Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dela Natalia Malau
"Ekonomi digital Indonesia telah menunjukkan tingginya pertumbuhan perusahaan-perusahaan startup. Fenomena ini didukung dengan besarnya populasi yaitu jumlah pengguna telepon pintar mencapai ratusan juta. Jumlah perusahaan-perusahaan startup di Indonesia mencapai 2143 perusahaan pada tahun 2019. Namun, 93% dari mereka adalah startup kecil. Tingkat perusahaan startup diukur berdasarkan nilai valuasinya. Semakin besar valuasi dari perusahaan startup dipercaya akan mendorong pengembangan ekonomi digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia memiliki program 1000 startup digital sebagai langkah untuk mencapai beberapa tujuan pemerintah untuk memiliki lebih banyak Unicorn dan menjadi "The Digital energy of ASIA". Merespon keadaan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memahami secara sistemik pengembangan perusahaan startup dan valuasinya dengan menggunakan pendekatan sistem dinamis

Indonesia's digital economy has shown a high growth of startup companies. This phenomenon is supported by large population where the number of mobile phone users have reached a hundred million. The number of startup companies in Indonesia reached 2143 in 2019. However, 93% of them are small startups. The leveling of the startup company is measured by its valuation size. The bigger the valuation of a startup company is believed will help the digital economy development. The Ministry of Communication and Informatics of Indonesia has 1000 digital startups program as a step to reach government goal to have more unicorns and be the digital energy of Asia. In response to that, this research aims to understand the systemic impact of Indonesia's startup companies development and their valuation by using system dynamics approach."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditia Nakan
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas bagaimana faktor dari pemilik usaha rintisanberbasis teknologi digital dapat mempengaruhi kemampuan inovasi melalui mekanisme absorptive capacity ACAP . ACAP merupakan kemampuan mengenali informasi berharga dari luar dan mengeksplotasinya untuk menghasilkan suatu nilai ekonomis. Faktor individu yang diteliti meliputi modal manusia dan modal sosial. Aspek modal manusia yang dimaksud terdiri dari kategori umum pendidikan dan pengalaman manajerial dan kategori spesifik pengalaman di industri dan di startup . Faktor modal sosial terdiri dari jenis ikatan lemah yang menghubungkan beberapa komunitas/kelompok bridging dan ikatan kuat yang sering terlihat dalam hubungan keluarga atau pertemanan dekat bonding . Hasil analisis regresi linear menyatakan bahwa faktor modal manusia mempengaruhi nilai ACAP perusahaan. Sedangkan, faktor modal sosial, baik bridging dan bonding belum menunjukan pengaruh yang signifikan. Analisis lanjutan juga mendukung dugaan bahwa ACAP menjadi perantara mediator dari pengaruh modal manusia terhadap kemampuan inovasi, khususnya dari aspek tingkat pendidikan, pengalaman manajerial, pengalaman di industri terkait serta pengalaman dalam startup sebelumnya.

ABSTRACT
This study discusses how individual factors affect innovation performance of digital startup through mechanism of absorptive capacity ACAP . ACAP is defined as firm rsquo s ability to recognize valuable external information and exploit it to generate economic value. Individual factors in this study including human capital and social capital. Human capital described in this research as general human capital educational background and managerial experience and specific human capital experience in related industry and experience in previous startups . Social capital can be described as weak connection that exist between different communities or in other term as bridging factors and strong connection that usually exist in family close friendship bonding factors . Results of linear regression analysis demonstrate that human capital affects firms rsquo absorptive capacity while social capital does not indicate significant impact. Further analysis supports the notions that ACAP is a mediator of relationship between human capital and innovation performance, especially in relation from educational level, managerial experience, experience in related industry and also experience in previous startup."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endrik
"ABSTRAK
Tingkat kegagalan perusahaan digital startup masih tinggi yaitu 90 pada tingkat global. Melihat potensi Indonesia dalam bisnis digital dan dampak positif bagi perekonomian yang diberikan oleh startup, pemerintah pun melalui Badan Ekonomi Kreatif menargetkan penurunan tingkat kegagalan sampai dengan 70 . Digital startup dipengaruhi oleh faktor yang dapat membuatnya bertahan dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor apa saja yang memengaruhi keberlangsungan bisnis digital startup di Indonesia dan rekomendasi apa yang tepat berdasarkan faktor yang teridentifikasi. Penelitian menggunakan pendekatan campuran. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengkonfirmasi faktor yang diusulkan dan mengembangkannya jika ada faktor lain yang tidak teridentifikasi. Pendekatan yang sama juga dilakukan untuk menyusun rekomendasi. Pendekatan kuantatif dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang diterima dengan analilsis PLS-SEM dengan SmartPLS. Kuesioner diberikan kepada responden yang terlibat dalam industri digital startup. Penelitian menunjukkan sepuluh hipotesis yang diterima. Faktor tersebut meliputi aspek penelitian dan pengembangan, pendanaan, pendapatan, sistem manajemen, evolusi model bisnis, pelanggan, produk, ekosistem startup, regulasi, dan prototipe produk berbentuk MVP minimum viable product . MVP yang berfungsi dan fleksibel dalam pengembangannya merupakan faktor yang diterima dan signifikan yang dapat memengaruhi keberlangsungan bisnis startup. Dengan MVP, startup dapat menguji apakah model bisnis yang ditawarkan diterima oleh pasar.

ABSTRACT
More than 90 of digital startups fail, since they are not proper with the market and their cash ran out, it rsquo;s also the same number in Indonesia. Due to their importance to increase national economy, Agency of Creative Economy Indonesia BERKRAF set a target to decrease the failure rate into 70 . There are many factors influencing the sustainability and growth of digital startup. The purpose of this research is to find and analyze these factors that can affect to sustainability of startup. Individual interview with startup rsquo;s executive has been conducted to develop and confirm proposed conceptual model. Eleven hypotheses synthesized based on expert opinion and literature related. Questionnaire distributed to the people who actively involved in startup industry as respondents. After analysis process using PLS-SEM through SmartPLS, this research conducts the interviews with startup rsquo;s executive to compare the finding and gain recommendations. As the result, ten hypotheses are accepted while the another one is rejected. Ten hypotheses include: product development, funding, revenue, management system, model business evolution, customer, market, regulation, ecosystem, and MVP minimum viable product . MVP is one of the factor that accepted significantly influencing business sustainability of digital startup. MVP could help digital startup to test the business model whether accepted or rejected by market. Hypothesis on cash was rejected because most of respondent work at early stage startup that focus on developing innovated product. Contrast with the result, startup rsquo;s executive thought that cash is very important to support day-to-day operational and run the business. Recommendation provided based on finding, hope could increase successful startup in Indonesia."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Safitri Maya Nastiti
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran nilai Islam dalam pengembangan perusahaan startup digital. Studi-studi sebelumnya menunjukkan bahwa pengembangan perusahaan ditentukan pada nilai inovasi, modal psikologi dan pola kepemimpinan. Berbeda dari studi-studi sebelumnya dengan mengacu pada perusahaan startup digital PT. Badr Interactive penulis ingin menunjukkan bahwa faktor keberhasilan perusahaan rintisan atau startup tidak hanya ditentukan pada nilai inovasi, modal psikologi, dan pola kepemimpinan tetapi justru karena peran penting nilai Islam yang dibangun oleh perusahaan. Nilai Islam menciptakan meaning yang besar pada diri karyawan sehingga membuat mereka lebih survive dalam usaha mengembangkan perusahaan. Penelitian ini dikaji menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus pada PT Badr Interactive.

This study aims to explain the role of Islamic values in the development of digital startup companies. Previous studies show that company development is determined by the value of innovation, psychological capital and leadership patterns. Different from previous studies with reference to the digital startup company PT. Badr Interactive, the writer wants to show that the success factor of startup company is not only determined by the value of innovation, psychological capital, and leadership patterns but precisely because of the important role of Islamic values built by the company. Islamic values create a great meaning in employees so that they make them more survive in the effort to develop the company. This study was examined using qualitative research methods with case studies at PT Badr Interactive. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T54113
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Averyadi Setiawan
"Semakin banyak perusahaan startup digital memiliki dampak signifikan pada industri dan ekonomi secara global, menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana perusahaan-perusahaan ini memulai bisnis mereka dari ide-ide yang menarik. Peran inkubator bisnis dalam membina dan mengasuh startup digital dipandang perlu ketika pemilik bisnis mulai mengembangkan ide-idenya. Peran inkubator bisnis dalam mengembangkan perusahaan startup digital menjadi pertanyaan, bagaimana program bimbingan dapat mendukung perusahaan startup digital dalam mengembangkan dan menjalankan ide? Studi ini berupaya untuk menguraikan peran inkubator bisnis dalam mengembangkan perusahaan startup digital menggunakan tinjauan literatur sistematis dan analisis data kualitatif. Hasil studi menunjukkan tentang hubungan antara inkubator bisnis dan perusahaan startup digital dan program bimbingan yang disediakan oleh inkubator bisnis untuk mengembangkan perusahaan startup digital.

The growing number of digital start-up companies have a significant impact on the industry and economy globally, rising a question of how these companies commend their businesses out of intriguing ideas. The role of a business incubator in fostering and nurturing digital start-ups is argued to be necessary as business owners start developing the ideas. The roles of business incubators in developing digital start- ups become a question, how may the guidance program support the digital start-ups in developing and executing ideas? This study endeavors to elaborate on the role of business incubators in developing digital start-up companies using a systematic literature review and qualitative data analysis. The study result shows about relationship between business incubator and digital startup company and the guidance program provided by business incubator to develop digital startup company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Muthia Salma
"Skripsi ini membahas tentang iklim manajemen konflik dan kepemimpinan transformasional pada perusahaan startup digital dalam mempengaruhi perilaku inovatif karyawan melalui mediasi keterlibatan kerja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Sampel penelitian berasal dari 211 orang karyawan perusahaan startup digital yang telah bekerja selama minimal 1 tahun terakhir di Jabodetabek dengan olah data menerapkan metode Structural Equation Modeling (SEM) melalui perangkat lunak IBM SPSS Statisctics 22 dan Lisrel 8.51. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara iklim manajemen konflik terhadap perilaku inovatif, baik secara langsung maupun melalui mediator keterlibatan kerja. Namun, kepemimpinan transformasional tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara langsung terhadap perilaku inovatif, melainkan perlu dimediasi oleh keterlibatan kerja agar menghasilkan pengaruh positif yang signifikan.

The focus of this study is conflict management climate and transformational leadership at digital startups in influencing innovative behavior employees mediated by work engagement. This research is qualitative causal design. The data collected from 211 millennial employees of digital startups that have been working at least one last year. In processing data using Structural Equation Modeling (SEM) method with IBM SPSS Statisctics 22 and Lisrel 8.51 software. The results of this study indicate that there are significantly positive effects of conflict management climate towards innovative behavior, both directly and indirectly through work engagement as mediator. However, transformational leadership does not effect significantly towards innovative behavior, but necessary mediated by work engagement in order to result significantly positive effect."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library