Ditemukan 243 dokumen yang sesuai dengan query
Situmorang, Duma Maharani
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S4895
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
S5060
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
White, Herbert S.
White Plains, NY : Knowledge Industry, 1984
026 WHI m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Lia Febrian
Abstrak :
ABSTRAK
Pelaksanaan pendidikan inklusif di Indonesia menghadapi tantangan khususnya dari guru karena guru harus melakukan perubahan dalam dukungan instruksional untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusif. Hasil penelitian sebelumnya menunjukan bahwa faktor yang memengaruhi kemampuan guru untuk dapat memberikan dukungan instruksional yang baik adalah tingkat self efficacy guru. Penelitian ini berdasarkan teori Bandura 1997 yang menyatakan bahwa self efficacy merupakan variabel yang bergantung pada konteks pekerjaan yang akan dilakukan yaitu self efficacy guru dalam pelaksanaan pendidikan inklusif. Untuk melihat hubungan antar variabel digunakan kerangka teori Job Demand-Resources yang menyatakan bahwa dalam melakukan sebuah pekerjaan, tingkat self efficacy karyawan, melalui mediasi oleh tingkat keterlibatan kerjanya, akan mempengaruhi performa kerja. Melalui kerangka teori ini maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mediasi dari keterlibatan guru terhadap pengaruh self efficacy guru dalam pelaksanaan pendidikan inklusif terhadap dukungan instruksional guru SD Inklusif Jakarta N = 250 . Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan alat ukur TEIP, ETS dan Instructional Support. Hasil penelitian menemukan bahwa keterlibatan guru memediasi secara parsial hubungan antara self efficacy guru dalam pelaksanaan pendidikan inklusif dengan dukungan instruksional yang diberikan di kelas inklusif.
ABSTRACT
The implementation of inclusive education in Indonesia faces challenges especially from teachers who have to be able to accomodate instructions towards student with special educational needs SEN in their classroom. Previous research showed teachers rsquo self efficacy was the factor influencing teachers rsquo abilities in giving the right instructional support. This study was based on Bandura rsquo s theory stating that self efficacy is a context sensible variable depending on the task which is the implementation of inclusive education. This study also used Job Demand Resource JD R theoretical framework saying that employees rsquo self efficacy is mediated by work engagement and affecting their job performance. With JD R framework, this study was conducted to know the role of teachers rsquo engagement as mediator in the relationship between teachers rsquo s self efficacy in inclusive education and instructional support from primary school teachers in Jakarta N 250 . This study was conducted quantitatively using the TEIP, ETS and Instructional Support scale. This study revealed that teachers rsquo engagement is partially mediated the relationship between teachers rsquo self efficacy in inclusive education and instructional support.
2017
T47914
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mohammad Jusuf Akuan
Abstrak :
Skripsi ini merupakan suatu pembahasan dari hasil penelitian terhadap beberapa perpustakaan khusus yang bergerak dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Sebagai sasaran, penulis telah memilih perpustakaan Pusat Dokumentasi Hukum yang selanjutnya akan disingkat dengan PDH, perpustakaan Sajarah Politik dan Sosial disingkat SPS, Perpustakaan Badan dan Pengembangan Eksport Nasional disingkat BPEN, perpustakaan Museum Pusat, perpustakaan KOPKAMTIB, perpustakaan Pusat Dokumentasi Ilmiah Nasional, disingkat PDIN. Alasan penulis memilih perpustakaan tersebut di atas karena perpustakaan tersebut merupakan perpustakaan khusus yang ruang lingkupnya sudah bersifat nasional. Penelitian dilakukan khusus mengenai masalah penga_daan dan masalah-masalah lain yang berkaitan dengan penga_daan_
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1978
S15316
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Imam Soepangat
Abstrak :
Perpustakaan ,yang bernaung di bawah suatu lembaga penelitian, oleh sementara paneliti di 1ingkungan Lembaga Oseanologi Niasional LIPI dianggap merupakan jantungnya lembaga. Ungkapan ini dimaksudkan untuk menekankan betapa pentingnya peranan perpustakaan di dalam kehidupan suatu lembaga penelitian. Oleh Mien Rifai disebutkan bahwa penelitian dan perpustakaan merupakan sokoguru ilmu pengetahuan. Keduanya merupakan dwitunggal dan tak terpisahkan satu sama lainnya. Perpustaknan merupakan bagian yang integral dan merupakan sarana yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup lembaga penelitian. Betapa suatu lembaga yang bergerak dalam bidang penelitian apa saja tentu akan banyak memerlukan data dan informasi yang da_pat menunjang program lembaga. Data dan informasi ini sangat penting untuk dapat mendasari suatu kebijaksanaan dalam usaha pengembangan sumber daya. Bagi perpusta_kaan Lembaga Oseanologi Nasional - LIPI (selanjutnya disebut perpustakaan LON - LIPT), data dan in formasi ini dapat mendasari suatu kebijaksanaan dalam usaha pengembangan sumber daya perairan. Data dan informasl tersebut perlu disampaikan kepada para peneliti di lingkungan lembaga pada khususnya dan di luar lembaga pada umumnya. Hal ini sudah meniadi tujuan bagi suatu perpustakaan khusus sebagai mana dikemukakan oleh Surace, bahwa tujuan perpustakaan khusus ialah menyampaikan informasi dnn i.lmu pengetahuan yang diperlukan kepada kelompok pemakai tertentu.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1983
S15400
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4571
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S4868
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4922
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
S5057
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library