Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dama Dhia Nisrina
"Dewasa ini, bermunculan sosok penghibur maya yang disebut Virtual Youtuber. Mereka merupakan orang-orang yang menggunakan avatar berbentuk karakter fiktif bergaya Anime ketika melakukan siaran daring di Youtube. Avatar tersebut mereka gunakan sebagai perwakilan diri dalam bertelepresensi di ruang virtual. Dalam telepresensinya, para Virtual Youtuber menyajikan beragam hiburan seperti permainan video, stand up comedy, karaoke, bahkan berbincang langsung dengan pemirsanya. Kendati hanya merupakan karakter animasi di balik layar gawai, para penonton memperlakukan mereka selayaknya manusia. Menggunakan metode analisa kritis dan teori hiperealitas Baudrillard, penulis menemukan bahwa dalam telepresensinya, Virtual Youtuber membawa dua syarat penting dalam fenomena telepresensi. Yaitu simulakra dan simulasi. Keduanya merupakan bentuk replikasi dari objek referal yang eksis di dunia. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa telepresensi Virtual Youtuber bersifat hipereal karena referensi inti simulasi dan simulakra mereka diperoleh dari manusia itu sendiri.

As of recently, appears a new cast of virtual entertainers that called themselves Virtual Youtubers. These entertainers are essentially people who used avatars shaped and drawn in the style of anime characters that came to the forefront whenever they streamed themselves live over at Youtube. These avatars themselves are used as the representations for the people behind these virtual youtubers, as they were telepresenting themselves in the virtual environment. Included in their act of telepresence, are the various genres of entertainment that they could offer, ranging from playing video games, stand up comedy, singing karaoke, even interacting directly with their audience. Despite being nothing but a two-dimensional characters under the screen of electronic devices, the member of the audience are treating them as if they were just another human being. Through the utilization of critical analysis and Baudrillard's theory of hyperreality, the researcher has found that in its telepresence, Virtual Youtubers had brought over two important conditions in the phenomenon of telepresence, which are simulacrum and simulation. Both are forms of
replication of referral objects which exist in the material world. Thus, it can be concluded that the telepresence of virtual youtubers possessed a hyperrealistic characteristic due to the object of reference used by the process of simulation and simulacrum utilized came from human beings themselves.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Akmal Fauzan Ul-Haq
"K-Pop merupakan salah satu budaya populer yang berkembang pesat pada keseharian masyarakat modern dan memiliki strategi untuk terus mempopulerkannya dengan berbagai medium, salah satunya adalah video musik. Film merupakan medium yang mampu mengkomunikasikan arsitektur secara lebih detail dengan karakternya yang dinamis, bentuk lebih kompleks dari foto. Di sisi lain, K-Pop memiliki kesamaan karakter dengan postmodernisme, yaitu memiliki upaya untuk membangkitkan identitas. Maka dari itu, video musik K-Pop memiliki kemampuan untuk merepresentasikan karakter arsitektur postmodern yang disimulasikan, sesuai dengan teori simulakra dan simulasi oleh Baudrillard. Relevansi terhadap representasi yang berkembang di masyarakat ini didukung oleh teori modernitas cair dan dromosphere yang menelusuri bagaimana sifat masyarakat modern yang dipengaruhi oleh kecepatan dan fleksibilitas. Maka dari itu, skripsi ini akan menelusuri bagaimana video musik K-Pop dapat menyimulasikan arsitektur ruang pada konteks masyarakat modern serta relevansinya terhadap arsitektur postmodern.

K-Pop is a popular culture that is growing rapidly in the daily lives of modern society and has a strategy to continue to popularize it through various media, one of which is music videos. Film is a medium that is able to communicate architecture in more detail with its dynamic character, more complex forms than photographs. On the other hand, K-Pop has similar characteristics to postmodernism, namely that it attempts to revive identity. Therefore, K-Pop music videos have the ability to represent the character of simulated postmodern architecture, in accordance with Baudrillard's theory of simulacra and simulation. This relevance to the representation developing in society is supported by the theory of liquid modernity and the dromosphere which explores how the nature of modern society is influenced by speed and flexibility. Therefore, this thesis will explore how K-Pop music videos can store spatial architecture in the context of modern society and its relevance to postmodern architecture."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library