Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Citro W. Puluhulawa
"Teacher as a professional educational is demanded to have a set of competence in carrying out the daily tasks. One of
the competences is social competence. The social competence of teachers is that teachers have an objective, inclusive
and non discriminative attitude, well-mannered eitherin speech or in act, capable in communicating verbally, writtenly
and gesture. In addition, teachers have to coordinate with the students, other fellow teachers, educational staff, student’s
parents as well asthe society. They must also be able to adapt with the community. This study aims to determine the
relationship between emotional intelligence and spiritual intelligence work with the social competence of teachers in
Vocational Schools of Gorontalo City. The result of multiple correlation coefficient which showed between emotional
intelligence and spiritual intelegence toward social competence. This means that the better the emotional and spiritual
intelligence of teacher, the better the effect of the social competence of teachers will be.
Sebagai pendidik professional guru dituntut memiliki seperangkat kompetensi dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi sosial. Kompetensi sosial guru yang dimaksud
adalah kemampuan guru dalam bersikap obyektif, inklusif, dan tidak diskriminatif, santun baik dalam perkataan
maupun perbuatan, mampu berkomunikasi baik secara lisan, tulisan dan isyarat, menjalin hubungan dengan peserta
didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat sekitar serta mampu beradaptasi
dengan komunitas masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional
dan kecerdasan spiritual dengan kompetensi sosial guru. Berdasarkan hasil analisis regresi, ditemukan adanya hubungan
antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan kompetensi sosial guru. Hal ini mengandung arti bahwa
semakin baik kecerdasan emosional dan spiritual guru, semakin baik dampak yang dihasilkan dari peningkatan
kompetensi sosial guru."
Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2013
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Gita Belinda
"Pandemi COVID-19 yang masih berlanjut dikhawatirkan menimbulkan penurunan kompetensi sosial anak prasekolah. Meski demikian, belum ditemukan program intervensi yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi kekhawatiran ini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sosial anak prasekolah melalui intervensi berbasis Hot Executive Function (Hot EF). Enam puluh dua anak berusia 4-6 tahun dibagi ke dalam dua kelompok secara acak (Kelompok Eksperimen dan Kontrol), dengan jumlah yang sama di setiap kelompok. Partisipan Kelompok Eksperimen memperoleh lima sesi mendengarkan suara dengan durasi 15 menit 30 detik, sementara partisipan Kelompok Kontrol tidak diberikan intervensi. Aktivitas mendengarkan suara mengacu pada intervensi Attention Training Technique, yang dimodifikasi dengan prinsip Hot EF. Di awal serta akhir penelitian, kemampuan Hot EF dan Kompetensi Sosial diukur menggunakan Gift Delay Task dan Preschool and Kindergarten Behavior Scale - Scale A. Hasil pengujian ANCOVA dengan mengontrol skor pretest Hot EF dan Kompetensi Sosial menunjukkan terdapat perbedaan skor posttest Hot EF dan Kompetensi Sosial di kedua kelompok, dan partisipan Kelompok Eksperimen memperoleh skor yang lebih tinggi. Dapat disimpulkan, intervensi berbasis Hot EF yang dikembangkan memengaruhi kemampuan Hot EF dan Kompetensi Sosial anak prasekolah.

The ongoing COVID-19 pandemic is feared to cause a decline in preschooler’s social competence. However, there are no intervention program has been found to overcome this concern. This experimental research aimed to increase preschooler’s social competence through Hot Executive Function (Hot EF) based intervention. Sixty-two children aged 4-6 years old were randomly divided into two groups equally (experiment and control group). Children in the experiment group get a-5 intervention sessions for 15 minutes and 30 seconds, and children in the control group get no intervention. The intervention was based on the Attention Training Technique, which that modified with Hot EF’s principle. At the beginning and the end of the research, children’s Hot EF and Social Competence were tested using Gift Delay Task and Preschool and Kindergarten Behavior Scale-Scale A. After controlling the pretest score of Hot EF and Social Competence, the result of the ANCOVA test showed that there were differences in the posttest score of Hot EF and Social Competence between the participant in the two groups. Participants in the Experimental Group scored higher. Thus, it can be concluded that Hot EF-based intervention affecting preschooler’s Hot EF and Social Competence. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Nurul Fatimah
"Beberapa penelitian telah menemukan adanya hubungan antara kompetensi social dan executive function, namun masih terdapat inkonsistensi hubungan antara komponenkomponen di dalamnya. Penelitian ini betujuan untuk mengeksplorasi kontribusi dari komponen hot dan cool dalam executive function, dan factor jenis kelamin dalam memprediksi kompetensi sosial pada anak usia 60-72 bulan. Pengukuran kompetensi sosial dilakukan melalui kuesioner PKBS SKala A yang telah diadaptasi dalam bahasa Indonesia.
Pengukuran executive function dilakukan melalui tes performa pada battery task Backward Word Span, Rumput/Matahari, Dimension Change Card Sort, dan Gift Delay. Metode statistik inferensial yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent sample t-test, dan standard multiple regression.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa baik faktor jenis kelamin, maupun komponen hot dan cool executive function tidak dapat memprediksi kompetensi sosial pada anak usia 60-72 bulan secara signifikan. Meskipun begitu, dalam penelitian ini ditemukan korelasi yang signifikan antara komponen hot executive function dengan faktor jenis kelamin dan kompetensi sosial pada anak usia 60-72 bulan.

Few researches had found correlation between social competence and executive function, though there had also been inconsistency in between. This research was conducted to investigate the contribution of hot and cool executive function, and factor of sex in predicting social competence on 60-72 months children. Social competence was measured using PKBS Skala A which consisted of 34 items.
Executive function was measured using performance battery test which consisted of Backward Word Span, Rumput/Matahari, Dimension Change Card Sort, and Gift Delay task. Inferential statistic method used in this research were independent sample t-test, and standard multiple regression.
The result showed that there was no significant contribution of sex, hot and cool executive function in predicting social competence on 60-72 months children. However the result also showed that there was a significant correlation between hot executive function and sex, and between hot executive function and social competence on 60-72 months children.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library