and Puskesmas Pasir Mulya in 2016, with samples obtained as many as 927 respondents. Analysis of bivariate data with chi square and multivariate test with cox regression. The result of the study shows the correlation between nutritional status with hypertension interaction with residence and controlled variable of residence and consumption of vegetable fruit, with interaction value of 2,7, mean that the respondent who is obese and stay in housing at risk 2,7 times have hypertension. Other results showed the relationship between consumption of fruits with hypertension after controlled variable age and nutritional status with PR value 1.4, meaning that respondents who consumed less vegetable fruit risk 1.4 times to experience hypertension after controlled age and nutritional status
2017
T48429
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soraya Nurfitria
Abstrak :
Penelitian ini membahas pengaruh konsumerisme, status consumption, dan consumer decision-making style terhadap brand status yang dimiliki oleh merek mode busana asal Asia dan barat pada dewasa muda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa pemasar mode busana perlu memosisikan mereknya ke merek yang berstatus sosial, peritel lain harus membangun merek yang memiliki status tinggi untuk dapat meningkatkan sales, dan para akademisi perlu lebih mendalami hal-hal yang berkaitan dengan konsumerisme dan pengaruhnya terhadap pembangunan suatu merek. ...... This research discusses the relationship of consumerism, status consumption, and consumer decision-making style of the brand status owned by fashion brands Asia and West country in young adults. This research is quantitative and has a descriptive research design. The results of the study suggest that marketers need to position its brand fashion brand to social status, other retailers have to build a brand that has a high status to be able to increase sales, and academics need to go deeper in matters related to consumerism and its effect on the development of a brand.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60222
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Anjani
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi status terhadap kesadaran akan fesyen dan status pada merek diantara Generasi Y atau yang dikenal sebagai generasi millennial konsumen Muslim di Indonesia dalam kesediaan untuk membayar dengan harga premium pada fesyen muslim dan religiusitas sebagai variabel moderasi. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 209 responden beragama muslim dan berumur 22 ndash; 37 tahun di Indonesia yang mengetahui merek premium pada situs Hijup. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif dan partial least squares menggunakan Smart PLS 3.0. Sebagai negara penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia dipilih karena menarik untuk melihat hubungan antara perilaku konsumen dan tingkat religiusitas mereka terhadap keputusan konsumsi akan status dan kesadaran akan fesyen mereka. Kata kunci: Muslim, Pakaian, Perilaku konsumen, Religiusitas. ...... This study aims to determine the effect of status consumption and status brand among Generation Y or known as Millennials of Muslim consumers in Indonesia towards willingness to pay price premium and religiosity as a moderation variable. The data is collected from a survey questionnaire to 209 Muslim with age around 22 37 in Indonesia who knows the premium brands on the Hijup website. The data are processed by descriptive analysis and partial least squares using Smart PLS 3.0. As the world 39s largest Muslim population, Indonesia was chosen because it is interesting to see the relationship between consumer behavior and their level of religiosity towards status consumption and fashion consciousness in consumption decision.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anindhitya Andriani
Abstrak :
Retailer seperti department store cenderung menggunakan strategi sales promotion dengan memberikan potongan harga. Hal ini menyebabkan konsumen untuk belajar menunda pembelian dan lebih memilih untuk membayar tidak dengan harga penuh. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari strategi limited edition dalam kolaborasi retailer-brand pada perilaku konsumen seperti urgency to buy, willingness to pay price premium, dan intention to share advertisement berdasarkan karakteristik status consumption. Analisis kovarians dilakukan untuk menguji 2 (collaboration duration: limited edition vs ongoing collection) x 2 (perceived retailer-brand fit: high fit vs low fit) x 2 (status consumption: high vs low) dengan menggunakan desain eksperimen between-subject (n=277). Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgency to buy, willingness to pay price premium, dan intention to share advertisement lebih tinggi pada pada partisipan yang memiliki karakteristik high-status consumption dan dengan kondisi strategi limited-edition pada kolaborasi yang dipersepsikan memiliki kecocokan yang tinggi. Penelitian ini memberikan kontribusi akademik mengenai perbedaan pengaruh strategi limited edition dalam kolaborasi retailer-brand dengan mempertimbangkan faktor karakteristik konsumen. Selain itu, penelitian ini juga memberikan implikasi manajerial berupa masukan dalam merancang strategi pemasaran dan menembangkan cara baru untuk meningkatkan kunjungan dan kinerja penjualan. ......Retailers such as department stores tend to use sales promotion by discounting items, which has caused the consumer to be less likely to pay at full price and learn to postpone their purchase. Therefore, this study aims at investigating the effects of status consumption and limited-edition strategy in a retailer-brand collaboration on consumer behaviours, i.e., the urgency to buy, willingness to pay a price premium, and sharing intention. Analysis of covariance was conducted to test a 2 (collaboration duration: limited edition vs ongoing collection) x 2 (perceived retailer-brand fit: high fit vs low fit) x 2 (status consumption: high vs low) between-subjects design (n=277). The result shows that the urgency to buy, willingness to pay a price premium, and sharing intention are favourable among the high-status consumption participants when the collaboration product is offered as limited-edition and has a high perceived retailer-brand fit. This study contributes to marketing literature in the space of the influence of consumer characteristics on the effectiveness of brand alliances and limited-edition strategy. Further, this study provides insights for managers to design competitive marketing strategies by considering the consumers’ characteristics and to develop new ways to increase in-store traffic by exciting consumers to make a purchase right away without marking the product on sale.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library