Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Fitri Hari
Abstrak :
ABSTRAK
Latar belakang tesis ini adalah ditemukannya kasus-kasus kandidat yang terlibat isu
negatif terpilih/terpilih kembali dalam pemilihan. Ini menuntut adanya kesadaran
pentingnya kampanye. Selain itu, kajian kampanye negatif belum banyak yang
mengkaji saluran dan narasumber. Tesis ini membahas bagaimana pengaruh saluran
(iklan, flyer dan blog) dan narasumber (kandidat, partai politik, dan kelompok
kepentingan) kampanye negatif terhadap kepercayaan isi pesan kepada pemilih.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Dan
menggunakan teori kepercayaan, ADTRUST sebagai ukuran kepercayaan isi pesan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran kampanye negatif tidak mempengaruhi
kepercayaan isi pesan. Ini disebabkan adanya sisnisme politik. Dan nerasumber
kampanye negatif memberikan pengaruh kepercayaan isi pesan. Keduanya, antara
saluran dan narasumber tidak memberikan interaksi kepada kepercayaan isi pesan
ABSTRACT
The reason conduct this thesis is because there are a lot of cases where candidates
have negative issue but voter choosing/choosing them back in election. This
phenomenon creating awareness of the importance of study negative campaign. In
addition, the study of negative campaign that explore medium/channel is not much as
study effect of negative campaign. This thesis discuses how the influence of channel
(ads, flyer, and blog) and resources (candidate, political parties, and interest group)
of negative campaign influence trust message of the voters. This study uses a
quantitative approach with the experimental method . The Theory using concept of
trust and as a measure using ADTRUST message. The results showed that the
channel does not affect the confidence of negative campaign message. This is because
theres a political sisnisme . And resource impact confidence negative campaign
message content . Both of them did not leave the interaction effect between the
channel and the content sources to trust the contents of the message
2016
T45942
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Shofin Azimah Qolbi
Abstrak :
Penulisan ini akan membahas mengenai sinisme politik yang terdapat pada meme politik, khususnya pada akun Instagram @politicaljokesid. Akun ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai wadah informasi terkait berita politik terkini, namun juga dijadikan sebagai tempat menyuarakan sinisme politik pada meme yang diunggah sebagai bentuk budaya partisipasi politik digital. Penelitian ini menggunakan paradigm interpretif dengan pendekatan kualitatif. Teori sinisme politik Agger, Goldstein & Pearl digunakan untuk melihat proses sinisme politik tersebut. Data primer berasal dari wawancara dengan pemilik akun. Hasil ditemukan bahwa pada akun Instagram @politicaljokesid menggunakan meme sebagai alat dalam menyampaikan sinisme politik berupa kontra narasi. Sinisme politik yang tedapat pada meme dalam akun ini adalah sinisme politik dengan jenis sinisme politik kritis dan kynicism.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library