Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Aqsa
Abstrak :
influencer media sosial sekarang memainkan peran penting dalam pemasaran dengan memperkenalkan produk kepada pengikut mereka. Salah satu influencer terbesar di dunia adalah Blackpink. Blackpink adalah selebritas dan influencer terkemuka dengan nilai pemasaran yang sangat baik, dan banyak dari produk mereka sering terjual habis. Tapi apa yang mendorong penggemar Blackpink untuk membeli produk yang didukung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kredibilitas dan interaksi para-sosial terhadap niat beli konsumen. Lebih tepatnya, meneliti bagaimana para-social interaction (PSI) konsumen dengan Blackpink, serta credibility, terkait dengan purchase intention, dan bagaimana hubungannya dengan physical attractiveness, attitude homophily, dan social attractiveness. Oleh karena itu diharapkan penelitian ini akan membantu manajer untuk mempromosikan produknya dan selebriti untuk mempromosikan produk tersebut. Studi ini melibatkan 138 partisipan dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS - SEM). Menurut penelitian ini, credibility dan para-social interaction berhubungan positif dengan purchase intention pengikut. Selain itu attitude homophily, dan social attractiveness berhubungan positif dengan para-social interaction namun physical attractiveness tidak berhubungan positif dengan para-social interaction, sedangkan physical attractiveness dan attitude homophily keduanya berhubungan positif dengan credibility. ......Social media influencers now play an important role in marketing by introducing products to their followers. One of the biggest influencers in the world is Blackpink. Blackpink is a major celebrity and influencer with excellent marketing value, and many of their products are frequently sold out. But what drives Blackpink fans to purchase the endorsed products? The purpose of this study is to look into the impact of credibility and para-social interaction on consumer purchase intentions. More specifically, investigate how the consumers' para-social interaction (PSI) with Blackpink, as well as their credibility, are related to purchase intention, and how they are related to physical attractiveness, attitude homophily, and social attractiveness. Therefore it is hoped that this research will help managers to promote their products and celebrities to endorse the products. This study included 138 participants and was analyzed using Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS - SEM). According to this study, credibility and para-social interaction are positively related to the followers' purchase intention. Additionally, attitude homophily and social attractiveness are positively related to para-social interaction however physical attractiveness is not positively related to para-social interaction, while physical attractiveness and attitude homophily are both positively related to credibility.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Praditya Pratama
Abstrak :
Penelitian ini ingin meneliti hubungan parasocial interaction dari pembuat konten Youtube dan khalayaknya terhadap persepsi sebuah merek dan minat pembelian. Subjek penelitian ini adalah para pengguna media sosial yang mengikuti Arief Muhammad di Youtube dan mengetahui merek MS Glow. Hasil dari penelitian ini tidak dapat membuktikan hubungan antara parasocial interaction dengan persepsi terhadap sebuah merek dan minat pembelian dikarenakan model dalam penilitian ini tidak fit sehingga tidak dapat dilakukan uji hipotesis. Namun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden dalam penelitian ini didominasi oleh perempuan dan mayoritas responden dalam penelitian ini berusia 18-24 tahun. Kebanyakan dari responden dalam penelitian ini setuju bahwa Arief Muhammad memiliki daya tarik secara fisik dan sosial. Responden dalam penelitian ini juga setuju bahwa Arief Muhammad memiliki kesamaan sifat dengan mereka. Selain itu responden juga setuju bahwa mereka merasa memiliki parasocial interaction dengan Arief Muhammad. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa responden memiliki persepsi yang positif terhadap merek MS Glow dan kebanyakan dari mereka setuju jika ingin melakukan pembelian terhadap produk perawatan tubuh mereka berminat membeli produk MS Glow. ......This research wants to investigate connections between parasocial interactions, brand perception and purchase intention. Unit of analysis is social media users who follow Arief Muhammad on YouTube and are also aware of the MS Glow brand. The results of this study cannot prove the influence of parasocial interaction on brand perception and purchase intention because the model in this study is not fit for hypotheses testing. However, this research indicates that women dominated the respondents in this study among respondents aged 18-24 years old. Most of the respondents in this study agree that Arief Muhammad has physical and social attractiveness. Respondents in this study also agree that they have similar characteristics with Arief Muhammad. In addition, respondents also agree that they have a parasocial interaction with Arief Muhammad. This study also shows that respondents have a positive perception of the MS Glow brand, and most of them agree that they have intention to buy MS Glow products for their body care needs.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T57252
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nafis Hafiyyan Ahmad
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor influencer attributes (attitude homophily, physical attractiveness, social attractiveness) memiliki pengaruh terhadap faktorfaktor perceived characterizations (trustworthiness, perceived expertise, parasocial relationship) dan juga faktor-faktor perceived characterizations (trustworthiness, perceived expertise, parasocial relationship) memiliki pengaruh terhadap intensi konsumen untuk membeli produk perawatan kulit (skincare). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan Google Form sebagai metode pengumpulan data kepada 250 responden di Indonesia yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan seperti mengikuti salah satu influencer di media sosial, aktif. Metode sampling pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling. Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak SmartPLS 3.0. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa faktor influencer attributes (physical attractiveness) memiliki pengaruh terhadap faktor-faktor perceived characterizations )trustworthiness, perceived expertise, parasocial relationship). Namun, untuk faktor influencer attributes/attitude homophily dan social attractiveness) tidak berpengaruh terhadap perceived expertise. ......This study aims to analyze the influencer attributes (attitude homophily, physical attractiveness, social attractiveness) that have an influence on the factors perceived characterizations (trustworthiness, perceived expertise, parasocial relationship) as well as the factors perceived characterizations (trustworthiness, perceived expertise, parasocial relationship) has an influence on consumer intentions to buy skin care products (skincare). This study uses descriptive analysis using Google Form as a data collection method to 250 respondents in Indonesia who meet predetermined criteria such as following one of the influencers on social media, being active. The sampling method in this study uses non-probability sampling. Then the data was processed and analyzed using the SmartPLS 3.0 software application. This study resulted in the findings that the influencer attributes (physical attractiveness) have an influence on the factors perceived characterizations (trustworthiness, perceived expertise, parasocial relationship). However, the influencer attributes (attitude homophily and social attractiveness) have no effect on perceived expertise.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library