Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
Putriana Kristanti
Abstrak :
Pendidikan memegang peranan penting dalam proses
pembangunan suatu bangsa. Pendidikan dalam perguruan
tinggi diberikan kepada mahasiswa melalui sistem
belajar—mengajar. Dalam jangka waktu tertentu sistem
belajar-mengajar yang diselenggarakan perlu dievaluasi
untuk mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam
lingkungan internal maupun eksternal. Evaluasi akan
meningkatkan efektifitas dan efisiensinya. Faktor
terpenting dalam sistem belajar-mengajar yang akan
mempengaruhi efektifitas dan efisiensi adalah pengajaran
dosen. Pembahasan dan penulisan karya akhir ini
difokuskan pada evaluasi terhadap pengajaran dosen.
Tujuan dan kegunaan penelitian ini mengevaluasi
pengajaran dosen, mencari upaya perbaikan, serta
melakukan manajemen audit terhadap salah satu program
fakultas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode
penelitian yaitu studi kasus, studi pustaka dan penerapan
teknik manajemen audit dalam mengumpulkan fakta.
Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Duta Wacana (FE
UKDW) berkedudukan di Yogyakarta menjadi obyek penelitian
ini. Secara menyeluruh dapat disimpulkan bahwa kualitas
pengajaran dosen FE UKDW cukup bagus. Tujuan pendidikan
cukup jelas, sehingga tidak sulit untuk mencapainya.
Jumlah dosen yang dimiliki sudah mencukupi, hanya
khususnya untuk bidang Akuntansi masih perlu ditambah
sebagai persiapan pembukaan Jurusan Akuntansi yang segera
akan dilakukan. Persyaratan dalam penerimaan dosen,
evaluasi rutin, program pendidikan dan pelatihan
mengajar, serta program studi lanjut yang diselenggarakan
senantiasa akan meningkatkan kualitas dosen.
Saran terpenting yang perlu diberikan kepada FE UKDW
adalah meningkatkan penghargaan kepada dosen yang
berprestasi, serta berupaya meningkatkan status fakultas.
Penghargaan yang tinggi terhadap dosen akan memudahkan
fakultas dalam mencari dan memiliki dosen yang
berkualitas tinggi. Peningkatkan status fakultas akan
meningkatkan keunggulan FE UKDW dibandingkan dengan FE
perguruan tinggi lain. Hal ini akan memudahkan dalam
mencari dan memiliki kualitas mahasiswa yang bagus pula.
Kualitas dosen dan mahasiswa yang bagus akan mempermudah
peningkatan efektifitas dan efisiensi sistem belajar—
mengajar FE UKDW.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
T3652
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Tuwuh Sih Winedya
Abstrak :
ABSTRAK
Sisiem belajar jarak jauh berbasis web merupakan Salah salu jenis sisiem belajarjarakjauh yang banyak digunakan, karena .sifatnya yang jleksibel dan dapat menyajikan materi multimedia secara irzteralctlf Sistem ini diujicoba untuk diieraplcan pada Jurusan Elektra Fakultas Telmik Universitas Indonesia pada mala lculiah Dasar Kompuiei' iahun ajax-an 2000/2001 .
Sislem belajar jarak jauh berbasis web Daskom On-Line merupakan Pf0f0flp? yang memerlukan banyak penyempurnaan dari berbagai segi. Skrzpsi ini mengembangkan segi interaizsi antara pengguna sistem. T ujucm dari slcrzpsi ini adalah merancang media inleralrsi berbasis web dan menerapkannya pada Dasicom On-Line. Sarana yang dipakai merancang media ini antara Iain script pemrograman sisi server PHP dan basis daia relasional MySQL.
Ada beberapa jenis media interalari yang dirancang untuk diteraplcan, yaitu email, mailing Iisi, papan pesan dan forum diskusi berbasis web. Masing-masing media memiliki keiebihan dan kekurangannya sendiri. Dengan penggurzaan beberapajenis media sekaligus maka Icekurangan yang ada dapat diturupi.
Rancangan media interaksi berbasis web ini telah diterapkan dalam Daskom On-Line, dan dapal berjalan dengan baik Penerapan media interaksi ini dapat mengarasi kekurangan yang ada pada materi kuliah Daskom On-Line.
2001
S39732
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fajar Fitrianto
Abstrak :
Perkembangan teknologi informasi yang pesat memberikan banyak alternatif dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar. Sistem belajar jarak jauh (distance learning) memberikan kemudahan bagi pelajar untuk tidak perlu lagi hadir dalam kelas tetapi proses belajar-mengajar dapat dilakukan di mana saja dengan mcnggunakan alat bantu komunikasi. Sistem pendidikan berbasiskan web, atau dikenal sebagai Web-Based Education System ( WBE ), menjadi pilihan yang menarik untuk melaksanakan distance learning dengan memanfaatkan fasilitas jaringan internet yang berkembang luas dalam masyarakat. Sistem testing, yang bersifat selftest, dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan sistem evaluasi berbasiskan web asinkron yang reliable mampu memberikan analisa terhadap hasil belajar pelajar. Sistem testing online dibuat dengan menggunakan bahasa PHP, HTML, dan javascript serta database MySQL untuk penyimpanan datanya. Sistem testing fersebut tersusun atas tiga buah subsistem yang memillki fungsi rnasing-masing yaitu sistem administrator, sistem pengajar dan sistem pelajar. Sistem administrator memiliki kemampuan untuk melakukan administrasi user. Sistem pengajar memihki akses untuk melakukan administrasi mala kuliah serta materi testing yang berhubungan dengan ma1a kuliah tersebut Sedangkan sistem pelajar merupakan peserta dari testing ini sendiri. Untuk tahap penilaian terhadap hasil testing pelajar digunakan pendekatkan model Gwo Jen Hwang sebagai kerangka pikir dalam membentuk sistem evaluasi. Evaluasi dilakukan per soal yang menjadi pertanyaan pada saat testing. Setiap soal yang berhasil dijawab oleh pelajar akan menambah poin yang diperoleh pelajar tersebut, namun dengan model Gwo Jen Hwang ini kontribusi masing-masing soal tersebut mcnjadJ berbeda-beda. Setlap soal didefinisikan bobot kontribusinya, bukan hanya bobotnya tcrhadap keseluruhan mata kuliah yang bersangkutan secara umum, namun mendetil sampai bobotnya terbadap setiap materi-materi yang menyusun mata kuliah itu. Selain itu, dengan digunakannya metodc aturan fuzzy, untuk menentukan hasil akhir evaluasi, dapat diperoleh hasil evaluasi yang mendekati kemampuan nyata dari pelajar.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S39285
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Roberto
Abstrak :
ABSTRAK
Dimungkinkannya pengintegrasian teks. gambar, audio, dan video unfuk membuat dokumen multimedia; pemrograman unruk membuat dokumen mierakrfji hyperrex! dan hypermedia: dan basis jaringan Web yang Iuas dengan juraan orang pengguna dan bertambah riap hari merupakan keunikan-keunikan Web yang membuamya dapa! dipakai sebagai media pendidikan yang sangaz baik.
Dalam sislem befajar jarakjauh berbasis Web, Web dimanfaallcan daiam pembuatan homepage kelas yang berisi informasi maleri pelajaran dan pendidik. komunikasi kelas, tugas dan res, maleri pelcjaran di kelas, demonstrasi animasi video alan audio, dan mareri rejerensi.
Sisrem Tugas (Web-As.signmem9 sebagai salah sam melode evaluasi pada sisrem belajar jaralcjauh berbasis Web merupakan .sebuah sisrem anrarmuka di Web sebagai sarana bagi pendidilc dan siswa untuk berinteralcsi tenlang lugas. Melalui Sisrem Tugas. pendidik dapar mengiryformasikan tugas (deslcripsi lugas, sisrem penilaian tugas, barns walcru penyerahan lugas. dan nilai maksimum tugas); melampirkan (uploaay _/Tie yang berkairan derzgan rugas; mengambil (downloanb _file yang diserahkan si.;-wa; dan memberikan penilaian lugas Gzilai tugas dan /fomenrar lerhadap hasif zugas) dan siswn dapal melihat informasi tugas; mengambi! (download) _/Yle yang dilanyuirkan pendidik; menyerahkar: (up/oar# jfle hasil pekezjaan mgas; dan melfhal has!! penilaian iugas. Kesemuanya dilakukan secara Ierimegrasi sehingga mavuyemen data dan pengaturan tugas menjadijauh lebih ejisien.
Tujuan penulisan .vkrrpsi ini adalah membua! rancangan dan irrynlementasi program Sistem Tugas (Web-A.s'signmenU. Umuk impfementasi szlstem, di sisi server, scrap! PHP digunalcan unmk pemrograman dan apiikasi MySQL unluk mancyemen data. Sislem ini diharap/can bermarjaat unruk melenglcapi perancangan dan penerapan sebuah sisrem beiajar jaralcjauh berbasis Web di Iingkuugan /campus di masa depan.
2001
S39934
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Luhur Bayuaji
Abstrak :
Proses belajar jarak jauh, atau yang lebih dikenal dengan sebutan distance learningatau distance education telah banyak diaplikasikan pada sistem pembelajaran didunia.Perkembangan distance learning meningkat pesat seiring dengan perkembangan fungsi Internet dalam kehidupan manusia. Proses perubahan sistem pembelajaran dari cara konvensional ke sistem distance learning bukan rnerupakan hal yang mudah. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dalam perancangan sistem distance learning.
Pada skripsi ini akan disampaikan proses perancangan dan implementasi perancangan sistem distance learning yang digunakan pada mata kuliah Dasar Komputer. Sistem distance learning pada mata kuliah Dasar Komputer diberi nama Daskom On-Line. Dalam merancang Daskom On-Line dilibatkan banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti lingkungan, perlengkapan, user management, sekuritas dan online assessment.
Rancangan Daskorn On-Line diimplementasikan pertama kali pada peserta mata kuliah Dasar Komputer Jurusan Elekfro Fakultas Teknik Universitas Indonesia tahun ajaran 2000/2001. Proses implementasi yang dilakukan dimulai dari registrasi user account, pengaksesan materi, online assessment dan evaluasi. Analisa tingkat keberhasilan rancangan dan implementasi Daskom On-Line dilakukan setelah seluruh proses selesai dilakukan. Hal yang dianalisa meliputi kesiapan materi, bentuk tampilan, tingkat pemahaman, tingkat kenyamanan dan efektifitas dari Daskom On-Line. Analisa digunakan untuk melihat keberhasilan implementasi Daskom On-Line berdasarkan tujuan perancangannya, serta berguna untuk pengembangan selanjutnya.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39096
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Putriana Kristanti
Abstrak :
Pendidikan memegang peranan penting dalam proses pembangunan suatu bangsa. Pendidikan dalam perguruan
tinggi diberikan kepada mahasiswa melalui sistem
belajar-mengajar. Dalam jangka waktu tertentu sistem
belajar-mengajar yang diselenggarakan perlu dievaluasi
untuk mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam
lingkungan internal maupun eksternal. Evaluasi akan
meningkatkan efektifitas dan efisiensinya. Faktor
terpenting dalam sistem belajar-mengajar yang akan
mempengaruhi efektifitas dan efisiensi adalah pengajaran
dosen. Pernbahasan dan penulisan karya akhir ini
difokuskan pada evaluasi terhadap pengajaran dosen.
Tujuan dan kegunaan penelitian ini mengevaluasi
pengajaran dosen, mencari upaya perbaikan, serta
melakukan manajeinen audit terhadap salah satu program
fakultas. Penelitian dilakukan dengan inenggunakan metode
penelitian yaitu studi kasus, studi pustaka dan penerapan
teknik manajemen audit dalaìu mengumpulkan fakta.
Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Duta Wacana (FE
UKDW) berkedudukan di Yogyakarta menjadi obyek penelitian
ini. Secara menyeluruh dapat disimpulkan bahwa kualitas
pengaj aran dosen FE UKDW cukup bagus. Tujuan pendidikan
cukup jelas, sehingga tidak sulit untuk mencapainya.
Juntlah dosen yang dimiliki sudah iuencukupi, hanya
khususnya untuk bidang Akuntansi masih perlu ditarnbah
sebagai persiapan pernbukaan Jurusan Akuntansi yang segera
akan dilakukan. Persyaratan dalam penerimaan dosen,
evaluasi rutin, program pendidikan dan pelatihan
mengajar, serta program studi lanjut yang diselenggarakan
senantiasa akan meningkatkan kualitas dosen.
Saran terpenting yang perlu diberikan kepada FE UKDW
adalah meningkatkan penghargaan kepada dosen yang
berprestasi, serta berupaya meningkatkan status f akultas.
Penghargaan yang tinggi terhadap dosen akan memudahkan
fakultas dalam mencari dan memiliki dosen yang
berkualitas tinggi. Peningkatkan status fakultas akan
meriingkatkan keunggulan FE UKDW dibandingkan dengan FE
perguruan tinggi lain. Hal ini akan memudahkan dalam
Inencari dan merniliki kualitas mahasiswa yang bagus pula.
Kualitas dosen dan mahasiswa yang bagus akan memperinudah
peningkatan efektifitas dan efisiensi sistern belajar
inenciaiar FE UKDW.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Adjie Pamungkas
Abstrak :
Web-based distance learning kini telah menjadi salah satu alternatif untuk proses pembelajaran seiring dengan meningkatnya penggunaan dan perkembangan teknologi internet. Dalam pengimplementasiannya pada Daskom On-Line yang merupakan versi web-based learning dari mata kuliah dasar komputer semester gasal Jurusan Elektro FTUI 2000/2001 diterapkan juga user management untuk melakukan pengaturan data user. Data user tersebut dapat berupa data pribadi user dan data akademis user.
User management yang diterapkan dalam Daskom On-Line ini merupakan aplikasi rancangan yang diajukan dalam skripsi ini. Rancangan tersebut berupa sistem yang mengatur proses registrasi user pada Daskom On-Line dan sistem untuk melakukan usertracking terhadap kegiatan user pada kurikulum Daskom 0n~Line dengan mencatat halaman yang dibuka user ke dalam database sistem.
Pada hasil implementasi dari proses registrasi tersebut tercatat ke dalam database daskom.PENGGUNA sebanyak 126 mahasiswa peserta kuliah dasar komputer telah melakukan registrasi. Rancangan usertrack selama 30 hari dari 16 Nopember 2000 sampai 15 Desember 2001 berhasil mencatat akses ke kurikulum sistem dengan total akses oleh user sebanyak 2680 kali dan jumlah user yang pernah mengakses sebanyak 60 orang. Rata-rata akses per hari adalah 89,33 kali dengan jumlah akses tertinggi pada tanggal 28 Nopember 2000 sebanyak 604 kali. Rata-rata akses tiap jamnya adalah 111,67 kali dengan waktu yang paling sering digunakan untuk akses adalah sekitar pukul 13.00-14.00 WLB dengan jumlah akses sebanyak 535 kali.
2001
S39909
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library