Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Ahmad Taufiq
Abstrak :
Tanggul banjir Kanal Barat (BKB) yang terletak pada ruas jembatan guntur- jembatan hailum Jakarta telah mengalami longsor pada bagian tengah ruas tersebut sepanjang 70 m. Berdasarkan pengamatan lapangan kelongsoran tersebut disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut: tanah timbunan yang buruk (banyak plastik dan sampah) disertai nilai sondir yang kecil; diperkirakan dimensi dan kedalaman turap kurang memadai untuk menahan gaya lateral; desain turap sheet pile hanya sampai kedalaman 9 m atau dipancang tidak menembus pasir sehingga diperkirakan tidak mampu menahan gaya lateral; tidak berfungsinya drainase permukaan. Berdasarkan analisis desain penanggulangan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa; alternatif B yaitu sheet pile 12 m di sisi jalan, dan sheet pile 14 m pada sisi kanal ditambah dengan ground anchor dan tanah timbunan diganti dengan tanah yang memenuhi kuat geser yang disyaratkan merupakan alternatif desain terbaik, karena memberikan angka keamanan paling tinggi (FK = 1,40 atau 1:40). Namun, mengingat kemudahan dan ketersediaan dan kemampuan alat kontraktor yang sedang bekerja, maka alternatif c adalah alternatif yang terpilih dengan nilai FK yang 1,25 yang masih memenuhi persyaratan. Desain yang dipilih adalah perkuatan dengan sheet pile 12 m di sisi jalan, dan sheet pile 12 m pada sisi 3 m dari kanal ditambah dengan ground anchor dan tanah timbunan diganti dengan tanah yang memenuhi kuat geser yang disyaratkan.
Bandung: Kementrian Pekerjaan Umum, 2014
627 JTHID 5:2 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Ahmad Taufiq
Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air - Badan Penelitian dan Pengembangan - Kementerian Pekerjaan Umum, 2014
627 JTHID 5:2 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Loly Azyenela
Abstrak :
Tesis ini membahas kegagalan konstruksi Sheet-pile sebagai dinding penahan tanah fleksibel di Pelabuhan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara Propinsi Kalimantan Timur. Pelaksanaan pembangunan dimulai pada bulan Desember tahun 2009. Pada bulan Februari tahun 2010 selang masa konstruksi, sheet-pile tersebut mengalami keruntuhan dengan deformasi yang terjadi pada dinding sangat besar, serta tiang spun pile sebagai support lateral mengalami patah. Dengan memperhatikan mode keruntuhan sheet-pile berdasarkan Eurocode 7 “Geotechnical Design” dan analisa menggunakan program Plaxis 2D, kasus kegagalan sheet-pile di pelabuhan Kota Bangun ini dianalisis lebih dalam.
Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan dinding sheet-pile pelabuhan Kota Bangun adalah terbentuknya sendi plastis antara balok penghubung dengan tiang spun pile, dikarenakan kurangnya ketahanan lateral dari tiang spun pile. Metode pelaksanaan konstruksi dan kelalaian dalam pemodelan juga merupakan faktor penyebab kegagalan dinding sheet-pile pelabuhan Kota Bangun.
......
Failure of sheet-pile as a flexible retaining wall at Port of Kota Bangun, Kutai Kartanegara East Kalimantan is presented in this thesis. The port project started on December 2009. A large scale collapse on wall and fracture on spun pile occurred on February,2010. Failure modes of sheet pile will be considered from Eurocode 7 “Geotechnical Design” and detailed design will be using program Plaxis 2D.
The results of detailed studies disclosed that the plastic hinge is formed between the beam with spun pile could be one factored of the cause of the incident. Lack of support lateral caused the failure. Method of construction and carelessness in planning also caused the failure at port of Kota Bangun.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44443
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Diana Laurentia
Abstrak :
Penambahan basement di sekitar menara masjid yang sudah terbangun memerlukan struktur pelindung seperti sheet pile terhadap galian tanah maupun gempa bumi. Tesis ini membahas tentang efek sheet pile yang dibangun di sekeliling menara masjid terhadap respon seismik struktur menara dan pondasinya pada kondisi nonlinier.
Penelitian ini menggunakan tiga gempa yaitu Chichi Taiwan , Mentawai Indonesia, dan Iquique Chile yang telah dimodifikasi sesuai ketentuan SNI 1726-2012 dengan metode riwayat waktu direct integration untuk menganalisis karakteristik dan respon seismik menara yang menggunakan sheet pile dengan variasi diameter span sheetpile.
Dari hasil penelitian, penggunaan sheet pile span 9 dan 14 meter dapat melindungi bored pile dari terjadinya sendi plastis. Selain itu, penggunaan sheet pile span 9 meter dapat mengembalikan performa struktur menara yang sudah digali menjadi seperti kondisi eksisting, sementara penggunaan sheet pile 14 meter dapat memperbaiki kondisi struktur menara eksisting tanpa galian.
......
The addition of basement around a built minaret needs structures, such as sheetpile, that protect the minaret against the excavation and earthquake. This study discussed about the effect of sheetpile built around the minaret towards seismic response of minaret and foundation in nonlinear condition.
This study uses three earthquake data, there are Chichi Taiwan , Mentawai Indonesia, and Iquique Chile that is modified according to SNI 1726 2012 using direct integration time history method to analyze characteristics and seismic response of minaret with sheet pile with the variation of span diameter of sheetpile.
The study showed that sheet pile with 9 and 14 meter span are able to give protection to bored pile from platic hinge. Moreover, sheet pile with 9 meter span is able to bring back the structure performance with excavation approximately the same as the existing condition without excavation , while sheet pile with 14 meter span is able to fix the structure performance during existing condition without excavation.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48032
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library