Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Jusuf Akuan
Abstrak :
Skripsi ini merupakan suatu pembahasan dari hasil penelitian terhadap beberapa perpustakaan khusus yang bergerak dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Sebagai sasaran, penulis telah memilih perpustakaan Pusat Dokumentasi Hukum yang selanjutnya akan disingkat dengan PDH, perpustakaan Sajarah Politik dan Sosial disingkat SPS, Perpustakaan Badan dan Pengembangan Eksport Nasional disingkat BPEN, perpustakaan Museum Pusat, perpustakaan KOPKAMTIB, perpustakaan Pusat Dokumentasi Ilmiah Nasional, disingkat PDIN. Alasan penulis memilih perpustakaan tersebut di atas karena perpustakaan tersebut merupakan perpustakaan khusus yang ruang lingkupnya sudah bersifat nasional. Penelitian dilakukan khusus mengenai masalah penga_daan dan masalah-masalah lain yang berkaitan dengan penga_daan_
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1978
S15316
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Soepangat
Abstrak :
Perpustakaan ,yang bernaung di bawah suatu lembaga penelitian, oleh sementara paneliti di 1ingkungan Lembaga Oseanologi Niasional LIPI dianggap merupakan jantungnya lembaga. Ungkapan ini dimaksudkan untuk menekankan betapa pentingnya peranan perpustakaan di dalam kehidupan suatu lembaga penelitian. Oleh Mien Rifai disebutkan bahwa penelitian dan perpustakaan merupakan sokoguru ilmu pengetahuan. Keduanya merupakan dwitunggal dan tak terpisahkan satu sama lainnya. Perpustaknan merupakan bagian yang integral dan merupakan sarana yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup lembaga penelitian. Betapa suatu lembaga yang bergerak dalam bidang penelitian apa saja tentu akan banyak memerlukan data dan informasi yang da_pat menunjang program lembaga. Data dan informasi ini sangat penting untuk dapat mendasari suatu kebijaksanaan dalam usaha pengembangan sumber daya. Bagi perpusta_kaan Lembaga Oseanologi Nasional - LIPI (selanjutnya disebut perpustakaan LON - LIPT), data dan in formasi ini dapat mendasari suatu kebijaksanaan dalam usaha pengembangan sumber daya perairan. Data dan informasl tersebut perlu disampaikan kepada para peneliti di lingkungan lembaga pada khususnya dan di luar lembaga pada umumnya. Hal ini sudah meniadi tujuan bagi suatu perpustakaan khusus sebagai mana dikemukakan oleh Surace, bahwa tujuan perpustakaan khusus ialah menyampaikan informasi dnn i.lmu pengetahuan yang diperlukan kepada kelompok pemakai tertentu.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1983
S15400
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
White, Herbert S.
White Plains, NY : Knowledge Industry, 1984
026 WHI m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dale, Doris Cruger
Chicago : American Library Association, 1970
027.6 DAL u
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fidia Nuraini Almarsha
Abstrak :
Pustakawan merupakan salah satu komponen penunjang keberhasilan yang berada di dalam perpustakaan, sehingga diharuskan memiliki kecakapan dalam membantu pemustaka untuk dapat menggunakan dan mencari informasi yang dibutuhkan secara efisien dan efektif. Dengan kebutuhan pemustaka tersebut maka pustakawan memerlukan kompetensi agar dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi yang dimiliki oleh pustakawan di Perpustakaan XYZ Law Firm dengan mengacu kepada 6 standar yang di keluarkan oleh Special Library Association (SLA) yaitu Layanan Informasi dan Pengetahuan, Sistem Infomasi dan Pengetahuan dan Teknologi, Sumber Informasi dan Pengetahuan, Analisis, Temu Balik Informasi dan Data, Organisasi Data, Informasi dan Aset Pengetahuan, Etika Informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah pustakawan di Perpustakaan XYZ Law Firm dan objeknya adalah 6 kompetensi yang telah disebutkan. Hasil penelitian ini adalah 4 kompetensi dari 6 kompetensi yang di keluarkan oleh SLA telah dilakukan oleh pustakawan yaitu, kompetensi yaitu layanan informasi dan pengetahuan, sumber informasi dan pengetahuan, analisis, temu balik informasi dan data, dan etika informasi. Sedangkan 2 kompetensi lainnya yaitu kompetensi sistem informasi dan teknologi dan organisasi data, informasi dan pengetahuan belum terlaksana dengan cukup efektif. ......Librarians are one of the supporting components of success of the library, so they are required to have skills in helping the user use and search fo information needed efficiently and effectively. To fulfill the users needs, librarians need competencies in order to meet the information needs of users. This study aims to identify the competencies possessed by librarian in the XYZ Law Firm Library byreferring to the 6 standards by the Special Library Association (SLA). The standards are (1) Information and Knowledge Services, (2) Information and Knowledge Systems and Technology, (3) Information and Knowledge Resources, (4) Information and Data Retieval and Analysis, (5) Organzation of Data, Information, and Knowledge Assets, and (6) Information Ethics. This study uses a qualitative approach by using case study as its methods. The results show that 4 out of 6 competencies issued by SLA have been carried out by librarians, like, Information and Knowledge Services, Information and Knowledge Resources, Information and Data Retrieval and Analysis, and Information Ethics. Whereas the other 2 competencies, like Information and Knowledge Systems and Technology and Organization of Data, Information, and Knowledge Assets have not been carried out quite effetively.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutri Batul Aini
Abstrak :
Dalam teori knowledge management (KM) disebutkan bahwa perpustakaan menjadi salah satu komponen pendukung berhasilnya penerapan KM. Penelitian ini membahas mengenai peran perpustakaan dalam mendukung penerapan knowledge management di suatu organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah benar bahwa peran perpustakaan hanya berperan sebagai pengelola pengetahuan eksplisit. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deksriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan objek penelitian Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Manajemen (PPM Manajemen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perpustakaan dalam mendukung penerapan KM ternyata sangat penting, yaitu bukan hanya sebagai pengelola pengetahuan eksplisit melainkan juga sebagai pengelola pengetahuan implisit.
Information Resource Center PPM Manajemen In knowledge management (KM) theory, it is stated that library is one of the key to support a succesful KM implementation. This research explains about the role of library in supporting KM implementation in an organization. The objective of this research is to prove whether library only deals with explicit knowledge or not. This research is qualitative descriptive interpretative. Method used is case study with the object Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Manajemen (PPM Manajemen). Data were collected by means of deep interview. The researcher inferred that the role of a library in KM implementation is very significant due to its role both as an explicit and tacit knowledge manager.
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15510
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arfari Dwiatmodjo
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas peran one-person librarian dalam mengelola perpustakaan Pungkas Tri Baruno. Tujuan dari mengidentifikasi kegiatan pengelolaan perpustakaan khusus yang dilakukan oleh one-person librarian yang meliputi pertama, akses informasi, pengembangan koleksi, pemasaran, asistensi pemakai, dana dan sekertariat perpustakaan; kedua, menganalisis kendala yang dihadapi oleh one-person librarian dalam pengelolaan perpustakaan khusus agar dapat memahami kelebihan serta kekurangan one-person librarian dalam mengelola perpustakaan khusus Pungkas Tri Baruno. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini berupa identifikasi peran one-person librarian dalam mengelola perpustakaan khusus meliputi kegiatan akses informasi, pengembangan koleksi, pemasaran, dana dan kesekertariatan perpustakaan, dengan kesimpulan : peran yang sudah terlihat di Perpustakaan Pungkas Tri Baruno adalah peran one-person librarian telah melakukan kegiatan akses informasi, pengembangan koleksi, pemasaran, dan, dan sekertariat perpustakaan dengan cukup baik, namun perlu ditingkatkan lagi agar perpustakaan ini terus berkembang. Penelitian ini memberikan beberapa saran untuk Perpustakan Pungkas Tri Baruno agar keseluruhan peran utama oneperson librarian dapat berjalan dengan baik.
ABSTRACT
This thesis discribe the role of one-person librarian in managing the library Pungkas Tri Baruno. The purpose of this research is firstly, to identify management activities undertaken by one-person librarian including, information access, collection development, marketing, user assistance, funding and secretarial library work. Secondly, to analyze the constraints faced by one-person librarian in a special library management in order to understand the advantages and disadvantages of one-person librarian in managing a special library. The results of this research is identification of the role of the one-person librarian in a special library activities includes managing information access, collection development, marketing, funding and secretarial library work. This research concluded: the role that has been seen in the Library Pungkas Tri Baruno is the role of a one-person librarian which comprise of activity information access, collection development, marketing, and, and the secretarial library work which is carried out pretty well, but needs further improvement so that the library continues to grow.
2014
S54365
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwik Akta Piantri
Abstrak :
Skripsi ini mengenai analisis layanan perpustakaan BPS. Pelayanan dianalisis menggunakan metode dimensi kualitas layanan (SERVQUAL) yaitu: penampilan (tangibles), kehandalan (realibility), ketanggapan (responsiveness), kepastian (assurance) dan empati (emphaty). Hasil penelitian ini adalah perpustakaan BPS sudah memiliki kualitas pelayanan yang baik pada penampilan fisik, jaminan dalam penggunaan fasilitas dan layanan serta empati, tetapi kemampuan petugas dalam merespon pengguna dan keandalan petugas masih kurang baik. Penulis menyarankan agar petugas perpustakaan diberi bekal pengetahuan, keterampilan, pengalaman, kemauan dan sikap petugas dalam menghasilkan layanan sebaik mungkin sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna demi terciptanya layanan yang berkualitas. ......This thesis is about the library service of BPS. The library service is analyzed using the method of service quality (SERVQUAL) in the scope of tangibles, realibility, responsiveness, assurance and emphaty. Results of this study are the library of BPS already has a good service quality on its dimensions on the tangibles, assurance in the use of facilities, services and the emphaty for the staff. The ability of staff to respond to the user and the reliability of the staff are still poor. The author suggess that the BPS library staff are given the gain necessary knowledge, skills, experience, willingness and attitude to produce the best quality service to meet the needs of users in order the staff to produce services in best quality.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S564
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nasruddin Mansyur
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai Pemanfaatan Koleksi Audiovisual (DVD) di Perpustakaan Korean Cultural Center Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pengguna memanfaatkan koleksi audiovisual (DVD), jenisjenis subyek audiovisual (DVD) yang paling banyak dimanfaatkan pengguna serta hambatan yang dihadapi pengguna dalam memanfaatkan koleksi audiovisual (DVD). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah anggota perpustakaan KCC yang memanfaatkan koleksi DVD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pengguna memanfaatkan koleksi DVD yaitu untuk mengisi waktu luangnya, Subyek DVD drama yang sering dimanfaatkan oleh pengguna, serta tidak ada hambatan yang berarti dalam memanfaatkan koleksi DVD. ......This study focused about the utilization of audiovisual (DVD) collection in Korean Cultural Center Library Indonesia. The aim of this study are to discover user's intention for the utilization of audiovisual (DVD) collection, kind of subject that users used mostly, and the obstacle that users had when their used the collection. This study used quantitative approaches with survey methods. The respondents in this study are member of KCC library whom used the DVD collection. The result of this study showed that the aim of the users used the collection to spend their spare time, the subject that users mostly used is drama and they didn't have any obstacle to utilization the collection.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1966
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Usman Noor
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan informasi pengguna Perpustakaan Divisi Perencanaan dan Strategis BNI, dilihat dari karakteristik kebutuhan informasi, penggunaan informasi dalam pekerjaan, jenis sumber informasi yang digunakan, dan tanggapan pengguna terhadap peran pustakawan dalam membantu pengguna mencari informasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Divisi Perencanaan dan Strategis BNI. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat dari karakteristik kebutuhan informasi pengguna, mereka sangat membutuhkan informasi untuk menunjang pekerjaannya. Informasi yang didapat umumnya digunakan untuk menunjang riset. Internet dan Perpustakaan REN digunakan sebagai sumber informasi utama. dan pengguna berpendapat bahwa pustakawan REN telah melakukan perannya dengan baik ketika mereka mencari informasi.
Abstract
The objective of this research is to determine the information needs of users for Divisi Perencanaan dan Strategis Library, focused at the characteristics of information needs, the use of information, kind of information sources that used ,and user perception to the librarian role on helping users finding the information. This research is quantitative research using survey method. Respondents in this research were employees of Divisi Perencanaan dan Strategis BNI. The result is indicate they need information to support their tasks. Information generally obtained to support their research. Internet and REN Library is used as the primary source of information. Users think that REN librarian has done they role well when user seek information.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42757
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>