Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahmat Adi Seputro
Abstrak :
Telah terbuat suatu system yang dapat membawa dan meletakan telur pada sebuah kemasan produksi. Sebagai actuator digunakan sebuah lengan mekanik yang digerakan dengan pneumatic untuk memindahkan telur pada kemasan. Semua control dikendalikan oleh mikrokontroller. Baik peralatan pendukung lainnya, seperti solenoid, motor dc dll ......Has been made a system that can paste up lable at artless sticker and also also paste up sticker is referred at production tidiness. As actuator used a mechanic arm for carry over egg to packing. All controls are controlled by mikrokontroller. Good supporting equipments other, like solenoid, motor dc etc
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Krisna Angga Ramadha
Abstrak :
Telah dibuat suatu sistem rancang bangun sebuah alat untuk pengujian suatu metode dalam percobaan tumbukan dengan menggunakan sistem jalur udara atau air track. Sistem ini dirancang dengan tujuan agar dapat mempermudah dalam mengetahui suatu metode fisika khususnya teori tumbukan. Dalam sistem ini tidak hanya teori tumbukan saja yang berperan melainkan juga teori kekekalan momentum dan juga gaya gesek cukup memeberi andil yang besar dalam sistem ini. Dalam perkembangan teknologi saat ini teori mengenai tumbukan sangat penting guna kemajuan teknologi untuk saat ini dan masa yang akan datang. Dalam tugas akhir ini, akan diaplikasikan metode tersebut dimana akan digunakan dua buah benda uji yang akan saling bertumbukan satu sama lain sehingga akan dihasilkan efek lenting dari proses tumbukan tersebut ......Have been made a system design and deverlopment to a appliance for the examination of collison method by using air band system or airtrack . This system is designed with a purpose to be can water down in knowing a physics method specially collison theory. In this system do not only just collison theory which sharing but also conservation of momentum theory as well as style fiddle enough big share to give in this system. In technological growth in this time theory concerning collison of vital importance utilize technological progress to in this time and a period of to come. In this final duty, method application will be the where will be used by two test object to is knocking against each other one another so that will be yielded by effect dash away from collide process
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2008
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Razak
Abstrak :
Sistem keran biasanya digerakkan secara manual oleh manusia dengan cara memutar atau menggerakkan keran ke atas atau ke bawah. Namun sistem keran secara manual ini memiliki kelemahannya yaitu keran yang mudah rusak dan pemborosan air dikarenakan kelalaian menutup keran. Dengan memanfaatkan sensor Passive Infrared (PIR) dan Ultrasonik sebagai pendeteksi objek berupa anggota tubuh manusia dan mengirimkan sinyal tersebut ke Mikrokontroler ATMEGA8535 sebagai pusat pengendalinya. Mikrokontroler ini akan mengirimkan instruksi untuk menggerakkan solenoid valve yang berfungsi sebagai katup aliran air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sensor PIR ini dapat mendeteksi objek dalam jarak maksimum 3 meter dan sensor Ultrasonik mendeteksi jarak sampai 4 meter. Ketika sensor PIR menerima radiasi panas dari objek, maka solenoide valve membuka katu untuk mengalirkan air. Begitu juga dengan Ultrasonik Ketika sensor Ultrasonik menerima pantulan bunyi dari objek didepannya dalam jarak tertentu maka solenoide valve membuka katup untuk mengalirkan air. Di samping itu dibutuhkan debit air tertentu untuk dapat mengaktifkan solenoide valve ......Water valve usually manual controlled by human with spin up or spin down but water valve manual system have negative side which this water valve easily destroyed and close the water valve. From that use passive infrared sensor ( PIR ) and Ultrasonic sensor as object detector in human organ and transimite that signal to microcontroller ATMEGA35 as central controller. This Microcontroller will transmit some instruction to spin the solenoid valve which used to water controler. Based on observasion this Passive Infrared sensor can detection motion with the maximum distance 3 meter and ultrasonic sensor detection until 4 meter. When PIR sensor receive calor radiation from object that solenoid valve will be open. Same with solenoid valve the ultrasonic sensor receive signal from in front the sensor. Beside that needed water debit to can make solenoid valve active condition
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2008
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nurrul Ahmad Hidayat
Abstrak :
Telah dibuat alat yang dapat mengisi dan mengepres gelas plastik secara otomatis berbasis mikrokontroller. Menggunakan ATmega 16 yang mana programnya dapat diubah sesuai dengan keinginan. Disini proses pengisian air, pengemasan dan pengambilan hasil produksi dengan adanya pendorong keatas mengunakan motor semuanya dikontrol oleh mikrokontroller ......Has created a tool that can fill a plastic cup and pressing automatically based microcontroller. Using the program ATmega 16 which can be modified in accordance with the desire. Here the process of water filling, packaging and making products with the driver of the motor uses up all controlled by the microcontroller
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Hermanto
Abstrak :
[ABSTRAK
Pada laporan akhir tesis ini telah dikembangkan suatu sistem untuk magnetisasi bahan magnet menjadi magnet permanen dan demagnetisasi dengan mengurangi kuat medan magnet suatu magnet permanen. Sistem ini digunakan untuk magnetisasi bahan magnet seperti Ferit, PrFeB, NdFeB dan jenis bahan magnet yang lain. Bahan magnet dapat dimagnetisasi menjadi magnet permanen dengan menerapkan medan magnet sampai diatas titik saturasi magnet dari bahan magnet pada waktu singkat atau dikenal dengan impulse magnetizer. Penerapan medan magnet menghasilkan momen magnetik dan memaksa domain-domain magnetik secara bertahap mengikuti arah medan magnet yang diterapkan. Jika medan magnet eksternal lebih kuat dari medan magnet saturasi magnetik dari bahan magnet maka domain-domain magnetik akan diorientasikan dengan arah yang baru. Sistem ini menggunakan kapasitor untuk menyimpan muatan listrik dan kemudian diterapkan pada lilitan kawat berbentuk solenoid multi lapis. Pada tesis ini telah berhasil melakukan magnetisasi dan demagnetisasi bahan magnet Ferit, PrFeB dan NdFeB dengan ukuran bahan maksimal 26mm.
ABSTRACT
On this nal thesis report has been developed a system for the magnetization of the magnetic material become permanent magnets and demagnetization by reducing the magnetic eld strength of a permanent magnet. This system is used for magnetize the magnetic material such as Ferrite, PrFeB, NdFeB magnets and other types of magnetic materials. Magnetic material can be magnetized into a permanent magnet by applying a magnetic eld above the saturation point of the magnetic material in a short time, known as impulse magnetizer. Application of a magnetic eld generates a magnetic moment and domain-domain magnetic force gradually follow the direction of the applied magnetic eld. If the external magnetic eld is stronger than the magnetic eld of a magnetic saturation of the magnetic material, the magnetic domains will be oriented to the new direction. This system uses a capacitor to store electrical charge and then applied to the multi-layer solenoid or coil by discharging process. On this thesis has been successfully doing magnetization and demagnetization magnetic materials such as Ferrite, NdFeB, PrFeB with a maximum material size of 26mm.;On this nal thesis report has been developed a system for the magnetization of the magnetic material become permanent magnets and demagnetization by reducing the magnetic eld strength of a permanent magnet. This system is used for magnetize the magnetic material such as Ferrite, PrFeB, NdFeB magnets and other types of magnetic materials. Magnetic material can be magnetized into a permanent magnet by applying a magnetic eld above the saturation point of the magnetic material in a short time, known as impulse magnetizer. Application of a magnetic eld generates a magnetic moment and domain-domain magnetic force gradually follow the direction of the applied magnetic eld. If the external magnetic eld is stronger than the magnetic eld of a magnetic saturation of the magnetic material, the magnetic domains will be oriented to the new direction. This system uses a capacitor to store electrical charge and then applied to the multi-layer solenoid or coil by discharging process. On this thesis has been successfully doing magnetization and demagnetization magnetic materials such as Ferrite, NdFeB, PrFeB with a maximum material size of 26mm., On this nal thesis report has been developed a system for the magnetization of the magnetic material become permanent magnets and demagnetization by reducing the magnetic eld strength of a permanent magnet. This system is used for magnetize the magnetic material such as Ferrite, PrFeB, NdFeB magnets and other types of magnetic materials. Magnetic material can be magnetized into a permanent magnet by applying a magnetic eld above the saturation point of the magnetic material in a short time, known as impulse magnetizer. Application of a magnetic eld generates a magnetic moment and domain-domain magnetic force gradually follow the direction of the applied magnetic eld. If the external magnetic eld is stronger than the magnetic eld of a magnetic saturation of the magnetic material, the magnetic domains will be oriented to the new direction. This system uses a capacitor to store electrical charge and then applied to the multi-layer solenoid or coil by discharging process. On this thesis has been successfully doing magnetization and demagnetization magnetic materials such as Ferrite, NdFeB, PrFeB with a maximum material size of 26mm.]
2015
T43886
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmanu Aziz
Abstrak :
Berwudhu merupakan salah satu syarat wajib dalam melaksanakan ibadah salat. Namun pada praktiknya, masyarakat di Indonesia masih boros dalam menggunakan air wudhu. Pada penelitian ini, diciptakan sebuah prototipe alat untuk menghemat penggunaan air wudhu. Alat ini digunakan dengan cara menyambungkannya dengan keran air di musala atau di masjid sehingga tidak perlu mengganti keran yang telah tersedia. Alat ini terdiri dari Solenoid Valve 12V DC yang terhubung dengan Step Down, Relay 5V dan Infrared (IR) Sensor 5V. Suplai energi menggunakan energi terbarukan berupa panel surya 10 Watt Peak (WP) yang terhubung dengan aki 12V sehingga energi dapat disimpan. Panel surya, komponen module dan aki dihubungkan dengan menggunakan PWM solar charge controller. Beberapa parameter yang penulis teliti agar alat ini layak digunakan di masjid atau di musala, yaitu respon atau sensitivitas alat, ketahanan (durability) dan persentase penghematan air. ......Ablution is one of the mandatory requirements before doing the prayer. But in practice, people in Indonesia are still wasteful in using ablution water. In this study, a prototype tool was created to conserve the use of ablution water. This tool is used by plugging it into a water tap in a musala or in a mosque, so there is no need to replace the available tap. This tool consists of a Solenoid Valve 12V DC which is connected to Step Down, Relay 5V and Infrared (IR) Sensor 5V. The energy supply uses renewable energy in the form of a 10 Watt Peak (WP) solar panel connected to a 12V battery so that energy can be stored. Solar panels, module components and batteries are connected using a PWM solar charge controller. Some parameters that the author examined so that this tool is suitable for use in mosques or in musala are the tool‟s response or sensitivity, durability and percentage of water savings.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Richardo Ariyanto
Abstrak :
Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi perangkat AC adalah dengan mengubah sistem menjadi Air Conditioner Water Heater (ACWH). Kalor yang dikeluarkan oleh sistem sebagai hasil dari kondensasi refrigeran akan ditangkap dan selanjutnya digunakan untuk memanaskan air, meningkatkan efisiensi dari perangkat AC. Penelitian ini menghasilkan suatu konsep sistem kendali yang dapat mengatur mode aliran refrigeran pada sistem ACWH, baik menuju air cooled condenser maupun menuju condenser water heater. Temperatur serta tekanan refrigeran pada sisi discharge kompresor serta temperatur pada tangki pemanas air dideteksi oleh perangkat akuisisi data, yang selanjutnya diolah dengan menggunakan aplikasi LabVIEW pada komputer. Aplikasi mengirimkan perintah kepada relay katup solenoid refrigeran yang mengatur aliran refrigeran ke condenser water heater. Perintah kepada relay ditransmisikan dengan metode komunikasi serial melalui perangkat mikrokontroler Arduino. Hasil pengujian untuk setpoint temperatur air panas 45°C, sistem berhasil mempertahankan temperatur air antara 45.6 °C dan 44.6°C. Rancang bangun sistem kendali yang dihasilkan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan serta menampilkan status alat ACWH, dan memastikan komponen alat ACWH berjalan dalam batas aman selama dalam proses pemanasan air. ......One of the methods that can be used to increase the efficiency of an Air Conditioning system is to convert it into an Air Conditioner Water Heater (ACWH) system. The heat released by the system due to refrigerant condensation will be captured and further used to heat the water, increasing the efficiency of the air conditioning device. This research resulted in a control system concept that can regulate the refrigerant flow mode in the ACWH system, both to the air-cooled condenser and to the condenser water heater. The data acquisition device detects the refrigerant's temperature and pressure on the compressor's discharge side and the temperature in the water heater tank, which is then processed using the LabView application on the computer. The application sends commands to the refrigerant solenoid valve relay that regulates the refrigerant flow to the condenser water heater. Commands to the relay are transmitted by serial communication method through Arduino microcontroller devices. Test results for a hot water temperature setpoint of 45°C, the system successfully maintained a water temperature between 45.6°C and 44.6°C. The resulting control system design makes it easier for users to operate and display the status of the ACWH system. It ensures that the components of the system run within safe limits during the water heating process.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Haidar Ramadhani
Abstrak :
Brake Booster adalah salah satu komponen utama pengereman pada sebuah kendaraan. Brake Booster pada kendaraan bermesin pembakaran dalam memanfaatkan Intake Manifold sebagai sumber tenaga, namun pada kendaraan bertenaga listrik tidak memiliki Intake Manifold, sehingga dikembangkan Brake Booster dengan sistem selain Vacuum Brake Booster. DC Electric Motorized Brake Booster menggunakan motor DC sebagai sumber tenaga, sedangkan Solenoid Brake Booster menggunakan konsep elektromagnetis sebgai sumber tenaga. Hasil dari perbandingan antara DC Electric Motorized Brake Booster dan Solenoid Brake Booster, menunjukan kenaikan tekanan oli rem yang signifikan yaitu sekitar 320%, namun kenaikan tersebut dihasilkan dengan menggunakan daya yang sedikit lebih besar, yaitu 1000 Watt konstan. Hasil tersebut dapat tercapai oleh sistem rasio gir 1:7 dan sistem ulir yang mengubah gerak putar menjadi gerak linar. Hasil tersebut menunjukan potensi yang cukup besar dalam pengereman mobil listrik. Namun terdapat beberapa saran terhadap tesis ini, yaitu sistem gear ratio bisa di kembangkan untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih baik dengan penggunaan daya yang lebih kecil. Dimensi pada sistem ini juga masih dapat dikembangkan agar menjadi lebih ringkas. ......Brake Booster is one of the main components of braking on a vehicle. Brake Booster for internal combustion engine vehicles utilizes the Intake Manifold as a source of power, but electric powered vehicles do not have an Intake Manifold, so a Brake Booster was developed with a system other than Vacuum Brake Booster. The DC Electric Motorized Brake Booster uses a DC motor as a power source, while the Solenoid Brake Booster uses an electromagnetic concept as a power source. The results of the comparison between the DC Electric Motorized Brake Booster and the Solenoid Brake Booster show a significant increase in brake oil pressure, which is around 320%, but this increase is produced by using slightly more power, namely 1000 Watts constant. This result can be achieved by a gear ratio system of 1:7 and a lead screw system that converts rotary motion into linear motion. These results show considerable potential in electric car braking. However, there are some suggestions for this thesis, namely the gear ratio system can be developed to get better results with less power usage. The dimensions of this system can also be developed to make it more compact.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afitro Adam Nugraha
Abstrak :
MEV 02 UI merupakan salah satu jenis city car sebagai program untuk mengubah kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik di Universitas Indonesia. Sistem komponen power assisted braking pada MEV 02 UI masih menggunakan jenis vacuum brake booster. Power assisted braking merupakan salah satu komponen pada sistem rem yang berfungsi membantu mendorong gaya injak pada pedal pengemudi dalam proses pengereman kendaraan. Vacuum brake booster membutuhkan kevakuman yang dihasilkan oleh intake manifold pada engine. Pada kendaraan listrik tidak terdapat kevakuman pada intake manifold karena engine diganti dengan motor listrik. Penggunaan vacuum brake booster pada kendaraan listrik membutuhkan komponen tambahan berupa pompa vakum. Penggunaan pompa vakum pada baterai kendaraan membutuhkan konsumsi listrik sebesar 3.9 Wh. Penelitian ini bertujuan untuk merancang mekanisme electric power assisted braking baru sebagai pengganti mekanisme vacuum brake booster. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah merancang komponen electric power assisted braking dan membuat prototipe. Prototipe diuji menggunakan simulasi uji rig. Electric power assisted braking menerapkan gaya magnet yang dihasilkan oleh solenoida dan menarik batang tuas yang terhubung ke master rem. Pedal rem yang diinjak pengemudi mengaktifkan aliran listrik pada solenoida dan mengaktifkan gaya tarik magnet sehingga gaya pengemudi dalam menekan pedal rem akan dibantu oleh mekanisme electric power assisted braking. Electric power assisted braking mampu mengurangi konsumsi listrik baterai hingga 28.2%.
MEV 02 UI is a type of city car as a program to convert conventional vehicles into electric vehicles at the University of Indonesia. The power assisted braking component system on MEV 02 UI still uses the type of vacuum brake booster. The brake booster is one of the components in the brake system which functions to assist reduce the force on the driver's pedal in the vehicle braking process. The vacuum brake booster requires a vacuum generated by the engine intake manifold. In an electric car, there is no vacuum in the intake manifold because the engine is changed by an electric motor. The use of a vacuum brake booster in electric cars requires an additional component of a vacuum pump. The use of a vacuum pump on a vehicle battery requires an electricity consumption of 3.9 Wh. This study aims to design a new electric power assisted braking mechanism as a replacement for the vacuum brake booster mechanism. The method used in this research is to design an electric power assisted braking component and make a prototype. The prototype was tested using a rig test simulation. The electric brake amplifier applies the magnetic force generated by the solenoid and pulls the lever bar connected to the brake master. The brake pedal that is stepped on by the driver activates the flow of electricity on the solenoid and activates a magnetic pull force so that the driver's force in pressing the brake pedal will be assisted by an electric power assisted braking mechanism. Electric power assisted braking can reduce electricity consumption by 28.2 %.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Nova Yudha Armyanto
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari alat ukur magnetoelektrik bahan multiferoik yang berfungsi untuk melihat fenomena polarisasi yang terjadi pada suatu bahan magnetoelektrik jika diberikan medan magnet. Sumber medan magnet yang dibuat berupa kumparan solenoida yang diberikan arus AC. Medan magnet yang dihasilkan dapat terdeteksi oleh pick-up coil yang mengalami tegangan induksi di dalam kumparan solenoida. Dalam peningkatan kerja pada alat ukur ini, medan magnet yang dibuat diperbesar dari kumparan sebelumnya. Hasil dari penelitian ini berupa nilai tegangan yang berasal dari polarisasi bahan magnetoelektrik akibat adanya medan magnet. Hubungan antara tegangan yang timbul dengan medan magnet yang diberikan, membentuk kurva linier yang memiliki sebuah persamaan dengan dua variabel yang sangat terikat. Besar nilai medan magnet dan hasil polarisasi ditampilkan pada LCD dan dengan menggunakan Labview dapat ditampilkan pada personal komputer dalam bentuk indikator dan grafik.
The purpose of this study is to improve the performance of magnetoelectric coupling instrument for multiferroic material measurement based on alternate magnetic field. The source of the magnetic field is induced by coil solenoida given alternate current(AC). The magnetic field can be detected by a pick-up coil that is induced in the coil solenoid. The magnetic field is magnified from the previous coil. The induction voltage value is derived from the polarization of magnetoelectric due to the magnetic field. The relationship between the induction voltage and the magnetic field is linear, the two variables are well correlated. The value of the magnetic field and the results of the polarization run by Labview can be displayed on a personal computer in the form of indicators and charts.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S56762
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library